SLIDER

Peluncuran eMedical Card, Kartu Kesehatan Digital Pertama di Indonesia oleh FWD Life


Jika harus memilih, lebih baik ketinggalan handphone atau dompet? Saya yakin banyak yang akan memilih lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone. Mengapa? Karena di jaman era digital seperti sekarang, semuanya terhubung di handphone. Bisa untuk pesan ojek online, motret, dompet digital hingga berbagai aplikasi yang bisa diperoleh dengan mudah dan gratis di handphone.

Selasa 4 September 2018 saat menghadiri konferensi pers yang dilaksanakan FWD Life, Pak Rudi Kamdani, Wakil Direktur Utama FWD Life menceritakan pengalamannya saat tertinggal handhone. Ia baru menyadari bahwa handphonenya tertinggal saat hampir saja tiba di kantor

Narasumber talkshow 
Ia langsung meminta sopir pribadinya untuk kembali mengendarai mobil ke rumah untuk mengambil handphone. “Lebih baik terlambat datang daripada ke kantor tapi nggak bawa handphone,” katanya di depan rekan blogger, media dan tamu undangan yang menghadiri konferensi pers yang dilaksanakan di Wyls Kitchen, Hotel Veranda, Jakarta.

Pengalaman Pak Rudi Kamdani boleh jadi hampir jadi pernah dialami banyak orang. Termasuk saya. Hidup di dunia digital mau tak mau membuat kita mengikuti berbagai perubahan. Termasuk perubahan di layanan asuransi di Indonesia.

PT FWD Life Indonesia, pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, sadar benar bahwa inovasi demi inovasi harus selalu mereka lakukan. “FWD Life selalu berkomitmen untuk mengubah sudut pandang masyarakat tentang asuransi,” kata Pak Rudi Kamdani lagi.

Pak Rudi Kamdani, Wakil Direktur FWD Life 
Selain itu, sejak 2015, FWD Life sudah memperkenalkan Corporate Care sebagai salah satu jalur distribusi yang menyediakan program asuransi kumpulan (employee benefit) berbasis digital kepada nasabah korporasi. FWD Life Corporate Care telah menawarkan solusi sesuai kebutuhan karyawan dan keluarganya dengan dukungan berbagai inovasi digital yang dimiliki.

Sejak pertama diluncurkan Corporate Care telah mengaplikasikan beberapa inovasi teknologi yang mempermudah proses berasuransi kepada nasabah korporasi, baik bagi karyawan maupun para HRD yakni :
  • Aplikasi proposal online untuk mempermudah proses administrasi (ePrecious)
  • Portal online untuk para profesional HR (iConnect)
  • Portal online untuk mengetahui informasi mengenai manfaat dan memonitor proses klaim nasabah (eFriend).
Bahkan, dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak diluncurkan, FWD Life Corporate Care berada pada posisi 4 besar untuk penyedia ‘Manfaat Karyawan’ di Indonesia. Dan inovasi terbaru untuk memudahkan nasabah korporasi dalam mendapatkan layanan asuransi adalah eMedical Card dan eFreind. 

eMedical Card dan eFriend ini memperkuat komitmen dengan menghadirkan layanan berasuransi digital secara menyeluruh kepada nasabah korporasi. Keduanya, yakni kartu kesehatan digital (eMedical Card) serta mengintegrasikan fitur klaim online (eFriend) berada dalam satu aplikasi mobile FWD MAX.

Sebelum saya bahas tentang kartu kesehatan digital pertama di Indonesia, saya ingin mengupas sedikit tentang FWD MAX? Saya bersyukur pernah datang di launching FWD MAX yang dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Jadi, FWD MAX boleh dibilang sebagai sebuah one stop solution application yaitu aplikasi dengan fitur lengkap pertama di Indonesia yang diharapkan bisa membantu meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia.

Saya sudah download aplikasi FWD MAX ini dan sudah merasakan maanfaat dari aplikasi ini. Salah satunya dapat MAX point 1000 dari FWD MAX yang bisa ditukar dengan gopay di gojek sebesar Rp 100 ribu. Alhamdulillah banget kan? Selain itu, di FWD MAX ini menawarkan berbagai penawaran dari 22 ribu merchant. Hingga kini, FWD MAX telah di download lebih dari 34 ribu orang hanya dalam delapan bulan!

 
eMedical Card dari FWD Life di Aplikasi FWD MAX

Di awal saya sempat bahas tentang eMedical Card dari FWD Life. Mungkin teman-teman penasaran kan, apa yang dimaksud dengan eMedical Card? Jadi, dengan eMedical Card, adalah salah satu solusi digital pertama di Indonesia yang dapat digunakan untuk melakukan klaim biaya kesehatan secara cashless di rumah sakit tanpa perlu membawa kartu asuransi fisik.

Jadi, dengan adanya layanan ini, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu digital telah tersedia pada aplikasi mobile FWD MAX dengan menyertakan kartu identitas kepada petugas administrasi rumah sakit. Tak ada lagi cerita ketinggalan ketinggalan kartu asuransi karena semua sudah ada eMedical Card yang ada di aplikasi FWD MAX.
 
Pemasangan puzzle untuk eMedical Card
Tak hanya itu saja, jika ingin melakukan kaim bahkan memonitor klaim secara tepat dan mudah, semuanya pun bisa dilaukan dengan mudah melalui handphone. Nah, kemudahan ini bisa diperoleh melalui klaim online (eFriend) yang ada di FWD MAX.  

Jadi, nasabah yang ingin mengajukan eFriend reimbursement dapat langsung mengunggah semua dokumen klaim yang dibutuhkan ke fitur eFriend yang tersedia di FWD MAX. Saya sih yakin, segala fitur yang tersedia di FWD MAX ini membuat proses mengurus administrasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
 
Narasumber menunjukkan fitur eMedical Card
“Dengan inovasi ini, Nasabah sudah dapat memanfaatkan  layanan eMedical Card di lebih dari 60 mitra rumah sakit dan pada akhir tahun 2018 nanti, layanan ini dapat dilakukan di 800 mitra rumah sakit di seluruh Indonesiam,” kata Chief of Corporate Care FWD Life, Pedro Amor.

Salah satu rumah sakit yang menjadi mitra FWD Life adalah RS Siloam Grup yang hadir di konferesi pers itu pun mengapresiasi adanya eMedical Card dari FWD Life ini. “Kini, eMedical Card ini bisa digunakan di Siloam Hospital Grup,” ungkap Caroline Riady, CEO dan Vice Pressident Director Siloam Hospital Group.  

Nasabah datang ke rumah sakit yang menjadi mitra FWD Life dan kemudian menunjukkan fitur eMedical Card ke petugas dan kemudian diproses. Segala kemudahan pun bisa diperoleh.

Jika teman pengen tahu lebih banyak, langsung unduh FWD MAX di Google Play Store dan App Store. Jangan lupa juga untuk kunjungi www.fwd.co.id.  

75 komentar

  1. Hahaha iyaaaa pernah dompet ketinggalan, asal bawa hp dan kartu krl wes selamet deh.
    Ini enak ya skrng ada kartu asuransi kesehatan digital, bagus buat yg suka lupaan :D

    BalasHapus
  2. Waaah.. Solusi kekinian banget dri FWD life. Bener2 ngertiin nasabah banget ya, sampe menghadirkan eMedical card.

    BalasHapus
  3. FWD Life tahu aja ya mbak kalau kadang kita kelupaan bawa kartu berobat. Kira2, nanti FWD Life berinovasi apa lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iyaa soalnya mereka inovasi tanpa henti yaaaa

      Hapus
    2. Pastinya mbak, selalu aja ada jalan keluar terbaik utk nasabah2nya melalui inovasi yg tak terduga

      Hapus
  4. Inovasi FWD Life memang keren dan memudahkan proses administrasi untuk klaim dengan eMedical Card. Cukup buka aplikasi FWD MAX untuk memperoleh manfaat dari asuransi, ditambah poin yang diberikan bisa digunakan di berbagai merchant yang bekerjasama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah makai point MAXnya loh. Enaknya dapat penawaran dari merchant :)

      Hapus
  5. Selalu suka sama inovasi FWD yang membuat nasabah lebih praktis dan kaya ini jadi nasbah ga perlu ribet bawa kartu fisik saat berobat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget mba. Hal ini yang harus kita dukung terus ya mba untuk slalu lakukan inovasi

      Hapus
  6. Mending dompet ya yang ketinggalan daripada hp bisa mati kutu deh kita

    BalasHapus
  7. Sudah unduh FWD Life dan sudah pernah menikmati layanannya.. walaupun saya bukan nasabah FWD Life, turut bangga dengan Inovasi kartu kesehatan digital dan klaim online ini.. beneran memudahkan masyarakat dalam berasuransi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun udah unduh mba FWD MAXnya. Banyak point bikin ngilerr

      Hapus
  8. Pengalaman berasuransi jadi makin gampang ya sekarang, yeayyy

    BalasHapus
  9. Sekarang sudah jamannya paperless dan cashless ya, ga perlu bawa-bawa kartu dan kertas2, FWD Life keren banget

    BalasHapus
  10. Jadi banyak wawasan yg didapat dari acara ini bahwa asuransi harusnya memudahkan konsumen dengan segala inovasi dan kecanggihannya dan menurutku FWD udah memenuhi semua yg dibutuhkan konsumen

    BalasHapus
  11. Sebagai mobile work aku apresiasi bamget keberadaan FWD MAX dari FWD Life Indonesia.

    BalasHapus
  12. Lupa bawa kartu asuransi sekarang tak ada masalah lagi, karena FWD MAX sudah dilengkapi dengan eMedical Card yang sudah ada di dalamnya sehingga tinggal tunjukan aplikasi saja saat ke rumah sakit. Keren dan praktis bangat jadinya.

    BalasHapus
  13. Jempol banget deh FWD Life selalu ada saja inovasi yang diluncurkan, benar-benar mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

    BalasHapus
  14. Gilaaa, FWD Life semakin memudahkan kita dlm berasuransi yaa, apalagi fitur yg dihadirkan.

    BalasHapus
  15. kehadiran aplikasi FWD MAX menjawab tantangan era millenials yg makin intim saja dgn teknologi.. kemudahan berasuransi dan berbagai fitur passion and lifestyle yg ditawarkan bener2 metode engagement yg sangat brilliant..

    BalasHapus
  16. Mantul ini ya ummi mantap betul ada layanan digital FWD yang sangat memudahkan.

    Aku juga lebih baik ketinggalan dompet daripada HP ahhaha

    BalasHapus
  17. 💪💪💪💪💪💪 Akhirnya lengkap juga ya pelayanannya. Untung aku dah download FWD Max. Mau nyobain beberapa fiturnya ini....

    BalasHapus
  18. Kalau kehilangan atau ketinggalan hape tuh rasanya separuh hidup ini hampa. AKu suka banget sama inovasi dari FWD MAX. Bikin hidup jauh lebih sederhana. Asuransi digital memang sudah saatnya berkembang nih.

    BalasHapus
  19. Memang sudah sebaiknya layanan cardless gini digalakkan ya. Kan males kalau masih harus pakai kartu, kalau kartunya hilang, malah ngga bisa dapat pelayanan yaaa

    BalasHapus
  20. Ngga nyangka bgt ya Mbak. Sekarang ada model asuransi yang kayak begini. Aku pun takjub FWD gak hanya memperhatikan nasabah individu tapi jg kolektif (employee benefits). Mudah, nyaman, terjangkau lagi.

    BalasHapus
  21. Inovasi yg kekinian dan mengikuti trend masa kini nih. Jadi gaya baru berasuransi basis digital. Kerenn!!

    BalasHapus
  22. Mudah ya kalau punya asuransi di FWD Life. Punya kartu kesehatan digital yang bisa diklaim di RS partner asuransi

    BalasHapus
  23. Aku udah download FWD MAX, masih masuk dengan kategori fans sih. Tapi setelah tau fitur2nya memudahkan banget untuk mengatasi masalah kesehatan kita dan orang terdekat, jadi pengin daftar nasabah :3

    BalasHapus
  24. FwD makin keren aja yaaaa, iya bener zaman sekarang mah mending ketinggalan dompet dari pada ketinggalan hape, mwehehehe

    BalasHapus
  25. Edukasi ke masyarakat di FWD selalu inofativ, mengikuti tuntutan jaman yang makin cepat

    BalasHapus
  26. Aku pernah doong harus ke RS sementara kartu Asuransiku kebawa Suami, akhirnya harus ngulur waktu dan janjian ketemuan dulu dengan Suami, huhu ribet ya, untungnya gak yang urgent.
    eMedical Card ini solusi nih untuk kejadian2 macam itu, kereeen karena semua sudah serba digital ya, itu artinya para Nasabah atau Pasien yang akan berobat bisa mendapatkan penanganan lebih cepat.

    BalasHapus
  27. Dengan cara ini jadi hemat kartu juga ya mbak, dompet gak ketebelan sama kartu, hehe.. Keren nih inovasi FWD

    BalasHapus
  28. Tambah keren ini inocasi fwd life jadi tambah kepingin buka polisnya

    BalasHapus
  29. FWD ini terus berinovasi ya, menyesuaikan kecanggihan eradigital jadi mempermudah dan benar-benar memenuhi apa yang nasabah cari atau butuhkan

    BalasHapus
  30. Wah sekarang sudah ada aplikasi FWD Max ya. Makin mudah aja pelayanan kesehatan buat kita2. Apalagi kini ada eMedical Card. Jadi terekam di situ semua deh kalau ada yang darurat kan ga panik2 banget ya mbak. Kayak gini nih namanya inovatif!

    BalasHapus
  31. yang saya suka dari FWD, mempunyai inovasi-inovasi yang kekinian jadi mempermudah para kustomer untuk mendapatkan kemudahan

    BalasHapus
  32. Wah keren nih FWD terus berinovasi. Semakin dekat aja dengan nasabah ya.

    BalasHapus
  33. Gak kalah sama kartu yang dibuat pemerintah kan yah, kartunya bisa bermanfaat dan menjangkau banyak kalangan

    BalasHapus
  34. FWD ada aja ya terobosannya, selalu inivatif, idenya, jadi nggak perlu ragu lagi ya untuk berasuransi..

    BalasHapus
  35. Membaca tulisan Mbak Alida, bikin aku langsung membayangkan eMedical Card ini ;) Praktis banget pastinya. Setelah download, klo berobat ke rumah sakit tinggal nunjukkin hengfon yaaaaa Mbak

    BalasHapus
  36. jangan sampe dong ah, dua duanya penting buat saya hihihi Alhamdulillah semakin banyak yang memudahkan kita untuk masalah kesehatan ini ya ummi, tinggal tunjukkan medical card aja, beres deh

    BalasHapus
  37. kedepan bakalan gak bawa uamg dan dompet juga yak. Pembayaranpun bisa dilakukan dengan hape, mau transfer bank bs pakai hape, mau order makanan bisa juga pakai hape. Hape is everything dan tentunya butuh adanya safety yak

    BalasHapus
  38. Dompet dan hape sama-sama penting Mbak buat aku, lha hp ku letaknya di dompet, coba dompet ketinggalan? hihihi tapi aku seneng dengan medical card digital ini, lebih memudahkan ya Mbak

    BalasHapus
  39. Sekarang semua serba cashless ya. Makin praktis karena gak bawa kartu ini itu kemana mana

    BalasHapus
  40. Aku ngalami tuh, pas berobat dan kartu asuransi ketinggalan karena nyimpen di dompet yg berbeda. Nyesek deh jadi keluar duit untuk berobat.

    Langsung donlot aplikasi FWD karena pengen tahu, rumah sakit mana akanyg udah bermitra dg FWD. Tengkiyuu infonya ya mba

    BalasHapus
  41. Jadi pengen kenal lebih dekat apa itu FWD Life. Kalau ketinggalan dompet dan hp dududu mati gaya deh

    BalasHapus
  42. Sekarang memang lebih panik kalaua ketinggalan hp. Kalau dompet dari dulu begitu aja fungsinya. Paling menyimpan uang, beberapa kartu identitas, dan bon belanjaan hehehe. Tapi, kalau hp fungsinya banyak. Udah gak lagi hanya untuk telpon atau buat selfie. Bahkan sekarang kartu kesehatan juga udah digital, ya. Keren!

    BalasHapus
  43. Kalau ngg inovative memang akan ketinggalan kereta ya mba. Dan teroboson-terobosan ini yang akan dilihat customer nantinya

    BalasHapus
  44. Kalau pas bawa handphone aja masih bisa bayar bayar transfer titip temen, tapi kalau bawanya dompet malah mati kutu nggak bisa ngapa ngapain, hahahaah

    BalasHapus
  45. Kalau aiu download, bisa dapat max max point juga nggak mba? Mupeng ih, hihi

    BalasHapus
  46. solusi banget nih apalagi buat orang pelupa macam aku yang kartu di dompetnya udah bejibun. enakan pake aplikasi atau ada skrinsyut kartu virtualnya. tinggal scan beres

    BalasHapus
  47. Di era digital sekarang ini, gadget emang jadi lebih penting dari segalanya.

    BalasHapus
  48. Kartu digital kesehatan? Maksudnya asiransi dalam bentuk kartu ya? Aku masih belum paham hehehe soalnya ga pakai ausransi

    BalasHapus
  49. deh kalau disruh pilih ketinggalan hp atau dompet lebih memilika ketinggalan dompet kak

    BalasHapus
  50. Dari awal aku dah salut dengan gerakan FWD selalu maju selangkah untuk inovasi baru dibanding yang lain

    BalasHapus
  51. Dulu aku pernah dtg ke launching FWD Life sebelum hijrah Jember :) ternyata udh one step ahead banget yak^^

    BalasHapus
  52. Wahh canggih, kedepannya akan banyak kecanggihan2 model gini, nih. Secara kita skrg hidup di zaman digital dan teknologi yang serba maju. Thanks infonya, mbak...

    BalasHapus
  53. Hohoo...jadi ka;au baqa kartu eMedical Card dari FWD Life bisa langsung berobat, ga pake lama antri yaa, mba...
    Waah,
    Membantu sekalii..

    BalasHapus
  54. Wahh, bawaan tas udah gak perlu banyak ini, biasanya ada dompet khusus untuk kartu-kartu, memang pas lah kalau hp sekarang lebih utama ketimbang dompet heheh

    BalasHapus
  55. Salah satu yang harus dimiliki pengusaha saat ini ya itu. Inovasi yang selalu terdepan. Baca banyak tentang fwd jadi langsung pengen intip aplikasinya deh.

    BalasHapus
  56. Wah udah digital aja nih sekarang. Moga bikin jadi lebih baik ya

    BalasHapus
  57. Wah. Kemudahan transaksi dg hadirnya kartu ini ya. Ke RS gk perlu was2.
    Tgl tunjuk beres.

    Saya jg lbh baik ktinggalan dompet drpd hp.
    Hahahhaha

    BalasHapus
  58. Jaman sekarang segala-galanya ada di handphone ya, Mbak.. Jadi handphone itu udah seperti separuh hidup kita. Praktis sih memang.

    Keren deh inovasinya. 😊

    BalasHapus
  59. Asuransi terus berkembang dan sangat inovatif. Jadi kepengen aku Mba. Soalnya aku belum punya aauranas.

    BalasHapus
  60. Setuju sama kalimat mending ketinggalan dompet daripada ketinggalan hape. Hahahahaha. Aku nih suka ketlingsep kartu2 sehatnya. Kartu RS, kartu cek Kb, kartu perpus, kartu punya anak2. Kalau serba digitalkan kita ga perlu khawatir kalau ketinggalan kartu ya

    BalasHapus
  61. Sekarang semua serba digitalisasi ya, Mbak. Memang lebih efektif dan efisien. Termasuk dengan kartu kesehatan, jadi lebih memudahkan. Gak perlu antri.

    BalasHapus
  62. Aaaakkkk keren banget iniiii! Setelah aku tahu medical record bisa disimpan di aplikasih hp, sekarang segala jenis asuransinya juga bisa disimpan juga & bisa untuk aplly reimbursment juga. Ya Allah enaknyaaaa. Keren banget deh ini FWD Life! :)))

    BalasHapus
  63. Whaaaa keliatannya oke ini kalo di COB sama BPJS ya mb.. Asuransi tambahan selain yg memang wajib punya.. Xixiix.. Jadi biaya yang gak tercover bisa pake FWD ini..

    BalasHapus
  64. keren banget FWD life ini, jadi pelopor Kartu Kesehatan Digital pertama di Indonesia

    BalasHapus
  65. Hai mbak..aku pernah ketinggalan hape duuh kayak orang linglung ya. Walaupun ga bawa dompet tapi kalo bawa hape masih bisa pergi atau beli sesuatu karena biasanya ada aplikasi penyimpan uang atau emoney disana. Keren tuh ada asuransi yang menerapkan sistem aplikasi tuk produknya.

    BalasHapus
  66. Waaahhh FWD ada aplikasinya, bnr2 memudahkan mah kalok kayak gini ya, Mbk. Tinggal nunjukin fitur ke rumah sakit, trs langsung diproses deh. Asyik bener dah ah

    BalasHapus
  67. Iya sih mending ketinggalan dompet meski itu naudzubillah min dzaliik tetep. Di henponku ada aplikasi bayar online soalnya jadi tinggal discan bisa jadi alat bayar

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell