Review Kuliner Makassar di Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Kuliner Makassar di Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi

Jauh-jauh ke Makassar malah makan Bebek Goreng? Apa nggak ada di Jakarta ? Mungkin sebagian teman-teman akan berkomentar demikian. Tapi itulah yang saya alami saat berkunjung ke Makassar Desember 2019. 

Ceritanya, saya bersama Ayyas (anak bungsu saya), 4 orang sepupu dan papa pergi ke Rammang-Rammang. Nah sepulang dari Rammang-Rammang karena perjalanan yang jauh dan jam makan siang, maka terbesit pilihan makan makanan yang lokasi dekat rumah saudara, enak, pakai nasi dan sambal. “Kalau gitu ke Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi saja. Dekat banget ama rumah,” kata Ayu, sepupu saya. 





Karena anak saya penggemar ayam goreng dan perut sudah kelaparan, maka kami pun langsung ke Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi yang teryata lokasinya pas di depan jalan raya dan hanya berjarak sekitar 5 menit dari rumah saudara saya di Makassar. 


Saat kami datang, suasana lagi ramai dan karena tak ada tempat duduk yang mampu menampung kami semua sekaligus, kami pun duduk terpisah. Saya duduk bersama papa dan anak. Sedangkan empat sepupu saya duduk bersebrangan dengan saya. 




Rumah makannya luas dan mampu menampung sekitar lebih dari 60 orang. Tempatnya juga nyaman dan bersih. Satu hal yang berbeda, rumah makan ini tak memiliki berpendingin udara namun karena banyak ruang terbuka, suasananya tak terasa panas. 


Makan Apa di Bebek Goyang Sulawesi ? 

Dua menu utama yang kami pesan adalah bebek dan ayam. Papa memesan bebek bakar original seharga Rp 30 ribu. Sedangkan yang lainnya memesan ayam kampung goreng original seharga Rp 22.500 per porsi. Oh ya ini hanya harga lauknya saja dan belum termasuk nasi putih seharga Rp 5000. 


Tapi kalau mau pesan nasi putih bakul untuk 3-4 orang harus membayar Rp 22.000. Untuk minum, kami serempak memesan es teh manis. Untuk sayuran, sepupu saya nggak pesan jadinya hanya saya yang memesan sayur cap kangkung seharga Rp 15.000. Untuk sambal, gratis. Oh ya tapi kalau mau membeli paket makanan juga tersedia. Misalnya paket bebek goreng original+nasi+es teh seharga Rp 35.000. Makanan yang kami pesan datangnya tak terlalu lama. Masih wajar dalam perhitungan saya. Dan pelayanannya juga baik. 




Bagaimana rasanya ? Karena kami makan dalam keadaan lapar, maka bagi saya makanan yang di sajikan di Bebek Goyang Sulawesi ini enak. Hahhaa. Tapi memang sih, bebeknya tidak terlalu alot dagingnya. Hanya saja penampilan bebek bakarnya agak kurang menarik karena terkesan gosong padahal tidak. Bumbu bebek bakarnya juga meresap hingga di daging bebeknya. 


Hal yang sama juga berlaku pada ayam kampung originalnya. Tidak terlalu alot dan bumbunya meresap. Selain itu ukuran ayam kampungnya juga tidak terlalu kecil. Bagi saya dagingnya juga banyak sehingga satu porsi bagi saya sudah cukup mengenyangkan. 







Karena lapar dan enak, sepupu saya nambah! Saya asilnya mau nambah tapi karena merasa sudah kekenyangan, makanya saya tak jadi nambah. Oh ya untuk tumis kangkung rasanya juga standar tumis kangkung pada umumnya. Porsi tumis kangkung awalnya saya kira sedikit tapi teryata banyak. Dan ini akhirnya saya sendiri yang makan awalnya dan kemudian maksa anak buat makan tumis kangkung juga. Hahhaa. Ukuran es teh manisnya juga gede jadinya puas banget minum es teh manis yang di sajikan.


Karena lapar dan enak, sepupu saya nambah! Saya asilnya mau nambah tapi karena merasa sudah kekenyangan, makanya saya tak jadi nambah. Kalau ada kesempatan untuk berkunjung ke Makassar, tempat ini bisa jadi pilihan. Apalagi lokasinya juga di pusat kota dan pelayanannya juga cepat. Soal harga mungkin terkesan agak sedikit mahal karena belum termasuk nasi. Tapi untuk secara keseluruhan, saya puas. 




16 komentar

Avatar
nchie hanie 14/11/20 19.17

Mungkin ada harga ada rasa yang pas di lidah dan bakalan pengen repeat balik lagi ya. Pengalamanku gitu juga, meski makanan agak mahal harganya tapi kalo enak huhuy deeh.
Btw noted banget tempat Bebek Goyang Sulawesi ini, siapa tau ku mejenk di sana yaa.

Reply Delete
Avatar
Husnul Khotimah 14/11/20 21.29

Harganya rata rata ya mbak.. kadang yang terdengar biasa aja malah jadi istimewa mbak. Apalagi teman makannya juga spesial.. pasti beda rasanya hehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 15/11/20 08.40

namanya bebek goyaaang ya mba.. aku mikirnya bebeknya joget hehehe. Kelihatan enak dan crispy tuh mbaa

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 15/11/20 13.23

waahh Begos ya Mbak, Bebek Goyang Sulawesi.
disini juga ada, bukanya itu tahun 2018 lalu kalau gak salah, awal bukanya ramaiiii banget sampai depan rumah makannya itu penuh sesak karena parkirannya kecil sementara tempatnya jalan umum.
saya baru sekali sih mampir kesana, kesannya sih sama kayak Mbak, hehehh
tapi bisalah jadi alternatif, secara biasanya rumah makan disini cuma menyuguhkan ayam aja :D

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 15/11/20 16.18

Menu bebek kian membumi, jadi khasnya sudah gak terdeteksi milik daerah mana, haha.. Dulu ingin makan bebek mesti ke Bangkalan dulu, ke Sinjay, sekarang jalan 10 meter tetangga ada yang jualan mbak, hehe

Di Sulawesi harga bebek aja 30 ribu, di Jawa nasi bebek 25 ribu. Kalau di warung tendaan malah 15 ribu. Bukan mau bandingin, di Jawa peternakan bebek udah kayak pasar sih hehe.. Soal enak tergantung selera, selama sambalnya enak dan melimpah, nasinya hangat pasti bawaannya mau nambah

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 15/11/20 20.57

keliatan enak semua mbak makanannya :) apalagi dimakan dengan keluarga ya jadi makin nikmat deh

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 16/11/20 03.10

Wah senangnya bisa makan bebek goyang bersama keluarga. Saya pernah makan bebek goreng, baru sekali. Kayaknya aku lebih suka ayam hihi mungkin karena rasanya familiar kali ya.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 16/11/20 07.57

Btw keliatan enak semua masakannya ya Umi, jadi bikin lapar nih yang lihat hihihi apalagi liat tumis kangkungnya, my favorite

Reply Delete
Avatar
Ida 16/11/20 05.15

Jadi inget udah lama ga makan bebek nih Mba baca ini hehe, namanya unik ya bebek goyang jadi mudah diingat.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 16/11/20 06.36

Saya kalau mau makan daging bebek suka milih-milih, Mbak. Milih tempat makan yang penyajian daging bebeknya gak alot.
Nah kalau seperti di Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi ini saya juga mau, hehehe... selain dagingnya gak alot, bumbunya juga meresap ya...

Reply Delete
Avatar
iffiarahman.com 16/11/20 10.00

Saya belum pernah ke makasar semoga suatu hari ke makasar bisa singgah di rumah makan ini

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 16/11/20 12.14

Namanya unik ya, bebek goyang jadi pengen nyobain 😍

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 16/11/20 20.49

Ya ampun... Aku tadi mau makan pakai bebek tapi ga jadi beli. Trus di sini lihat bebek lagi, fix besok harus beli ah. Lupain diet dulu wkwkw

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 16/11/20 23.45

jangankan bebek, soto aja tiap daerah bisa beda2 mbaak haha tapi kalo aku ke makassar mungkin lebih suka makanan yang lebih khas gitu sih

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 17/11/20 01.24

Makan di restoran sederhana pun kalo sama keluarga rasanya nikmat banget ya kak. Hehehe...

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 17/11/20 03.35

Bebek Goreng Sulawesi yang ada di Makasar ini sepertinya enak ya dan harganya juga terjangkau. Kalau aku, asal harga dan rasa sesuai, biasanya balik lagi dong. Terima kasih sarannya ya, Mbak. Kalau ke Makasar bisa mampir sini.

Reply Delete