4 Tempat Kuliner Bebek Enak di Bali

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

4 Tempat Kuliner Bebek Enak di Bali


Pulau Dewata, Bali tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis dan budayanya saja. Tempat wisata yang sudah kondang di berbagai belahan dunia ini juga menyediakan berbagai makanan enak. Contohnya saja yang paling terkenal adalah ayam betutu, sate lilit, sampai dengan berbagai olahan bebek super gurih.

Jadi, jika berencana suatu saat buat jalan-jalan ke Bali, jangan hanya kuliner yang itu-itu saja buat dicicip. Bisa juga eksplore berbagai makanan lainnya, termasuk juga tempat-tempat dengan bebek enak di dalamnya. Pas banget saya Kali ini akan disebutkan rekomendasi tempat makan sajikan bebek enak di Bali. Ada di mana saja? Yuk cek selengkapnya berikut ini.


Sumber foto : pixabay.com

Bebek Timbungan

Bebek Timbungan merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sudah mulai langka. Alasannya, cara pengolahannya membutuhkan waktu yang cukup lama, sampai 12 jam.  Wah lama banget ya! Walaupun langka namun bukan berarti tidak bisa ditemukan. JIka penasaran untuk mencobanya, berkunjunglah ke Restoran Bebek Timbungan, Balinese Heritage Cuisine yang berlokasi di Secret Garden Village, Bedugul, Bali.

Tidak hanya cara memasaknya yang lama, bumbu-bumbu dari bebek timbungan juga bisa dibilang sangat tradisional dan kaya akan rempah. Sebut saja jahe, cabai, daging kelapa cincang, dan lain sebagainya. Tambah uniknya lagi, cara pengolahan bebek timbungan di tempat ini memanfaatkan bilah bambu sebagai wadahnya untuk mengukus. Semakin enak saja.

Untuk harganya satu porsi bebek timbungan di sini mulai dari Rp 125.000, porsi separuh. Lalu untuk utuhnya Rp 215.000. Tinggal pilih sesuai dengan jumlah keluarga yang dibawa. Jika banyak porsi yang lebih besar bisa dipesan.

Bebek Bengil

Jika sedang berada di Ubud, jangan lupa untuk mencoba kuliner di Bebek Bengil. Dalam bahasa Bali, ‘bengil’ memiliki arti kotor. Ternyata asal muasal nama ini, konon pada suatu pagi turun hujan, kala itu restoran selesai dibangun pada tahun 1990. Ada sekawanan bebek dari sawah yang ‘menyerang’ restoran.  Padahal semuanya sudah dirapikan, lantai bersih, meja dan kursi mengkilap.

Dari kejadian itulah, sang pemilik menganggap bebek-bebek tersebut sebagai suatu berkah, dan menganggapnya sebagai tamu pertama. Jadilah, nama restoran tersebut menjadi Bebek Bengil. Sekarang ini menu utama yang ditawarkan adalah bebek goreng kampung, namun citarasanya sangat empuk, lembut, dan gurih.

Sumber : pixabay,com


Alamat Restoran Bebek Bengil ini berada di Jl. Hanoman, Padang Tegal, Ubud. Lokasinya nyaman, dikelilingi sawah hijau. Sudah menjadi rahasia umum jika Ubud memang jadi langganan karena memiliki banyak areal persawahan yang cantik. Tidak mengherankan setiap tahunnya banyak tamu dari luar kota yang langsung terbang menggunakan pesawat ke Bali hanya untuk sekadar refreshing.

Apalagi jika menggunakan jasa Traveloka sebagai online agent travel terbesar dan terpercaya di Indonesia. Bisa diakses melalui website atau aplikasi. Tidak hanya itu saja, Traveloka juga akan menampilkan harga tiket pesawat termurah.

Bebek Tepi Sawah

Bebek Tepi Sawah merupakan salah satu tempat makan yang kondang di Bali. Bahkan telah memiliki beberapa cabang di wilayah Indonesia. Mulai dari Jogja, Surabaya, Cianjur dan lain-lain. Untuk yang berada di pusatnya, alamatnya di Jl. Raya Goa Gajah, Br. Teges, Peliatan, Ubud, Gianyar.

Menu unggulan di Bebek Tepi Sawah adalah bebek goreng krispi yang didampingi oleh berbagai makanan pendamping khas Bali. Mulai dari sayur kacang panjang bumbu santan, tiga macam sambal, dan juga nasi. Jika ingin mencoba menu lainya, bisa pesan bebek betutu, aneka ragam salad, vietnamese spring roll, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kisaran harganya, satu menu bebek goreng lengkap dengan setengah porsi daging bebek dipatok, Rp 135.000.

Bebek Geprek Cak Har

Jika ayam geprek sudah sangat biasa, sepertinya perlu mencoba bebek geprek. Di Bali ada salah satu restoran yang kondang menyajikan bebek geprek enak. Namanya adalah Bebek Geprek Cak Har yang berada di Jl. Mahendradata Selatan No. 10-32, Pemecutan Kelod, Denpasar. Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WITA.

Dalam satu porsi biasanya akan ada daging bebek ukuran besar yang digeprek dengan sambal racikan Cak Har. Disajikan dalam cobek dan di pinggirnya akan ada lalapan seperti halnya kol, mentimun, dan juga tomat. Masih kurang pedas? Silakan pesan sambal lagi. Jangan lupa juga memesan lauk pendamping lainya yang enak, ada tempe goreng dan tahu goreng.

Ada yang sudah pernah mencoba empat kuliner bebek yang terkenal di Bali ? Menu bebek mana yang paling disuka ?  

 

 

 


40 komentar

Avatar
Farida Pane 16/11/20 09.05

Kukira semua kuliner bebek di Bali masaknya emang lama. Ternyata enggak juga, ya? Aku yang pernah dengar ya Bebek Bengil sama Tepi sawah.

Reply Delete
Avatar
Djangkaru Bumi 16/11/20 13.42

Menu kesukaan saya banget nih
kuliner bebek
Saya penasaran dengan rasa bebek bengilnya

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 16/11/20 13.55

Pas waktu itu ke Bali, aku ga kulineran masakan menu bebek karena belum suka. Ketika pernah mampir di Madura aku nyobain sekali makan bebek sinjay hihihi. Kata orang sih kalau cara masak bebeknya bisa, rasa anisnya hilang malah makin sedap dan nikmat. Boleh lah kapan2 makan bebek lagi :D

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 16/11/20 16.09

Aku udah cobainnya makan bebek di Bebek Tepi Sawah mbak yang dekat Krisna waktu itu. Buat aku prisinya besar bebeknya minat vungkus boleh gak ya hehehe

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 20/11/20 22.00

wah enak pasti ya mak lid? Kalo porsi gede cocoknya dimakan bedua atau bertiga yaaaa.. Hihi.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 16/11/20 16.31

Makin penasaran sama yang namanya bebek timbangan :) Wajar aja kalau harganya bisa semahal itu, biasanya kalau sudah jarang ditemui kan memanag perlu effort lebih tinggi untuk bisa menikmatinya. Pasti rasanya istimewa ya hehehe :D Ah, jadi kepengen sekarang wkwkwkwkwk :D

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 16/11/20 17.46

Sejarah bebek bengil lumayan unik juga ya Kak. Semua harga bebek di Bali hampir seragam ya Kak. Kisaran rp135.000 untuk separuh porsi.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 16/11/20 20.55

Bebek Tepi Sawah dan Timbungan favoritku kalau ke Bali, entah gimana ya setiap ke Bali sepertinya wajib banget makan bebek. Suasananya emang beda sih, walaupun itu Bebek Tepi Sawah ada disini.

Reply Delete
Avatar
Sarieffe 16/11/20 22.15

Waah, meskipun ini makanan khas Bali ternyata aku belum pernah coba semua mba. Sayang banget ya melewatkan traveling waktu itu tanpa mencoba menu bebek ini

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 17/11/20 06.30

Catet nih rekomendasi tempatnya. Aku pas ke Bali karena masih buta banget, jadi gak tahu kuliner khas dan lainnya. Waktu itu yang penting sampai dan nginjak Bali aja, hahaha

Reply Delete
Avatar
catatansiemak 17/11/20 08.39

Duh kapan nih bisa ke Bali. Pengen banget makan bebek goreng Bengil. Favoritnya suamiku nih bebek smaa kambing

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 17/11/20 09.04

Nama Bebek Bengil cukup sering disebut sebut nih sama keluarga saya. Kalau main ke Ubud pasti mampir. Ternyata nama Bebek Bengil ada ceritanya ya.

Sayangnya saya nggak pernah berani mencicipi bebek karena punya alergi.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 17/11/20 09.34

benar ini, aku paling suka yg bebek tepi sawah, di surabaya juga ada cabangnya ..
endess lah bebeknya

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 17/11/20 12.03

aku jadi kangen banget wisata ke Bali setelah membaca ini. Karena masakan bebek di Bali tuh khas dan enak banget. Kalau ke sana aku suka makan yang bebek tepi sawah. Next kalau ada berkat mau cobain bebek yang lain juga ahhh :)

Reply Delete
Avatar
Wiwin Pratiwanggini 17/11/20 13.46

Waktu ke Bali dulu gak sempat menikmati wisata kuliner. So, belum pernah nyicipin keempat macam menu bebek diatas. Semoga dikasih panjang umur bisa ke Bali lagi...

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 17/11/20 21.48

Jadi kangen banget makan daging bebek. Saya lebih suka bebek daripada ayam karena lebih gurih. Tetapi, lumayan susah carinya. Catet deh ini ya. Siapa tau suatu saat ke Bali lagi

Reply Delete
Avatar
Lina sophy 17/11/20 22.42

Baru tahu masakan bebek di Bali yang khas dan terkenal. Ada banyak juga ternyata ya kak. Duh jadi pengen main ke Bali lagi... 😁

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 17/11/20 23.05

itu kok ada bebek geprek cak har? jangan2 yang jualan orang jawa timur tuuh heheh anyway, makasih rekomendasinya ya mbaak

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 18/11/20 03.52

saya baru sekali makan bebek goreng waktu jalanjalan ke Jogja, mungkin salah tempat makan kali ya, bebeknya keras hhihi btw lihat makanan pendamping bebek goreng ada cah kangkung dan sambel yang endes bikin auto berair mulutku umi

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 18/11/20 06.39

kayaknya Mbak Alida doyan banget ama bebek ya?
dari kemarin mampir kesini, disuguhi bebek nih, hihihih
kalau masakan Bali itu terkenal banget ya Mbak dengan rempah-rempah yang melimpah ruah ya, jadi makin terasa banget gitu ya rasanya.
noted nih, kali suatu hari bisa ke Bali juga :)

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 18/11/20 10.38

Dari keempat tempat yang menyediakan bebek, yang paling terkenal bebek tepi sawah. Next kalo jalan ke Bali lagi pingin kuliner bebek

Reply Delete
Avatar
Rosa 18/11/20 12.51

Huaaa, jadi pengen makan bebek. Kalo di Semarang Bebek yang terkenal ya Bebek H. Slamet. Ada satu lagi Bebek Pak Eko di Ambarawa. Hihi. Semoga kapan-kapan ada rejeki ke Bali, biar bisa nyobain Bebek Bengil dan Bebek Tepi Sawah.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 18/11/20 17.48

Aku jarang banget makan bebek karena berlemak, eh tapi kalau diolahnya bagus dan full bumbu kayaknya rasanya bakal sedap banget..penasaran...

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 18/11/20 19.49

Wah, Bali menyediakan banyak tempat kuliner bebek enak ya ... Kayaknya anak saya yang senang makan daging bebek, bakalan ingin menyambangi keempat tempat kuliner bebek tersebut

Reply Delete
Avatar
umimami 18/11/20 21.02

waaa kalau bebek kesukaan anak saya, dan biasanya beli karena saya belum bisa masak bebek mba ^_^
sempet ke bali sekali tapi belum nyobain keempat restaurant diatas huhu

Reply Delete
Avatar
Gioveny 18/11/20 21.07

Jujur sampe hari ini aku masih penasaran sama bebek madura mbak hahaha. Tapi jadi bertanya2 juga nih, daerah sana kok banyak kuliner bebek ya. Wajib coba ni satu per satu

Reply Delete
Avatar
Dzulkhulaifah 18/11/20 21.36

Bebek Timbungan ini dipastikan bumbunya meresapppp sampai ke tulang kali ya, Mbak? Masaknya aja seharian, haha. Dan sejarahnya Bebek Bengil itu kok sweet banget, sih? Senyum-senyum deh aku bacanya 😍

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 18/11/20 21.58

aku suka banget nih bebek.. hihi. ditambah dengan lokasi makannya dibali.. makin nikmat pasti rasanya yaaaa.. hihi

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 18/11/20 22.16

Juara banget sii..kuliner Bali ini, lezaatt..
Plus sambalnya yaa..menggoyang lidah.
Wah...rasanya eindu bisa kuliner dengan nyaman ke kota-kota besar di Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 18/11/20 22.22

Udah lama banget gak ke bali sampe satupun aku gak tau ini tempat kuliner bebeknya. Hihi. Aku suka banget makan bebek tp suami gak doyan. Jdlah kurang update sm kuliner bebek nih. Smg suatu saat bs me time makan bebek sendirian. Haha

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 18/11/20 22.24

Wow, this can be a reference for looking for a duck menu if you go to Bali. clearly more aan than other menu preparations for which we are not clear

Reply Delete
Avatar
duniaeni.com 20/11/20 22.46

Mb Milda komen english mulu ih. Kukira bule

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 18/11/20 23.20

Ahhh, Bebek Tepi Sawah, bebek Bengil aku pernaah, yang lainnya beloom. Hadudu kulineran yang menggoda banget dan auto kangen liburan ke Balii.

Reply Delete
Avatar
diane 18/11/20 23.27

Kebayang deh lezatnya menu bebek dari Bali ini...Semuanya enak ya...dan rata-rata harganya juga lumayan...

Reply Delete
Avatar
Meykke Santoso 19/11/20 17.56

Aku pernah nyobain Bebek Tepi Sawah tapi bukan di Bali. Kalau di Bali pasti lebih enak lagi ya. Ah, pingin banget bisa ke Bali buat liburan. Banyak pantai dan pemandangan bagus, mana makanan enak enak juga. Syurga

Reply Delete
Avatar
Amanda ratih pratiwi 20/11/20 16.54

kenapa di Bali lebih banyak kuliner bebek? apakah karena bebek berkembang biak dengan baik di Bali? eh nggak ya :D
ntar aja lah penge cobain klo misalnya dapat rejeki ke Bali

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 20/11/20 22.47

Bebek itu klo bisa ngolahnya juarak. Aku fav bebek bumbu ijo sama bebek ala Bali yang diungkep di abu. Duh jadi pengen bebek tepi sawah..lapar jadinya aku tuh

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 21/11/20 16.24

Belum pernah nyobain kuliner khas Bali sih, tapi kalo nanti bisa kesampean ke Bali, kayaknya menu-menu di atas bakal kucobain deh. Soalnya penasaran juga ama rasanya.

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 21/11/20 18.14

Aku pernah ke Bebek Tepi Sawah waktu ke Bali, tapi menurutku biasa saja rasa bebeknya. Malah lebih enak di tempat pertama yang aku lupa namanya.

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 22/11/20 15.53

Kayaknya yang pernah kudengar cuma bebek tepi sawah, mbak. Penasaran juga nih sama masakan ala Bali soalnya belum pernah makan

Reply Delete