Tips Sukses Untuk Menjadi Pengusaha

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Sukses Untuk Menjadi Pengusaha


Apa yang terlintas dalam benak teman-teman ketika mendengar kata "pengusaha"? Pasti yang terbayang adalah bisnis besar, aset melimpah, dan sukses? Tapi ingat lho, bahwa yang namanya pengusaha ya berarti orang yang punya atau bergelut dalam sebuah bidang usaha. Punya pabrik tekstil bisa dibilang pengusaha, tetapi penjual sayur di pasar juga seorang pengusaha. Intinya, besar atau kecil bidang usaha yang ditekuni, orang itu adalah seorang pengusaha. Tapi entah mengapa, pengusaha selalu identik dengan usaha di bidang tertentu yang dianggap memiliki aset besar ya ?

Kuatkan tekad jadi pengusaha
Mungkin ada sebagian teman-teman yang saat ini kerja kantoran dan tergiur ingin resign dan kemudian pengen jadi pengusaha ? Bosan kerja kantoran, atau ingin lebih banyak punya waktu luang di rumah, atau ingin mengembangkan usaha sesuai passion? Wajar saja kok jika teman-teman memiliki keinginan seperti itu. Apalagi lihat banyak kenalan yang kini menjadi pengusaha terkenal. Siapa sih yang nggak ingin sukses untuk menjadi pengusaha? Kayaknya semua pasti ingin. 

Tapi yang namanya keinginan akan percuma kalau tidak dibarengi dengan tindakan nyata. Maka dari itu, kalau teman-teman benar-benar yakin ingin jadi pengusaha, harus mempersiapkan semuanya dari awal. Untuk menjadi pengusaha, tak bisa langsung kaya dan sukses, tapi harus merintis dari bawah dan melalui proses yang tentunya tidak semulus yang dibayangkan. Tidak mudah, tetapi bukan berarti juga sulit untuk diwujudkan. Saya coba berikan beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan teman-teman untuk mempersiapkan diri jadi pengusaha. Lalu, apa saja tips sukses untuk menjadi pengusaha? 

Tentukan bidang usaha yang diinginkan
Begitu banyak bidang usaha yang bisa digarap. Sebaiknya, dari awal segera tentukan apa yang ingin dilakukan. Bisa sesuai dengan hobi atau passion, atau skill yang dimiliki. Ingin membuka toko tapi tak punya uang buat sewa tempat? Bisa berjualan secara online, sudah banyak platform yang menawarkan lapak jualan online dengan fasilitas yang memadai. Dan jangan salah loh kalau omzet yang diperoleh dari toko online itu sangat menggiurkan.  Atau mungkin teman-teman ingin berjualan baju tapi tidak punya kemampuan menjahit?

Jangan sedih, karena saat ini sudah banyak toko yang menawarkan jasa reseller. Atau bisa juga menyewa penjahit untuk membuat baju sesuai model yang diinginkan. Teman-teman banyak yang memuji kue buatanmu? Nah, ini dapat jadi peluang usaha untuk berjualan kue. Bisa juga melihat apa yang sedang tren saat ini, tapi tentunya harus dilihat bagaimana tren ke depannya supaya bisnis bisa terus berjalan dan tidak hanya menjadi tren sesaat saja.

Ekspresi binggung mau usaha apa 

Siapkan modal
Banyak teman yang saya temui pengen jadi pengusaha. Tapi mereka mengaku binggung mau memulai apa karena tak ada modal. Akhirnya? Ya jalan di tempat alias cita-cita jadi pengusaha terpendam selamanya. Jadi, ada dua jenis modal yang harus disiapkan. Pertama, modal dalam bentuk harta yaitu uang dan aset atau barang. Untuk modal ini bisa berasal dari tabungan atau pinjaman, atau juga bisa berupa investasi dari orang lain. Jangan lupa untuk memperkirakan berapa besar modal yang diperlukan untuk usaha yang akan di rintis. Sesuai prinsip ekonomi, usahakan dengan modal yang seminim mungkin bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Modal yang kedua yang perlu kamu siapkan adalah mental dan skill. Nah, hal ini hanya bisa berasal dari diri sendiri dan team usahamu. Kalau sudah merasa cukup siap memiliki modal ini, memulai usaha sudah bukan hal yang sulit lagi.

Pelajari manajemen usaha
Bisnis apapun tidak akan bisa berjalan lancar dan berkembang apabila tidak memiliki manajemen yang baik. Untuk itu, luangkanlah waktumu untuk mempelajari manajemen usaha yang baik. Bisa belajar dari buku-buku tentang bisnis, online course, atau dari pengusaha-pengusaha yang sudah sukses dan mau membagikan ilmunya melalui seminar-seminar kewirausahaan. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan ilmu, asalkan kita mau berusaha.

Pilih partner bisnis yang sesuai
Milih partner bisnis ini boleh dibilang gampang-gampang susah. Kalau klop, bisa jalan bareng dengan lancar untuk mendirikan usaha. Tapi jika tidak, usaha pun bubar di tengah jalan. Jadi, pastikan dulu visi dan misi sesuai dengan partner sehingga saling melengkapi dan mengembangkan satu sama lain. Jika ini dilakukan, konflik kepentingan akan dapat dihindari, pertentangan keinginan dan perselisihan dapat ditekan agar usaha dapat berjalan lancar seperti tujuan bersama.

Siapkan asuransi yang tepat
Untuk menjaga bisnismu dari segala risiko - baik itu risiko kerugian maupun kehilangan, kamu harus menyiapkan asuransi yang tepat. Baik asuransi aset usaha juga asuransi kesehatan untuk para pegawai (termasuk diri sendiri).

Jangan anggap remeh ya karena kita tidak akan pernah tahu apa yang dapat terjadi di masa depan. Misalnya suatu saat terlalu lelah bekerja sampai jatuh sakit? Ada asuransi kesehatan yang dapat digunakan untuk memulihkan kondisi badan atau mengganti biaya perawatan.

Setidaknya, dengan adanya asuransi yang tepat, maka kita dapat melindungi diri dan usaha kita dari kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Kembangkan model bisnis
Sebuah bisnis tidak akan berkembang kalau kamu tidak pintar-pintar mengembangkan model bisnisnya. Dengan mengembangkan model bisnis yang tepat, maka bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan membuka peluang untuk berkembang. Misalnya, kalau selama ini hanya menjual kue kering, mungkin bisa dipertimbangkan di waktu-waktu tertentu juga menjual cake. Atau kalau selama ini membuka lahan jagung, mungkin bisa diselingi dengan tanaman lain yang tidak akan mengganggu tanaman utama tapi justru menambah hasil. Ada banyak cara untuk mengembangkan usaha supaya tidak stagnan, untuk itu harus pintar-pintar mencari inovasi dan peluang agar lebih kreatif.

Untuk menjadi pengusaha sukses memang tak mudah. Butuh waktu yang lama juga. Tapi jika tekad kuat dan sudah siap buat jadi pengusaha, percayalah semua akan menjadi mudah. Saya jadi ingat obrolan yang mengatakan bahwa tidak akan ada kesuksesan tanpa perjuangan.

Ada yang ingin berbagi tips menjadi pengusaha sukses?



30 comments

Avatar
herva yulyanti Aug 14, 2019, 12:58:00 PM

salfok sama ekspresi bingungnya kok ya cantik itu yang motonya pasti keren yo ummi? wkwkwkwk..
makasih ummi tipsnya wajib dishare nih buat kawula muda yang galau

Reply Delete
Avatar
Okti Li Aug 14, 2019, 4:03:00 PM

Ada yang bilang kalau mau menjalankan bisnis lebih baik dari apa yang disukai atau hobi. Emang sih ya jadi saat menjalankan nya gak lagi merasa dikerjai, melainkan justru sudah jadi semacam panggilan jiwa.

Reply Delete
Avatar
Nefertite Aug 14, 2019, 6:18:00 PM

Segala sesuatu rencan butuh persiapan pastinya ya mba, termasuk kalau ingin jadi pengusaha. Ahhaha, aku rasanya kaya disentil, makasih banget. Critanya sih lagi survei-survei pengin punya usaha sendiri mba, apapun itu, dari kecil dulu.
Makaih sharenya mba, kok ya pas

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Aug 14, 2019, 8:15:00 PM

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk sukses menjadi pengusaha ya. Cuma punya modal aja nggak cukup, harus juga memperhatikan point2 yang sudah dijelaskan tadi ya. Makasih sharingnya mbak, bermanfaat banget ini buat yang ingin memulai jadi pengusaha.

Reply Delete
Avatar
gita siwi Aug 14, 2019, 8:36:00 PM

Wah ini siapkan asuransi yang tepat juga nggak boleh lupa ya kak. Mengembangkan modal usaha juga langkah yang makin bikin tantangan nih kalau aku bilang pun dana tiap usaha beda beda ya

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Aug 15, 2019, 10:13:00 AM

baru tau, ekspresi bingung segitu cakepnya hihi.. ini perlu banget buat USAHA BARU lah kalo usaha BANGKOTAN kayak daku terus ga nambah nambah juga hasilnya piyeeeee

Reply Delete
Avatar
Raisa Hakim Aug 15, 2019, 11:14:00 AM

Pas banget nih buat aku yang lagi merintis usaha, alhamdulillah beberapa sudah aku lakukan meski point cari partner sama management masih suka kelabakan

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Aug 15, 2019, 6:21:00 PM

Nah ini aku bingung sebaiknya kita tu cari partner atau uaha sendiri ya?
Kalau menurut salah seorang ahli keuangan yg aku kenal dia menyarankan sama org lain, partneran. tapi ada jg yg bilang kalau susah bermitra mending jalan sendiri, jadi galau :D

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Aug 15, 2019, 12:41:00 PM

Wah, ternyata mbak Alida bisa bergaya manis gini ya? Mungkin sedang bimbang dan ragu kira2 mau bisnis apa hehehe :D Oh ya ternyata selain modal, niat dll memulai usaha, kita kudu memikirkan model bisnis. Baru ngeh aku. Jadi lebih banyak variasinya ya sehingga bisa menjadi alternatif dan pembeli pun bertambah banyak :)

Reply Delete
Avatar
Nefertite Aug 15, 2019, 1:30:00 PM

Iealnya memang mengawali usaha dari hl yang disukai ya, itu menurut aku sih, juga mungkin yang ada kaitan dengan hobi, itu juga ideal untuk memulai usaha.
Lepa dari itu, intinya sungguh-sungguh ya.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Aug 15, 2019, 3:54:00 PM

Menurut saya, jadi pengusaha lebih susah daripada jadi pegawai. Ya bisa jadi karena tanggung jawabnya lebih besar. Tetapi, saya juga tetap punya keinginan jadi pengusaha. Harus belajar tahan banting juga, nih

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Aug 15, 2019, 8:57:00 PM

Tapi, menjadi pengusaha memang selalu menarik. Makanya ketika anak-anak bilang mau jadi pengusaha pun, saya dukung aja

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Aug 15, 2019, 4:00:00 PM

Embeeerrr, tidak ada pengusaha sukses yang sebelumnya gak gagal.
Aku juga lagi pengen nih usaha apa gtu, masih meraba2 soalnya kalau mau usaha yang produksi sendiri kan kudu sesuai minat dan butuh modal, atau mungkin juga mau balik nge-OS seperti zaman dulu. JAdinya lumayan kan nambah2 pendapatan buat keluarga gtu hehe :D

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Aug 15, 2019, 4:47:00 PM

Jadi pengusaha tuh kayak ada DNA yg melekat kali ya Mbaa :D
Tdk semua orang berbakat jadi pengusaha, sih.
Aku kan gaul ama enterpreneur2 muda juga tapi kok (sampai detik ini) blum tebersit sedikitpun hasrat utk jadi enterpreneur beneran yhaaaa hiks
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Memez Aug 15, 2019, 8:55:00 PM

Aku lagi maju mundur mau full time usaha 😘😘😘. Tipsnya memang berguna banget nih... 😘😘😘

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama Aug 15, 2019, 9:36:00 PM

Aku kalo usaha offline masih berhenti di niat. Pinginnya buka apotek, tapi kalo balik modal nya lama kan jadi gimana gitu. Kudu ulet di awal2 soalnya. Semangat

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Aug 15, 2019, 11:30:00 PM

Modal memang kadang menjadi kendala, terutama ketika butuh pengembangan bisnis. Karena pekerjaan jadi taruhan bila kekurangan modal bahkan bisa gagal dapat proyek. Aihhh jadi curhat, hihiii

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Aug 16, 2019, 5:18:00 AM

Berasa banget memang kalau menjalankan usaha itu nggak mudah. Butuh persiapan dan perhitungan yg matang

Reply Delete
Avatar
Shifu Aug 16, 2019, 7:47:00 AM

Salfok sama fotonya cantik nankeren bund. Maksih tips mantulnya bund jadi semakin fokus untuk menjadi pengusaha :)

Reply Delete
Avatar
Lusi Aug 16, 2019, 8:13:00 AM

Paling enak tu jadi pegawai kantoran yg punya usaha ya. Secara finansial aman tapi nggak semua bisa menjalaninya karena memang berat bagi waktu tenaga pikiran. Anak2 kuliahan sekarang banyak diarahkan jadi pengusaha oleh kampusnya sih

Reply Delete
Avatar
Natara Aug 16, 2019, 8:16:00 AM

nah ini dia nih kak, buka usaha tuh kan emang ga berputar di urusan modal doang ya, ada banyak hal yang kudu disiapkan… hehehe...

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti Aug 16, 2019, 8:20:00 AM

Enggak mudah memang kalau mau jadi pengusaha. Harus ada niat yang kuat, mau berjuang, dan siap untuk rugi.
Btw ngomongin tentang usaha aku jadi mikir kembali, usaha apa ya buat hari tua nanti? Hehe.

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari Aug 16, 2019, 11:30:00 AM

Iya niat, tekad, action dan katanya sih kudu sesuai passion krn akan lbh mudah membuat org beli produk kita apabila kita sendiri udah cinta jg ma produk yg kita jual, teorinya begono😁

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Aug 16, 2019, 8:52:00 AM

Bisa dimulai dulu aja, mulai dari usaha yang kecil dan terus kembangkan ide.. karena kalo ngga dimulai ya ngga akan pernah tau seperti apa.. itu sih yang aku tau.. tapi akupun belum memulai usaha sih mbak, masih banyak pertimbangan huhu

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen Aug 16, 2019, 12:29:00 PM

Tips sukses jadi pengusahanya oke nih untuk diterapkan, terutama mempelajari manajemen usaha dan mengembangkan model bisnisnya ya. Trus ditambahin semangat pantang menyerah dan komitmen. Wah jadi deh.

Reply Delete
Avatar
Ade Anita Aug 16, 2019, 12:37:00 PM

Ekspresi bingung aja cantik ya, gimana kalo udah dapat ide..hahaha... makasih informasinya ya

Reply Delete
Avatar
Ida Aug 16, 2019, 12:37:00 PM

Butuh mental yg kuat ya jd pengusaha itu kalau cpt menyerah mah gak akan sukses ..gagal maning gagal maning hehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Aug 16, 2019, 12:42:00 PM

Banyak lika liku yang haris dicek dan dikuasai sebelum bias menjadi pengusaha yang sukses yaa mba. Aku pun berpikir untuk usaha online tapi belum sempeeet euy

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Aug 16, 2019, 12:49:00 PM

Hahaha, langsung ngakak pas di bagian kepsyen foto:

"... ekspresi bingung mau usaha apa?"

Dan sepakat banget di bagian ini:

"... tidak akan ada kesuksesan tanpa perjuangan!"

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Aug 16, 2019, 1:08:00 PM

Saya belum berani nih terjun di dunia usaha, sampai saat ini masih nyaman sebagai karyawan. Tapi makasih banget tips-nya, Mba 😊

Reply Delete