SLIDER

Merencanakan Dana Haji Melalui Asuransi Bebas Tawakkal


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri agar bisa berangkat haji? Jawabannya bervariasi. Ada yang butuh waktu empat tahun, ada yang 10 tahun dan bahkan ada yang hampir dari 20 tahun. Untuk mendapatkan nomor porsi haji, harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 25,5 juta per orang.

Dana ini tentunya bagi sebagian besar orang tentunya adalah angka yang besar. Padahal keinginan untuk berhaji tidak hanya berasal dari kalangan menengah ke atas tapi dari segala golongan. Bagi muslim yang berasal dari keluarga kurang mampu, tentunya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menabung agar mendapatkan nomor porsi haji.
 
cara menyiapkan dana haji
Wujudkan perencanaan dana haji
Niat untuk menunaikan ibadah haji menjadi impian hampir seluruh muslimah. Namun, untuk menunaikan rukun Islam ini bukan perkara yang mudah.

Saya pernah membaca kisah seorang tukang becak yang mengumpulkan dana haji sekitar Rp 10 ribu per hari. Dana itu ia kumpulkan berpuluh-puluh tahun untuk dapat menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah, dengan tekad yang kuat dan ijin Allah, ia menjadi calon jamaah haji Indonesia bersama puluhan ribu jamaah lainnya.

Kisah lain tentang teman saya yang bermimpi bisa menunaikan ibadah haji namun merasa tak sanggup karena lamanya menunggu hingga besarnya biaya yang haru dikeluarkan. Sebagai pekerja di Jakarta dengan dua anak, ia mengaku kesulitan untuk bisa menabung untuk keperluan dana haji. “Untuk hidup sehari-hari pun saya harus cari sampingan, tapi saya percaya suatu saat bisa berangkat haji,” kata teman saya. Berbekal tekad kuat dan dorongan kedua orangtuanya yang telah berhaji, ia menggumpulkan dana sedikit demi sedikit untuk ditabung agar bisa berangkat haji.

Pada  tahun  2017, Indonesia  mengirimkan 221.000  jemaah  haji  ke  Arab  Saudi. Angka ini lebih besar dari tahun 2016 yang menggirimkan jamaah haji sebesar 211.0001. Indonesia pun menjadi negara dengan jemaah haji  terbesar  di  dunia.

Berdasarkan data Kementerian Agama, waktu tunggu untuk haji reguler berkisar antara 11-26 tahun tergantung daerah keberagkatan. Salah satu teman saya menceritakan tentang kedua orang tuanya yang telah mendaftar haji namun baru akan berangkat sekitar 10 tahun lagi. “Semoga saja kedua orangtua saya masih panjang usia ya, mba,” katanya kepada saya. Saya hanya bisa mengamini doa teman saya itu.

 

Cara Merencanakan Dana Haji

Berbagai cara dilakukan untuk dapat merencanakan dana haji. Ada yang menyisihkan sedikit demi sedikit dari penghasilan sehari-hari. Ada yang menggandalkan usaha sampingan. Ada juga yang menyiapkan dana haji melalui bonus yang diterima kantor.

Tapi, pernahkah terpikir untuk merencanakan dana haji menggunakan asuransi? Awalnya saya kurang begitu paham, bagaimana bisa merencanakan haji menggunakan asuransi. Bukankah selama ini, untuk mendapatkan porsi haji kita harus menabung di bank syariah? Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat berangkat haji jika menggunakan asuransi haji?

Narasumber Talkshow Dana haji

Semua pertanyaan itu terjawab ketika saya bersama 20 teman blogger di undang untuk menghadiri launching Asuransi Bebas Tawakkal yang dikeluarkan oleh asuransi FWD Life. Acara bertajuk bertajuk “Rencanakan Perjalanan Haji Anda Sekarang” dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2018.

Acara dibuka oleh Bapak Rudi Kamdani, Wakil Direktur Utama FWD Life. Upaya FWD Life untuk mengubah sudut pandang masyarakat terhadap asuransi membuat FWD Life berusaha untuk selalu memberikan inovasi. “Dengan asuransi FWD Life ini bisa menjadi solusi kemudahaan dalam perencanaan keberangkatan haji,” kata Pak Rudi.

Setelah itu, dilakukan talkshow yang menghadirkan :
  • Ade Bungsu sebagai Chief of Proposition & Syariah FWD Life
  • Anggi Sangadi selaku Chief of Partnership Distribution FWD Life
  • Pandu Apriyanto selaku Presiden Direktur Abhinaya Umrah, Haji & Muslim Tour
  • Mohammad Teguh sebagai Praktisi Keuangan Syariah.

Talkshow diawali dengan penyampaian materi oleh Bapak Mohammad Teguh. Sebagai praktisi keuangan syariah, ia menyadari bahwa penetrasi masyarakat Indonesia di bidang asuransi masih sangat rendah yakni hanya 29,7%.

Angka ini tentunya masih sangat jauh dibandingkan dengan negara Singapura 92%, Malaysia 87%, dan Thailand 78%. OJK sendiri menargetkan angka penetrasi ini bisa meningkat menjadi 36% pada tahun 2019 mendatang.

Dengan penetrasi finansial yang rendah, masyarakat menjadi konsumtif. Upaya untuk investasi pun masih belum menjadi prioritas. Akhirnya, rencana mengalokasikan berangkat haji menjadi nomor sekian. Keterbatasan dana kemudian menjadi alasan untuk berangkat haji.
 
dana haji terbatas
Suasana talkshow persiapan dana haji
“Padahal intinya adalah pada pengelolaan keuangan kita. Jika tidak difasilitasi untuk membuat perencanaan keuangan dengan mudah, maka mereka akan cenderung teledor untuk tidak melaksanakan ibadah haji,” ujar Bapak Teguh.

Namun di lain pihak, kita juga harus memperhatikan konsep syariah dalam produk asuransi jiwa. Ada beberapa hal yang harus dihindari untuk penerapan asuransi jiwa. Asuransi jiwa haruslah bebas dari tiga hal yakni :
  • Gharar (Ketidakpastian)
  • Maysir (judi)
  • Riba (bunga)

Merencanakan Dana Haji melalui Asuransi Bebas Tawakkal

Jadi, PT FWD Life Indonesia, pelopor asuransi jiwa berbasis digital di  Indonesia meluncurkan produk  asuransi  jiwa syariah yang  inovatif  untuk  membantu masyarakat muslim  Indonesia  mempersiapkan  perencanaan  dana haji.

Produk syariah yang dikeluarkan PT FWD Life ini disebut Asuransi Bebas Tawakkal. Asuransi   Bebas   Tawakkal merupakan asuransi   jiwa   syariah dengan   investasi   optimal   guna membantu masyarakat dalam perencanaan dana haji.

Oh ya, haji yang berangkat menggunakan Asuransi Bebas Tawakkal menggunakan haji non reguler. Jadi memang berbeda dengan haji yang setiap tahun berangkat menggunakan haji kementerian Agama.

Bapak Anggi Sangadi, Chief of Partnership Distribution FWD Life  mengatakan bahwa produk Asuransi Syariah Mandiri ini sesuai dengan prinsip syariah sehingga bisa memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin memiliki produk asuransi jiwa yang transparan.

Asuransi Bebas Tawakkal ini memiliki beberapa keunggulan yakni :
1.     Kemudahan berasuransi dengan fitur perencanaan dana haji
     Dengan nilai kontribusi mulai dari Rp 1 juta per bulan. Manfaat asuransi jiwa tidak hanya pada saat persiapan dana haji namun sampai nasabah berusia 100 tahun. Fleksibilitas untuk mengatur penambahan (top up) dana guna mempersingkat waktu tunggu keberangkatan.
2.      Keberangkatan haji yang relatif lebih cepat
Alokasii investasi sejak tahun pertama serta bonus loyaliitas yang akan ditambahkan langung ke dana investasi, memungkinkan nasabah dapat merencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang relatif lebih singkat, walaupun dengan konstribusi mulai dari Rp 1 juta per bulan. 
3.      Kemitraan dengan perusahaan agen perjalanan haji
FWD Life menjalin kerjasama dengan perusahaan agen perjalanan haji yang berpengalaman seperti Abhinaya Tour and Travel dan Toyib Travel untuk menawarkan proposisi produk asuransi yang unik.

Saat datang ke acara, kami juga mendapatkan informasi bahwa ada promo pembelian Asuransi Bebas Tawakkal. Ada tiga promo yang ditawarkan dan menurut saya, sayang jika dilewatkan begitu saja yakni :
  • Gratis 1 gram emas logam mulia setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai Rp 2 juta per bulan.
  • Gratis 350.000 poin FWD MAX setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai Rp 1,5 juta per bulan.
  • Gratis 250.000 poin FWD MAX setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai Rp 1 juta per bulan.

Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar tentang Asuransi Bebas Tawakkal ini, saya semakin yakin bahwa banyak jalan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Dan semoga suatu saat kita diberikan kesempatan untuk dapat menunaikan ibadah haji. Amin ...

40 komentar

  1. Wahhh jadi terpikirkan juga, harus mulai dari sekarang ngesave anggaran untuk kebutuhan spirituil ini ya mb lidh, mumpung masi muda umur masi produktif harusnya insyaalloh klo niat ada jalan
    Yg penting klo ikut pihak travel cari yg travelnya bonafid dan amanah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Penting untuk memulai sejak muda ya

      Hapus
  2. solusi cerdas dalam merencanakan dana haji ya, lebih mudah dibandingkan tabungan biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Pelan pelan tapi insyaAllah pasti bisaa

      Hapus
  3. Jadim ini prinsipnya kita selain nabung buat asuransi (terdaftar buat asuransi), juga sekaligus didaftarin haji gtu kah mbak, kalau ambil produk yang ini? Lalu mereka kerjasamanya dengan agen travel apa ya? Ttg kepercayaan dll itu ada perlindungannya jg kah? TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini untuk perencanaan haji, mba. Nanti setelha dana cukup, mereka bisa daftar haji menggunakan travel terpercaya menggunakan ONH plus

      Hapus
  4. tadi aku udah komen ga muncul ya mbak :)

    Allhamdulillah skearang ada solusi cepat bisa pergi haji tanpa nunggu antrian puluhan tahun dengan adanya Asurasni Bebas Tawakkal

    BalasHapus
  5. Asuransi Bebas Tawakkal ini merupakaan sebuah solusi untuk memperlancar dan mewujudkan impian Naik Haji dan menunaikan rukun islam yang ke 5, dengan asuransi ini saya akan lebih berdisiplin menyisihkan dana dibandingkan dengan cara menabung biasa krn menabung biasa, uangnya suka terpakai

    BalasHapus
  6. FWD selalu menjadi solusi untuk kebutuhan kita ya mba, apalagi ini sejusa sebulan bisa lah, Insya Allah.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah penjelasan dari perwakilan MUI di acara ini memberikan Cara pandang baru terhadap asuransi syariah. Bahwasanya boleh ya. Selagi tidak Ada unsur ghoror, Riba Dan maisir.

    BalasHapus
  8. Jadi semangat untuk bisa berangkat haji jadinya mbak. Karena pemikiran saya selama ini gak jauh beda dari cerita Mbak Alida di atas, yang mana saya berpikir dana belum cukup dan kalaupun cukup berangkatnya juga bakalan sangat lama

    BalasHapus
  9. Nice post. I was checking continuously this weblog and I am inspired!

    Very useful info specially the ultimate part :) I deal with such information much.

    I used to be seeking this particular information for a very
    long time. Thanks and good luck.

    BalasHapus
  10. Dana haji yg dikelola institusi resmi keuangan, akan lebih aman dan disiplin ya kak

    BalasHapus
  11. Thanks for one's marvelous posting! I seriously enjoyed reading it,
    you could bbe a great author.I will make sure to bookmark your blog and
    will comne back later on. I want to encourage continue you great job, have a
    nice afternoon!

    BalasHapus
  12. Waktu tunggunya relatif lebih ceoat ya Mba dibanding dengan ibadah haji reguler. Asuransi Bebas Tawakkal membantu banget bagi masyarakat.

    BalasHapus
  13. Merencanakan dana untuk ibadah haji semakin mudah dengan Asuransi Bebas Tawakkal ini, apalagi ada promo bisa dapat emas juga poin FWD MAX, mantap!

    BalasHapus
  14. aku masih menunggu Babam kooperatif sambil menunggu rejekinya juga. Tapu sambil menunggu juga nabung wakaka. Harus ada usahanya yap bisa doanya pergi ke tanah suci terkabul

    BalasHapus
  15. Jadi inget kata Ustadnya,jika ada niat baik Insaallah dimudahkan. FWD inovasinya bagus ya

    BalasHapus
  16. aku termasuk yang susah membuat perencanaan haji, pendapatan kami ga pernah fixed, mudah2an ini bisa jadi solusi buat nabung dikit2 ya

    BalasHapus
  17. Aku juga baru paham dengan konsep asuransi ini, selain memiliki manfaat perlindungan jiwa juga investasi tabungan untuk beribadah haji ya mba.. InshaAllah 10 tahun bukan waktu yang lama.. bismillah

    BalasHapus
  18. Hadirnya Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life ini merupakan solusi menarik ya. Apalagi di tengah kagalauan masyarakat muslim untuk memilih biro perjalanan haji yang amanah :)

    BalasHapus
  19. Mendengarkan paparan nara sumber kemarin, memang makin meneguhkan hati untuk ke Baitullah. asuraansi bebas Tawakkal ini inovatif karena pengelolaan dana dilakukan dengan aman dan transparan

    BalasHapus
  20. Mba alida udah umroh, kepingn balik lagi y mba,, nikmatin ibadah disana jadi semangat utk nabung buat pergi haji aplg dh ada asuransi bebas tawakkal

    BalasHapus
  21. Pengin ikutan Asuransi Bebas Tawakkal ini dan mudah-mudahan bisa konsisten memyisihkan dananya. Mudah-mudahan niat tulus dilancarkan ya mbak.

    BalasHapus
  22. We stumbled over here from a different web page
    and thought I mignt check things out. I like what I see so i am just following you.
    Look forward too looking into your wweb page yet again.

    BalasHapus
  23. kalo bahas soal pergi haji tuh hatiku ser ser gitu mba, ada rasa kepengen banget segera bawa orang tua ke tanah suci. mudah mudahan dengan adanya Bebas Tawakkal ini kita smua makin mudah dalam merencanakan pergi haji ya mba

    BalasHapus
  24. Nggak ada yang mustahil ya di muka bumi ini kalau diniatkan. Apalagi untuk ibadah haji. Semoga program FWD ini makin banyak mengcover orang yang ingin berhaji dan amanah. Aamin

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah bisa ketemu produk Asuransi Bebas Tawakal dari FWD ini, berasa dapet angin segar nih .mba untuk perencanaan dana haji nanti

    BalasHapus
  26. Bener, Mba tekad yang bulat itu bisa menjadi yg kita rasa ga mungkin jadi mungkin. Termasuk berhaji ini mba. Haji itu kan tamu Allah ya, Mba. Sekalipun sanggup dana haji onh plus ratusan juta kalau Allah bilang blm berkeman jadi tamuNya, ya blm tentu bs berangkat.

    BalasHapus
  27. Inovasi FWD Life paling keren niy, Solutif banget buat mengumpulkan dan merencanakan berangkat haji.

    BalasHapus
  28. Wah enak banget ya mba selain bisa cicilannya murah, pemberangkatannya pun ga nunggu lama ya mba, kereeen...

    BalasHapus
  29. Berhaji itu memang harus direncanakan dengan matang jauh2 hari ya mbak, termasuk asuransinya.

    BalasHapus
  30. Jadi pengen ikutan.. Semoga ada kesempatan untuk segera ikutan merencanakan dana haji :")

    BalasHapus
  31. Semakin dimudahkan berangkat haji zaman sekarang. Tinggal dikuatkan lagi istikomah beribadahnya dan mencari dananya.

    BalasHapus
  32. Ya Allah semoga suatu saat bisa ke tanah suci. Inovasi bebas tawakal FWD ini bagus juga ya

    BalasHapus
  33. Makin nambah aja nih terobosan FWD. Bisa berangkat haji plus sdh dgn asuransi ya.

    BalasHapus
  34. asuransi pendidikan + asuransi kesehatan udah ada, tinggal asuransi bebas tawakkal nih yg belum ... nabung selama 10 taun gak kerasa tau2 bisa pergi haji, insya allah

    BalasHapus
  35. Oooo jadi gak pakai program asurasinya mbak Al? Khusus buat program haji aja?

    BalasHapus
  36. Ayo Bu Dir kita sama sama buka polis Asuransi Bebas Tawakkal spy lebih cepat dan aman merencanakan biaya naik haji. Asuransi Bebas Tawakkal bisa bgt nih jadi solusi naik haji tanpa rasa khawatir ketipu lagi

    BalasHapus
  37. ya ampuj solusi banget ini ummi jadi pengen semoga bisa lekas ke tanah suci aamiin

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell