Pengalaman Menggunakan Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Menggunakan Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia


Rutinitas perjalanan bekerja ke kantor terkadang terasa biasa-biasa saja. Pagi hari keluar rumah menggunakan sepeda motor menuju stasiun terdekat. Setelah tiba di stasiun, motor diparkirkan di tempat parkir langganan dan kaki pun melangkah masuk ke dalam stasiun setelah sebelumnya melakukan scan barcode aplikasi pedulilindungi. 


Tak sampai lima menit menunggu, kereta pun datang dan saya pun bergegas menaiki commuterline menuju stasiun Tanah Abang, Jakarta. Perjalanan lebih dari satu jam di commuterline seringkali terasa membosankan. Tapi hidup bukankah harus tetap berjalan? 


Saya berusaha agar perjalanan commuterline tak terkesan begitu saja. Tapi selama perjalanan saya usaha melakukan aktifitas yang menyenangkan. Salah satu kegiatan yang membuat perjalanan commuterline saya berubah adalah ‘mendengarkan’ buku menggunakan storytel. 


aplikasi storytel

Mungkin teman-teman bertanya-tanya, apa bisa baca buku online ? Yap, sekarang ada inovasi  ‘mendengarkan’ buku melalui platform Storytel. Jadi, Storytel adalah aplikasi audiobook Indonesia yang memudahkan kita mendapat wawasan dan pengetahuan. Saya penasaran untuk menggunakan aplikasi Storytel ini setelah beberapa kali melihat teman-teman menggunakan aplikasi audiobook ini. Kebetulan saya lihat ada beberapa teman yang mendengarkan buku Negeri Lima Negara dan Dilan melalui Storytel. 


Karena penasaran, saya kemudian mencoba untuk mendownload aplikasi storytel untuk membaca rekomendasi buku untuk mendengarkan Harry Potter Audiobook. Pertama-tama, saya mendownload aplikasi Storytel di playstore. Kemudian, ada pilihan bahasa buku yang bisa dipilih yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 


Langkah berikutnya, ada pilihan kategori yang bisa dipilih. Ada 17 pilihan kategori yang bisa dipilih. Beberapa diantaranya adalah kategori anak, biografi, kriminal, fiksi, cerita pendek, syair dan puisi, nonfiksi, remaja dan young adult, agama dan spiritual. Saya memilih kategori agama dan spriritual, non fiksi, biografi, novel fiksi. Kategori yang dipilih kemudian disusun oleh Storytel untuk mendapatkan pilihan buku. Buku yang dipilih dan ada di Storytel adalah buku best seller. Seperti buku Negeri Lima Menara. 


Ada beberapa fitur yang ada di Storytel yakni : 

  • Fitur dengar dan baca secara offline 
  • Mode anak 
  • Membaca dan menulis komentar 
  • Target mendengarkan
  • Undang teman untuk mencoba Storytel


Bagi penggemar Harry Potter, ada Harry Poter Audiobook. Ada juga pilihan buku Game of Thrones dan Sapiens. Buku lain yang juga ada seperti buku Sapiens. Hanya itu saja? Tidak. Ada ratusan ribu rekomendasi buku yang bisa didengarkan melalui aplikasi audiobook ini. Misalnya bagi penggemar Tere Liye, salah satu buku yang bisa didengarkan melalui Storytel adalah buku berjudul Selamat Tinggal. 


Mencoba Menggunakan Novel Pada Sebuah Kapal Aplikasi Storytel 

Tak perlu menunggu lama, saya langsung mencoba menggunakan aplikasi Storytel. Oh ya, seperti yang saya sampaikan di awal, Storytel ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Salah satu buku bahasa Inggris yang sempat saya dengarkan adalah Hunger Games. 


Sedangkan novel  yang saya coba dengarkan adalah novel karya NH. Dini. Di Storytel ada dua novel karya Nh.Dini yakni novel berjudul Pada Sebuah Kapal dan Keberangkatan. Nh. Dini adalah sastrawan terkemuka di Indonesia. Karyanya banyak mengangkan isu-isu perempuan yang relevan dengan kondisi terkini. 


aplikasi storytel


Beberapa novel karyanya saya miliki dan telah saya baca habis. Semua novelnya yang saya baca adalah favorit saya. Tapi ada satu novel yang belum saya baca namun ingin saya dengarkan menggunakan Storytel yakni novel Pada Sebuah Kapal.  Novel Pada Sebuah Kapal diawali kisah  Sri, sang tokoh utama yang berusia 13 tahun yang ditinggal sang ayah untuk selama-lamanya. Dan kemudian Sri pindah ke Yogyakarta dan berbulan-bulan berlatih menari. 


Ia mahir berlatih menari  Jawa  walaupun ia memilih menjadi penyiar radio di kotanya dan kemudian beralih menjadi pramugari. Ia menikah dengan pria berkebangsaaan Perancis namun hubungan rumah tangganya tak harmonis. Petualangan cintanya kemudian beralih kepada pria lain yang menurutnya bisa menghapus kerinduannya terhadap sosok romantis. 



Kisah lika liku kehidupan percintaan  Sri dalam novel ini diceritakan secara apik melalui narator yang bernama Beatrix Renita. Novel ini dibawakan melalui 20 bab. Satu bab dibawakan dengan durasi yang berbeda. Total durasinya adalah 18 jam 31 menit 42 detik. Oh ya, perubahan suara dari narator tampak terdengar walaupun tak ada perbedaan. Novelnya dibacakan secara detail sehingga saya sebagai pendengar bisa mendapatkan gambaran detail tentang apa yang dibahas di novel ini. Narator juga membaca detail tentang suasana seperti yang ada di novel Pada Sebuah Kapal. 


Saya mendengarkan novel dalam perjalanan menuju kantor menggunakan commuterline. Mendengarkan narator membacakan novel kesukaan saya membuat saya membayangkan berada dalam situasi seperti yang diceritakan. Menurut saya, ada sensasi tersendiri dalam mendengarkan Storytel. Tak ada lagi perasaan bosan bin jenuh selama melakukan perjalanan mendengarkan Storytel ini. Rencananya, ada dua novel yang menjadi inceran saya untuk dibacakan yakni novel Mariposa dan Divortiare. 


Keuntungan Mendengarkan Menggunakan Storytel 

Mendengarkan Storytel seperti yang saya sampaikan di awal, memberikan banyak wawasan dan informasi kepada saya dengan inovasi menggunakan Storytel. Ada beberapa keuntungan mendengarkan menggunakan Storytel yakni : 


Menambah Wawasan 

Menggunakan Storytel menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi saya. Saya sendiri adalah penikmat buku sehingga inovasi terkait literasi memberikan ketertarikan pada diri saya.




Praktis 

Dengan memilih mendengarkan Storytel, kita tak perlu repok karena Storytel ini bisa digunakan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Seperti saya yang menggunakan Storytel saat naik commuterline untuk ‘membunuh waktu’, atau mendengarkan bersama-sama keluarga.


Lengkap 


Di aplikasi Storytel ini ada sekitar 500.000 buku dan eboook berlangganan. Dan berbagai kategori pun juga tersedia sehingga bisa dinikmati untuk didengarkan audiobook ini. Selain itu buku yang tersedia juga terdiri dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 


Berbagai Pilihan Narator yang Berpengalaman 

Narator yang membacakan novel ini adalah bukan sembarang narator. Ada artis yang juga terlibat sebagai narator dalam membacakan novel di Storytel ini. Selain itu, suara mereka renyah sehingga asyik didengarkan. 


Harga Terjangkau 


Mendengarkan buku menggunakan Storytel tak membutuhkan banyak biaya. Cukup membayar Rp 39 ribu per bulan, ratusan ribu buku sudah bisa dinikmati. Teman-teman bisa download aplikasi Stortel melalui link Aplikasi Storytel untuk iOs atau Aplikasi Storytel untuk Android


Ada yang sudah pernah mendengarkan buku menggunakan Storytel? 

53 komentar

Avatar
nurul rahma 11/04/22 08.42

Aduuh mba, aku banyaakkk banget nih wish list buku yg mau dibaca, tapi engga sempaattt
Hamdalah ada app STorytel ini ya
sangat memudahkan bangett karena bisa disambi setriko, masak, dll ya mba

Reply Delete
Avatar
Mugniar 11/04/22 11.23

Saya sudah cobain juga, Mbak. Asyiknya mendengarkan buku, berasa didongengin ya apalagi yang dibaca itu novel. Saya baca novel sejarah Kartini, sampai ikutan mewek.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 11/04/22 22.14

Asyiknya dengan Storytel ini kita bisa meningkatkan wawasan ya Mbak ... buku2nya macam2, banyak yang untuk pengembangan diri juga.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 12/04/22 11.17

Saya belum mencoba fitur menulis komentar. Ternyata bisa ya di Storytel. Jadi kita bisa melihat "ulasan" pembaca sebelum kita.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 11/04/22 14.29

seru yaa mba dengar audiobook seperti ini. Asli lhooo menyenangkan karena ada nuansa tersendiri yang membuat cerita lebih hidup yaa

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 11/04/22 14.51

Kegiatan yang menyenangkan ya kak Alida saat di commuterline menjadi menyenangkan ditemani Storytel. Sekarang membaca buku tidak perlu repot harus pegang bukunya, cukup download aplikasi ini. Aku tertarik nih novelnya Tere Liye,ada gak ya tersedia?

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 14/04/22 19.16

Sepertinya ad kak soalnya lengkap koleksinya, kalaupun gk ada, kt bisa hubungi cs

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 11/04/22 17.21

Nah, pengalaman menggunakan Storytel saat naik commuterline untuk membunuh waktu biar ga gabut juga ya Mak, bisa disambil mendengarkan. Kbayang tuh menunggu ga menjemukan lagi tapi menjadi menyenangkan.
Aku belom pernah mendengarkan Mak, dan kepo mau juga apalagi dibacakan oleh narator2 familiar dan pilihan buku banyaak

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 11/04/22 22.32

Penasaran aku mi, mau ah nyoba sambil masak atau beberes rumah dengerin audio book, jd macam podcast gtu ya jadinya, smbil dengerin sambil bs peganh kerjaan lain

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 13/04/22 22.27

Ayooo Mbak, coba download juga, bisa sambil kerja dan kita juga bisa dengarkan para Narator membacakan buku untuk kita, apalagi pilihan bukunya banyak banget, gak cuma buku cerita tapi bisa juga bacaan lainnya yang bisa menambah wawasan :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 11/04/22 22.54

Menyenangkan sekali ya menggunakan aplikasi storytel ini. Bisa baca atau mendengarkan buku. Jadi bisa sambil kerja ya...

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 12/04/22 05.13

Asik ya bisa mendengarkan novel di aplikasi Storytel. Jadi pengen mendengarkan novel juga nih setelah baca postingan ini.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 12/04/22 09.42

Unik banget nih dengerin buku dan berasa lagi diceritain pake Storytel, jadi bisa menyelesaikan buku sembari ngerjain hal lain juga yah. Aku punya banyak banget waiting list buku buat dibaca niiiih

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 12/04/22 11.35

ada banyak ya ummi sampe 17 kategori jadi penasaran nih pengen coba juga dengerin apalagi kalau buat Neyna yang tipe auditory bisa dicoba buat donlod harganya juga masih aman

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 12/04/22 11.46

Sangat praktis sekali mendengarkan isi buku, kalau seperti ini bagiku yang paling pas buku non fiksi. Sambil diringkas ulang hehe

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 12/04/22 14.17

wah sepertinya asik nih pakai storytel. bisa dengerin novel sambil masak. pasti hiburan banget ini ya mba ^_^

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 12/04/22 16.28

setuju banget Mbak, mendengarkan buku di Storytel ini praktis banget, buku yang tersedia super lengkap pula hingga 500ribu judul buku tersedia disini, tinggal cari aja yang ingin didengarkan, ada yang ebook dan versi audiobooknya pula :)

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 12/04/22 20.13

Jujur aku penasaran sama aplikasi Storytel ini, karena dari beberapa yang aku baca nih memang ngebantu banget untuk kita yang males baca buku fisik. Hehehee... Itu kayaknya aku doang sih, tapi ini juga bisa jadi teman saat nunggu anak pulang sekolah

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 12/04/22 22.14

Saya juga menikmati buku dengan mendengarkannya di aplikasi Storytel, Mbak. Asyik, ya, jadi bisa mendengarkan sambil melakukan aktivitas lainnya.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 13/04/22 01.59

Kemarin aku lihat sudah ada paket bundling, langganan selama 3 bulan, 6 bulan. Rasanya lebih hemat yaa...
Hehhe, aku seneng banget googling buku dan mendapatkan aplikasi audiobook Storytel. Merasakan kesenangan bertemu dengan buku yang bisa bercerita.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 13/04/22 06.58

duh, makin jarang baca buku tapi tergoda tiap ada buku bagus. Sekarang lebih ke mendengar seperti podcast, rekaman IG live. Storytel cocok buatku, nih, bisa "membaca" buku lewat audio, serasa didongengin. Misal lagi beberes rumah, setel Storytel.

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu 13/04/22 09.18

Storytel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak ya jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka jadi orangtua nggak perlu khawatir nih. Biaya langganannya juga hemat dan terjangkau ya.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 13/04/22 09.19

Storytel beneran membuat waktu di antaranya, menunggu bisa bermakna. Sambil mendengarkan buku pun jadi bisa. Saya sudah nonton Hunger games, pengin baca bukunya. Kalau 'Pada Sebuah Kapal' saya sudah baca..pengih ah nanti dengerin lagi

Reply Delete
Avatar
Yanti Ani 13/04/22 09.40

Storytel yang paling aku suka, dengan biaya langganan segitu tapi bisa dengar buku seabrek plus best seller lagi

Reply Delete
Avatar
Retno Kusumawardani 13/04/22 11.43

Aku juga donlod storytel buat temann kalo lagi masak nyapu dan lainlain. Kerjaan jadi lebih enteng rasanya karena konsentrasi sama cerita hihihi

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 13/04/22 14.13

Aku juga sedang coba gratis nih mbak, ternyata seru juga baca buku via Storytel ya mana buku-bukunya juga baru-baru...jadi pengen langganan premium nih..nggak mahal...

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 13/04/22 14.38

Mencari buku berdasarkan narator fave pun, bisa yaa..
Aku lagi cari buku ringan yang asik buat didengerin bareng anak-anak setelah le petit prince. Rasanya asik juga didongengin...

Reply Delete
Avatar
diane 13/04/22 15.20

Karen ya..aku jadi penasaran dan kayaknya mau cobain deh aplikasi ini.. Jadi meski kita sibuk tetep bisa 'baca buku' ya..

Reply Delete
Avatar
Tian lustiana 13/04/22 15.44

suka banget sama aplikasi ini, jadi bisa baca buku kapan dan dimana saja , jadi berasa didongengkan hehe

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 13/04/22 15.55

Storytel solusi banget buat yang mau bac tapi terbatas oleh waktu yaa Mbak. Bisa didengarkan dimana aja. Lihat banyak review-nya positif semua.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 13/04/22 18.14

Saya sudah download dan langganan aplikasi Storytel ini mbak
Sudah mendengarkan 6 buku di Storytel
Seru ya, banyak buku menarik di Storytel

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 13/04/22 20.23

Waah menyenangkan sekali ya maak, naik kereta atau antri sambil mendengarkan cerita melalui aplikasi storytell. Pastina ga bikin BT yaa

Reply Delete
Avatar
Happy Dyah 13/04/22 20.26

Akhirnya saya ikutan install aplikasi Storytel juga nih. Karena membaca buku jadi lebih praktis dengan cukup hanya mendengarkan. Bisa di mana saja dan kapan saja

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 17/04/22 22.10

Hahahah toss mbak. Sama nih, saya juga. Gara-gara baca ulasan Storytel dari teman-teman blogger, jadi penasaran juga sama sensasi dengerin buku. Banyak pilihan judul bukunya pula, plus narator yang variatif.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 13/04/22 22.03

Alhamdulillah ya Umi, sekarang lebih mudah dan menyenangkan membaca buku dengan aplikasi audiobook storytel. Banyak pilihan bukunya juga ya. Jadi tertarik nih tuk donlot juga

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 13/04/22 22.31

aku udah pakai ini lumayan banget bikin seneng hati ga perlu capek2 baca ehhh dibacain malah. cuma kadang aku tipe orang yang menikmati sendiri jadi pakai kadang2 yang emang bisa dibaca pilihannya banyakkk

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 13/04/22 22.37

Sekarang membaca buku berevolusi mengikuti perkembangan zaman ya mbak. Mengurangi paparan gadget juga nih kalau didengarkan buku kayak gini

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 13/04/22 22.41

Enaknya pakai aplikasi Storytel ini kalau kita sedang ada pekerjaan lain jadi bisa tetap jalan ya mbak terima informasi baik dari ebook atau buku-buku lainnya karena ada audionya. Oingin cobain ah baca novel di Storytel

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 13/04/22 23.30

Nah saya nih, yang dengerin audiobook di storytel gara-gara naratornya. Wkwkwk. Dengerin buku Filosofi Kopi, padahal udah baca bukunya, tapi karena naratornya Chicco Jerikho, saya dengerin deh..entah udah sampai chapter berapa itu

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 14/04/22 01.25

Alhamdulillah, saya sudah langganan Mbak. Biayanya terjangkau dengan koleksi yang lumayan lengkap. Sudah gitu, praktis pula karena gak perlu nenteng2 buku lagi.

Reply Delete
Avatar
Widi Utami 14/04/22 05.51

Asik ya bisa denger suara macam-macam narator. Sambil nyuci piring bisa ngabisin berapa buku ya. Hihi

Reply Delete
Avatar
Okti Li 14/04/22 09.47

Duh jadi penasaran sama novel "Pada Sebuah Kapal" nya juga nih.
Penasaran akidah Sri. Kalau di storytel ada, bisa baca atau mendengarkan di sana ya

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 14/04/22 13.34

Sejak ada Storytel saya jadi rajin dengerin buku Mbak. Dulu-dulu males banget soalnya kalau sudah duduk sambil baca gak bisa melakukan aktivitas yang lain. Sekarang baca sambil masak atau nyuci piring, wawasan tetap lancar jaya

Reply Delete
Avatar
Fadmala A 17/04/22 05.31

Untuk biaya langganan sangat terjangkau itu dengan banyaknya jenis buku yg bisa kita dengarkan.. Sampai ratusan ribu juga dan bisa memilih banyak varian buku itu mantap sekali yaa..

Reply Delete
Avatar
Ria Andika 17/04/22 07.18

Aplikasi audiobook yang udah lama pengen aku coba nih, solusi banget buat baca buku secara praktis dan bisa kapan aja

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 17/04/22 19.10

Ini mendengarkan buku yang asik memang. Soalnya daku juga udah unduh dong, menyimak buku yang dibacakan oleh narator

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 17/04/22 22.09

Hai kak Alida. Asyik nih adanya aplikasi Storytel kita yang hoby membaca dimanjakan. Tidak lagi harus memegang buku,tetapi cukup duduk manis ada narator yang bacain novel kesukaan kita.Wow keren banget

Reply Delete
Avatar
Wiwid Nurwidayati 17/04/22 23.58

Story tel membantu siapapun yg suka baca untuk menyelesaikan bacaan secara audio

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 18/04/22 08.38

Sekarang kegiatan membaca jadi menyenangkan ya kak Alida.Mudah diaksesnya tinggal download saja dan harga langganan perbulannyapun terjangkau

Reply Delete
Avatar
Feeza fauziah 18/04/22 23.22

Fiturnya banyak banget ya ka ada mode anak juga, aku tertarik dg audiobook nya bisa inovatif gini ya apl nya

Reply Delete
Avatar
Indri 19/04/22 04.37

Akupun ketagihan dengar cerita di Storytel karena banyak pilihan dan ada Dewi Lestari juga yang ikut bacain novelnya disana

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 20/04/22 14.34

Aku yang hobi baca buku jadi tertarik nih mau pakai aplikasi Storytell secara kadang kalau baca buku suka gk sempat pakai storytell tinggal dengerin cerita aja yaa

Reply Delete
Avatar
nurfitri wardani 23/04/22 08.13

Belum pernah nyobain dan tertarik pingin coba mbak. Pengen ngajak anak-anak bersama "mendengarkan" buku. Soalnya selama ini gak pernah sempat lagi bacain buku buat anak

Reply Delete