Rekomendasi Olahraga di Rumah Saja

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Olahraga di Rumah Saja

Saat semua harus lebih banyak dilakukan di rumah saja karena wabah pandemi virus, mau tak mau kita pun harus beradaptasi. Beradaptasi dengan berbagai perubahan yang mau tak mau harus kita lakukan. Perubahan yang mungkin sebelum tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Termasuk ketika harus olahraga di rumah saja.

Sebelum pandemi, sebetulnya saya sudah lebih sering melakukan olahraga di rumah saja. Pulang kerja rasa-rasanya malas sekali keluar rumah karena penat dengan kepadatan commuterline dan aktifitas luar rumah yang sibuk. Di rumah membuat saya lebih merasa aman dan nyaman. Termasuk olahraga.

Saya sih pernah ikut kelas-kelas aerobik, senam di studio dekat rumah selama tinggal di Jakarta. Tapi karena jadwal kerja saya tak beraturan, akhirnya saya mundur. Olahraga jika diluar rumah biasanya ada jadwalnya. Nah kadang saya bisa, tapi seringkali bentrok dengan jadwal kerja kantor. Akhirnya olahraga pun jadi agak asal-asalan.

Sumber foto : pixabay.com

Akhirnya saat harus lebih di rumah saja, saya memutuskan untuk olahraga di rumah saja. Tapi olahraga di rumah saja kendala terbesarnya satu yakni MAGER alias malas gerak! Bayangin, rumah yang biasanya buat nyantai, tidur, nonton, kita harus maksa diri untuk bergerak olahraga dan berkeringat.

Belum lagi godaan pas mau olahraga, suami atau anak ajak nonton atau makan bareng. Atau pas mau olahraga tapi lihat tempat tidur jadi malas untuk olahraga dan akhirnya jadi kaum rebahan. Makanya menurut saya, olahraga di rumah itu harus kuat niatnya!

Dan supaya olahraga di rumah berjalan maksimal, saya punya beberapa tips yang selama ini saya lakukan. Pertama-tama saya niatkan diri untuk olahraga untuk badan lebih sehat dan bonus turun berat badan. Saya jadwalkan olahraga pada saat saya libur kerja. Kalau masuk kerja sore, pagi hari saya olahraga dulu kemudian tidur sebelum bekerja.

Kalau badan ngerasa capek, saya nggak akan paksa diri buat olahraga dan memutuskan untuk lebih baik istirahat. Saya juga memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan saya. Nggak terlalu maksa diri banget tapi berusaha olahraga maksimal.

Hasilnya? Alhamdulillah dengan jaga pola makan plus olahraga berat badan saya turun lima kilogram dan masih konsisten hingga tiga bulan ini. Happy? Tentu! Nah, penasaran kan olahraga apa saja yang bisa dilakukan di rumah saja ?

Fitness

Berbekal handphone dan kadang televisi, saya manfaatkan banyak pilihan channel fitnes yang pas buat saya. Saya pilih chanel fitnes yang memiliki gerakan yang mudah diikuti dan musiknya juga asyik di dengar. Saya biasanya milih chanel Eva Fitness dan EMMA Fitness. Saya kurang paham asal mereka karena selama saya ikutin belum pernah ada suara mereka karena mereka langsug olahraga. Nah fitnes di channel ini durasinya beragam tapi lama-lama di atas 30 menit.

Aerobik

Untuk aerobik saya memilih channel youtube Fesya Sahara. Di channel Fesya Sahara ini ada banyak pilihan musik serta gerakan yang bisa membakar lemak-lemak membandel!. Kalau lagi nggak pengen lama olahraga tapi tetap berkeringat, saya sarankan ikutin gerakan senak aerobik hanya 15 menitnya. Beneran bisa keringat. Musiknya kadang musik koplo dan dangdutan jadi bikin senang gerak. Uhuy!

Naik Turun Tangga

Kelihatan sepele tapi naik turun tangga ini juga salah satu rekomendasi olahraga di rumah saja. Pas turun tangga biasanya masih belum terasa capek. Tapi pas turun tuh berasa. Apalagi jika dilakukan berulangkali. Minimal ya naik turun tangga 10 kali cukup berkeringat. Tapi satu sisi juga tergantung seberapa panjang tangganya juga ya.

Sepeda Statis

Ada untungnya beli sepeda statis sejak 5 tahun lalu. Walaupun udah lama, tapi sampai sekarang sepeda statis seharga Rp 1,5 juta itu masih berfungsi. Hanya saja memang tidak bisa mengecek berapa lama kita sudah olahraga menggunakan sepeda statis. Hanya saja fungsi untuk mempercepat atau memperlambat putaran roda masih bisa. Jadinya menurut saya sepeda statis ini bisa bekerja dengan baik. Cukup 30 menit naik sepeda statis sambil nonton drama korea dijamin olahraga di rumah terasa menyenangkan!

Treadmil

Saya punya treadmil bekas beli dari ipar saya. Walaupun bekas, tapi alhamdulillah masih berfungsi hingga sekarang. Dan bersyukur banget semakin bermanfaat di kala harus olahraga di rumah saja. Treadmill ini juga jadi pilihan ketika kita tak ingin keluar jalan-jalan. Tapi sambil dengar musik kesukaan dan treadmil selama 45 menit hingga sejam bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik untuk olahraga.



Sumber foto : pixabay.com

Sebetulnya ada banyak pilihan olahraga di rumah saja. Misalnya yoga. Tapi saya sampai sekarang belum menikmati olahraga yoga di rumah. Mungkin lebih asyik kalau kelak bisa yoga bersama-sama yang lain ya. Saya juga ingin bisa olahraga latihan karate selama di rumah saja tapi entah kenapa belum ada mood untuk itu. Berharap banget tapi kayaknya sejauh ini masih di angan-angan saja. 

Ada pilihan kegiatan olahraga yang teman-teman lakukan selama di rumah saja ? 


40 komentar

Avatar
winda - dajourneys.com 27/10/20 13.18

paling murah tuh naik turun tangga ya mba wkwk kkarena ga butuh apapun kecuali badan :) tapi saya suka males euy, kalau di rumah pengennya rebahan aja

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 27/10/20 16.30

Selama pandemi ini kita emang harus jaga kesehatan dengan olahraga yang teratur.
Olahraga pun nggak harus di luar ruangan, di dalam rumah juga bisa, bahkan banyak juga chanel youtube yang ngasi tips olahraga di dalam rumah.

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 27/10/20 22.59

waaa iya nih selama di rumah aja agak bosen olah raga yang itu itu ajaaa, terima kasih rekomendasinya mbaaak, biar variasi dan nggak bosen juga olahraga di rumah hihihi

Reply Delete
Avatar
Ani 28/10/20 09.45

Sama mba aku pun kalo olahraga di rumah paling yoga sama streching doang itupun masih jarang jarang duh kudu konsisten ya

Reply Delete
Avatar
Vebby Febriyanti♥ 28/10/20 13.35

Kalau dirumah kenapa ya aku suka mageran dan cepet nyerah hahha balik lg ke tidur2an :((( pdhl banyak bgt ya hal yg bisa dilakuinya, olhraganya juga bebas krn dirumah sendiri

Reply Delete
Avatar
Desi Mel 28/10/20 22.28

Ternyata banyak juga ya pilihan jenis olahraga selama kita dirumah aja, bisa di praktekin nih, biasanya kalau aku sukanya zumba pakai youtube hehe

Reply Delete
Avatar
Tiaranab.com 28/10/20 22.54

Aku cardio pilates! Hahaha lumayan banget dan memang hemat juga sih karena dirumah ajakan jadi enggak keluar uang selain kuota

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 29/10/20 05.10

Aduh, aku olahraga apaan ya di rumah aja? Huhu... gak satu pun dari yang di atas. Palingan cuma jalan kaki aja ke sana ke mari. Dan sepedahan sebentaran aja. Semoga besok-besok bisa dirajinkan deh lari di treadmill. Gak enak banget deh badan kurang olahraga. Jadi berasa gak fit ya.

Reply Delete
Avatar
Tori Chu 29/10/20 05.58

Enak ya klo ada tredmil sndri diruma jadi bikin semangat klo mau olahraga diruma kwkkw. Kadang suka mager pngnn nya rebahan mulu 🤣🤣🤣

Reply Delete
Avatar
PuputFebriina 29/10/20 07.37

Aku sering nih aerobik dirumah dengan mengikuti gerakan aerobik yang ada di youtube.

Reply Delete
Avatar
Gioveny 29/10/20 07.49

Aku kalo di rumah olahraganya zumba, nah kalo suami itu barbelan.. tapi dulu sebelom lahiran hahaha

Reply Delete
Avatar
Cilya 29/10/20 07.51

Aku banget nih naik turun tangga ehehe. Tapi berat badan belum juga turun nih mba. Heran aku juga..walau keringetan juga kok...

Reply Delete
Avatar
Ratnasari pujiastuti 29/10/20 08.32

Aku olahraga dirumah skrn zumba nyontek di yutub aja. Yang penting ttp olahraga biar kondisi badan ttp fit terutama lg pandemi gini

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 29/10/20 09.09

Emang Indonesia trendnya aneh, pas musim wabah malah belinya sepeda kan jd sering keluar dan bikin banyak interaksi dengan orang lain haha. Kalau aku pribadi musim wabah ya olahraga di rumah aja, meminimalisir kemungkinan bertemu org lain. Dpt sehatnya lbh pasti kyknya, gak was was juga.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 29/10/20 09.16

Uda paling bener di rumah itu bergerak, ehhehe...
Aku naik-turun tangga di rumah aja uda ngos-ngosan, heuhu...ciri jarang olahraga banget niih...

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 29/10/20 09.57

Kadang-kadang aku bisa sih aerobik gitu mba sambil nyetel youtube. Tapi banyak magernya kalau sendirian hehehe..

Reply Delete
Avatar
Reva Nisa Nabella 29/10/20 10.13

Dari semua olahraga yg ada aku lebih suka naik turun tangga dan aerobik melalui tutorial di youtube. Hehe karena lebih mudah

Reply Delete
Avatar
iffiarahman.com 29/10/20 13.55

Kalo aku selama di rumah jujur jarang olahraga, olahraganya ya pas bebenah rumah 😁

Reply Delete
Avatar
Santi Dewi 29/10/20 14.11

saya lagi hobi sepedahan mba. Tapi sepedahannya hanya berdua suami saja. Biasanya ikut aerobik di alun2, cuma karena pandemi saya gak berani. Mau aerobik di rumah, tv nya di kamar dan kalo dipake aerobik, sempit yg ada kejedug2 hihihi

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 29/10/20 15.40

Selama di rumah aja, olahraga saya paling aerobik. Kangen uy olahraga jalan kaki di luar rumah. Tetapi, sementara aerobik dulu

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 31/10/20 23.28

Andalanku juga nih. Nyetel youtube cari gerakan aerobik yang oke, langsung deeeh cuz keringetan ya. Seger habis itu, badan jadi bugar.

Reply Delete
Avatar
Husnul Khotimah 29/10/20 15.59

Sempet workout beberpa hari mbak kalo gak salah di channek Swad aap sawd hihi, abis itu udah ga pernah lagi hahah. Mau naik tangga juga gak ada tangga, mau treadmill apalagi, gak ada. :D

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 29/10/20 16.27

Aku biasanya setel pilates dan zumba dari Youtube mba.
Belakangan ini coba Yoga dari channel Penyogastar.

Kadang jalan kaki dari rumahku ke Superindo PP :D Yahh, total bisa 1,5 kilo, mayan lah wkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
iidyanie 29/10/20 18.07

Wah boleh juga tuh pake sepeda statis biar bisa olahraga sambil nonton drakor, selama ini masih setia aerobik dengan musik dr spotify nanti dicoba deh sambil nonton dari chanel youtube :)

Reply Delete
Avatar
Annisa Rizki Sakih 29/10/20 19.46

Meski awalnya agak takut2 dan ga nyaman karena mesti maskeran saya pilih jogging keliling komplek selama pandemi mbak

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 29/10/20 23.15

wiiih asik niiih, terima kasih rekomendasinyaa, kebetulan banget nih lagi bingung olahraga kayanya bosen itu itu aja hihihi

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 30/10/20 06.48

saya cm naik turun tangga. tepatnya karena urusin cucian di lantai atas sih. wkwkw. tp lumayan jd lenturin otot kaki

Reply Delete
Avatar
azifahaa 30/10/20 17.09

Wah pas banget lagi nyari ide mau cari peralatan olahraga hihi. Aku jalan kaki rasanya kayak bukan olahraga mbak haha

Reply Delete
Avatar
indahjuliarti.com 30/10/20 19.12

olahraga dimana pun sebenarnya bisa yah kak. termasuk dirumah aja udah aman banget yah kak. Jenis olahraga bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Subarkah 30/10/20 22.07

Rajin banget kak Alida, aku sendiri kalau di rumah kadang aerobik sama zumba aja hehe. Terus ya kadang beberes rumah aja udah ngeluarin banyak keringet sih * ehh ini termaduk olahraga apa bukan ya? Ahahaha.

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 30/10/20 23.42

aku lagi seneng banget nih aerobik, soalnya semua badan bergerak. seru juga karena ada musiknya. jadi lebih fun

Reply Delete
Avatar
Ida 31/10/20 06.09

Seminggu sekali jalan kaki di brigief palingan itu, di rumah asal gerak aja, padahal itu bukan olah raga. Kayaknya naik turun tangga harus dicoba nih...

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 31/10/20 08.23

Aku lagi rajin senam aja dari youtube, Mba. Sepeda fitness udah lama gak dipakai. Yang penting tetap banyak gerak yaa.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 31/10/20 08.25

Ternyata ada banyak juga ya pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah.. jadi gak perlu bingung mau olahraga apa di rumah , naik turun tangga aja itu udah termasuk kegiatan yang menyehatkan tubuh ya Mbak

Reply Delete
Avatar
Helena Magdalena 31/10/20 11.30

Perlu banget deh aku olga di rumah, kebanyakan di rumah aja timbangan geser kanan terus huhuhu. mbak, pake sepeda statis merk apa? tertarik coba sepedaan

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 31/10/20 12.18

Treadmill di rumah itu solusi banget untuk olahraga apalagi kalau di luar Sekarang masa pandemi agak sedikit khawatir ya mbak

Reply Delete
Avatar
Heni Puspita 31/10/20 15.26

Pengen punya sepeda statis or treadmill tapi rumah saya imut Mba he he. Punya sepeda lipat 2nd malah banyak dipakai anak. Karena katanya sudah nambah tinggi, jadi perlu sepeda lebih besar xixi.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 01/11/20 00.22

Kalo aku mah olahraganya urus anak mba. ART cuma pp mantab turunnya, susah naiknya huhuhu..

Reply Delete
Avatar
Diyanika 05/11/20 11.57

Olahraga jalan kaki, Mbak, pas pagi-pagi. Walau rasanya aneh karena bermasker, tapi cukup membuat tubuh nyaman selama pandemi ini. Jarang banget sakit.

Reply Delete
Avatar
Diyanika 05/11/20 11.57

Olahraga jalan kaki, Mbak, pas pagi-pagi. Walau rasanya aneh karena bermasker, tapi cukup membuat tubuh nyaman selama pandemi ini. Jarang banget sakit.

Reply Delete