Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]

Ramadan Raya Feast di Pasaraya Blok M



Saya masih ingat di tahun 2003, saya sempat ditugaskan di Jakarta. Hampir setiap hari saya naik bus atau kopaja dari terminal Blok M. Nah di samping terminal itu terdapat mall besar yang selalu ingin membuat saya berkunjung di sana. Entah hanya sekedar cuci mata atau berbelanja.
 
rayakan ramadan di pasaraya blok m
Saya menghadiri Ramadan Rata Feast di Pasaraya Blok M
Sekitar empat tahun lalu, saya menemani anak menghadiri acara perpisahan TK di Pinisi Edutainment Park yang terletak di lantai 8,9 dan 10 gedung Pasaraya Blok M, Jalan Iskandar Syah II, Kebayoran Baru, Jakarta. Kedatangan saya empat tahun lalu itu membuat saya terperangah dengan berbagai perubahan Pasaraya yang semakin menarik untuk dikunjungi. Pasaraya tak hanya menjadi tempat untuk berbelanja saja tetapi juga berisikan tempat bermain anak yang sangat menarik.
 
cara merayakan ramadan
Replika Al quran terbesar di Indonesia
Perubahan ini tentunya membawa perubahan positif karena mengikuti perkembangan jaman. Apalagi Pasaraya Blok M terletak di tempat yang sangat strategis di Jakarta sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

Sejarah Pasaraya Blok M sebagai Pelopor Departemen Store di Indonesia

Boleh dibilang, Pasaraya adalah pelopor departemen store di Indonesia. Saya ingin menceritakan sedikit tentang sejarah Pasaraya yang saya kutip dari websitre resmi Pasaraya. Sebagai pelopor, Pasaraya hadir pertama dengan nama Sarinah Jaya pada 27 Maret 1974. Lokasi awalnya berada di lantai tiga gedung Sarinah, Jl. MH Thamrin, Jakarta.

diskon di pasaraya blok m
Suasana di Pasaraya Blok M
Pada tahun 1980, toko pun dipindahkan ke Blok M untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Saat itu Blok M menjadi area perdagangan utama di wilayah Jakarta Selatan. Pada tahun 1984, Abdul Latief, pendiri Sarinah Jaya, membuat keputusan untuk melakukan ekpansi perusahaan. Area ritel diperluas dari 7.000 m2 menjadi 200.000 m2, dan menjadikannya department store terbesar di Indonesia.  Selanjutnya, Sarinah Jaya mengalami pergantian nama menjadi Pasaraya lalu menjadi Pasaraya Big & Beautiful, selanjutnya menjadi Pasaraya Grande dan yang terakhir menjadi Pasaraya The Pride of Indonesia.
 
pasaraya blok m rayakan ramadan
Ramadan Raya Feast di Pasaraya Blok M 
Untuk menjawab segala tantangan bisnis yang muncul, Pasaraya terus melakukan kreasi dan inovasi. Saat ini, selain barang kebutuhan sehari-hari, batik, dan kerajinan, Parasaraya juga telah menambahkan beberapa restoran dan cafe dengan tema tradisional seperti Pasaraya. Di antaranya yaitu Pinisi Edutainment Park untuk anak-anak, Dapuraya (food court dengan menu-menu masakan Indonesia), Salon Kecantikan Poetre, dan lain-lain. Jadi, Pasaraya saat ini bukanlah toko yang hanya menyediakan batik dan kerajinan tradisional, melainkan pusat perbelanjaan dan hiburan yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

Ramadan Raya Feast 2018 di Pasaraya Blok M

Di bulan Ramadan ini, Pasaraya The Pride of Indonesia menggelar Ramadan Raya Feast 2018 di PASARAYA Blok M, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 24 Mei  hingga 10 Juni 2018. Senin, 28 Mei saya berkesempatan untuk menghadiri konferensi pers yang diadakan di Pasaraya Blok M.
 
Narasumber utama Ramadan Raya Feast
Ada empat narasumber utama yang dihadirkan yakni :
  • Ibu Medina Latief, Chief Executive Officer (CEO) PASARAYA
  • Ibu Patricia Veronica, Head of Marketing Communication Pasaraya
  • Takaeda, Musisi dan bintang tamu
  • Pak Saffruddin dari Museum Al Quran TMII
Ibu Media Latief mengatakan komplek perbelanjaan Pasaraya Blok M telah menjadi tempat berkumpulnya milenial. Kini, di Pasaraya Blok M menjadi tempat berkumpulnya start-up dan teknologi yang berkantor di kawasan Pasaraya. “Kami selalu berupaya untuk berkembang mengikuti perkembangan jaman,” kata Ibu Medina lagi.

Untuk pelaksanaan Ramadan Raya Feast kali ini, Pasaraya M melaksanakan berbagai kegiatan untuk menyeramakkan ramadan.
 
ramadan di pasaraya blok m
Tiga narasumber melihat replika Al Quran 
 “Kami ada banyak kegiatan seperti lomba menghapal surat pendek untuk anak-anak (hafiz cilik), lomba kaligrafi, talkshow, tari sufi setiap Jumat, Sabtu dan Minggu, dan lain-lain,” kata Ibu Patricia Veronica, Head of Marketing Communication Pasaraya.  
 
laksanakan ramadan di pasarraya
Suasana Ramadan  Raya Feast
Dan tak ketinggalan adalah promo diskon hingga 70% untuk produk busana muslim Al Madina dan Travel Bag, serta diskon hingga 80% untuk produk Sports Station, Kidz Station, Kickers, Pierre Cardin, Andrew, dan Camel.

 Pameran Al Quran Ramadan Raya Feast di Pasaraya Blok M

Nah, satu lagi yang menjadi primadona dari pelaksanaan Ramadan Raya Feast adalah pameran Al Qur’an. Pada tahun ini PASARAYA menyuguhkan Pameran Al-Quran, yaitu menampilkan tujuh Al-Quran terunik yang dihimpun dari seluruh Indonesia mulai dari Al-Quran terbesar, terkecil, tertua, terberat, terindah, tertebal, hingga Al-Quran yang paling kuno.
 
Ramadan Raya Feast di Pasaraya Blok M 
“Ini pertama kali pelaksanaan pameran Al Quran yang diselenggarakan di mall,” kata Ibu Medina. Harapannya, pengunjung Pasaraya semakin mendapat nilai islami dengan mengetahui bermacam-macam keunikan Al Quran. Ibu Medina uga berharap semua kegiatan tersebut mampu memberikan experience dan spirit baru untuk para milenial dalam menjalani ibadah puasa kali ini.
 
Pameran Al Quran
Saya berkesempatan untuk berkeliling mengunjungi berbagai Al Quran yang dipamerkan di Pasaraya Blok M. Di pameran Al Quran ini, ada replika Al Quran terbesar di Indonesia yang dipamerkan yang dinamakan Mushaf Wonosobo. Al Quran aslinya hingga kini masih dipamerkan di Museum Bayt Al-Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Ukuran Al Quran ini berukuran 2x4 meter dengan bobot 150 kilogram. Al Quran terbesar ini ditulis tangan langsung oleh dua orang santri Pondok Pesantren Al-Asy’ariyah di Wonosobo, Jawa Tengah, pada tahun 1991-1993. Replika Al quran terbesar ini dibuat persis seperti Al Quran aslinya.

Selain itu, ada juga Al Quran terkecil atau bernama Mushaf Istanbul. Al Quran ini  merupakan hibah dari Turki untuk Indonesia. Mushaf tersebut ditulis oleh Sayid Muhammad Abdul Latif yang berasal dari Arab Saudi yang diterbikan pada 1401 Hijriah atau sekitar tahun 1980-an.
 
Al Quran terkecil yang dipamerkan 
Al Quran terkecil ini diletakkan di tempat seperti tempat cincin. Kita tak bisa menyentuh langsung Al Quran terkecil ini. Pengunjung hanya dapat melihatnya dari balik kaca yang tertutup rapat. Upaya ini tentunya untuk menjaga agar kondisi Al quran masih tetap terjaga dengan baik.


Al Quran tertua di dunia 
Tak hanya Al Quran terkecil saja yang diletakkan di kotak kaca. Tapi juga Al Quran tertua yang dimasukkan di kotak kaca. Al Quran tertua ini diletakkan berdampingan dengan Al Quran terkecil di Indonesia.

Upaya ini tentu saja untuk menjaga agar kondisi Al Quran masih tetap terjaga dengan baik. Al-Quran tertua di dunia yang berasal dari Masyhad Husaini juga ikut disajikan. Mushaf Tertua ini diperkirakan ditulis pada akhir abad ke-1 atau awal abad ke-2 Hijriah, tanpa ada tanda titik dan tanda baca. Ini diklaim sebagai satu dari tujuh salinan mushaf yang dikeluarkan oleh Utsman bin Affan.
 
Kaligrafi Indah
Selain itu juga ditampilkan mushaf tertebal yakni Mushaf Braille yang diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama pada 2012 dan 2013. Jika ingin melihat kaligrafi-kaligrafi terindah juga bisa datang ke pameran Al quran ini karena menampilkan sebanyak 4 buah kaligrafi dekorasi, 4 kaligrafi hiasan mushaf, 4 kaligrafi naskah, dan 4 kaligrafi kontemporer.  Bentuk kaligrafinya indah sekali dengan permainan warna yang membuat kita semakin terpesona dengan rangkaian huruf hijjaiyah. Dan tentunya masih banyak sekali rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Ramadan Raya Feast di Pasaraya Blok M yang sayang untuk terlewati.

Nah, kalau berkunjung ke Ramadan Raya Feast apa yang ingin teman-teman lakukan? Mau lihat Pameran Al quran atau ikutin rangkaian acara atau berbelanja dengan diskon hingga 80 persen?




You Might Also Like

42 komentar:

  1. Jujur, baru pertama kali ke PASARAYA, dan buatku merasa betah setelah ke Masjidnya, gede, nyaman dan adem 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sering datang-datang ke Pasaraya nih

      Hapus
  2. Kalo aku mau dua-duanya mbaaa, belanja baju lebaran diskon sama liat pameran Al-Quran. Penasaran sama Al-Quran terkecil, gak nemu kemarin huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah gabung ama Al Quran tertua, mba ;)

      Hapus
  3. Beruntung banget bisa kesini liat Al - Qur'an terbesar dna terkecil plus bisa belanja sekaligus charity.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba Amel. Alhamdulillah diberkahi yaaa

      Hapus
  4. Blok M memang legendaris ya... Sejak kecil kalau ada orang kampung yg merantau ke DKI selalu cerita belanja dan main di Blok M.

    Lucu Al Quran terkecil nya. Kekuasaan Allah SWT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget teteh. Jadi ikon Jakarta juga ya

      Hapus
  5. Terasa bgd suasana ramadhannya di pasaraya blok m ya mbk. Ngabuburit di sana asyik kali yak.

    BalasHapus
  6. Ya ampuuun dulu kalau pulang sekolah aku suka mampir ke sini. Huhu. Kangen tempat ini. Udah berubah banyak sekarang.

    BalasHapus
  7. Kumau lihat-lihat pameran dan belanja tentunya. Hahahaha. Sudah lama gak ke Pasaraya Blok M

    BalasHapus
  8. Subhanallah indahnya, pengen banget ke sana mba, takjub betul.melihat Kalam ilahi yang dipamerkan di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung masih ada waktu ya mbaa buat berkunjung ke sana

      Hapus
  9. Festival Ramadhan nya bagus sekali mba ada al-Qur’an besaaarr... pasti ramai banget ya di pasaraya. Aku dulu sering belanja di pasaraya blok m

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYaaa biar sekalian cuci mata ya mbaaa :)

      Hapus
  10. Masyaallah kaligrafinya ondah betul, pengen punya buat di ruang tamu

    BalasHapus
  11. Waaah sudah lama banget nggaj ke Pasaraya. Terakhir 5 tahun lalu kayaknya

    BalasHapus
  12. Aku dulu pas masih di Sby sering tu denger ataubaca Pasaraya tapi pas pindah Jkt malah kyknya gaungnya gak pernah kedengaran lg. Mungkin krn makin banyak mall dibangun gtu ya mbak :D
    Itu pameranya hanya selama ramadan aja ya mbak?
    Pengen ah kapan2 ke Pasaraya, mau liat apa ja yg ada di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pameran hanya sampai 10 juni aja mbaa

      Hapus
  13. Nanti kalau main ke Jakarta mampir kesini ah... Seru tempatnya

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah nih ke pasaraya. Kayanya kapan2 kudu main ke sana sambil ngabuburit.

    BalasHapus
  15. kayaknya aku belon pernah ke pasaraya blok m hahaha berasa kudet banget sbg org yg tinggal di planet bekasi dari dulu 😂🤣 seru ya ummi penasaran pengen liat al-quran yang kecil dan besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bis atuh bun kapan kapan dari Bekasi ke Parasaya Blok M :p

      Hapus
  16. Mauuu banget....
    Seandainya berkesempatan hadir.

    Dan AL-Qur'an besar ini persis seperti di Masjid Agung Semarang yaa..
    Atau lebih besar lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belum pernah ke masjid agung semarang, mbaa. Hihihi

      Hapus
  17. Waaah diskon 80% boleh juga dong sambil liat liat pamerannya. Hehehe.

    BalasHapus
  18. Ngabuburit seru nih ya. Sambil belanja keperluan Ramadan, bisa melihat pameran Al-Quran.

    BalasHapus
  19. Wah keren. Asik ya bisa jalan-jalan, belanja dan bersedekah. TOP deh

    BalasHapus
  20. Festival ramadannya keren banget mbak dan banyak ya kegiatannya. Kita bisa jalan-jalan, foto", belanja dan charity. Asik nih

    BalasHapus
  21. Tongkrongan aku kalau reuni kuliah mba, karema lokasinya ditengah dan gampang angkutan umumnya.Setahu aku produk yang dibawah itu banyak yang original dan aku inget tugas kuliah disini minta ttd bule yang berkunjung. Jadi banyak banget konsumen, sampai ada yang dapet jodoh bule juga loh mba. Karena produknya ya bagus kualitas etniknya

    BalasHapus
  22. Aku nggak sabar banget nunggu anakku libur sekolah. Mau ngajak ke sini biar tau ada Al-Quran yang unik-unik. Hari ini anakku selesai UKK, besok bisa nih, ajak ke sini.

    BalasHapus
  23. wow, Alqurannya 2x4 meter ya, gede banget. Dibuat menyerupai aslinya ya

    BalasHapus
  24. Penasaran deh ka.. Cara kita baca Mushaf Qur'an mini gimana yaa?

    BalasHapus
  25. Yang buat aku pangling banget, mesjidnya mbak. Duh kece banget, sing ada lawan

    BalasHapus
  26. aku mau ke Pasaraya blok M lagi ngincer diskonannya nih mbak hehe.. lumayan banget bisa sampe 80% ya

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres