SLIDER

Rahasia Jadi Vlogger Terkenal


Jaman sekarang, media sosial hampir selalu menjadi pilihan. Awalnya banyak yang berbagi kehidupan sehari-hari di media sosial. Tapi kemudian secara perlahan, media sosial bisa menjadi sarana untuk memperoleh penghasilan yang sangat menjanjikan.

Salah satu media sosial yang menjadi tren adalah youtube. Youtube merupakan salah sosial media yang banyak di akses karena kontennya bisa diciptakan kapan saja dan oleh apa saja. Bagi mereka yang kreatif, youtube bisa menyalurkan kreatifitasnya melalui youtube.
 
bagaimana tips menjadi vlogger
Fendy Chow saat menceritakan awal mula ia menjadi vlogger
Tak heran, youtube kemudian menjadi ladang penghasilan yang sangat menjanjikan. Ketika saya cek di Kumparan.com, ada 7 youtuber Indonesia dengan penghasilan tertinggi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Gen Halilitar, Ria Ricis hingga Raditya Dika. Dilansir dari Social Blade, Raditya Dika misalnya dalam sebulan bisa menghasilkan Rp 623 juta hingga Rp 10 miliar. Keluarga Gen Halilintar menurut Social Blade mencapai Rp 2,3 miliar hingga Rp 37 miliar per tahun! Angka yang fantastis kan ya?

Lalu, bagaimana sih awal mula memulai karir sebagai youtuber? Apa saja yang harus disiapkan agar konten semakin menarik? Peralatan apa yang harus disiapkan untuk menjadi vlogger? Penasaran kan? 

Yap, saya pun penasaran tentang dunia vlogger. Saya pengen tahu apa sih rahasia konten vlog dan materi ini saya peroleh saat menghadiri acara yang diadakan oleh PT Megasurya Mas yang sekaligus digital campaign Healthyzona.com pada Sabtu, 15 September 2018 di Kopi 89, Jakarta. Ada tiga narasumber yang dihadirkan di acara itu yakni Stella Cornelia, Fendy Chow dan Kyra Nayda. Mereka bertiga telah menjadi vlogger terkenal dengan penghasilan lebih dari Rp 100 juta per bulan !

Tips Menjadi Vlogger ala Stella Cornelia

Narasumber pertama adalah Stella Cornelia. Vlogger yang juga mantan personil JKT 84 ini menceritakan awalnya ia menjadi vlogger berkat ketertarikannya untuk menceritakan kehidupan sehari-harinya. Namun lama kelamaan, ia pun mendapatkan keuntungan dengan menjadi vlogger.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi vlogger yakni :

Temukan passion

Jangan kuatir untuk mencoba sesuatu yang sesuai dengan passion yang dimiliki. Misalnya memiliki passion di dunia kecantikan, maka sampaikan itu di vlog. Begitu juga jika memiliki passion di dunia kuliner. Dengan melakukan  sesuatu sesuai passion maka kegiatan ngevlog akan menjadi lebih mudah.
 
vlogger terkenal di indonesia
Ketiga narasumber vlogger

Jangan ragu mencoba sesuatu yang trending

Menjadi vlogger berarti juga harus dapat menarik viewer di vlognya. Maka, jangan ragu untuk mengikuti sesuatu yang sedang trending. Misalnya jika memiliki passion di bidang kuliner maka buatlah vlog misalnya berjudul “Tempat Makan Pedas di Jakarta” dan lain-lain. Cari tahu apa yang lagi menjadi viral saat ini untuk dijadikan materi vlog.

Tak ada batasan
Menurut Stella, siapapun bisa menjadi vlogger. Mulai dari anak SMA, ibu-ibu dan mahasiswa. Jadi jangan membatasi diri untuk ragu menjadi seorang vlogger dan tak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Lalu bagaimana jika tak ada peralatan yang canggih dan lengkap? Semua bisa dilakukan walaupun diawali dengan menyewa kamera atau meminjam kamera milik orang lain.

Tarik perhatian penonton
Ekspresikan sesuatu dengan ceria dan penuh semangat sehingga penonton pun tertarik untuk menonton vlog yang ditampilkan. Sebaiknya tidak terlihat lemas dan kurang bersemangat ketika nge vlog. Untuk menarik perhatian penonton, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan citra diri. Untuk menarik perhatian viewer juga bisa dilakukan dengan menambahkan efek khusus di vlog sehingga menjadi lebih menarik.

Bagaimana Memulai Menjadi Seorang Vlogger ala Fendy Chow ?

Setelah Stella memberikan rahasia menjadi vlogger, Fendy Chow membahas bagaimana memulai menjadi seorang vlogger. Ia mengakui menjadi vlogger pria ada tantangannya namun ia memilih untuk menjadi vlogger dengan ciri khas yang ia miliki.

Jangan takut salah
Seringkali seseorang takut menjadi vlogger karena kuatir salah atau malu dan tidak percaya diri. Sehingga terkendala memulai menjadi seorang vlogger. Padahal yang harus dilakukan adalah memulailah sehingga menjadi terlatih dan percaya diri
 
tips menjadi vlogger
Para peserta acara
Munculkan Spontanitas
Jadilah diri sendiri agar memulai menjadi vlogger tak menjadi kendala. Dengan menjadi diri sendiri, kita pun tampil apa adanya. Selain itu, jangan lupa perhatikan apapun yang berada di sekitar kita dan siapa tahu itu akan menjadi bahan vlog yang menarik.

Jangan berhenti belajar
Menjadi vlogger berarti harus belajar dan terus belajar. Proses belajar itu bisa dilakukan dengan mempelajari melalui youtube. Jangan lupa juga menambah perlengkapan pendukung vlog untuk  proses belajar menjadi vlogger terbaik menjadi mudah.

Persiapkan perlengkapan
Sebelum membuat vlog, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan pendukung. Mulai dari kamera, extra baterai, memory card, laptop dan video editing apps hingga gorillapod.

 Apa Keuntungan menjadi Vlogger ataupun content creating?

Narasumber terakhir yakni Kyra Nadya menceritakan keuntungan menjadi seorang vlogger atau content creator. Menurutnya, dengan menjadi vlogger berarti bisa berbagi pengalaman, hingga mengekspresikan ide. Selain itu juga dapay menghibur orang lain serta menolong orang lain dengan materi vlog yang berguna serta menginspirasi orang lain.

Hal ini bisa dengan mudah dilakukan karena menggunakan platform digital yang mampu menjangkau semua lapisan masyarakat. Selain itu, dengan menjadi vlogger juga bisa menambah penghasilan serta menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan. Selain itu, Kyra juga memberikan tips bagaimana untuk menciptakan konten vlog yang berkualitas yakni :
  • Konten harus berguna dan menghibur
  • Temukan isu atau informasi yang dekat dengan sekitar
  • Teliti dengan baik apa yang menarik untuk dijadikan bahan vlog serta jangan lupa untuk di explore lebih lama untuk materi
  • Ketahui market dan penonton
  • Lakukan sesuatu yang sesuai dengan passion
Namun di antara semua tips menjadi vlogger, konsistensi dan kerja keras merupakan syarat utama yang harus dilakukan agar bisa menjadi vlogger yang bisa menghasilkan. Bagaimanapun sebuah tekad tanpa dilakukan dengan kerja keras dan konsistensi, akan menjadi sesuatu hal yang mustahil.

Jaga Kondisi Mood dengan Sabun Mandi yang Tepat

Menjadi vlogger dituntut untuk semakin kreatif sehingga dapat mempengatuhi produktifitas. Nah mood teryata sangat mempengaruhi kreatifitas. “Buat saya pribadi, mandi itu jadi aktifitas menyenangkan yang selalu menjaga mood saya,” kata Stella.

Fendy Cho selaku content creator yang menyukai outdoor dan sport actovoties mengatakan bahwa ia harus selalu sering mandi karena aktifitasnya membuatnya mudah berkeringat. Nah kulit berkeringat ini menjadi penyebab kulit yang tidak sehat sehingga mempengaruhi mood.
 
bagaimana menjadi vlogger
Sabun mandi untuk menjaga mood
Untuk itu, Fendy, Stella dan juga Kyra memiliki sabun mandi yang khusus bisa menjaga kelembutan kulit dan membuat moodnya semakin baik sehingga ia mampu memberikan kreatifitas dan produktifitas. Fendy memilih sabun Medicare yang tepat untuk kulitnya, Krya menggunakan Lervia untuk kelembutan kulitnya. Sedangkan Stella menggunakan sabun buah Harmony yang wangi.

Mengapa Memilih Lervia, Medicare dan Harmony sebagai Sabun Mandi pilihan?

Medicare cocok untuk penyuka olahraga outdoor karena sabun anti bakteri ini memiliki kandungan khusus Zebact 100 yang mampu melindungi kulit dari serangan bakteri dan kuman. Selain itu, Medicare mampu membunuh 99,99% bakteri dan kuman pada kulit sehingga bisa tetap melakukan aktifitas.
 
cara agar menjadi vlogger terkenal
Sabun Medicare 
Sabun Medicare memiliki lima varian yakni
  • Medicare Red
  • Medicare White
  • Medicare Yellow
  • Medicare Lightblue
  • Medicare Black
Bagi yang menginginkan kulit lembut, sabun susu Lervia jawabannya. Sabun susu Lervia ini unik karena ada dua tabung dalam satu botol loh!. Sabun susu ini mengandung ekstrak susu kambing yang bermanfaat untuk melembutkan kulit serta mengandung anti oksidan dan nutrisi yang penting untuk kulit. Sel-sel kulit mati bisa terangkat dan mampu merangsang regenerasi kulit. Kulit kusam pun tak mudah muncul dan kulit menjadi tak kering.
 
gaji para vlogger
Sabun batagan Lervia

rahasia konten vlog eksis
Sabun cair Lervia

tips menjadi vlogger terkenal
Sabun mandi Harmony 

Nah, bagi yang suka wangi buah-buahan, Harmony adalah pilihan yang tepat. Sabun ini diformulasikan khusus dengan kesegaran aroma buah. Bahkan, sabun ini diformulasikan khusus dengan bahan alami dari ektrak buah asli sehingga aman digunakan setiap hari.

44 komentar

  1. Aku kepengen nih jadi vlogger tapi masih ga pede buat cuap2 depan kamera entah kayaknya mukaku kayak lagi ngunyah baso kalau di kamera ummi..

    btw sabun harmony ini ku kenal pas masih sekolah zaman SMA terus kuliah deh karena suka wangi buahnya kalau yang lervia belum coba jadi pengen coba siapa tahu bisa jadi vlogger karena pedenya bertambah xixixi

    BalasHapus
  2. Aku nih kepengen jd vlogger tapi gak ada daya buat nmgedit video hahha :P
    Kurang niat kali ya.
    Ooo Fendy Chow itu vlogger jg sekarang?
    Aku tau dia dulu pertama kali main di sinetron bareng Cinta Laura :D Eh bener kan ya yg itu orgnya?

    BalasHapus
  3. Nah itu tuh, kelemahanku adalah takut salah dan malu mbak, jadi gak jadi-jadi deh videonya haha.. Entahlah sampai kapan begini. Eh aku udah coba sabun cairnya lho, lembut dan wangi

    BalasHapus
  4. saya sih suka takut salah dan malu hahaha, ternyata itu yang bikin saya selalu gagal bikin video yah huhuhuh

    BalasHapus
  5. Aku mau coba coba merambah dunia vlogger tp masih belum pede. Hahhaa
    Tips nya bisa di contoh nih

    BalasHapus
  6. Semula keinginan saya adalah menjadi blogger dan vlogger, tapi kemudian saya selalu minder ketika berada di depan kamera. Pada akhirnya hanya menulis saja.
    tips-tips diatas memberi saya dorongan kembali untuk mencobanya.
    Thanks

    BalasHapus
  7. AKu pengen jadi vlogger, tapi suaraku cempreng banget kalau direkam huhuhu
    Btw aku pakai tuh sabun harmony, wanginya enak banget

    BalasHapus
  8. wuahhh pengen juga inu jadi vlogger apalagi liat pendapatannya yang fantastis.. tapi aku kok kikuk ya depan kamera ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  9. Masih belum lihai jadi vlogger, hahah..

    Btw, itu mas Imawan ngelirik kamera aja yaak pasti di foto ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  10. Iya benar, biar mamak-mamak pun bisa eksis. Saya punya channel YouTube tapi koq masih lbh nyaman ngeblog, ya. Mau coba ngevlog malah nanti kelihatan "not my self". Kalo orangnya suka ngomong cocok kali ya. Saya orangnya malas ngomong panjang ๐Ÿ˜„

    Eh, kita sudah saling follow di Yt belum, ya, Mbak Lid?

    BalasHapus
  11. Stella Cornellia aku tau dari awal jadi member JKT 48 trus sempet main di Bima Satria Garuda juga.. Sekarang beralih jadi vlogger ya.. Penghasilan vlogger yg banyak fansnya memang buanyaaaak banget ya mba.. Bener banget kalo konsisten dan kerja keras kuncinya.. Pingin jugak nyoba ngevlog tapi masih belum pd.. Hihi..

    BalasHapus
  12. Dulu sempet punya kamera dan pingin jadi vloger, ehh ternyata malu ngomong di depan kamera, kelemahan banget nih. Oya aku juga pake sabun itu tuh, wanginya juga lumayan.

    BalasHapus
  13. Vlogger tuh kwren klo bisa mengkombinasi imajinasi dg hasil yh ingin disampaikan ya kak.. Smngadh

    BalasHapus
  14. Aku pengen mba bisa nge blog, udah lama, tapi mau coba sendiri kok enggak PD.
    Kayanya butuh kelas offline ini

    BalasHapus
  15. Aku mah belum pantas disebut vlogger, wong bikin video kalau lagi mood doang. Hehehe. Tapi tipsnya bagus tuh untuk dicoba. Cuma aku kalau soal mencoba hal-hal yang sedang trending masih suka ragu-ragu. Apalagi kalau ngevlog soal makeup kan banyak banget trend barunya.

    BalasHapus
  16. Mau banget akupun punya penghasilan sebanyak itu pertahun. Etapi jadi vlogger juga ga hisa asal yaaa, mesti sering mengasah skill pervideoan gitu buat menghasilkan video yang kece kaaaan. Makasi sharingnya ya mbak Lidaaaa, langsung oengen praktek niiih :D

    BalasHapus
  17. Terima kasih tipsnya, Teh.
    Next bisa dicoba, entah kapan sih..hehe

    Tapi ini bermanfaat dan memang baiknya langsung action aja sih ya bagi yang mau terjun jadi vlogger langsung.

    BalasHapus
  18. Cocok nih buat aku yg anaknya moody haha. Mantap banget mba semua tipsnya, dan tips yg paling penting dari semua konsisten sama kerja keras ya mba hihi

    BalasHapus
  19. Waah sangat bermanfaat info nya.. makasih udh sharing mba..

    BalasHapus
  20. Fendy Chow masih sama Dealoka nya gak sih?

    BalasHapus
  21. Sudah setua ini msh ada keinginan elajae jd vlogger tp wktnya sudah riqeuh..kayaknya menyenangkan ya..hahaha

    BalasHapus
  22. KAlau semua diawali dari passion jadi lebih semangat ya, Mbak. Saya belum terlalu punya passion di video. Banyak sih bikin video, tapi editingnya masih sering malas. Kayaknya saya perlu mandi pakai sabun ini dulu. Apalagi yang Harmony kelihatannya segar karena buah-buahan :)

    BalasHapus
  23. Selama ini Aku kalau mau buat vlog masih maju mundur terus mbak Alida. Tapi sekarang setelah banyak dapat tips menarik dari 3 anak muda ini, jujur jadi semangat dan ingin sukses juga. Semoga bisa... Aamiin

    BalasHapus
  24. Komen lagi ah, emang utk menjaga mood sebaiknya mandi yaaa. Trus wangi2an dari sabun jg bisa bikin perasaan lbh baik, jd siap beraktivitas gtu...

    BalasHapus
  25. Waah gedean raditya dika ya sebulan bisa dapat 623jt. Kalau gen halilintar kan pertahun tuh. Pantesan banyak yg mau jadi yutuber.

    Tapi wajarlah dibayar besar krn bikin konten video tuh ga gampang.keren lah yutuber indonesia ya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  26. mandi dulu baru ngevlog ya.. wkwk
    Youtube memang bisa menjadikan orang biasa untuk terkenal tanpa butuh masuk tv. GIla ya penghasilannya bisa segitu sebulan.

    BalasHapus
  27. lagi pengen nyobain ngevlog juga nih, tapi masih bingung harus ngapain dan masih nggak pede juga, makasih banyak infonya mbak.. sangat membantu..

    BalasHapus
  28. Melakukan yang kita bisa dan suka itu mengasyikan ya. Seperti halnya ngevlog. Masih belajar nih aku. Btw alat belum lengkap nggak apa apa ya kak?

    BalasHapus
  29. lagi ngebayangin kalo aku punya pendapatan segitu tiap bulan, awhhh enak banget yah.hihihi makasih sharringnya ini bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  30. Ya ampun itu milliar2 uang semuaaahhh? Aku masih bingung soal konten youtube yang bisa aku bikin. Udah gitu aku belum pede di depan kamera dan satu lagi, aku masih belum sanggup kalau harus dibully sama netizen.

    BalasHapus
  31. Aku masih sebatas beres2 Channel Youtube doang dong, dan bikin Playlist. Bahan mentah (video) udah numpuk tapi kok susah cari waktu buat editnya, jadi kapan bisa jadi Vloggernya coba? Wkwkwk

    Tapi jadi pengen mulai seriusin deh, berbekal tips diatas semoga bisa konsisten ngevlog dan ngeditnya. Siapa tau kaaan jadi sumber penghasilan juga kayak nama2 diatas yg udah dapat em-em-an dari Vlog, uwoooow. Amin dulu ajaaa.

    BalasHapus
  32. Belum pede kalo ngevlog masih malu kalau diumum..pdhal nyesel klo dh smp rumah knp gk d video in.. ngumpulin kberanian dulu mba..

    BalasHapus
  33. Thanks tipsnya Umiiii... Banyak yang sekedar asal bikin video, tapi ngga tahu bagaimana untuk tetap konsisten ya....

    BalasHapus
  34. Kann main pendapatan merekaaa... Aku tuh masih bingung masalah teknisnya deh mbak.. gumana cara setting kamera atau lighting buat bikin videonya. Padahal pengen banget ngevlog hiks..

    BalasHapus
  35. Salut sama Gen Halilintar, kompak dan konsistensinya itu lho ga pernah berhenti untuk menjadi kreatif. ini kayaknya masalah aku banget, ga PD kalau mau ngevlog tuh, takut ini takut itu, padahal mana kita tau ya kalau udah mulai...

    BalasHapus
  36. Aku ada Youtube cuma kayaknya ga pernah upload apapun hahaha :) Senengnya nulis blog aja. Entah ya mungkin kurang pede, masa udh jadi emak2 eh ibu bangsa hahah videoan cuap2? Masih bisa apa tuh? Ada yg nonton ntar ga yah? Mau sih belajar dikit2 hehe. Btw aku di rumah juga pakai Medicare dan lervia. Harum, bersih.

    BalasHapus
  37. Mau nge vlog masih kurang pede..., Suara suka ilang timbul..padahal gak ada siapa2 kok suka grogi ya...

    Ngeliat hasilnya berasa jelek aja .

    BalasHapus
  38. Sampai hari ini saya belum memulai untuk membuat vlog, karena???? belum cukup bekal menjadi aeorang blogger hihi.. tapi memang ya segala sesuatu harus dimulai dulu ya mba, setelah itu kita jadi belajar, apa aja sih yang kurang untuk memperbaikinya... duh tau sih teorinya tapi belum mulai mulai nih mba huhu

    BalasHapus
  39. vloger,menurut saya profesi yang sedang naik daun. sekarang anak-anak klo ditanya mo jadi apa? maunya youtuber

    BalasHapus
  40. Saya masih belum pede kl bikin vlog mbak, masih belajar biar bisa pede ๐Ÿ˜
    Kayanya agar jadi vlogger yg hits harus banyak posting ya mbak

    BalasHapus
  41. Fendy Chow ini yang dulu biasa main sinetron ya Mbak? Kayak lama jarang lihat dia lagi di tv. Ternyata sekarang dia vlogger. Hehehe, sayanya yang baru tahu...

    BalasHapus
  42. Aku pengen belajar jadi vlogger yang kece, tapi pas mau bikin video kadang suka bingung lagi hehe

    BalasHapus
  43. Saya kadang masih belum PeDe di depan kamera, ngomong aja masih rada nyendat2 gitu. Mesti banyak belajar lagi

    BalasHapus
  44. Untuk orang introvert aeperti aku dan ditambah gak ada pengalaman sama sekali untuk ngomong di depan camera, itu sulit banget. Apalagi tanpa skrip ya. Aku aja cuma ngomong untuk igstory masih suka belibet2.

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell