Persiapan Menyambut Puasa Hari Pertama

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Persiapan Menyambut Puasa Hari Pertama


Alhamdulillah, akhirnya ramadhan tahun ini Allah berkesempatan bagi saya untuk melaksanakan ramadhan bersama keluarga. Sejak jauh-jauh hari, saya dan keluarga sudah melakukan beberapa persiapan menyambut puasa hari pertama.

Kebetulan dua hari sebelum puasa hari pertama, saya libur kerja. Jadi memiliki waktu dan kesempatan untuk lebih memaksimalkan persiapan menyambut puasa hari pertama. Hal pertama yang saya lakukan adalah memeriksa jadwal kerja selama bulan puasa.

Maklum, jadwal kerja saya mengacak. Tapi saya bersyukur kerja di pagi hari sehingga pulang kerja sore hari sehingga bisa berbuka puasa dan juga melaksanakan shalat bersama keluarga tercinta di rumah. Tapi ramadhan ini ada dua hari yang saya harus melaksanakan berbuka puasa di kantor karena saya piket kerja siang hari dan pulang di atas pukul 18.00 WIB.

puasa hari pertama
pixabay.com

Karena pulang kerja malam hari, saya juga komunikasikan bersama suami dan anak-anak sekaligus menyiapkan rencana makanan berbuka nanti. Saya juga menyiapkan makanan buat berbuka. Mulai dari membeli bebek ungkep di teman kuliah (saya tak bisa masak bebek), ungkep ayam goreng hingga masak rendang.

Saya mengatur waktu kapan masak rendang, kapan ungkep ayam supaya lebih maksimal. Selain itu juga saya membeli ayam pedes yang praktis di langganan sehingga kalau makan ya langsung goreng saja. Saya dan suami juga memasak sambal karena di rumah, sambal ini wajib ada di meja makan karena kami penggemar sambal.

Hari Jumat, dua hari sebelum puasa hari pertama di tanggal 3 April 2022, saya membersihkan rumah bersama asisten rumah tangga. Khususnya membersihkan lemari pakaian saya yang menurut saya memang agak berantakan. Begitu juga kotak kosmetik yang tak rapi dan juga pakaian dalam yang tak tersusun rapi di tempatnya.

Jadi saya keluarkan semua isinya dan kemudian saya pilih mana yang bisa saya gunakan dan mana yang sudah tak terpakai lagi. Ini juga untuk memaksimalkan pakaian yang ada. Untuk kosmetik juga saya cek mana yang sudah selesai masa kadarluarsa sehingga harus dibuang dan mana yang tidak.

Lumayan beberapa waktu terpakai untuk persiapan menyambut puasa hari pertama. Seprai di rumah pun diganti untuk menyambut puasa hari pertama. Begitu juga mukena semua diganti dan menggunakan mukena yang baru dicuci dan tersedia di lemari rumah.

Sebelum puasa hari pertama, saya sekeluarga juga membahas tentang target untuk dijalankan di bulan ramadhan ini. Misalnya untuk ramadhan ini melaksanakan shalat tarawih di masjid dekat rumah. Untuk ibadah shalat wajib juga diusahakan dilaksanakan di masjid. Khususnya untuk shalat subuh.

Kebetulan di masjid kompleks rumah kegiatan ramadhannya padat. Termasuk setiap ahad ada kajian dan buka puasa disediakan nasi di masjid. Kalau hari biasa, menu buka puasanya biasanya cemilan ringan dan minuman.

Sebelum puasa hari pertama, saya juga sudah cek jadwal saya sediakan cemilan berbuka dan jadwal saya menyediakan nasi kotak untuk jamaah berbuka puasa di Ahad, 1 Mei 2022. Dengan menyiapkannya sejak awal, saya juga jadi menyiapkan untuk memesan menu makanan di langganan keluarga biar praktis tapi juga makanan yang disediakan enak.

Target lain yang juga dibahas adalah khatam Al quran selama bulan ramadhan ini. Dan ini tentunya harus disiapkan sejak puasa hari pertama. Saya juga sudah bahas bersama anak-anak. Kami sebagai orangtua juga harus memberikan contoh untuk anak-anak sehingga semakin termotivasi untuk melaksanakan khatam Al Quran di bulan ramadhan tahun ini.

Satu yang tentunya harus disiapkan menyambut puasa hari pertama adalah niat sehingga Allah memudahkan langkah dan apa yang kita lakukan di bulan ramadhan tahun ini.

Bagaimana persiapan teman menyabut puasa hari pertama ?

 

Posting Komentar