5 Cara Aman Naik Bus Saat Adaptasi Kebiasaan Baru

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

5 Cara Aman Naik Bus Saat Adaptasi Kebiasaan Baru

Bus menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dipilih karena menawarkan banyak kemudahan, antara lain, harganya lebih terjangkau, waktunya sangat fleksibel, sampai pemilihan cara order yang mudah dan praktis seperti melalui Traveloka. 

Nah, di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), transaksi yang tidak terlalu banyak melibatkan orang akan lebih dipilih. Contoh bus yang sudah bisa dipesan secara online melalui Traveloka adalah Primajasa.

 

Bus, Transportation, People, Aisle, Shoes, Seats
Sumber : pixabay.com


Bus ini telah berkomitmen memberi kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya dengan melakukan berbagai protokol kesehatan. Tiket bus Primajasa bisa dipesan dengan sangat mudah, lebih cepat, dan efisien tentunya. Agar kamu kian nyaman dan aman bepergian pada masa AKB ini, berikut cara aman naik bus yang bisa disimak.


1. Cari Tahu Regulasi saat Naik Bus

 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu regulasi di daerah asal dan tujuan saat naik bus. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar kamu tidak sia-sia sudah jauh-jauh datang ke terminal atau halte, ternyata kamu belum memenuhi syarat bepergian. Jangan sampai sudah menunggu lama terus ditolak karena tidak memahami regulasi yang ditetapkan.

 

2. Menggunakan Masker dan Membawa Hand Sanitizer

 

Bahkan sebenarnya, jika tidak ada yang mengatur regulasi penggunaan masker, usahakan untuk selalu memakainya. Kapan pun dan di mana pun. Terutama saat naik transportasi umum seperti halnya bus ini. Kamu mungkin sekali akan bertemu sejumlah orang, maka dari itulah masker yang memenuhi standar perlu digunakan. Jika diperlukan, pakai juga face shield serta sarung tangan.

 

3. Usahakan Tidak Terlalu Banyak Berbicara

 

Saat berada di dalam bus, usahakan untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Baik itu kontak dalam artian menyentuh ataupun berbicara. Menjadi seseorang yang ramah dengan saling menyapa memang bagus, namun kondisi seperti sekarang ini tidak memungkinkan. Jadi, ada baiknya untuk lebih memilih diam dan tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain. Cukup berbicara seperlunya saja. Apalagi jika yang diajak berbicara tidak menggunakan masker, lebih berbahaya.

 

4. Kurangi Kebiasaan Menyentuh Berbagai Barang di Dalam Bus

 

Seringkali karena merasa bosan di dalam bus, kita memain-mainkan gorden, tempat duduk bagian depan, atau lainnya. Kebiasaan ini memang sedikit mengalihkan kebosanan. Namun kita tidak tahu siapa yang sebelumnya duduk di tempat tersebut. 


Maka dari itulah, supaya lebih aman, semprot terlebih dahulu dengan menggunakan desinfektan. Jika membawa hand sanitizer, selalu bersihkan tangan sebelum menyentuh area mulut, hidung, mata, atau telinga.

 

5. Jangan Naik Bus Saat Sedang Sakit

 

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika merasa kondisi tubuh kurang fit atau kurang prima, ada baiknya menunda perjalanan. Kekebalan tubuh yang tidak bagus, bisa mengundang penyakit dengan mudah. Maka dari itulah, selalu usahakan tubuh sedang dalam kondisi primanya saat bepergian naik bus atau kendaraan lainnya.

 

Saat pandemi seperti sekarang ini, kebiasaan naik alat transportasi umum pun juga berubah. Kamu perlu melakukan proteksi yang lebih besar supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari bahaya atau paparan virus COVID-19.

 

 

 


60 komentar

Avatar
Dessy Achieriny 21/10/20 13.40

Dari semenjak pandemi aku belum coba naik bus lagi. Di rumah aja gitu seharian kalau mendesak kemana2 masih dianterin. Ada beberapa yang mengharuskan pake transportasi umum saat kerja memang harus disiplin dengan kebiasaan baru. Patuh protokol kesehatan ❤️

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 26/10/20 08.14

Iya makanya slalu pas terdesak ya mba

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 21/10/20 15.48

sebenarnya kalau sedang ga enak badan memnag sebaiknya ga kemana2 ya mbak :) karena selain tubuh jadi lebih rentan kemasukan virus, khawatir virus bawaan kita malah menular kemana2

Reply Delete
Avatar
Mugniar 23/10/20 22.33

Iya yah .. benar ya Mbak Winda. Kalau lagi gak enak badan sebaiknya jangan ke mana-mana dulu. Mana tahu bawa virus ya ... hiks.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 23/10/20 22.33

Iya yah .. benar ya Mbak Winda. Kalau lagi gak enak badan sebaiknya jangan ke mana-mana dulu. Mana tahu bawa virus ya ... hiks.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 26/10/20 08.15

Yap bener banget mba. Kan lebih nyaman di rumah ya

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 21/10/20 16.00

Wahh, aku jadi pengn naik bus, mba.
Pengin ngebolang ke Malang.
Judeg banget di rumah mulu wkwkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti 21/10/20 17.01

Susah-susah gampang ya. Kalau sakit memang lebih baik tidak pergi-pergi dulu. Membangun kesadaran ini yang perlu waktu banget ya.

Reply Delete
Avatar
Dewa Ayu 21/10/20 18.05

Mba aku sejak pandemi ini ngurangin poin banyak bicara wkwk pas lagi belanja dan bayar bayar dikasir cukup pake gesture aja. Selain biar aman, kadang ga kedengeran jelas orgnya ngomong apa ke kita karena ketutup sama masker

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 21/10/20 21.17

Di saat seperti ini kita memang harus lebih peka dengan sekeliling yah mbaaak, masker beneran gak boleh lepas dan menjaga interaksi dengan sekeliling.

Wah, beneran kangen naik bus dan kendaraan umum lho akutu huhu
Semoga pandemi segera berlalu dan kita semua sehat terus yaah

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 21/10/20 23.33

Bener mba, aku skr kemana2 bawa disinfektan spray. Aku semprotin dulu biasanya brg2 disekitar ku saat bepergian. Tp sejak pandemi ini bermula sampe skr, aku blm prnh naik transportasi umum. Ga diksh suami. Jd masih dianter jemput Ama dia trus. Untungnya aku skr udh resign, jd memang ga ada alasan utk naik lagi.

Utk bepergian pun aku msh LBH milih mobil pribadi dulu , dibanding transportasi umum. Msh blm berani :(

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 24/10/20 11.17

Iya nih benda wajib bawa yaa, khususnya kalau bepergian keluar. gak cuma buat bersihin diri tp juga buat bersihin apa2 yang kita pegang.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 26/10/20 08.15

Jadinya lebih aman dan nyaman di rumah juga ya mba

Reply Delete
Avatar
Mugniar 22/10/20 08.18

Kebiasaan menyentuh barang itu kok ya yang paling susah hiks. Saya harus mendisiplinkan diri, juga anak-anak dan pak suami.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 22/10/20 17.14

iya mbak kadang gak sadar juga menyentuh apa aja, anak-anak apalagi kita yang dewasa aja begitu

Reply Delete
Avatar
Ana Ike 22/10/20 08.45

Aku tu paling suka naik naik transportasi umum. Kalau di Jakarta kemana2 juga milih naik Trans atau angkot tapi di masa pandemi gini emang harus ekstra waspada sih ya. Masker dan sanitizer itu wajib. Terimakasih tipsnya, mbaak

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 22/10/20 10.31

Udah dari Februari belum naik bis lagi nih, harus ikut aturan kesehatan yang ada ya kalau sekarang. Wah enak dong ya sekarang beli tiket bus primajasa bisa di Traveloka

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 22/10/20 10.35

Aku kalo ke Pacitan (desanya mbahku) juga seneng naik bus.
Masiyo jalannya kadang ngebut (sampe bikin mual), teteuppp demen naik bus. :D

Tipsnya satu lagi mba: SIAPKAN KRESEK HITAM jaga2 kalo mau muntah wkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
Mugniar 22/10/20 11.06

Jangan bepergian saat sedang sakit, meskipun flu ya Mbak Alida .. masih banyak orang yang ke luar rumah, tetap beraktivitas saat kena flu.

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 22/10/20 12.36

Mau jelong-jelong naik bus juga mikir dua kali ya Mbak? Mending pake kendaraan pribadi kalau ada, tapi lebih baik lagi kalau menunda perjalanan jika tidak benar-benar penting.

Reply Delete
Avatar
Lina sophy 22/10/20 14.12

Bermanfaat banget artikel tentang berbagai tips saat Pandemi. Kalau saya belum berani sama sekali naik angkutan umum si kak, jadi selama Pandemi emang belum pernah keluar kota, dan keluar masih untuk hal penting dan perlu saja

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 22/10/20 14.38

Paling menantang tuh naik bus di masa sekarang, bawa anak kecil.
Anak saya udah pengen naik Suroboyo Bus lagi, tapi saya masih nggak berani, saking anak-anak ga bisa diam, hehehe

Reply Delete
Avatar
Lisdha 22/10/20 14.42

waah..primajasa. Kenangan banget nih kadang sering pake ini utk bandung-jkt. Sudah lama banget nggak naik bus dan memang tidak memungkinkan utk waktu-waktu ini ya kan? Terakhir kepengin cobain bus tingkat Medan-Pematangsiantar. Tapi keburu badai pandemi lalu pindah Makassar sebelum mencoba :)

Reply Delete
Avatar
iidyanie 22/10/20 15.55

Naik bus itu alternatif kala tiket pesawat saat ini mahal ya mba, menurut saya oke2 saja naik bus asal taat protokol kesehatan seperti yang mba jelaskan, insyaallah aman.

Reply Delete
Avatar
Meriskapw 22/10/20 16.53

Kalau bisa sebelum naik bus udah makan minum jadi di dalam bus gak perlu copot masker sama sekali apalagi kalau bus yang ber-AC. Secara kabarnya kan virus ini juga nyebar lewat airborne. Bener kita udah jaga diri tapi belum tentu orang lain begitu :D

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 22/10/20 20.24

Saat ini memang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ya mba termasuk naik bus, meski jarang naik bus, tipsnya mesti diperhatikan nih

Reply Delete
Avatar
Shanty febrianti 22/10/20 21.12

Sebelum dan sekarang aku suka naik bus.. Ya tapi kini berbeda naik bus sebelum pademi kita bebas dan tentunya sekarang harus memperhatikan betul kelengkapan nya seperti protokol kesehatan biar perjalanan aman dan juga demi kebaikan bersama

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 22/10/20 21.38

Bukannya emang skg gak boleh ngomong di transportasi umum? Soalnya pernah ditegor di KRL.pas ngobrol ama tmn hahah

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 22/10/20 21.49

Di saat pandemi begini, paling nyaman naik kendaraan pribadi. Tetapi, dengan berbagai alasan, tentunya ada juga yang harus pakai bus. Tata cara seperti ini harus diketahui. Supaya tetap aman dan nyaman

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 22/10/20 21.52

Kayaknya aku udah lebih dari satu tahun deh belum naik bus lagi hihihi... Tetakhir naik lereta awal tahun 2020 tuh. Iya d9ng, orang yang lagi sakit jangan deh naik bus, ngeri nularin ke orang lain ya. Pas saat corona gini apalagi. Penerapan protokol kesehatan itu wajib banget.

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 22/10/20 23.13

udah lama banget kayanya nggak naik bus, jadi pengen jalan jalan juga deh, dulu sebelum pandemic seneng banget jalan jalan naik bandross, kaya semacam bus lagi tapi terbuka hihihi

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 23/10/20 09.13

Sejak pandemi saya udah gak pernah naik bus. Eh saya baru tau nih kalau primajasa sekarang bisa dipesan di Traveloka

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 23/10/20 10.53

Naik kendaraan umum seperti bus di masa pandemi memang harus hati-hati ya, Mbak. Harus diperhatikan protokoler kesehatan yang harus dijalankan.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 23/10/20 10.57

Kemana-mana saya sekarang bawa hand sanitizer. Dan Alhamdulillah juga sudah terbiasa tidak menyentuh barang-barang yang tidak diperlukan. Bahkan kadang gagang pintu atau tangga saja diusahakan menyentuh tidak mengenai kulit.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 23/10/20 11.10

Setuju...apalagi saat sakit jangan naik bus dan jangan kemana-mana jika tidak urgent sifatnya. Kuatir akan mudah tertular virus juga akan menulari orang di sekitar kita. Tips aman naik bus yang lengkap saat adaptasi baru ini

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 23/10/20 12.06

Rindu naik bis...
Pengen coba naik bis yang tiduran itu...kemarin dipamerin adik, rasanya seru yaa...sampai Surabaya uda pagi.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 24/10/20 14.37

Dengan kebiasaan baru yang dilakukan, semoga bisa tetap naik bis dengan aman sampai ke tempat tujuan.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 23/10/20 12.21

Kalau naik kendaraan umum aku belum pernah, karena masih sebatas keluar rumah untuk belanja jadi bawa mobil sendiri. Mematuhi protokol kesehatan penting banget deh disaat sekarang ini.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 23/10/20 12.23

Lama eui tak naik bus, kangen huhu.
Sekarang makin rempong ya ke mana2 huhu. Yg kasian tu kalau ada org sepuh mau kontrol ke RS atau yg ada anak kecil yg terpaksa bepergian jg repot :(
Yes kalau sakit gk usah bepergian dulu, nyari selamet yaa

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 23/10/20 12.25

Yang pasti harus benar - benar extra hati - hati ya mba dan juga jangan dipaksakan jika kondisi tidak kondusif juga

Reply Delete
Avatar
Faridilla Ainun 23/10/20 19.38

Anak saya udah berapa kali ngomong pengen naik bus lokal (transmusi) karena udah lama ga jalan-jalan pakai bus...Masih ngeri tapi saya...Walaupun kita udah berusaha semaksimal mungkin menjaga, tapi kan ga tau juga kondisi di bus itu gimana..

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 24/10/20 08.03

Emang di masa pandemi gini sebaiknya kita di rumah aja. Tapi kalaupun harus keluar, dan sampai naik transportasi publik gini...ya tetap perhatikan protokol kesehatan yaa.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 24/10/20 09.52

Biarpun ada tips dr Mba Al, saya masih blm berani kalau naik bus. Lebih memilih kereta. Karena bus kadang masih berdesakan di halte busnya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 24/10/20 10.27

Kalau org dewasa masih bisa enak pergi sendirian, kalau ada anak kecil aku mundur teratur keknya naik bus hehe :D
Pdhl anak2ku blm punya pengalaman naik bus T.T
Semoga pandemi lekas usai jd bisa ajak anak jalan2 pakai bus, minimal yang dalam kota, keliing2 aja

Reply Delete
Avatar
Amanda ratih pratiwi 24/10/20 14.54

Suamiku dulu pake umum kak, tp semenjak pandemi dia ga pernah lg mau naik umum, bahkan ke Bogor aja dia naik grab. Baginya sehigienis apapun, ttp virus kecil2 bisa nempel

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 24/10/20 17.19

Selama pandemi belum pernah pergi-pergi pakai alat transportasi umum. Tapi kalau terpaksa naik, tips di atas sangat membantu agar terhindar dari penularan covid

Reply Delete
Avatar
Gioveny 24/10/20 19.20

Kalo naik bus jarak jauh itu perlu rapid tes gak ya.. kangen juga liburan jauh

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 24/10/20 19.22

Duh aku belum berani naik bus nih mbak padahal biasanya ngebus terus kalo turun gunung ke Semarang

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 24/10/20 19.31

Aku terakhir naik bis tahun lalu, sekarang mau nggak mau harus memberlakukan protokol kesehatan ketika keluar rumah, salah satunya saat naik bis. Wajib banget pakai masker dan bawa hand sanitizer

Reply Delete
Avatar
ira duniabiza 24/10/20 22.42

Memang benar ya mba, perlu konsisten dan ketat banget saat kita naik transportasi umum di era new normal begini. Kurangi interaksi dan kurangi pegang2 ya.. Sehat2 selalu mba meski kerja di tengah pandemi

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 25/10/20 06.09

Selama pandemi ini saya sudah 2 kali naik bisa antar provinsi. Alhamdulillah dari pihak bis protokolnya juga ketat Mbak. Jadi tiap istirahat semua orang harus keluar, bayi pun harus dibangunkan karena mau disemprot dan dibersihkan. Jadi kondisi bis bersih terus.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 25/10/20 12.53

Benar ya mbak, asal bisanya sudah menerapkan ptotokol dan kita juga taat protokol, naik bis juga tetap aman

Reply Delete
Avatar
Silvie Permatasari 26/10/20 04.26

Mungkin kalau pergi sendiri masih memungkinkan menjaga peotokol kesehatan tapi kalsu bawa anak kayanya susah bgt mba...

Apalagi bus antar kota yg kekampungku itu selalu penuh dan banyak orang jualan... Kayanya malah ngeri

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 26/10/20 10.31

Tepat banget nih tipsnya mbak apalagi saat ini Mas Apan demi harus memang benar jaga kesehatan dan social distancing kalau naik bus memang mengurangi untuk berbicara dan memegang hal-hal ataupun barang-barang di dalam bis

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 27/10/20 14.45

Jadi penasaran sama regulasi naik bus di era adaptasi kebiasaan baru. Apakah harus rapid? Atau ngga Mbak? Barangkali Mbak Lida tahu Hehe

Reply Delete
Avatar
Nova Violita 28/10/20 11.07

nah..kadang yang lupa tangan suka nyentuh sana sini, kursi tiang bus dan lainnya. bahaya banget, seandainya ada virus disana. memang sebaiknya jangan bepergian dulu sih.kecuali ada hal mendesak

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 28/10/20 21.37

Kayanya banyak yang santuy, Mba. Tapi memang tetap kita yang harus lebih sadar diri, tetap pakai masker saat berpergian.

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 29/10/20 04.10

Kalau mau bepergian memang harus pastikan dulu bahwa kondisi badan memang dalam keadaan fit ya agar tidak menyulitkan diri sendiri juga nantinya

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 05/11/20 01.36

memang hal paling utama ketika berpergian tuh jangan dalam keadaan sakit. karena bisa tertular penyakit lainnya.

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 05/11/20 09.34

Sebelum pandemi aku sering banget naik bus kemana2 tapi skg ga dikasih izin suami kayak putri solo dianter jemput

Reply Delete