8 Barang yang Wajib Dibawa Selama Masa Pandemi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

8 Barang yang Wajib Dibawa Selama Masa Pandemi

Pandemi mengubah banyak hal. Termasuk barang-barang yang wajib dibawa selama masa pandemi. Itulah yang saya dan mungkin hampir teman-teman semua lakukan. Dulu mungkin kita bepergian biasa aja. Tanpa ada kewajiban untuk membawa barang-barang khusus.

Namun selama masa pandemi ini, mau tak mau harus ada barang-barang yang wajib di bawa agar tetap sehat. Mengapa? Karena kita harus melindungi diri agar tak mudah dan cepat terpapar virus corona. Ini tentunya harus dilakukan sambil menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan memakai masker serta rajin mencuci tangan. 

Sumber foto : pixabay.com

Bahkan ada yang menyediakan satu tas kecil khusus untuk membawa barang-barang khusus ini. Kalau saya tidak karena merasa lebih baik langsung dimasukkan di tas kerja seperti biasa. Hanya saja penempatannya di bagian depan sehingga mudah di ambil jika dibutuhkan.

Barang-barang yang Wajib Dibawa

Oh ya, barang-barang ini sebetulnya lebih digunakan jika bepergian ke luar rumah untuk kegiatan terdesak seperti harus bekerja di kantor atau urusan mendesak lainnya. Jika selama di rumah saja, tentu tidak akan perlu barang sebanyak ini.

Lalu, barang-barang apa saja yang wajib dibawa selama masa pandemi ini jika hendak keluar rumah 

Tisu basah

Jika ingin membersihkan kotoran, tisue basah ini cukup efektif. Biasanya bisa lebih membersihkan meja atau barang-barang lainnya sebelum digunakan. Tisu basah beli yang ukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Tisu kering

Biasanya setelah membersihkan barang menggunakan tisu basah, saya seringkali gunakan tisue kering. Mengapa? Biar semakin bersih dan juga tidak basah sehingga barangnya juga mudah digunakan.

Hand Sanitizer

Kayaknya sekarang hand sanitizer jadi barang wajib dibawa ya. Bahkan saya juga sediakan hand sanitizer di mobil, motor, tas kerja, laci meja kerja dan juga di rumah. Ukurannya juga beragam tapi hand sanitizer ini ngebantu untuk mencuci tangan jika tak ada air di tempat terdekat dengan kita. Jadinya, pegang barang apapun pun skarang ya wajib semprot. Sekarang ada banyak varian hand sanitizer dan juga di jual dengan harga bervariasi serta murah diperoleh. Beda dengan masa-masa awal yang harga hand sanitizer melambung sangat tinggi.

Masker

Sudah pakai masker harus tetap bawa masker lagi? Yap, penting banget membawa cadangan masker di tas selama masa pandemi ini. Mengapa? Terkadang bisa saja tali masker putus atau masker basah tanpa kita duga sehingga mau takmau harus mengganti masker. Nah kalau ada cadangan masker, tentu jadi lebih mudah. Saya pernah tali masker copot dan tak bawa ganti. Untuk di kantor ada teman yang bawa cadangan masker sehingga bisa saya gunakan.

Cairan Disinfektan

Dulu, waktu mau membeli cairan disinfektan eh teryata susah dan langka. Pas ada, barangnya mahal banget. Saya sampai heran kok bisa ya ada yang borong cairan disinfektan dan kalaupun jual dengan harga mahal. Tapi sekarang cairan disinfektan mudah diperoleh, ada banyak varian dan harganya juga terjangkau. Saya kebetulan dapat dari anak saya, mba Farah yang membuat sendiri cairan disinfektan dalam jumlah banyak jadi ngebantu untuk membersikan barang.

Peralatan Makan

Saya sebelum pandemi ini datang, selalu terbiasa untuk membawa peralatan makan sendiri seperti botol hingga sendok makan. Nah pas masa pandemi begini jadi tidak memberatkan saya untuk membawa peralatan makan. Hanya saja biasanya saya gunakan mangkok di kantor, sekarang selalu sediakan mangkok di laci meja kerja. Untuk botol minum pun selalu dibawa.

Bekal Makanan

Hayo, siapa yang memang sejak dulu rajin membawa makana ? Sayaa. Yap, saya termasuk sejak dulu selalu membawa bekal makanan. Bekal makanan yang saya ke kantor adalah makanan yang saya masak sendiri. Biasanya saya membawa nasi, lauk berprotein serta sayuran dan buah-buahan.

Perlengkapan Shalat

Perlengkapan shalat selama masa pandemi ini saya bawa. Tapi ada juga saya sediakan di laci kerja saya jadi memudahkan ketika akan shalat. Saya memilih membawa perlengkapan shalat yang bahannya ringan dan simpel sehingga tidak terlalu menghabiskan banyak tempat.

Nah kira-kira itu 8 barang yang wajib dibawa selama masa pandemi. Apakah ada yang juga punya kebiasaan menbawa barang-barang selama masa pandemi ini ?

16 komentar

Avatar
winda - dajourneys.com 03/11/20 14.36

kalau saya hand sanitiser, tissue kering, tissue basah, desinfektan sama masker cadangan hahahaa

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 04/11/20 10.30

Sekarang bawaan jadi nambah ya mbak kalau keluar rumah, soalnya waktu itu pernah pertama kali keluar rumah dan aku memang menambahkan 1 pouch khusus juga untuk bawa masker, hand sanitizer, sabun cair, disinfektan, tissue kering dan basah.

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 04/11/20 14.02

yang wajib banget tisue kering, tissue basah, hand sanitizer, disinfectant barang. Bawaan nambah nih, tapi demi jauh dari Covid.

Reply Delete
Avatar
Gioveny 04/11/20 20.44

Dari 8 yang disebutkan di atas, baru baru ini aja ku rajin bawa desinfektan spray kemana-mana. Masih khawatir mbak keluar rumah tuh, makanya nggak pake lama

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 05/11/20 01.14

sekarang udah haryus bawa tas yang agak besaran biar semua barang-barang diatas muat. penting banget untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 05/11/20 06.20

Aku peralatan makan yang masih jarang bawa, soalnya kalau makan di luar juga biasanya di bawa pulang mba Lid. Makasih ya Mba Lid, selalu mengingatkan kita

Reply Delete
Avatar
Icha Amalia 05/11/20 06.49

Aku juga sama nih. Bawanya ya barang-barang di atas juga. Yg baru cuma bawa sendok/garpu sendiri hehe.

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie 05/11/20 07.00

Bener banget di new normal kayak gini aku pun selalu bawa ke delapan barang ini di tas pokoknya kalo kemana-kemana wajib banget dibawa

Reply Delete
Avatar
Tori 05/11/20 08.21

Sama nih mba korona ini selama dikantor selalu pake peralatan makan dan minum sendri jadi ga kecampur sma alat makan karyawan yg lain.

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 05/11/20 08.31

wah sebagai orang yang selama pandemi ini ga pernah keluar rumah jauh-jauh, sangat bermanfaat banget niy mba artikelnya, jadi pengingat apa aja yang wajib saya bawa

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita 05/11/20 09.14

Bener nih aku pun sekarang bawa ini semua biar aman dan lebih nyaman aja kalo dijalan.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 05/11/20 10.19

Sekarang jadi lebih banyak barang bawaan yaa...
Demi keamanan.
Alhamdulillah sudah mulai terbiasa untuk hidup serba menjaga kebersihan.

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 06/11/20 22.40

Aku agak lebih parno selama pandemi ini mba. Bawaan LBH banyak juga :D. Kayak kemarin pas ke solo dan Jogja road trip, itu aku nyediain 1 tas ransel yg isinya hanya peralatan kesehatan. 2 kotak masker dewas dan anak2 sekali pakai, tisu basah, tisu kering, alcohol spray utk nyemprotin apapun pas pergi, hand sanitizer, sabun cuci tangan ukuran kecil, vitamin penambah imun dan kotak khusus masker utk tiap orang, yg gunanya utk simpen masker saat makan. Aku ga mau digantungkan di leher, Krn leher bisa jd kotor. Jd masker yg dipake dilepas dan simpen di kotak khusus yg selalu aku sterilin juga.

Suami bilang rada lebay. Tp aku bodoamat :D. Yg ptg prosedur kesehatan slalu aku patuhin tiap jalan kluar.

Kalo keluar kota aku prefer masker medis sekali pakai utk amannya. Makser kain hanya aku pakai kalo di JKT aja.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 08/11/20 23.16

Sekarang mau ngapa2in aja harus ada ekstranya ya. Ga seleluasa dilu..kangen banget masa2 sebelum pandemi 😭

Reply Delete
Avatar
Ani 09/11/20 11.35

Bener-bener aku kalo ke mall aja beli bahan bahan pokok kudu bawa ini semua kalo gak was was banget

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 10/11/20 10.43

iya loh kalo sebelumnya kemana2 tuh gak bawa mukena gegara yakin di tiap masjid ada mukena umum yg bs dipinjam, sekarang jd bawa sendiri. gak mau minjemin ke orang lain jg. bukan karena pelit ya. hehe

Reply Delete