Gaya Hidup Halal untuk Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Gaya Hidup Halal untuk Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat


Saat ini, trend gaya hidup halal merebak. Gaya hidup halal menjadi sesuatu yang boleh dikatakan saat ini ada dalam kehidupan sehari-hari. Halal tak hanya identik dengan makanan. Tapi bahkan wisata halal pun menjadi sebuah gaya hidup yang banyak diadopsi oleh berbagai pihak. Dan ini teryata banyak diminati masyarakat halal.  


Namun, apakah itu sebenarnya gaya hidup halal? Apakah hanya umat muslim saja yang menjalankan gaya hidup halal ? Di sektor apa saja diterapkan gaya hidup halal. Rabu, 19 April 2022 saya mengikuti webinar dengan tema "Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat" 




Ada tiga narasumber utama yakni : 

  • Jetti Rosila Hadi, Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center 
  • Prima S Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia 
  • Dr Muhammad Aqil Irham, M.Si, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Indonesia 

Halal merupakan istilah yang mengacu pada objek atau tindakan apapun yang diijinkan untuk digunakan dikonsumsi atau dilakukan menurut hukum Islam. Thayyip artinya baik, bersih, sehat dan aman dikonsumsi serta menyehatkan dan bermutu. Apakah gaya hidup halal bisa menjadi fondasi Indonesia sehat dan kuat. “Kenapa tidak. Indonesia bukan negara muslim tapi memiliki penduduk muslim terbanyak,” ungkap Jetti Rosila Hadi.  




Apakah gaya hidup halal hanya untuk muslim? Menurut Jetti Rosila Hadi, gaya hidup halal bisa diterapkan oleh semua orang dan bukan hanya pada umat muslim. Hal ini dikarenakan dalam surat Al Baqarah ayat 186 disebutkan bahwa “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sunguh, setan ini musuh yang nyata bagimu” 


Menurut Jetti Rosila, halal tak hanya sekedar halal saja. Tapi juga halal dan thayyib. Halal dan thayyip tidak pada hasilnya saja tapi sejak awal prosesnya sudah dilakukan secara halal dan juga thoyyib.  “Barang harus diperoleh dengan cara baik dan juga dikerjakan dengan baik. Termasuk pekerjanya juga mendapat perlakuan baik,” tambahnya. 



gaya hidup halal


Gaya hidup halal ini bisa diterapkan sejak bangun tidur hingga tidur lagi. Ini menandakan  seluruh aktifitas bisa dilakukan dengan adanya gaya hidup halal. Misalnya saat bangun tidur melakukan sikat gigi, menggunakan sabun mandi, pakaian bersih serta alas kaki yang bersih dan halal. Dan bahkan merawat diri juga menggunakan skincare, perawatan kuku dan rambut yang halal hingga bodycare yang halal. 


Worl Health Organization merekomendasikan : Melarang makan hewan liar, mengkonsumsi makanan sehat dan aman, tidak meminum alkohol dan menjauhi rokok. 


gaya hidup halal


Jika selera dan masyarakat Indonesia memiliki pilihan gaya hidup halal maka akan tercipta keindahan, kesehatan, kualitas dan kenyamanan. Lalu, apa strategi yang dapat dilakukan ? Pertama-tama ciptakan kedekatan emosional konsumen dengan nilai produk atau jasa. Kemudian ciptakan juga keselarasan nilai produk atau jasa dengan harga. 


Ada sepuluh sektor gaya hidup halal yakni : 

  • Makanan 
  • Keuangan Syariah 
  • Pakaian 
  • Media dan Rekreasi
  • Obat-obatan 
  • Wisata halal 
  • Kosmetik 
  • Pendidikan 
  • Kedokteran dan Kesehatan 
  • Seni dan Budaya


Dengan 184 miliar dollar Belanja Konsumen (2020) Indonesia merupakan Pasar Konsumen Halal terbesar di dunia. Ada tiga peluang utama yakni : 

Pertumbuhan Ekspor 

Sebesar 8 miliar dollar ekspor produk halal Indonesia (estimasi di 2020) 


Subtitusi Impor 

Sebesar 10 miliar dollar impor untuk produk halal Indonesia (estimasi di 2020) 


Pertumbuhan Investasi Asing 

Sebesar 5 miliar dollar investasi di sektor-sektor ekonomi halal di Indonesia (estimasi di 2020) 


Dr Muhammad Aqil Irham, M.Si mengatakan, pemerintah selaku regulator memberikan jaminan untuk konsumen atau produssen agar aktifitas keduanya bisa berjalan dengan baik. “Halal bukan lagi syariah complied. Tapi berkembang menjadi satu tren gaya hidup anak muda saat ini.,” katanya. Konsumen di Indonesia yang mayoritas muslim dan milenial dan generasi Zen  menerapkan gaya hidup halal. “Jadi mereka sudah tak lagi anggap ini semata pelaksanaan ajaran Islam tapi tren kehidupan bersama,” katanya lagi. Dan ini tentunya mempengaruhi perilaku mereka dalam konsumsi makanan minuman dan pakai barang gunaan. Selain itu juga berpengaruh pada perekonomian. 





“Produk yang diperdagangkan harus sertifikat halal maka produser halal dari luar negeri antusisas berhubungan langsung dengan kami melakukan kerjasama agar produk bisa masuk mulus dengan Indonesia,” katanya. Muhammad Aqil mengatakan produsen halal Indonesia berasal bukan mayoritas muslim. Bahkan merekaa berasal dari negara seluler tapi mengakspor barang halal ke seluruh negara muslim. Ini karena segmen pasar sebesar 1,9 miliar yang menggiurkan bagi mereka. 


Dikala era pasar bebas seperti sekarang, pemerintah mendorong UMKM agar produk-produk yang mereka produksi agar halal. “Jadi kami lakukan langkah interfensi utuk pelaku UMKM,” katanya lagi.  Kalau perusahan besar sudah dianggap sebagai sebuah nilai atau reputasi bagi perusahaan sebagai image yang perlu dibangun sehingga produknya kompetitif. 



gaya hidup halal


“Hanya saja penekanan kami bagaimana lakukan intervensi ke pelaku usaha kecil yang menganggap bahwa sertifikasi halal sebagai sebuah value atau reputasi,” ungkapnya. Hal ini yang kemudian dilakukan sosialisasi kepada semua pelaku usaha agar ekosistem halal bisa jadi lebih kuat. Saat ini komposisi pelaku UMKM sangat besar sehingga pemerintah mendorong lebih agar sertifikasi halal bisa dilakukan dan pemerintah membiayai pengurusan sertifikasi halal untuk pelaku UMKM.  “Kami ingin UMKM menjadi garda kedepan untuk penuhui kebutuhan domestik,” katanya lagi. 


Sertifikasi halal sebagai sebuah standar, memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan baik bagi pelaku usaha atau produsen maupun bagi konsumen produk. Jaminan produk halal ini memberikan beberapa manfaat yakni : 

  • Produsen memiliki unique selling point dalam penjualan 
  • Bisa masuk ke pasar halal global 
  • Meningkatkan kepercayaan bagi konsumen 


Masyarakat yang menggunakan Produk yang bersertifikasi halal merasakan kenyaman, keamanan, keselamatan hingga kepastian ketersediaan produk halal dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk. Dan bagi pelaku usaha ada nilai tambah, menambah daya saing, reputasi dan dapat memenuhi standar. 


gaya hidup halal

Prima S Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia  mengatakan, Danone mendukung dan melakukan gaya hidup halal sebagai fondasi masyarakt menjad lebih sehat. “Kami memulainya gaya hidup halal sejak karyawan. Dan bahkan ada tim halal juga,” katanya. Hal ini dikarenakan ada manajemen komitmen halal yang harus dijaga. Jadi, tak hanya sekedar halal saja tapi juga menjadi sebuah gaya hidup yang menyeluruh di perusahaan. 

20 komentar

Avatar
Andiyani Achmad 25/04/22 10.24

tren gaya hidup halal ini diperkenalkan sejak tahun 2017, eh iya gak sih? tapi gaya hidup halal mah bukan cuma buat muslim aja

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 25/04/22 14.44

Keren konsepnya Danone, ga sekedar halal saja tapi halal jadi gaya hidup menyeluruh di perusahaan. Patut dicontoh ini! Dan benar memnag kalau makanan, minuman..atau apapun yang mestinya halal kita konsumsi bikin hati tenang

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 25/04/22 20.57

Ternyata ga hanya umat muslim yang menggunakan berbagai produk dalam keseharian. Non muslim juga banyak yang bergaya hidup halal demi kesehatan. Apalagi pelaku UKM ini biasanya jika berjualan mesti punya sertidikasi halal.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 26/04/22 05.04

Indonesia nih memang besar banget loh marketnya untuk pangsa pasar gaya hidup halal. karena memang penduduk muslimnya terbesar. Jadi gak hanya makanan saja yang harus diperhatikan kehalalannya, ternyata banyak juga gaya hidup lainnya.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 26/04/22 11.30

Super senaaaangg karena Halal ini bener2 jadi lifestyle di kehidupan masyarakat Indonesia.
Banyak pihak yg berkontribusi positif supaya halal ini bisa diterapkan secara paripurna ya

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 26/04/22 12.57

Sepakat nih, pelaku UMKM emang semestinya di dorong dan difasilitasi untuk bisa memperoleh sertifikasi halal untuk produknya. Karena saya sebagai pembeli pun, yang pertama di lihat pada kemasan produk adalah logo halalnya, walau kadang harga lebih mahal, dibanding produk murah tapi nggak ada logo halal dikemasannya

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 27/04/22 15.21

Gaya hidup halal memang gaya hidup yang terbaik. Dari segi makanan maupun hal-hal lainnya sampai ke keuangan. Dengan begitu, Insya Allah kita sehat jasmani dan rohani.

Dan kenyataannya gaya hidup halal juga diakui lebih baik oleh mereka yang non muslim..

Reply Delete
Avatar
www.kisahsejati.com 27/04/22 15.58

Ternyata ada banyak gaya hidup halal ya kak yang bisa diterapkan oleh ummat muslim di Indonesia. Dengan halal lebih nyaman ya.
Salam: Dennise Sihombing

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah 27/04/22 17.22

Kalau inget halal dan thayib aku jadi inget Zaidul Akbar yang selalu mengampanyekan gaya hidup sehat juga, Mak. Ngomonng-ngomong soal halal, ternyata bidangnya luas juga ya, bukan soal makanan melulu. Dulu aku mengenal wisata halal, kesehatan dan kedoneran halal, ternyata masih ada yang lain. Soal Keuangan halal kita lebih mengenalnya sebagai keuangan syariah, ya Mak

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 27/04/22 18.33

Banyak impact positifnya ya mba kalau kita menjalani gaya hidup halal, Insallah juga berkahNya melimpah. Aku mulai menerapkan juga ke anak-anak biar mereka paham sejak dini

Reply Delete
Avatar
Rina s 27/04/22 19.22

Jadi ga was-was ya pilihan produk dan jasa halal makin banyak, bahkan label halal untuk wisata di negara minoritas muslim juga ada

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 27/04/22 20.06

Bangga banget sama Danone yang sudah mengantongi sertifikat halal untuk mendukung Gaya Hidup Halal yang kini bisa menjadi acuan di Indonesia.
Semoga semakin tinggi kepercayaan masyarakat Indonesia dengan produk yang sudh tersertifikasi halal.

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma 27/04/22 20.27

Aku mendukung sih halal dijadikan gaya hidup. Karena sudah terjamin banget kebersihan serta kebaikannya. Jadinya nggak ragu-ragu lagi saat meraih target untuk pangsa pasar yang lebih luas

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 27/04/22 21.14

Nah, setuju banget dengan 10 sektor gaya hidup halal, justru sekarang makin digencarkan, apalagi ada beberapa teman yangs elalu ngebahas wisata, makanan, kosmetik, pakaian yang halal dll semoga saja makin banyak yang aware yaa.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 27/04/22 21.49

Tren gaya hidup halal ini selaras dengan rekomendasi hidup sehat ala WHO ya, mbak Lida. Jadi harusnya memang bisa dilakukan oleh seluruh warga negeri ini. Dukungan pemerintah juga semoga makin banyak, jadi UKM lebih mudah ngurus sertifikat halal. Karena setahu saya pengurusan ini prosesnya panjang

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 27/04/22 22.18

MasyaAllah makasih rangkuman ilmunya mba Lidba, aku nggak ikutan tapi mendapatkan banyak berkah. memang wajib banget sebagai seorang muslim untuk mengatur gaya hidup dengan halala.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 27/04/22 22.31

Salut sama Danone, saking seriusnya menciptakan produk halal untuk konsumen, sampai ada tim halalnya juga. Berarti gak main-main nih. Semoga dengan begini, dapat terwujud yang namanya tren gaya hidup halal, dan pastinya sehat.

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 27/04/22 22.44

Meski bukan negara muslim seperti arab saudi tapi Indonesia memiliki mayoritas penduduk muslim. Menurut saya sah ajaa resto atau produk lain mengclaim halal supaya masyarakat muslim merasa aman.

Suka sedih lho krn ada resto yg nakal tdk jujur kalau ada non halal. Heran dengan suatu brand makanan besar tp tdk mengurus ijin halal parahnya byk warga kita yg muslim membelinya

Reply Delete
Avatar
Latifika 29/04/22 19.09

Karena halal itu sebenarnya buat kebaikan seluruh umat manusia, gak cuma untuk kebaikan muslim aja. Semoga terlaksana dengan baik ya program Danone ini

Reply Delete
Avatar
Tian Lustiana 01/05/22 09.12

Masya Allah keren, bukan halal saja namun juga halal menjadi gaya hidup, perlu banget dicontoh nih danone yah

Reply Delete