Tips Olahraga Walau di Rumah Saja

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Olahraga Walau di Rumah Saja

Selama ini, seberapa sering teman-teman melakukan olahraga ? Apakah ada rutinitas olahraga misalnya menyempatkan waktu rutin sepekan dua kali olahraga ? Saya termasuk yang kadang ada momen senang sekali berolahraga tapi kadang juga malas olahraga. Bahkan sempat mengalami malas olahraga walau di rumah. 


Sebelum pandemi, saya sempat olahraga bergabung di salah satu club olahraga dekat rumah. Saya berangkat olahraga bersama tetangga saya. Kami biasanya berangkat pagi dan pulang sebelum pukul 11.00 WIB. Lumayan membakar keringat dan menjadi penyemangat. 


Tapi kemudian ada titik jenuh dan waktu kerja saya yang tak menentu yang membuat kegiatan olahraga saya di club menjadi tertunda dan akhirnya berhenti sama sekali. Saya kemudian disibukkan dengan kegiatan menulis di rumah yang membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Saya keasyikan duduk di rumah dan di kantor saat bekerja. Saya jadi malas bergerak. 






Apalagi setelah pandemi melanda. Ketika semua harus lebih banyak dilakukan di rumah saja, saya jadi punya alasan untuk tidak olahraga di club olahraga dekat rumah. Tapi kemudian ada saat saya merasa bahwa saya harus berubah. Semua itu karena secara tak sadar, berat badan saya bertambah, Terutama lingkar perut yang membuat saya tak percaya diri. Saya sadar bahwa saya harus bergerak. Saya sadar bahwa saya tak bisa tidak olahraga untuk kesehatan tubuh saya. 


Saya kemudian mencari banyak informasi tentang olahraga di rumah saja. Dari informasi yang saya peroleh, ada banyak kegiatan olahraga yang sebetulnya bisa dilakukan di rumah saja. Bahkan tanpa ribet dengan waktu yang sesuai dengan keinginan kita. Saya bersyukur dengan kegiatan olahraga di rumah saja, berat badan saya turun, lingkar perut mengecil dan saya juga merasa tubuh jadi lebih fit. 


Bagaimana Agar Sukses Walau Olahraga di Rumah Saja ? 

Emang bisa sukses olahraga walau di rumah saja? Bisa dong. Saya telah membuktikannya. Menurut saya, hal paling penting dan mendasar ada niat dan tekad kita untuk tetap giat berolahraga walau di rumah saja. 


Kedua, tentukan tujuan kita melakukan olahraga. Misalnya saya tujuannya menurunkan berat badan, saya sejak awal bertekad untuk itu. Sebetulnya bukan hanya karena penampilan tapi kondisi badan kalau berlebihan di tubuh saya buat saya jadi makin mudah mengantuk dan juga mudah capek. Saya ingin tubuh lebih fit sehingga buat saya, tujuan itu yang saya kejar. Jika ada tujuan yang kita tetapkan maka keinginan olahraga di rumah saja jadi lebih menyenangkan. 




Ketiga, gunakan pakaian olahraga yang aman dan nyaman sehingga lebih nyaman untuk berolahraga. Percayalah dengan menggunakan pakaian olahraga, kita tuh jadi lebih semangat berolahraga. Saya awalnya olahraga dengan pakaian yang terkesan seadanya. Tapi kemudian saya memilih menggunakan pakaian olahraga. Saya membeli pakaian dalam khusus olahraga sehingga olahraga juga jadi lebih maksimal dan membuat saya juga lebih percaya diri. 


Pakaiannya tak usah terlalu mahal asal awet dan juga nyaman digunakan. Anak saya, Mba Farah memberikan saya baju olahraga sebagai kado ulangtahun saya di bulan Maret 2022. Ini yang juga buat saya jadi nyaman berolahraga. 


Agar sukses berolahraga, saran saya juga memilih peralatan olahraga yang tepat. Kebetulan di rumah ada beberapa perlengkapan olahraga seperti treadmil dan sepeda statis. Saya juga beli matras untuk memudahkan saya olahraga di rumah. 


Asupan makanan dan minuman bergizi juga harus diperhatikan agar tujuan awal berolahraga juga bisa terpenuhi. Jangan sampai olahraga tapi asupan makan kurang terperhatikan. Saya misalnya mengatur juga pola makan saya. Jika dulu terlalu banyak karbohidrat, kini perbanyak  sayur-sayuran, buah dan juga protein. Saya kurangi juga goreng-gorengan. Satu yang juga paling penting adalah minum air putih yang cukup yakni delapan gelas sehari.


Olahraga dengan Aplikasi STRONGBEE


Olahraga di rumah juga bisa dilakukan jika kita menggunakan aplikasi yang tepat. Nah aplikasi olahraga yang saya gunakan untuk olahraga di rumah adalah STRONGBEE.  Apa itu aplikasi STRONGBEE ? STRONGBEE adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan aktifitas olahraga maupun kesehatan melalui platform digital. 


Ada apa aja di STRONGBEE ? STRONGBEE memiliki beberapa keunggulan yakni : 

  • Kemudahan akses 
  • Personal akses sesuai dengan tujuan 
  • Top ranting 
  • Kemudahan transaksaksi 
  • Bebas Keanggotaan 


STRONGBEE adalah kemudahan untuk akses dimana saja dan juga dimana saja yang kita inginkan. Selain itu, dengan adanya aplikasi STRONGBEE ini kemudahan juga untuk mendapatkan akses secara personal sesuai dengan tujuan pengguna. STRONGBEE ini juga memiliki pengguna tak hanya dalam negeri tapi juga liar negeri. Keunggulan lainnya dari STRONGLEE ini memiliki kemudahan transaksi dan juga ada bebas keanggotaan sehingga bisa menjadi pilihan menggunakan aplikasi ini. Ada apa saja di aplikasi STRONGBEE ? Jadi, aplikasi STRONGBEE ini memberikan akses olahraga secara online untuk menghubungkan coaches kepada pelanggan dengan mudah. Misalnya kalau kita mau mengikuti zumba class, bisa dilakukan di rumah menggunakan aplikasi STRONGBEE. 






Tak hanya itu saja. Di aplikasi STRONGBEE ini ada juga ada informasi yang berkaitan dengan gaya hidup sehat, tips olahraga hingga update informasi terkait. Informasi yang ada misalnya terkait gerakan pemanasan yang wajib dilakukan. Selain itu juga ada tulisan terkait cara diet defisit kalori dan juga cara menghitung kalori yang dibutuhkan. 


Sekarang, tak ada lagi alasan untuk tak olahraga walau di rumah saja kan ? 


35 komentar

Avatar
Farida Pane 18/04/22 17.57

Salut deh tetep rajin olahraga di rumah. Ntar aku coba aplikasinya deh biar rutin olahraga

Reply Delete
Avatar
Frans Enriko Siregar 19/04/22 06.26

Saya pernah ikut aplikasi2 begini, bagus dan buat kita yang bingung buat gerakan jadi gampang banget. Tapi selain itu juga harus ada pemicu yang bisa buat niat jadi bulet banget biar tetep konsisten

Reply Delete
Avatar
Liza-fathia.com 19/04/22 09.37

aku sama nih kak alida, kadang semangat olahraga, kadang mager minta ampun. dan sekarang lagi dimasa mager banget. entah karena efek lagi hamil muda atau memang lagi malas. tapi aku mau coba olahraga lagi,15 menit ajaaa. doain ya kakaak

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 19/04/22 10.56

Waah ada aplikasi untuk olahraga di rumah? Jadi pengen seperti mbak Alida, bisa berolahraga meski di rumah. Jadi tubuh tetap bugar ya. Ini bener2 prinsip ekonomi, tidak perlu mengeluarkan uang banyak tapi tujuan terpenuhi. Salam sehat mbak.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 19/04/22 13.42

Saya dari dulu senangnya berolahraga di rumah. Suka mager buat keluar ruma. Manfaat aplikasi seperti STRONGBEE ini memang udah cukup banget, deh

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 19/04/22 22.35

Tetapi, olahraga di rumah juga godaan banyak. Biasanya kalau lihat kasur pengennya gogileran. MEmang harus bertekad dan konsisten biar sukses olahraga di rumah

Reply Delete
Avatar
Eca Arun 19/04/22 16.06

After Eid, aku sama suami punya target mau lebih rajin lagi olahraga. Dah macam zombie kita gak banyak gerak. OTW download app nya ah.

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 20/04/22 20.55

wkwk sama mbaa. aku juga kaget ini puasa kok enggak turun2 berat badan akuuhh.. kayaknya nanti setelah ramadan kudu lebih sering olahraga deh

Reply Delete
Avatar
Dw 19/04/22 16.09

Kalau tips saya, sebelum olahraga musiknya harus yang beat nya semangat, pake baju yang nyaman dan olahraga pada saat anak anak belum bangun tidur hihi

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 19/04/22 19.34

Tanpa keluar rumah juga tetap bisa olahraga teratur dan aman dengan aplikasi strongbee ya

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 19/04/22 20.14

nah ini bisa jadi pilihan nih buat yang gak punya waktu dan juga terbatas aktifitasnya di luar rumah boleh dicoba nih aplikasinya

Reply Delete
Avatar
deddyhuang.com 19/04/22 22.16

aplikasi strongbee ini kayaknya cocok banget buat aku yang banyakan di rumah jarang olahraga.. haha.. sekarang lewat aplikasi aja kita bisa interaksi ya.. menarik buat dicoba.

Reply Delete
Avatar
Desi 20/04/22 02.02

waahh seneng bgt nih mba, ada aplikasi yg pro olahraga, bner bgt nih di rumah olahraga itu buat sy pribadi lebih nyaman juga

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 20/04/22 03.08

Baca ini jadinya makjleb nih saya. Udah hampir setahun jarang olahraga lagi. Hiks. Keingat sama momen Ramadan tahun lalu, ya ampun rajin bener olahraga..gak di rumah gak di luar..sekarang malah banyakan gegoleran di rumah..ckckck

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 20/04/22 03.13

Penting banget tetep olahraga walaupun di rumah aja nih, aplikasi ini ngebantu banget jadinya yaa, auto pengen download juga ah aku

Reply Delete
Avatar
Allaely Hardhiani 20/04/22 05.29

Kalau diriku nikah dulu sempat rajin ngegym dan jg lari pagi. Tp semenjak nikah dan punya anak sdh ga pernah lagi.kyknya hrs mulai olahraga lg nih, biar badan lebih fit dan semangat.

Reply Delete
Avatar
Si Umi 20/04/22 08.01

Wah baru tau ada ya aplikasi olahraga gini, penasaran mau coba udah lama ini gak olahraga

Reply Delete
Avatar
Ida 20/04/22 08.04

Menarik banget nih untuk dicoba... paling pengen sih aplikasi yang memberi motivasi banget jadinya kita mau berolahraga hehe..soalnya konsisten masih peer akuh...

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 20/04/22 08.23

Ih kok seru sih Kak, biasanya aku bermodalkan Youtube doang kalau olahraga tapi a gitu jadinya ngga terstruktur hihi seketemunya aja. dengan strongbee ini bisa lebih mudah diakses ya Kak.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 20/04/22 12.42

Bener Ci, kadang kalau nonton di youtube itu ya sedapetnya aja. Ga tau deh program olahraganya terarah atau tidak, plus stepnya udah bener apa enggak kadang kita ga begitu ngeh ya.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 20/04/22 09.38

Eh, di Aplikasi STRONGBEE ada kelas zumba..
Kangen banget akutu.. Huhu...rasanya pengen sekali kembali merutinkan olahraga.

Reply Delete
Avatar
Yanti Ani 20/04/22 09.58

Duhh kudu banget nih download Strongbee, saya mau olahraga tapi kalah sama males melulu. Perlu aplikasi yang bisa mendorong rajin olahraga seperti Strongbee!

Reply Delete
Avatar
Si Umi 20/04/22 10.28

Wah asik ya di aplikasi Strongbee ada kelas zumba juga, jadi tetap bisa berkeringat walau dirumah aja

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 20/04/22 11.37

Kalau olahraga sendiri rasanya rada malas. Nah, kalau da aplikasi seperti Strongbee ini pastinya bisa bikin semangat. Apalagi ada kelas zumbanya pula. Sangat menarik.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 20/04/22 12.06

Berasa kayak langsung olahraga bareng instruktur ya mba, kita bisa pilih mau ikutan program yang mana gitu.

Reply Delete
Avatar
Anggraeni Septi 20/04/22 13.37

asiknya pakai Strongbee bisa akses kelas zumba, mantap nih. Biasanya emak emak cuma modal yutub doang dan gerakannya sesuakanya aja hehe. Kalau kayak gini bener2 memudahkan ibu-ibu untuk tetap berolahraga meski di rumah aja. Semoga resolusi langsing 2022 terlaksana, amin :)

Reply Delete
Avatar
Syarifani 20/04/22 15.16

Strongbee ini jenis olahraganya apakah hanya zumba aja mba? Atau ada jenis olahraga yang lain?
Menarik sih kalau ada coachnya jadi lebih semangat olahraganya.

Reply Delete
Avatar
Kartika Putri Mentari 20/04/22 18.53

Aku tauuuu aplikasinya! Belakangan lagi ramai dibahas juga nih. Aku udah download dongs

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 20/04/22 19.31

Kaaaak...aku mau ikutan zumba class.
Aplikasi STRONGBEE ini berbayar gak yaa..?
**pertanyaannya to the point yaa.. Soalnya biasanya aku ikut zumba class sama ZIN-ku di Bandung, langganan sebulan gitu... Kan jadi penasaran sama Zumba Class aplikasi STRONGBEE.

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 20/04/22 20.49

thankss rekomendasi aplikasi strongbee ini mbak.. aku belum pernah cobain. kebetulan aku juga sukanya olahraga di rumah ajaa bareng anak2 :D

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 20/04/22 23.20

itulah, olahraga bisa di rumah aja. Tapi aku aja yang mager Ya Allah wkwkwkw
Impian turunin berat bada, usahanya kurang lol

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati 21/04/22 07.25

Jujur aja selama pandemi aku pun jarang olahraga. Paling satu Minggu sekali di hari Minggu. Tapi itu gak cukup ya hehe. Soalnya kata WHO minimal 3x seminggu.

Aku sendiri baru tahu soal aplikasi StrongBee nih. Jadi penasaran mau coba juga

Reply Delete
Avatar
Zlindra 21/04/22 13.57

wah ini cocok untuk aku si pemalas olahraga di luar hahaha. jujur kurang terlalu suka olahraga di luar ruangan (selain renang), karena panas, gerah gitu. kalo di rumah kan bisa pake kipas angin atau ac heheheh

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 23/04/22 02.58

aku udah cobain strongbee, lengkap banget ya aplikasinya. segala macam kelas olahraga ada semua. tinggal pilih aja mau yang mana.

Reply Delete
Avatar
Mellisa 23/04/22 04.31

Makasih banget lho mba, infonya. Cocok banget buat aku yang suka mager olahraga di rumah. 🤭

Reply Delete