Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Menu Buka Puasa Favorit Keluarga

Jumat, Mei 11, 2018

Setiap kali bulan ramadan tiba, saya tetap berusaha agar asupan makanan berbuka puasa dan sahur keluarga tetap tercukupi. Harapannya jika asupan makanan tercukupi dengan baik, tubuh akan tetap sehat sehingga tetap bisa beraktifitas walaupun berpuasa.

Jaman dulu banget, setiapkali berpuasa saya lemas. Badan jadi tak bertenaga sehingga malas melakukan aktifitas. Pas berbuka puasa, saya kalap bukan main. Setiapkali lihat makanan, pengennya langsung beli trus dimakan saat berbuka puasa. Alhasil habis berbuka puasa, perut jadi kekenyangan dan malas shalat tarawih berjamaah.



Alhamdulillah masa kelam itu tak lagi terjadi saat ini. Semakin bertambahnya umur, saya semakin memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh saya di bulan ramadan. Karena saya bekerja, saya harus pintar-pintar menyiapkan makanan berbuka puasa dan sahur.

Selama bulan ramadan, godaan untuk mencoba berbagai makanan semakin kuat. Makanan apapun saat berbuka puasa ataupun sahur terasa enak. Biasanya sebelum pulang kerja, anak selalu menelpon saya untuk membeli makanan kesukaan atau kami sama-sama membuatnya di rumah sepulang kerja. Saya termasuk yang sering mengabulkan keinginan anak untuk makanan kesukaan. Maklum, seringkali menu makanan yang diinginkan itu termasuk salah satu motivasi anak untuk berpuasa.

Pernah nih kejadian Ayyas minta makanan dan kami pun mencari makanan yang disukai anak. Pas udah nemu makanan kesukaan, dia langsung bersemangat makan saat berbuka puasa. 

Inilah 4 menu buka puasa favorit keluarga : 

Kebab

Kebab menjadi menu makanan yang paling disukai keluarga. Selama ini kami menyukai kebab karena dengan mengkonsumsi satu kebab sudah terpenuhi isi karbohidrat, sayuran dan daging. Karena suka sambal, kami pun memilih mengkonsumsi kebab dengan saos sambal. Rasanya? Enak

Martabak Mini

Sejak membeli alat untuk memasak martabak mini, saya selalu berusaha untuk mencoba memasaknya sendiri. Semua bermula karena Ayyas senang sekali dengan martabak mini. Daripada keseringan beli, saya pun bernisiatif membuatnya sendiri. Resepnya sederhana dan cara memasaknya pun gampang. Rasa martabak mini cenderung manis tapi paling enak jika dikonsumsi di saat masih panas.
 
Martabak mini kesukaan keluarga

Pizza

Anak saya senang sekali makan pizza. Biasanya saya beli di salah satu kenalan saya atau saya bikin sendiri. Saya sih lebih suka roti pizza yang tebal dan lembut daripada yang tipis. Berasa makannya lebih nampol. Hihihi. Hal yang sama juga disukai anak saya sehingga seringkali saya pun memilih untuk memasak pizza untuk dimakan bersama keluarga. Kadang saya masak pizza di teflon karena lebih praktis
 
Pizza. Photo by : Pixabay.com

Puding

Kalau butuh makanan yang lebih mudah dicerna saat berbuka puasa, pilihan kami adalah puding. Puding yag disukai anak adalah puding rasa coklat dan strawberry. Apalagi membuat puding lebih mudah serta bahan-bahannya pun mudah diperoleh.

Oh ya, saya juga ingin berbagi beberapa hal yang saya lakukan agar puasa tetap sehat dan lancar. Jika tubuh sehat dengan asupan masakan yang tepat, tentunya puasa akan dijalankan dengan mudah. 

Tips menikmati menu buka puasa favorit

Berbukalah dengan yang manis

Seringkan teman-teman mendengar kata bahwa berbuka puasa harus dengan yang manis? Nah konsumsi makanan memang diajurkan saat berbuka puasa. Dan salah satu buah yang paling direkomendasikan adalah kurma. Kurma boleh dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa sebanyak satu hingga tiga butir.

Penuhi kebutuhan cairan

Sehari-hari disarankan untuk mengkonsumsi air minimal 2 liter per hari. Nah di bulan ramadan, jangan sampai kebiasaan bagus itu tak dilakukan lagi. Asupan cairan sangat dibutuhkan agar tubuh tidak menjadi mudah lemas dan selalu sehat dan segar. Supaya asupan cairan mencukupi, konsumsi minuman dilakukan setelah berbuka puasa hingga waktu sahur tiba.

*Tulisan ini untuk KEB Collab

47 komentar on "Menu Buka Puasa Favorit Keluarga"
  1. wah ummi menu buka puasanya kebarat2an wkwkk aku mah masih menyukai gorengan, kolek semacam begitu ummi 😂🤣

    BalasHapus
  2. Dari semua menu tadi, paling mudah bikin puding ya mba :)

    BalasHapus
  3. suami tipe org jaman dulu jadi makananya nggak jauh-jauh dari kolak pisang dan telo hahahah.

    BalasHapus
  4. Btw kalau bikin martabak mini pakai cetakan opo mbak Lid?
    Wah kalau puding pasti ada nih di rumah, soale camilan favorit anak2 :D

    BalasHapus
  5. Aku favoritnya buah! Paling gampang dan segeeer banget. Mulai dari nanas, jeruk, apel dkk.. suka buat martabak telur juga kesukaan anak bujangku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sehat pula ya mbaa. Aku mau perbanyak buah juga nih mba :)

      Hapus
  6. Aku sampai sekarang kalau puasa selalu lemes mbak. Padahal kalau gak puasa juga gak terlalu suka makan >.<

    Tapi itu menu berbukanya semuanya enak, jadi pengen makan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga tahun ini diberikan kekuatan yaa mbaa :)

      Hapus
  7. Kalau aku biasanya makan kurma dulu habis itu baru deh jajanan

    BalasHapus
  8. Wah menu buka puasanya menggoda sekali

    BalasHapus
  9. aku belom pernah ini buka puasa pake pizza biasanya pake gorengan sih XD
    lumayan juga sekali-sekali nyobain buka pake pizza :D

    BalasHapus
  10. Menu buka puasa favorit aku gorengan martabak. Di pasar mendadak banyak yang jual kalau bulan puasa. Sayang enggak boleh tiap hari karena.... gorengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi tapi emang paling enak tuh gorengaan :p

      Hapus
  11. Mau nyobain juga bikin martabak mini, tapi kayanya ribet gitu ya mbak. Blm pernah nyoba sih. Kapan2 mau dong diajarin bikin martabak

    BalasHapus
  12. Kalau istri saya biasanya bikin agar-agar kalau nggak gorengan. Bisa nih ntar disertai cara buat pizza dan martabak mininya, mana tau dengan langkah2 bikinnya istri saya tertarik buat juga

    BalasHapus
  13. Godaan semua itu, Mbak. Tapi pizza yg paking cocok di lidah anak2 saya. Kalau emaknua sih apa aja hayok, tp lagi insyaf, bismillah lg ikhtiar berbuka dengan buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya perbanyak buah nih yang oke banget

      Hapus
  14. Aku biasanya kalau buka puasa ngak ada yang lain kecuali bihun goreng hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik maniak ama bihun goreng ya. Hehhee

      Hapus
  15. Bener mbak, kandungan gula bisa bikin kita bertenaga. Aku biasanya teh anget, kurma sama kue semacam lapis legit mbak. Baru pas abis terawih lanjut makan yang berat. Karena dulu sering kekenyangan malah jadi enggak enak perutnya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tuh suka banget kalau teh manis panas mbaa

      Hapus
  16. Ramadhan kali ini, aku lagi latihan memperbanyak buah sama sayur mba, kurangi gorengan sama karbohidrat, semoga bisa ya

    BalasHapus
  17. Aku juga suka sekali kebab mbak. Kebab biasanya ku makan setelah tarawih. Makanan sebelum tidur, ampun niat banget pengen gemuk..

    BalasHapus
  18. Jadi kepikiran mau beli wajan martabak mini, secara sekeluarga suka semua. Tapi harus cari resepnya juga euy, belum pernah bikin

    BalasHapus
  19. Itu mah makanan yang aku sukaaa jugaaa, hag hag. Aku kalau buka puasa udah susah makan nasi. Soalnya udah banyak cemilan yang ngeyangin begini.

    BalasHapus
  20. Hahaha.. sama dengan ade mba. Dulu suka kalap kalau berbuka. Apa aja mau dibeli dan dilahap. Kenyataannya mending dimakan semua mba. Yang ada cuma sanggup masuk beberapa. Lapar mata doang. ^_^

    BalasHapus
  21. Menu favorit puasa di rumahku: ayam kecap, rendang, sayur bening dan es buah

    BalasHapus
  22. Jadi pingin mesen kebab Mak Dewi.. Ahahaha.. Anakku juga suka banget pizza mba Al.. Jadi ya tiap lewat resto pizza, Mika pasti teriak "mau pizzzaaa" :D :D Nah, kemarin nih aku n keluarga baru nyoba buka pake takoyaki.. Kayaknya bakal jadi favorit juga nih..

    BalasHapus
  23. Pizza dan puding akhh kadang suka lapar mata giliran makan udah kenyang hehe.

    BalasHapus
  24. Klo puasa spt ini,aku nyiapin menu buka puasa versi sedikit, sayang klo ngga habis.Biasanya teh manis,es kelapa, kurma dan martabak telur/lumpia.Ngga terlalu bnyk variannya sih krn anak2ku yg penting ada es kelapa dan martabak telur, ckp dua itu saja sih wkwkwk.

    BalasHapus
  25. Klo puasa spt ini,aku nyiapin menu buka puasa versi sedikit, sayang klo ngga habis.Biasanya teh manis,es kelapa, kurma dan martabak telur/lumpia.Ngga terlalu bnyk variannya sih krn anak2ku yg penting ada es kelapa dan martabak telur, ckp dua itu saja sih wkwkwk.

    BalasHapus
  26. Semua nya suka mba.... kebab, pizza, pudding... aku ga bisa milih. Aku akan makan semua nya aja hahaha aku memang favorit pizza banget.. tapi aku akan makan pudding dulu buat buka puasanya baru pizza

    BalasHapus
  27. Hahaha.. mantep mbak menunya, saya mah kalau buka paling teh sama gorengan, kadang juga kurma kalau ada :D

    BalasHapus
  28. Kalau aku gorengan mba menu favorit untuk buka, haha

    Bener banget, berbuka dianjurkan dengan kurma. Selain menyehatkan juga sunnah nabi.

    BalasHapus
  29. Belum pernah nih nyobain buka pakai kebab dan pizza. Biasanya gorengan hihi. Gpp ya sekali2 buka dengan makanan kebarat2an. Biar terasa bedanya dengan hari puasa sebelumnya hihi

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature