SLIDER

Tips Memilih Outerwear untuk Pria


Jadi ceritanya minggu lalu saya jalan-jalan bersama keluarga. Pas lagi jalan, tiba-tiba ia mengatakan ingin membeli jaket yang bisa ia gunakan di kantor. Selama ini ia hanya memiliki dua jaket yang terkadang ia gunakan ketika di kantor. Itu pun sebetulnya nggak sering ia gunakan karena suhu ruangan di kantor nggak dingin-dingin banget. 

Tapi walaupun sudah keliling belum juga ia menemukan jaket yang pas untuk dirinya. “Emang nyari jaket yang kayak gimana sih, Bap?,” kata saya. Agak kesal juga karena beberapa jaket yang saya pilihkan ditolak. Ada saja alasannya. Mulai dari ukuran jaket terlalu kecil, motifnya terlalu ramai hingga jenis bahan yang tak pas untuknya. 


“Pilih jaket tuh harus pilih yang pas. Biar digunanakanya juga lebih nyaman dan awet,” kata suami sambil tersenyum.

Setelah saya pelajari, teryata memilih jaket tuh memang gampang-gampang susah. Mmh, nggak hanya jaket sih, tapi outerwear yang lain pun butuh ketelitian sebelum membeli. Memangnya, apa saja yang harus dilakkukan sebelum membeli outwear? 

Jaket merupakan salah satu outerwear yang merupakan fashion item yang wajib dimiliki oleh pria. Ada beberapa outerwear yang seringkali digunakan oleh pria. 

Jenis-jenis Outerwear untuk Pria 

Jaket 

Yap, seperti yang saya sampaikan tadi, jaket tuh merupakan outerwear yang paling sering digunakn. Biasanya banyak yang menggunakan jaket saat menggendarai motor untuk menghalau angin atau jaket sekedar penambah gaya. Ada jaket yang terbuat dari bahan kulit ada juga jaket denim yang kembali terkenal setelah digunakan Dilan. 

Sweater 

Menggunakan sweater seringkali juga menjadi pilihan pria. Biasanya ada yang memilih sweater yang motif polos dan ada yang tidak. Jenis sweater pun ada yang sweater rajut dan sweater hoodie.  Menggunakan sweater rajut rata-rata digunakan untuk pria ketika memasuki musim dingin atau berada di udara dingin. Sweater rajut ada yang berbahan tebal dan ada juga yang berbahan tipis. Sedangkan sweater hoodie

Jaket Bomber


Tren menggunakan bomber jaket di kalangan pria belakangan semakin meluas. Konon katanya, jaket bomber ini awalnya dirancang untuk pilot saat Perang Dunia 1. Jaket bomber dirancang untuk perlindungan dari temperature udara tinggi. Jaket bomber ini kemudian muncul lagi pada dekade 80-an. Kala itu, Tom Cruise menggunakan jaket bomber di filmnya yang  terkenal yakni Top Gun. Menggunakan jaket bomber memberikan kesan macho dan kekinian. Kenapa dinamakan jaket bomber? Konon katanya, kata bomber diambil dari kata bombardier alias bombardir yakni membom musuh dari udara oleh pilot pesawat militer. 


Sumber foto : Mataharimall.com


Jaket Parka 

Nama jaket parka agak terdengar asing bagi teman-teman? Yap saya pun merasa demikian. Padahal, jaket parka ini saya miliki dan selalu saya gunakan. Untuk pria, jaket parka ini termasuk outerwear yang paling banyak digunakan saat ini. Jadi, parka ini ada ciri khas hoodie, kerah disertai kupluk. Konon, awalnya parka terbuat dari kulit rusa dan digunakan untuk berburu di Kutup Utara loh! 

Tips Memilih Outerwear yang Tepat untuk Pria 

Sesuaikan Ukuran 

Pemililhan ukuran harus dilakukan sebelum menggunakan outerwear. Misalnya jika biasanya menggunakan outerwear ukuran M, maka sebaiknya pilih yang ukuran M. Untuk memastikan, jangan lupa mencoba terlebih dahulu sebelum membeli. Dengan mencoba terlebih dahulu, kita bisa mengetahui ukuran yang tepat untuk tubuh. 

Perhatikan Jenis Bahan

Jenis bahan juga mempengaruhi. Misalnya untuk jaket yang bahan jeans tentunya lebih baik digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Namun menggunakan outerwear berbahan rajut sebaiknya di hindari untuk digunakan di ruangan yang panas karena membuat tak nyaman untuk digunakan 

Warna yang Tepat 

Warna outerwear pria terbaru rata-rata warna gelap seperti hitam, coklat dan biru. Dengan memilih menggunakan outwear berwarna casual, kita pun bisa dengan mudah memadu padankan dengan pakaian yang lain sehingga membuat penampilan menjadi semakin mempesona. 

Sesuaikan Harga

Karena outerwear memiliki beragam jenis, jangan lupa memilih outerwear yang harganya sesuai dengan kantong. Jangan hanya karena modelnya bagus tapi walaupun uang tak cukup, tapi memaksa untuk membeli outerwear. Saran saya, pilihlah outerwear pria terbaru yang promo yang seringkali dilakukan toko online seperti MatahariMall.com yang menawarkan banyak pilihan outerwear pria terbaru dengan harga yang menarik.



Untuk menjaga agar kualitas outerwear masih tetap bagus dan awet digunakan, jangan lupa untuk memperhatikan cara penyimpanan dan pencucian. Misalnya untuk sweater rajut sebaiknya tidak dicuci di mesin cuci karena akan membuatnya menjadi cepat rusak.

Kira-kira teman-teman lebih suka menggunakan outerwear yang mana? Apakah jaket denim, sweater atau jaket bomber? Adakah kriteria-kriteria khusus sebelum membeli outerwear? Apakah memiliki outerwear kesayangan?

43 komentar

  1. aku juga sempat bingung pas cari jaket buat suami ummi, bingung karena biasanya hargnya mahil kan sebagai mamak ekonom harus bisa hemat wkwkwk

    ga kepikiran beli di matahari mall baca ini dapet ide deh cari disini kasian jaketnya udah buluk :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliin bun buat suami. Biar makin cinta :p

      Hapus
  2. Saya suka banget klo suami pake jaket yg simpel dan biasanya seperti sweater itu. Atau bahan yg kaos2 gitu. yg denim juga suka sih tapi gak terlalu, agak berat mungkin ya 😁

    BalasHapus
  3. suamiku orang nya gerahan, suka ga betah pake outer pasti kepanasan huhu.. tfs mba

    BalasHapus
  4. Cari jaket buat cowok gampang-gampang susah. Karena harus disesuaikan dengan peruntukannya. Tapi di Matahari Mall kita gampang cari yang sesuai yaa

    BalasHapus
  5. Hihih biasanya cewek yang suka pakai outerwear, baru ngeh kalau jaket juga termasuk outerwear bagi pria, aku mikirnya jaket ya jaket hahaha

    BalasHapus
  6. Suami paling senang dengan sweater klo jaket katanya makin menggemuk hihihi

    Jadi banyak pilihan yah kalau belin online gitu bisa sesuaikan warna dan ukuran...

    BalasHapus
  7. Paling nggak betah pakai jaket dan semacamnya, katanya gerah hahaa.. padahal model jaket cowok sekarang keren keren banget ya..

    BalasHapus
  8. Suamiku suka jaket warna gelap buat motoran. Pokoknya 3 jaket warna hitam semua

    BalasHapus
  9. Suamiku juga selalu pake jaket, Mba. Jaketnya ada bermacam-macam mulai dari yang kaos, parasut sampe yang kulit :)

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah beliin suami jaket, dan makasih ummi alida, jadi tau jenis-jenisnya, dan lagi bayangin kalau suamiku cocoknya yang mana ya kira-kira

    BalasHapus
  11. kebiasaan pake outwear terutama sweater dan jaket inilah yang membuat orang luar kagum dengan masyarakat Indonesia. Kdang sepanas apapun cuaca di luar sana kita tetap memakai jaket atau sweater hihihi, demi ga hitam kena sengatan matahari ya mba. Btw di mataharimall lengkap yah mba.

    BalasHapus
  12. Aku udh lama kepingin jaket parka, aku suka krn modelnya biaa nutup sampe ke paha. Hehe. Klo suamiku lbh suka jaket baseball

    BalasHapus
  13. Wah.. lengkap tipsnya mbak al. Aku pengen euy parka yg bisa nahan hujan. Secara males pakai jas hujan.lihat2 mataharimall ah..

    BalasHapus
  14. Suamiku sukaaaa dengan jaket bomber. Alhamdulillaaaah koleksi udah banyak jadi tinggal makenya aja hehehe

    BalasHapus
  15. Aku lagi suka jaket bomber. Dan ngerasa terlihat gemuk kalo pake parka wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Aku suka model bomber. Tapi sekarang ada model baru yaitu jaket tipis utk nahan angin dan hujan. Modelnya mirip parka tapi tanpa pelapis dalam.nah..aku lagi suka yg ini

    BalasHapus
  17. Suamiku pilih yang sweater karena AC di kantornya dingiiin bangeet

    BalasHapus
  18. Jaket bombernya keren tuh yang di gambar Suami saya sukanya pake jaket.

    BalasHapus
  19. Hihihi, kalau saya, pasti saya minta suami untuk milih wishlist dulu Mbak, takut salah milih.... Termasuk untuk hadiah juga, jadi memang nggak surpeise ya -.-" Tapi daripada salah pilih....

    BalasHapus
  20. sering baca "jaket parka", tapi baru baca disini apa itu jaket Parka hehehe

    BalasHapus
  21. Aku kalau liat pria2 berjaket kayanya kece badai. Pakai jaket tuh bikin mereka berisi. Yg udah berotot tambah gagah

    BalasHapus
  22. Suamiku punya beberapa outer gt, tapi malas banget pakainya, sampai rusak ndak dipakai. Bagus bagus ya model outernya

    BalasHapus
  23. Wahhhh...jaket pria termasuk outer ya. Suamiku malah jarang banget beli outer gitu. Sayang banget pas ultah suami, kok aku gak kepikiran kasih kado outer ya

    BalasHapus
  24. Aku kalau beli2 buat suami mesti hati2 sekarang, mesti sama dia langsung. Tapi kadang kalau beli sama dia malah nggak ad ayg kebeli karena ya kayak suamimu gitu Mbak, ada aja alasannya. Jadi suatu waktu aku pernah beliin dia online, dan ternyata pas! Cocok. Dia pun suka. Bahahaha ya ampun tau gitu mah kemarenan ga usah ke mol, ngabisin waktu aja. :D

    BalasHapus
  25. Aku termasuk sering beliin suami jaket, sweater, jas... tapi ya gitu, kenapa kalau cowok tuh kalau sudah nyaman maunya pakai baju atau outer itu itu lagi ya hahahahaha....

    Alasannya sih sepele.. malas milih baju, yang paling atas aja diambil :)

    BalasHapus
  26. Kalau saya lebih suka pakai Jaket Sweater, Hoodie. Polos, lebih terlihat simpel saja kalau dipakai.

    BalasHapus
  27. Suamiku lebih suka outwear jenis parka. Dia menghindari banget jenis bomber. Katanya bikin dia makin terlihat buncit. Hehehehe

    BalasHapus
  28. Suamiku sekarang pakenya sweater aja biar ga begitu dingin di mobil. Jarang pake jaket

    BalasHapus
  29. wah makasih ya tipnya umi Alida, jujur saya tuh kalau beliin outer suami jarang banget. jadi dia beli sendiri, sebab itu, aku tuh bingung bagusnya buat pria itu yang mana. Oke deh Noted. aku bookmark siapa tahu nanti kepake lagi.

    BalasHapus
  30. Kebanyak jaket suami adalah hadiah dari ikutan kuis di media sosial, HAHAHA.
    Kebetulan modelnya babang suka semua.
    Sebagian lagi dikasih sahabat, atau tepatnya minta sama sahabat babang, HAHAHA.
    Wiii, bangga gitu, uhuk!


    BalasHapus
  31. aha, alhamdulillah, kebetulan banget nih minggu lalu baru nganter paksuami cari jaket di daerah Cibinong, pilihan jatuh ke jaket parka gitu, awalnya mikir takut kayak cewek soalnya ada tali di pinggang, ternyata malah cocok yaa parka untuk cowok

    BalasHapus
  32. Sweater.. biasanya suamiku dlmny pakai kemeja trus pakai sweater deh pakaian sehari2 itu klo ngajar dan trandmarknya dia meski gk hujan

    BalasHapus
  33. Suamiku sepertinya jaketnya bomber deh ya mirip2 gitu lah. Soalnya doi naik motor ke kantor tiap hari jd jaketnya kudu bisa menahan udara biar ga masuk angin. Kalau di ruangan kantor pakenya model sweater karena ga tahan dingiiiinnya AC hehee. Jd stok jaket ada beberapa di lemari. BanyaK lah 😊

    BalasHapus
  34. jaket ala ala boombernya kekinian sekali, banyak anak muda mengunakan gaya seperti ini. jadi mereka terlihat stylish, pas digunakan untuk sehari-hari

    BalasHapus
  35. Pak budi dari single hobby jaket,koleksinya dari yang model ala-ala mafia wkwkwk sampai jaket olahraga. Tapi aku udah batasin, ga nahan lihat jaketnya gede-gede menuhin

    BalasHapus
  36. Hahahaha suamiku jaketnya jaket sponsor dr pabrik farmasi semua wkwkwk. Bininya pelit kagak pernah kpikiran utk beliin jaket lakiknya hahahaha pdhal keren keren yah jaket lakik.

    BalasHapus
  37. Suami saya punya outerwear jaket yang dekil banget, tadi dia suka banget sama jaket itu. Sampe sobek sobek terus saya jahit lagi, saking sukanya ga mau ganti :D

    BalasHapus
  38. Ahh jadi inget blm juga beliin jaket outer kaya gini, anak motor emang kudu punya. Terimakasih ulasannya mbak, lumayan but reverensinya

    BalasHapus
  39. Aku malah suka senewen sendiri kalau ngajak suami beli baju. Ditanya maunya yang mana gak tau, dipilihin gak mau.. hihihi

    BalasHapus
  40. Samaaa ummi, aku pun drama bgt deh kalo milihin jaket buat suami, tapi emang pas banget jaketnya udah rusak, tapi dipilihin galau gitu. Nomor 1 bahan kalo aku ya, soalnya kan biar nyaman, kalo warna biasanya gelap gelap ya

    BalasHapus
  41. Ternyata bukan saya aja ya yg bingung beliin jaket utk suami. Kl beli pakaian, biasanya saya meminta dia yg pilih. Sendiri sesuai seleranya biar selalu dipakai mbak.

    BalasHapus
  42. Jd pengen ngadoin jaket buat suami.
    Dia kyknya butuh jaket yg tebelan buat di ruang server xixixi.
    Kyke parka cucok.

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell