SLIDER

Menu Ramadhan Gastromaquia


Hampir setiapkali ramadhan, banyak orang yang memilih untuk melakukan kumpul-kumpul dengan teman lama atau sekedar kongkow dengan sahabat atau rekan kantor. Acara kumpul-kumpul itu dilakukan jelang buka puasa. Jadi, sambil bertemu lalu dan menikmati sajian buka puasa yang menggugah selera.

Buka puasa dengan Menu ramadhan gastromaquia
Menu Ramadhan Gastromaquira
Tempat pertemuan rata-rata di rumah atau rumah makan dan tak jarang juga di restoran yang lokasinya strategis dan menawarkan menu makanan yang bervariasi untuk dinikmati bersama. Peluang ini yang juga di ambil oleh restoran Gastromaquia yang terletak di Jalan Ciniru I No 1, Rawa barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gastromaquia merupakan restoran yang menyajikan masakan autentik Spanyol. Restoran ini bahkan telah dikenal sebagai Top 50 restoran terbaik di Madrid dan menerima Tripadvisor’s Certificate of Excellence selama tiga tahun berturut-turut.

Tahun ini, restoran Gastromaquia menyediakan menu ramadhan yang menggugah selera. Saya beruntung mendapatkan kesempatan dari Clozette Indonesia untuk menikmati menu ramadhan itu. Sabtu, 28 April 2018 saya datang bersama Papa, Bapak Suami, Ayyas dan Mas Ghaffar.

Sebelum datang, saya membuat reservasi via whatsapp ke Gastromaquia untuk datang pada hari Sabtu pukul 17.00 WIB. Namun teryata urusan di RS Fatmawati selesai lebih cepat sehingga saya pun langsung meluncur ke Gastromaquia.

 
buka puasa dengan Menu ramadhan gastromaquia
Siapa yang tak tergiur 
Berbekal google map, saya pun tiba sekitar satu jam perjalanan. Sebetulnya ini kunjungan saya ke tiga kali ke Gastromaquia tapi biasanya saya naik ojek  online dari stasiun terdekat menuju lokasi. Nah pas bersama keluarga, saya milih lebih aman menggunkan google map.

Kalau dari luar, penampilan restoran ini tak terlalu mencolok karena ukurannya yang tak terlalu besar. Namun desainnya yang unik dan cantik membuat Gastromaquia mudah dikenali. Saat tiba, saya sekeluarga langsung diajak ke lantai 2 yang berukuran lebih luas dan cahayanya lebih terang dibandingkan lantai 1 yang menurut saya lebih terkesan intime.

Pramusaji langsung memberikan pilihan menu ramadhan yang bisa kami pilih. Ramadhan menu Gastromaquia ini adalah :
Meat ball sandwich Rp 80 ribu ++
Chicken thigh with salad Rp 90 ribu ++
Fettuccine with mix mushroom and creamy truffle sauce Rp 90 ribu ++
Soto ayam gastro with rice Rp 90 ribu ++
Gulai kikil and rendang with rice Ro 98 ribu ++
Seafood egg yolk with rice Rp 95 ribu ++

Review Menu Ramadhan Gastromaquia

Daaaaaaaan, menu utamanya adalah Ramadhan Yu Shang Menu. Untuk Ramadhan Yu Shang ini dinikmati oleh minimal 4 orang. Harga per pax seharga Rp 100.980 ribu x 4 pax yakni Rp 403.920 ribu. Nah, khusus untuk Clozette hanya cukup membayar seharga 3 pax saja. Alhamdulillah ...

Saya memesan Ramadhan Yu Sang Menu, Chicken thigh with salad, Fettuccine with mix mushroom and creamy truffle sauce dan Seafood egg yolk with rice. Untuk minumnya, kami memesan es teh manis seharga @ Rp 25 ribu dan es lemon tea seharga Rp 35 ribu.

Menu makanan pertama yang disajikan adalah Ramadhan Yu Shang Menu. Sebelumnya, saya mengira makanan akan disajikan di setiap piring seperti layaknya menu makanan lain. Namun teryata dugaan saya keliru. Ramadhan Yu Shang Menu ini disajikan di sebuah nampan besar yang beralaskan daun.

Buka puasa Menu ramadhan gastromaquia

lezatnya menu ramadhan gastromaquia

Buka puasa bersama menu ramadhan gastromaquia
Ramadhan menu Yu Shang 

Pengaturannya seperti tumpeng. Di bagian tengah terdapat nasi putih yang dihiasi irisan cabai rawir dan daun piterseli yang membuat penampilan menarik. Di samping nasi putih disajikan berbagai makanan seperti ikan teri, tempe oreg, oseng tahu dan kacang panjang, kentang balado, telur dadar iris, serundeng, tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat, dua potong ayam dan dua potong ikan goreng. Semuanya tertata rapi dengan tambahan irisan tomat, ketimun dan daun selada. Kerupuk disajikan terpisah.

Cara Menikmati Menu Ramadhan Gastromaquira Yu Shang

Awalnya saya mengira menu makanan ramadhan itu bisa langsung dinikmati. Teryata tidak. Seorang pegawai restoran mengunakan sarung tangan meletakkan ikan dan ayam goreng di piring yang lain. Setelah itu, ia menuangkan satu persatu tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat di atas nasi. Kemudian secara perlahan, ia mengaduknya dengan menggunakan sendok raksasa.

Setelah aneka tumisan itu tercampur rata, bahan makanan lain seperti serundeng, kentang balado, oseng tahu dan lain-lain pun dicampur. Semua proses mengaduk itu dilakukan secara perlahan dan dilakukan di depan kami.
 
berbuka puasa dengan menu ramadhan gastromaquia
Aneka sambal yang dicampur 
“Selamat menikmati,” kata karyawan restoran itu. Kami mengambil piring-piring yang berukuran kecil dan kemudian mengambil sedikit demi sedikit nasi yang telah tercampur rata itu. Karena piringnya berukuran kecil, membuat kami pun tak ragu untuk menambah lagi.


buka puasa menu ramadhan gastromaquia
Menikmati bersama keluarga
Ada kebersamaan yang disajikan dalam Ramadhan Yu Shang menu dari Gastromaquira itu. Makanan yang disajikan terasa enak dan rasa bumbunya pun pas. Tak ada rasa hambar saat nasi sedikit demi sedikit masuk ke mulut. Bagi penggemar pedas, mungkin sensasi pedas tak terlalu. Tapi untuk menu berbuka puasa, rasa pedasnya terasa pas.

Nasi yang dicampur merata dengan serundeng, ikan dan lain-lain ibarat kehidupan yang harus saling berbaur tanpa sekat. Percampuran ini yang membawa kenikmatan untuk dikonsumsi bersama-sama tanpa ada yang merasa berbeda.

Tiga Menu Ramadhan Gastromaquia Lainnya

Setelah menikmati menu makanan utama Ramadhan Gastromaquia, kami pun mencicipi aneka makanan lainnya. Menu makanan yang datang berikutnya adalah Fettuccine with mix mushroom and creamy truffle sauce. Saat pertama kali tiba, penampilannya yang menggugah selera langsung menarik perhatian Ayyas. “Ummi aku mau makan yang itu,” katanya. Padahal makanannya Yu Shang pun belum habis.


Fettuccine with mix mushroom and creamy truffle sauce
Fettucini yang disajikan dalam keadaan panas ini terasa lebih lembut. Fettucini ini terasa kental creamy truffle sauce. Untuk porsinya sih nggak terlalu banyak sehingga bisa untuk dinikmati sendirian saja. Harga per pax Rp 90 ribu ++.
 
Lezatnyaaa ...
Seafood egg yolk with rice
Tak lama kemudian, menu dan Seafood egg yolk with rice tiba. Karena makan Ramadhan Yu Shang Menu teryata mengenyangkan, kami masih perlu jeda untuk mencicipi Seafood egg yolk with rice ini. Seafood yang tersajikan adalah cumi dan udang yang digoreng tepung dan dibalut telur asin. Rasanya telur asinnya terasa dan kesegaran seafoodnya pun terasa.

Menu terakhir yang kami coba adalah Chicken thigh with salad. Potongan dada ayamnya empuk. Ada rasa agak berbeda saat mengigit potongan ayam itu. Untung potongan kentangnya terasa nikmat dan tak hambar.
 
Chicken Thight with salad
Jika teman menginingkan menu makanan ramadhan dengan suasana berbeda, rsetoran Gastromaquira bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman tercinta. Nah, dari menu ramadhan yang saya sampaikan di atas, mana menu yang paling teman inginkan untuk berbuka puasa di bulan ramadhan?

Gastromaquia
Facebook | Instagram | Website
Lokasi:
Jl. Ciniru I no. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180, Indonesia 
+62 21 293 050 91
info@gastromaquia.com 

Opening Hours:
Sunday — Thursday 11.00 - 22.00 
Friday — Saturday 11.00 - 23.00
Jumat-Sabtu : 11.30-00.00



48 komentar

  1. Ya Allah ga kerasa ya bulan puasa tinggal hitungan hari. Btw
    Seafood egg yolk nya menggoda banget ituuu,, duh ajdi laper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk bisa dicoba untuk dinikmati mbaa :*

      Hapus
  2. Wah bau bau ramadhan sudah menggema... Cocok nih jadiin tempat bukber

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bukber bersama keluarga atau teman ya :)

      Hapus
  3. Lezat dan bergizi banget buat menu Ramdhan ya. Insyallah puasanya kuat.

    BalasHapus
  4. Kok aku ngiler ya, waktunya cari makan nih hehehe

    Seafood egg yolk-nya menggoda ya 😍

    BalasHapus
  5. Kayak tumpengan ya kak. Hanya ini nasi putih ya. Kapan nyoba akh secara 16-17 Mei udah masuk ramadhan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tumpengan yang nggak ada tumpeng nasinya ya karena nasinya rata. Hihihii :)

      Hapus
  6. Aku udah cobain Yu Shang. Banyak banget ya porsinya. Makan di sini porsinya gede deh. Super kenyang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. MMhh emang asyik kalau makan rame-rame ya mbaa :)

      Hapus
  7. wahh jadi laper liat gambar ini. klo udah puasa mah dosa mak. weewkewkekwekw..

    BalasHapus
  8. Yuk yuk ke sana yuuukkk, harganya juga enggak terllau mahal ya?
    Tapi kyakanya sebaiknya oita reservasi dulu ya mbak Al biar dapat seat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sih saranin buat reservasi mbaa ;)

      Hapus
    2. Baru nyadar tulisanku banyak typo wkwkwk gtu deh kalau komengnya pake hengpon :P

      Hapus
  9. Hisss mupeng ngeliat fotonya, paket hemat banget ini menu ramadhan bisa makan bersama dalam 1 menu, bukber yukk d sana

    BalasHapus
  10. Kalaumakan masih bareng-bareng enak. Buat acara buka puasa bersama.

    BalasHapus
  11. Ini ukuran besarbya porsinya 1 piring beaar bisa rame2 hehehe.. buat yg diet2 kira2 tahan ga ya liat menu nikmat sebanyak ini? Hehebe makanan Spanyol aku blm coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gagal diet tuh mba gara2 menu makan ini. Hehhehe

      Hapus
  12. Kalau lihat porsi besar gini, bisa banget bawa keluarga banyak ya, jatohnya lebih murah, ya ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jatuhnya per orang Rp 100 ribuan lebih tapi tanpa minum mba. Jadi minum pesan sendiri ya

      Hapus
  13. Asyik nih untung buka puasa bareng. Mirip tumpengan. Hihi.

    BalasHapus
  14. dulu alm.ayah selalu bikin liwetan di nampan, kami semua makan bareng, jadi kangen ihh. Menunya mantap ya, ikannya menggoda

    BalasHapus
  15. Penasaran sama menu yu Shang.. kayak sajian tumpeng yaa mbak

    BalasHapus
  16. Wah... menggoda selera banget itu, menunya ditampah gitu bikin berbeda dari restoran lainnya. Jadi pengen coba kesana sama keluarga pas buka puasa nanti

    BalasHapus
  17. Menunya nyamleng banget tuuh, dengan porsi sebegitu banyaknya, enak buat rame rame tuuh kayanya

    BalasHapus
  18. Liat gambar makanannya jadi ngiler euy, pingin cobain si Yu Shang kayanya unik gitu ya pramusajinya menyajikan makanan. Jadi nanti tumpengnya dia berantakin sendiri ya mba biar adukannya rata.. hihi.

    BalasHapus
  19. Cara menikmati makanannya unik ya, dan menggugah selera semua menunya. Pasti seru banget sekeluarga bisa berbuka disana :)

    BalasHapus
  20. Itu porsinya gede banget mbaa.. Bisa makan sekeluarga yaa di nampan.

    BalasHapus
  21. Dududu menunya langsung bikin lavaar. Ramadhan sdh didpn mata, semoga bisa bertemu Ramadhan tahun ini. Amiin. Aku ngga nolak loh klo diundang mkn di Gastromaquiea

    BalasHapus
  22. nggak terasa ya mba, udah mau puasa aja. Suka sama penyajian makanan di sini, cantik, kebayang rasanya pasti enak.

    BalasHapus
  23. Aku tergiur lihat penyajian makanan pakai wadah tampah (bahasa Jawa) ...
    Jadi teringat waktu itu pernah makan rame2 sama temen pakai tampah besar lengkap dengan menu seperti itu ☺

    BalasHapus
  24. Suka cara penyajian yu shang yg unik. Beda cerita ya kalo diaduknya di dapur mereka :P

    BalasHapus
  25. Nggak kerasa ya sudah mendekati Ramadhan. Menunya lengkap, pasti senang mengajak keluarga makan disini.

    BalasHapus
  26. Waah besok perlu di coba nih menu lezat di sana

    BalasHapus
  27. enak banget ini ummi ;p btw kalau aku kudet keknya langsung makan aja nih hahaha ternyata ada pegawai restonya yang campurin :p

    BalasHapus
  28. Sajian untuk makanan berbuka puasa yang unik dan menarik penjajiannya, bisa jadi referensi tempat untuk acara buka bersama teman-teman nantinya. Menikmati hidangan, sambil membangun rasa kebersamaan dan keakraban.

    BalasHapus
  29. Cara penyajiannya anti maintream ya. Harga segitu murah juga karena bisa buat beberapa orang.

    BalasHapus
  30. Anti maintream ya penyajiannya. Harga segitu murah juga karena bisa buat beberapa orang

    BalasHapus
  31. kesalahan ini jam jam laper maen ke blog ini T^T
    Menu Ramadhan Yu Shangnya penyajiannya sama dengan bibimbap korea, dicampur jadi satu :D

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell