SLIDER

Menyelusuri Berbagai Destinasi Wisata Gratis dan Menarik di Paris

Akhir bulan lalu, ada teman saya yang memanjang fotonya saat berada di Paris. Kebetulan kedatangannya di Paris untuk bekerja sekaligus mengambil kesempatan untuk menikmati kota Paris. 

“Suatu hari kamu harus datang, Lid. Paris menawarkan banyak keindahan yang menghanyutkan,” kata teman kepada saya.  Kemudian, ia menceritakan sudut-sudut kota Paris yang memang sulit untuk dilupakan. 
Menara Eiffel Paris. Sumber foto 
Saya lebih banyak mendengarkan kisah-kisah tentang Paris. Ada kekaguman yang tak bisa dilukiskan saat ia menceritakan tentang Paris. “Kalau ada kesempatan lagi, aku ingin lagi datang ke Paris,” tambahnya.

“Jangan lupa ajak-ajak yaa,” kata saya sambil nyengir. Sapa tahu kan dia khilaf lalu mengajak saya berlibur ke Paris bersama keluarga. Sapa tahu …

Paris, kota yang menjadi impian bagi banyak orang di seluruh dunia untuk mengunjunginya. Kota ini terkenal sebagai kota cahaya yang gemerlap, menjadi kiblat mode dunia, dan juga lokasi terbaik untuk merasakan glamorama semu seperti kalangan jet set.

Ya, begitu banyak sudut di kota Paris yang mampu memberikan efek ‘lavish’ alias mewah tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Berbagai atraksi terjangkau nan menawan di sini banyak yang buka sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Seseorang bisa dengan mudah menghabiskan banyak uang di Paris, tetapi juga benar bahwa kita juga bisa memanjakan diri dengan harga yang wajar, bahkan benar-benar gratis untuk beberapa lokasi.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah pilihan terbaik untuk berwisata gratis di Paris yang menakjubkan.  Tandai ide-ide ini, dan kamu mungkin akan merasa jauh lebih mudah untuk menjaga anggaran saat bertandang ke ibu kota Prancis ini.

Perjalananmu ke Paris akan lebih menyenangkan jika paham memilih maskapai penerbangan yang ‘memanusiakan’ penumpangnya dengan sangat. Etihad menjadi salah satu gambaran paling progresif tentang pengalaman terbang yang berkesan. Saya pernah menikmati maskapai ini saat perjalanan umrah pada tahun 2016. Maskapai ini sangat bagus, pelayanannya pun sangat memuaskan dan makanannya pun enak-enak.

Maskapai asal Abu Dhabi ini selalu berusaha menjadikan semua pelanggan layaknya sahabat, selalu mendapat hal terbaik untuk setiap perjalanan dari destinasi ke destinasi.


1. Jelajahi Lingkungan Fantastis Paris Kuno

Adalah sebuah hal yang meyakinkan untuk menyebut Paris sebagai kota ramah pejalan kaki. Bahkan, bukan hanya menjadi kebiasaan sehari-hari, berjalan kaki di sana juga bisa menjadi ‘panggung penampilan’ dan juga aktivitas mencari inspirasi. Beberapa sudut yang belum ditemukan mengundang siapapun untuk datang menjelajahinya. Jadi kemasi sepasang sepatu berjalan yang bagus, bersiaplah dengan peta jalan kota Paris atau aplikasi smartphone yang sebanding, dan taklukkan jalanan untuk petualangan nol-Euro yang tidak akan kamu lupakan.
Sumber foto : pixabay.com


2. Pergi Menikmati Museum Secara Gratis

Dalam bahasa Prancis, frasa ‘budaya’ memiliki spektrum makna lebih luas, yang mengacu pada hak universal untuk semua yang terpapar dengan seni, ilmu pengetahuan, dan humaniora. Untuk itu, pemerintah setempat menyuntikkan dana yang signifikan untuk membuat budaya dapat diakses oleh semua orang. Banyak museum Paris yang menawarkan tiket masuk gratis sepenuhnya setiap saat, sementara yang lain, termasuk Louvre dan Musรฉe d'Orsay, gratis untuk pengunjung pada hari Minggu pertama setiap bulannya.


3. Tandai Kalender Untuk Acara Tahunan Gratis
Paris menyelenggarakan sejumlah acara tahunan yang menyenangkan, penuh inspirasi, dan sepenuhnya gratis. Dari urusan artistik seperti instalasi seni umum sepanjang malam ke pantai buatan yang ditanam di Sungai Seine setiap musim panas, semua akan sangat berharga untuk dikunjungi. Banyak dari pertunjukan gratis ini terkonsentrasi pada musim semi dan musim panas, tetapi setidaknya di musim-musim lainnya, digelar satu atau dua pertunjukkan utama yang terbuka untuk umum.


4. Dapatkan Pengalaman Kontemplatif di Katedral dan Gereja
Paris menyimpan banyak peninggalan rohani bersejarah yang lebih memukau - katedral dan gereja yang berdiri sebagai testimonial mempesona bagi warisan kompleks Kekristenan, yang mendominasi di Paris sejak kejatuhan Kekaisaran Romawi hingga Revolusi Prancis. Banyak dari katedral dan gereja yang megah ini nyaris runtuh setelah Revolusi, tetapi kembali hidup pada abad ke-19, membawa restorasi besar-besaran di banyak lini kehidupan, tidak terkecuali pada urusan agama.

Sumber foto : pixabay.com

5. Bermalas-malasan di Taman Kota
Taman-taman di Paris tertata sangat apik, mencampurkan selera kebangsawanan dengan estetikan botani yang mempesona serta ramah pengunjung. Tidak peduli musim, berjalan-jalan atau berpiknik di salah satu dari banyak taman yang elegan dan khas di Paris adalah elemen penting dari setiap perjalanan ke kota ini. Jangan lupa kunjungi taman hiburan kuno seperti Jardin d'Acclimation, yang disukai anak-anak dan orang tua.


6. Menikmati Pemandangan Kota yang Indah
Memperoleh pandangan mata burung ke hamparan kora Paris bisa menjadi pengalaman yang menggetarkan, dan dalam banyak hal tidak dipungut biaya. Apakah kamu menuju ke puncak Montmartre atau Parc de Belleville yang sedikit diketahui publik, ada banyak cara untuk mendapatkan panorama tanpa membayar satu sen Euro.
Arch Du Triomple. Sumber foto : pixabay.com


7. Ikuti Tur Wisata Independen
Terakhir, pergi berkeliling kota dengan berjalan kaki. Discover Walks adalah perusahaan yang menawarkan beberapa tur berjalan kaki di Paris tanpa biaya. Kamu, bagaimanapun, didorong untuk memberi tip kepada para pemandu yang ramah. Namun, jika kamu gemar joging maka RunParis adalah tur gratis untuk terbaik. Ada tur yang diselenggarakan setiap Jumat pagi pada pukul 10:00, dimulai dari jembatan Pont Neuf, dan mengelilingi pusat kota, termasuk melewati Menara Eiffel dan Arch Du Triomphe.

Kalau ada kesempatan ke Paris, tempat manakah yang ingin teman-teman kunjungi? Dan inginnya pergi sama siapa? Yuk berbagi di kolom komentar ini ....

52 komentar

  1. Bangunan2 di sana sepertinya khas banget ya

    BalasHapus
  2. Waaa moga ada rezeki untuk bisa ngecap paspor sampe ke Paris. Eropa, pastinya menawan banget ini. Walau cuma jalan kaki di taman2 aja kayaknya bakalan menyenangkan ya. Mba :D

    BalasHapus
  3. Ke Eifel dulu ummi biar pamer foto depan Eifel huakakakak baru deh ketempat lainnya :p
    insyaAlloh keliling Eropa bareng ya Ummi :* (nabung makanya talk to my self ahahah)

    BalasHapus
  4. Di eropa memang kebanyakan gratisan kalau kita bawa id wartawan dan id pelajar, intinya duduk depan jalan aja udh enak dah pemandangannya heheheh

    BalasHapus
  5. Wuooowww mainnya jauh hihihi. eh ternyata museum itu gratis tooo...
    Eh tapi kata tmn yang pernah ke Perancis, khsuusnya Paris, ada bbrp tempat yg gak seindah bayangan. Hihihi ntr kalau org Indonesia ke sana sendiri pasti paham. Yg asyik katanya kalau ke pedesaannya mbak. Moga2 ada rejeki ke sana yaaaa amiinn

    BalasHapus
  6. Sepertinya mengasyikan ya menikmati kota Paris dengan berjalan kaki, pasti memberikan kesan menarik.

    BalasHapus
  7. Wah..asyik ya..bisa gratis .., ngeliat begini cuma berdoa dalam hati semoga kelak bisa main kesana...aamiin..

    BalasHapus
  8. Semoga dikasih rejeki kesana, list destinasi free nya udah dapet dari sini hihi jadi makin semangat nabung untuk keliling eropa khususnya perancis

    BalasHapus
  9. Paris benar2 destinasi wisata impianku Mba...semoga suatu saat bisa ke sana...Aamiin Allohumma Aamiin

    BalasHapus
  10. Semoga ada rezekinya bisa main ke paris kota romantis katanya...

    BalasHapus
  11. Eiffel pastinya Ummi sebagai icon nya Paris, hihi... Paris emang jadi wishlist hampir setiap orang sepertinya ya..

    BalasHapus
  12. Ah, Paris.. Destinasi impian.. Pengennya ke menara eiffel sama suami.. Nuansanya kan romantis ya.. Semoga suatu saat kita sekeluarga bisa melancong sampe Paris ya mbak Lidaaa. Aamiin

    BalasHapus
  13. Paris emang selalu jadi tempat menarik buat dikunjungi, semoga suatu saat aku bisa kesana, aamiin..

    BalasHapus
  14. hua jadi mupeng ni pengen ke paris, temenku tuh lagi ke Paris, timeline nya full foto2 indah di Paris dong hehehhehe

    BalasHapus
  15. ya ampun Paris, kota impian banget. romantis ya mba suasana nya hihihi

    BalasHapus
  16. Kalo saya kepincut sama museumnya, Mbak. Pernah baca di buku The Davinci Code

    BalasHapus
  17. Waaaah, paris salah satu wishlist aku nih.. aduuh keren bangeet ya disana..aku suka sama bangunan nyaa...

    BalasHapus
  18. Aku pengen banget ke Paris kak pengen foto di depan menara eifel biar kaya rangorangg hehe semoga kita ada rezeki kesana ya bareng keluarga. Aminn.

    BalasHapus
  19. Waaah...keren2 yah wisatanya.. Semoga bisa ke sana suatu saat nanti.. Aamiin .

    BalasHapus
  20. Widih paris.. In love.. Klo sy kepengen ke turki nih.. Pernah bikin paspor tp cm kepake utk ke malaysia dh dah abis berlakunya nih.. Jd kepengen jlan2 lagi nih..

    BalasHapus
  21. Wah, kapan ya bisa ke Paris. Nabung ga ngumpul2 duitnya hehehe...saya ingin ikut tur independen dan singgah ke wisata lokasi kuno. Bayanginnya aja sudah bahagia ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  22. Duhh Paris. Kalau bisa kesana suatu hari nanti niat banget mau jelajah semua museumnya dan jalan kaki keliling kota. kalau capek, nongkrong di taman sambil baca buku.

    BalasHapus
  23. selalu tertarik sama Paris, ingin sekali berkunjung kesana.. entah kapan.. doa aja yang kenceng, semoga lekas terkabul *Aamiin..

    BalasHapus
  24. Emang enak sih trotoarnya gede2 jd jalan kaki pun enak. Walau blm pernah ke Eropa, suka bgt dengan Eropa krn byk bangunan2 sejarah gitu ya ~~ liat di film :D

    BalasHapus
  25. Museum di Paris itu kayaknya bagus-bagus ya? Kayak setting di film kerajaan eropa. Jangan lupa bawa baju yang menunjang untuk foto-foto, eeaa

    BalasHapus
  26. Paris. Kota yang bernuansa Romantis. Saya sik belum pernah kesana. Membaca banyak article tentang Paris. Pastinya membuat saya ingin menabung lebih banyak lagi supaya bisa keliling eropa. Paris. Someday I will be there.

    BalasHapus
  27. Jadi kapan kita ke Paris bareng, Mbak? Ya kali aja kopdar blogger di sana hahaha. Pastinya kalau ada kesempatan ke Paris, tempat yang wajib dikunjungi adalah menara Eiffel. Ikon kota Paris kan itu. Jadi biar afdol jalan-jalan ke Paris :)

    BalasHapus
  28. Aku pengen banget ke Paris mba

    BalasHapus
  29. Duh zaman mana bisa ke Eropa? Doakan semoga ada kesempatan serta rezekinya ya. Tidak menolak kalau ada kesempatan saya mau menikmati keindahan serta kemegahan bangunan-bangunan cantiknya...

    BalasHapus
  30. Kalo membahas Paris, aku ingatnya Menara Eifeel terus mbak.Ternyata ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi saat ke Paris. Aku jadi kepengen ke Paris deh kayaknya. Mungkin suatu saat nanti.

    BalasHapus
  31. Wah, Paris salah satu kota impianku. Entah kapan bisa kesana. Oya, aku kemarin bacs di blog blogger siapa gotu, lupa. Hati-hati juga wisata ke kota Paris karena kadang ada oknum copetnya

    BalasHapus
  32. Daku mau banget ini diajak ke Paris.. Nanti di sana entah akan menghasilkan berapa cerita yang bisa dituliskan ke dalam blog ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  33. Ternyata dimana saja banyak destinasi wisata gratis. Lumayan buat irit kantong dan cakep buat di foto saat jalan jalan ke paris yang romantis

    BalasHapus
  34. Pengen ke pusat penelitian Marir Curie, idolaku dari zmana SMA, seorg fisikawan sekaligus matematikawati pertama di Eropa (bahkan dunia). Beliau yg menginspirasi aku ut nuga jadi ilmuwati :''

    BalasHapus
  35. akkkk,,, paris menarik banget ya! pengen banget bisa kesana dan eksplor negara-negara eropa sekitarnya :))

    BalasHapus
  36. Ya Allah... Paris.. salah satu tempat yang pengen banget aku kunjungi... aku pengen ke mana aja deh, kalo bisa ke tempat yang jarang dikunjungi jadi biar lebih sesuatu yang beda

    BalasHapus
  37. Itu pemandangan bangunannya mirip di film2 Sherloc Holmes yaa... klasik banget.

    BalasHapus
  38. Bookmark dulu, siapa tau ada rezekinya jalan2 ke paris ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  39. paris juga tempat impian ku, awalnya sih gara-gara nonton eifel i'am in love jaman sekolah dulu berasa ada sisi romantisnya di paris, eh sampai sekarang masih aja kepengen kesana.hehe

    BalasHapus
  40. Duh, Paris impian banget, mupeng euy

    BalasHapus
  41. Boleh neh jalan-jalan backpacker kesana mba. Boleh juga neh tipsnya.

    BalasHapus
  42. Wow paris kota impian banget. Pengennya bisa mengunjungi semuanya hehehe sekarang nabung dulu

    BalasHapus
  43. Aku belum niat ke Paris..ada yg bikang kota ini romantis jd kalo ke sana baiknya bawak pasangan biar ga baperan

    BalasHapus
  44. Mbak makasih udah posting ini, jadi ingat dulu ngarep banget ke Paris lalu mimpi itu kandas begitu paham harga tiket dan biaya hidupnya yang mihil. Tapi habis baca postingan ini jadi semangat lagi....

    bermimpi ke Paris ahaha

    BalasHapus
  45. Ya Allah mba liat ganbar-gambat tentang paris aja udah langsung bikin saya jatuh cinta hahaha. Kapan ya bisa ke sana

    BalasHapus
  46. Gak kebayang ini aku kalau ke Paris pasti foto melulu mulai dari sudut persudut kota disana

    BalasHapus
  47. Inpian aku banget ini bisa jalan jalan ke paris, kepemgeeen banget dari dulu sebelum kuliah malah ini jadi tujuan wisata aku.

    BalasHapus
  48. Jalan-jalan ke Paris, impian banyak orang ini mba Alida :)
    Mulai menabung dan cari tahu destinasi wisata yang murah biar asik jalan-jalan nya ah...

    BalasHapus
  49. Aku selalu bekhayal bisa take foto di yang no 1 itu. Pasti instgaramku kece badai dah.. Huhhhuu pengeen

    BalasHapus
  50. Semoga bisa ke benua eropa ๐Ÿ˜ bener-bener kitanharus bermimpi agar semua bisa tercapai, aku seneng bacanya jd bisa buat persiapan siapa tau dpt undian ke eropa

    BalasHapus
  51. Kalau saya ingin menjelajahi lingkungan Paris Kuno, kayanya bakalan seru krn banyak peninggalan kunonya. Dan tentunya melakukan perjalanan dgn suami mbak ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  52. Yang nomer tiga: Tandai Kalender Untuk Acara Tahunan Gratis, itu yang paling penting. Soalnya biasanya di sekitar tanggal-tanggal itu, harga pesawat jadi lebih mahal. Sayang kalau dapat tiket pesawat mahal, tapi tidak memanfaatkan kesempatan gratisan gitu ... (Walau sok tajir, teteup suka yang gretongan.)

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell