Cara Mengatasi Luka Bakar Menggunakan Mebo Salep Luka Bakar

Cara mengatasi luka bakar menggunakan Mebo. Mebo adalah Salep luka bakar yang dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar

Cara Mengatasi Luka Bakar Menggunakan Mebo Salep Luka Bakar


Pernah nggak, pas lagi masak trus tiba-tiba terpercik minyak panas? Saya pernah dan rasanya panas. Kulit jadi tak nyaman. Jadi ceritanya saya lagi masak otak-otak kesukaan anak. Pas lagi masak, tiba-tiba otak-otaknya malah ukurannya semakin bertambah gede trus meletup. Nah meletup ini menyebabkan percikan minyak di muka, dada dan tangan saya. Langsung saja saya biarkan luka itu disiram air untuk mengurangi rasa panas yang saya alami.

Empat narasumber diskusi Penanganan Luka Bakar
Sebenarnya seringkali yang terjadi jika ada yang terkena percikan minyak langsung diolesin odol. Padahal, tindakan itu tak tepat. Penanganan luka bakar seringkali memang tak tepat. Banyak kejadian yang memoleskan minyak bahkan mentega di luka bakar. Dampaknya tentu saja menyebabkan luka bukannya semakin membaik, bahkan semakin parah.

Nah, penanganan luka bakar mau tak mau harus selalu disosialisasikan ke masyarakat. Mengapa? Hal ini agar masyarakat tahu bagaimana penanganan yang tepat pada luka bakar. Dan, penanganan luka bakar pun wajib disosialisasikan kepada para dokter hingga perawat di seluruh Indonesia.

Seminar Cara Penanganan Luka Bakar yang Tepat

Bertempat di Manado, pada tanggal 12 Mei 2018, Combiphar, perusahaan consumer healthcare modern di Indonesia, melalui produk unggulannya Mebo, salep luka bakar  pilihan  terpercaya dokter Indonesia bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) melaksanakan seminar sekaligus workshop penanganan luka bakar yang diikuti lebih dari 200 orang dokter dan perawat di wilayah Manado, Sulawesi Utara.

Sebelumnya acara serupa sudah dilaksanakan di Kupang pada tanggal 28 April 2018 dengan total peserta 86 orang. Kerjasama ini tentunya memberikan angin segar di dunia medis agar sosialisasi penanganan luka bakar dapat dilakukan dengan tepat.

VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar Weitarsa Hendarto menyatakan kerjasama strategis ini merupakan cara efektif untuk memperluas pemahaman tentang penanganan luka bakar dan pemilihan obat yang  tepat.
 
Tenaga Medis mengikuti seminar penanganan luka bakar di Manado 
Kegiatan ini merupakan inisiatif kedua belah pihak untuk mengedukasi frontliner praktisi pelayanan kesehatan melalui materi dan informasi yang tepat. Harapannya, penanganan luka bakar baik luka bakar baik ringan maupun berat, dapat ditangani dengan baik.

Oh ya, pengetahuan mengenai cara perawatan luka bakar yang tepat dan benar pun menjadi sangat penting dalam membantu penyembuhan luka yang optimal dan meningkatkan kualitas hidup pasien selanjutnya. Oleh karena itu, tidak hanya tenaga medis profesional yang diperlukan, namun keberadaan produk farmasi yang handal juga memainkan peranan penting.

“Sinergi berupa edukasi tentang luka bakar dan luka lainnya untuk para dokter umum di Indonesia, diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan,” ungkap Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PERAPI, dr Donna Savitry, SpBP-RE.

Data Jumlah Penderita Luka Bakar

Teman-teman tahu nggak kalau teryata banyak kasus luka bakar terjadi pada anak di bawah usia lima tahun? Saya pernah dengar cerita anak yang terkena luka bakar akibat kurang pengawasan orangtua lalu nyelong masuk ke dapur dan menyalankan kompor sehingga menyebabkan terjadinya luka bakar. Kejadian lain saat anak terkena air panas yag disiapkan orang tua. Ah, sedih sekali saat pertama kali mendengar kisah ini.

Hal ini diperkuat dengan data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan yang dirilis pada 2013. Berdasarkan data, luka bakar menempati urutan keenam penyebab cedera tidak disengaja (unintentional injury) setelah jatuh, sepeda motor, benda tajam/tumpul, transportasi darat lain, dan kejatuhan dengan tingkat prevalensi 0,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga mencatat hal serupa. Dalam catatatan WHO, luka bakar menyebabkan sekitar 195.000 jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun. Riset Kementerian Kesehatan tersebut juga menekankan anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur yang paling rentan terkena luka bakar dengan tingkat prevalensi sampai 1,5 persen.

Fakta ini diperkuat dari data riset epidemiologi sejumlah dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada tahun 2013-2015 dimana sebanyak 108 pasien (82,3 persen) luka bakar adalah kelompok anak-anak (pediatric group) yang berusia 1-4 tahun.

Dengan adanya data yang saya sampaikan menandakan luka bakar jangan dianggap enteng walaupun sekedar luka bakar ringan.

Nah, berdasarkan data-data di atas, Combiphar melalui produk Mebo yang telah dipercaya oleh dokter di Indonesia sejak 2006 untuk penanganan luka bakar mempunyai misi untuk mengedukasi masyarakat khususnya para ibu. “Agar para ibu dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka mengenai pertolongan pertama luka bakar di rumah, ungkap Senior GM Marketing Women’s Health and Active Day Care Combiphar Ni Ketut Sukartiwi

Mebo, Solusi Penanganan Luka Bakar dengan Bahan Alami

Seperti yang saya sampaikan di atas, banyak masyarakat yang salah dalam penanganan luka bakar. Padahal, luka bakar harus ditangani dengan tepat dan benar sehingga tidak menimbulkan inflamasi atau peradangan yang tentunya akan memperparah luka bakar.  

Mebo mengatasi luka bakar
Pada tahun 2006, Combiphar telah menghadirkan Mebo, salep luka bakar berbahan dasar alami tanpa bahan kimia apapun. Bahkan Mebo telah dipercaya sebagai pilihan untuk luka bakar di Indonesia. Melalui Mebo International, Mebo telah diluncurkan di 73 negara dan telah digunakan sebagai perawatan luka bakar di beberapa rumah sakit di kota besar di Indonesia.  
Mebo adalah salep luka bakar dan akronim untuk “Moist Exposed Burn Ointment”.

Lalu, apa manfaat penggunaan Mebo sebagai cara mengatasi luka bakar?
Jadi, Mebo dapat memberikan suasana lembab di kulit yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, Mebo dapat membantu meminimalkan bekas luka. Jika merasakan nyeri akibat luka bakar, Mebo dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri.



Kandungan minyak wijen dalam Mebo dapat menyembuhkan dan meminimalisir luka bakar. Dengan adanya minyak wijen, area luka menjadi lebih lembab sehingga mempercepat penyembuhan luka. Selain itu minyak wijen dapat menyerap sisa panas pada area luka bakar, sehingga bisa mengurangi tingkat keparahan luka bakar.

Peradangan yang kerap terjadi pada kasus luka bakar dapat diatasi dengan pengunaan Mebo karena dalam minyak wijen terdapat kandungan β-sitosterol yang berfungsi mengurangi peradangan pada luka bakar seperti adanya pembengkakan, kemerahan, gatal, serta meredakan rasa nyeri.

Penggunaan Mebo pun sederhana dan mudah. Cukup oleskan Mebo pada luka dengan ketebalan 1 mm (oles tipis) setiap 4-6 jam. Kini, jangan lupa untuk sediakan Mebo di kotak P3K di rumah ya teman-teman.

Oh ya, teman punya pengalaman terkena luka bakar ringan? Bagaimana penanganan luka bakar yang teman-tema

 




71 komentar

Avatar
Herva Yulyanti 15/05/18, 16.02

wah ummi sampe kena dada?pasti panas tuh aku suka lupa klo pas kena minyak itu harusnya disiram air dlu lah ini malah pake odol wkwk emangnya gigi yah duh skrg sih mesti sedia mebo di rumah sbg pertolomgan pertama

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.50

Iya ampe merah bun dan terkelupas. Nih iya harus sediakan Mebo ya untuk pertolongan pertama ya

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 16/05/18, 07.38

Olesin odol atau minyak tanah itu di lingkungan saya masih di pakai lho kalau abis kena kecipratan minyak,,miris sih mungkin karena belum paham ya atau belum tau salep Mebo ini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.51

Makanya sosialisasi penaganan luka bakar ini memang harus selalu dilakukan ya

Reply Delete
Avatar
Gita Siwi 16/05/18, 09.23

Ya Allah anak-anak 1-4 tahun ternyata tinggi juga kak terhadap luka bakar ini. Sampai 1.5 persen gitu. Alhamdulillah ada produk yang membantu ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.51

Iya jumlahnya memang meningkat mbaa. Sedih ya

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti 16/05/18, 11.16

Duh ngeri banget kl minyak kena kulit apalagi sampai kena dada gitu. Saya belum nyoba Mebo. Harus sedia nih di rumah sebelum terjadi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.52

Sediain ya buat perlindungan :)

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 16/05/18, 11.28

Dulu banget kalau kena luka bakar langsung dikasih odol. Entah siapa tuh yang mulai duluan. Wkwkwkwkw. Sesat banget deh. Terakhir aku kena luka bakar itu ketika kaki aku ketumpahan air panas. Pertolongan pertamanya adalah mengucurkan air dari keran ke area yang terkena air panas. Alhamdulillah bisa sembuh. Waktu itu nggak tahu kalau ada obat luka bakar seperti Mebo ini. Kayanya perlu stok di rumah deh buat jaga-jaga.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.52

Iya skarang ada Mebo jadi pas untuk disediakan di rumah ya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 16/05/18, 13.02

pesertanya banyak bgt ya, berharap workshop yg sama untuk umum

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.53

Aku pun berharap demikian ya mba. Pas buat ibu2 kayak kita :)

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 16/05/18, 13.16

Makasih infonya mba, jadi tahu cara mengatasi luka

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/05/18, 19.53

Semoga berguna infonya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
uchy sudhanto 16/05/18, 17.27

Wah harus stok Mebo nih. Secara sering banget kena cipratan minyak kalau lg masak

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 16/05/18, 22.40

Berati hrs jaga2 y beli MEBO buat d rumah, takut klau tiba2 luka bakar tpi jgn sampe deh, ada pencegahny

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 06.59

Untuk pencegahan sehingga sediakan di rumah ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 16/05/18, 23.20

membantu sekali kalau ada di rumah, soalnya kita tidak pernah tau ya mba. Luka bakar ringan bisa terjadi kapan saja

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.00

iya mba dan harus kita sediakan ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Monique Firsty 16/05/18, 23.46

Wah harus sedia mebo nih di rumah,apalagi buat emak2 rempong macam saya. Kalo kata kakek saya dulu obat buat luka bakar dicelup ke air kapur sirih hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.01

Ada juga ya yang celupin di kapur sirih. Hehhee

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 17/05/18, 06.18

Seminar dan WS kyk gtu baiknya sering2 dilakukan ya mbak, tapi kalau bisa pesertanya jgn cuma ahli medis, tapi masyarakat awam jg hehe.
Skrng kudu sedia Mebo nih di kotak P3K di rumah, soalnya suka terjadi kecelakaan kecil kecipratan air panas or minyak panas gtu di rumah tfs

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.02

Aku pun berharap demikian ya biar kita juga bisa :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 17/05/18, 06.43

Aku jg selalu sedia obat luka bakar di rumah karena ada aja kejadian kena luka bakar kayak Salim dulu kena knalpot motor.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.02

Nah knalpot tuh sering kejadian mbaa

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 17/05/18, 07.57

Ya ampun, banyak banget ya ternyata korban luka bakar. Harus punya mebo d rumah, apalagi anakku masih balita.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.03

Nah anak anak tuh mba yang teryata riskan ya

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 17/05/18, 08.37

Aku ada luka bekas gatal, bisa ilang ngga ya, gunakan mebo ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.04

Oh kayaknya luka bakar nggak deh mba :)

Reply Delete
Avatar
Primasari AndiMirati 17/05/18, 09.03

waduh.. gak lagi2 deh ngolesin odol ke luka bakar, padahal ada salep Mebo yg terpercaya bisa mengobati dengan efektif dan terbuat dari bahan2 alami.. terima kasih infonya ya Mbak..

Reply Delete
Avatar
ria buchari 17/05/18, 10.00

Alhamdulillah jd tau tntg Mebo, selama ini klo kecipratan minyak panas sy oleole kecap haha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.04

HHaa kecaap skalian merica yaaa ;)

Reply Delete
Avatar
Evi Fadliah 17/05/18, 11.56

Ternyata usia anak2 balita yang banyak menjadi korban dari luka bakar ya Mba, jadi pengawasan kepada anak2 memang harus ekstra dech sebelum terjadi hal2 yg tidak kita inginkan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.05

Dan benar itu perlu persiapan ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Eskaning Arum Pawestri 17/05/18, 12.37

mba tulis juga donk gimana penanganan luka bakar, untuk antisipasi kalau suatu saat terjadi di rumah. Thanks for info ya, baru tahu soal Mebo ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.05

Oh ya ntar aku tambahkan ya mbaa Eska :)

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 17/05/18, 13.00

Huhuuu, luka bakar halyang paling aku takutiin, seringnya sih kena knalpot motor mbaa...
Kakiku penuh dengan tanda cinta dari motor kesayangan dan motor tetangga di parkiran, wah nanti aku coba Mebo deeh ..

Reply Delete
Avatar
Citra 17/05/18, 13.12

Aku sering banget kena Luka bakar ketika goreng telur kena minyak panas... Bisa nggak tuh kak pakai in produk?

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 17/05/18, 14.48

Wah kalau ade pas kena minyak panas di celupin ke tepung. Tapi kalau kena di dada, yaa bingung juga ya mba pake tepungnya. Perlu lah ini disimpen di rumah. Obat2an ade utk luka anak2 selalu pake combiphar. Nambah satu lagi deh buat luka bakar. ^_^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.06

Iya jadi makin banyak ya koleksinya ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 17/05/18, 18.54

Noted, sekarang aku punya rekomendasi obat luka bakar, dari dulu bingung mau di apain kalau kena luka bakar

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.07

Alhamdulillah semoga bermanfaat ilmunya yaa

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 17/05/18, 19.05

Baru dengar ada obat luka bakar Mebo.Sebagai ibu saya jadi bisa nyetok pertolongan pertama luka bakar untuk anggota keluarga di rumah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.07

bener banget mba. Dna kita harus sediakan yaa

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 17/05/18, 19.08

Oooh Mebo ini dari Combiphar ta..mantap deh. Ternyata selain menyembuhkan luka bakar bisa juga meredakan rasa nyeri di bagian yg terkena ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.08

Iya jadi bisa menyembuhkan ya mbaa

Reply Delete
Avatar
mira utami 17/05/18, 19.39

aku biasanya sedia salep di dapur hahahaha. jadi klo kecipratan lsg oles jadi menghindari bekas luka.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.08

Wow bisa juga nih sediakan salep nih mbaa

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 17/05/18, 20.54

Kena cipratan air panas termasuk luka bakar juga gak ya? Baru-baru kena nih. Hiks

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 17/05/18, 21.34

Saya termasuk yg masih salah penangan luka bakar nih mba, masih pakai minyak goreng dan justru lebih berbekas huhu.. aku belum pernah pakai mebo sebelumnya, nanti boleh stock dirumah buat jaga2.. mebo sudah bisa dibeli diapotek kan mba? kalao luka bakar yg sudah agak lama (2 bulanan) apa bisa menghilangkan bekasnya? thanks for sharing mba Al

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/05/18, 07.08

Akan bertahap tuh ya mba proses penyembuhannyaa

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 17/05/18, 21.42

Tadi ibu temenku katanya kena minyak panas, kusarankan pakai Mebo

Reply Delete
Avatar
catatanemak 17/05/18, 22.13

Aku sering melihat si Bibi kena semprotan minyak panas saat goreng ikan. Melepuh gitu. Sering kasian lihatnya tp kadang bingung mo dikasih apa. Mo coba beli Mebo ah

Reply Delete
Avatar
Yayat 18/05/18, 12.50

Bawa mebo aahh kalo ke jogja.. soalnya suka bakarin sampah di jogja.. jaga jaga kalo kena percikan apinya

Reply Delete
Avatar
Sally Fauzi 18/05/18, 23.20

Kalau aku bukan odol, malah diolesin lidah buaya sama si mbak di rumah. Adem sih tapi berbekas

Reply Delete
Avatar
sri widiyastuti 19/05/18, 08.53

wahh . makasih informasinya Ummi Alida. Paling parno emang kalau lagi goreng menggoreng, saya sering kena cipratan minyak panas. kudu siap sedia Mebo nih di rumah :-)

Reply Delete
Avatar
Mugniar 02/08/18, 12.30

Wah bagusnih Mbak. Untung saya BW ke sini, jadi tahu tentang salep Mebo. Terima kasih, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Hani S. 07/08/18, 14.42

Aku kalau kecipratan minyak panas biasanya pakai cuka dapur, huhu. Harus punya nih Mebo untuk jaga2 kalau ada luka bakar lagi. Dan setuju banget, penanganan yang tidak tepat justru malah akan memperparah lukanya ya Mba :(

Reply Delete
Avatar
irwin | masirwin.com 17/08/18, 15.55

saya biasa pake Pasta gigi ,, kayanya memang perlu Mebo nih buat siap siaga di kotak P3K

Reply Delete
Avatar
Nova marwita Silalahi 09/01/19, 14.54

Selamat siang, tgl. 21 desember 2018 saya kena knalpot dan langsung lukanya disiram pakai air, dikeringkan dan diolesin mebo, krn saya pny 2 anak masih kecil2 jadinya sering tersenggol mereka n sering kena air jadinya lukanya baru kering tpi tetap juga saya oleskan mebo sampai sekarang walaupin dah kering, nah ini kan tinggal bekasnya aja merah setelah itu apalagi yg diolesi y utk menghilangkan bekas knalpotnya?, terima kasih

Reply Delete
Avatar
Unknown 27/01/19, 18.14

Mo tny donk kak...apa kl stlh dioles mebo kok kulit sy jd muerah ya...apa emng efeknya spt itu ato kulit sy yg ga tahan ya...

Reply Delete
Avatar
Unknown 27/01/19, 18.15

Mo tny donk kak...apa kl stlh dioles mebo kok kulit sy jd muerah ya...apa emng efeknya spt itu ato kulit sy yg ga tahan ya...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 29/01/19, 09.55

Aku belum sampai kemerahan gitu mba. smoga segera baikan ya mba. Coba bawa periksa ke dokter ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Mustofa mandurah 07/06/19, 00.41

Kalo buat luka habis jatuh dari motor bisa g ?

Reply Delete