Rangkaian Skincare Untuk Merawat Kulit Berminyak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rangkaian Skincare Untuk Merawat Kulit Berminyak


Saya yakin setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Ada yang memiliki kondisi kulit kering, ada juga yang memiliki kondisi kulit berminyak. Kulit yang berminyak sangat rentan berjerawat dan dapat tampak lebih kusam apabila tidak mendapat perawatan yang tepas dan pas. Jenis kulit yang satu ini pun perlu perawatan yang lebih sebab kebersihannya harus sering dipantau. 



Tanpa perawatan juga pemakaian produk yang tepat itu, maka kulit yang berminyak akan lebih gampang iritasi dan timbul masalah yakni jerawat. Tentunya, hal ini yang ingin diindari kan ? Lalu apa yang dapat dilakukan untuk merawat kulit berminyak agar tetap sehat?

Pentingnya Memperhatikan Perawatan Pada Kulit

Hal paling sangat penting serta paling dasar pada setiap perawatan bagi kulit yakni pemilihan perawatan yang tepat.  Karena tentu sebab setiap tipe kulit punya karakteristik dan permasalahannya masing-masing.  Problem utama dari pemilik jenis kulit berminyak yakni berlebihnya produksi sebum dan juga pori besar.

Jika produksi sebum berlebih, ia akan menumpuk pada permukaan kulit. Pada bagian tubuh yang paling banyak minyak yakni punggung, kemudian kulit kepala, serta pada area T-zone dalam wajah. Sebum berlebih pun bisa menyumbat pori-pori kulit dan hal ini merupakan penyebab jerawat.

Pemilik kulit wajah yang berminyak memerlukan produk perawatan yang membantu mengurangi produksi dari minyak, kemudian untuk pori-pori, serta mengatasi jerawat. Selain itu. Juga diperlukan untuk memerlukan produk yang dapat melembapkan kulit tanpa dibarengi dengan penyumbatan pori-pori.

Langkah Skincare Untuk Pemilik Kulit Berminyak

Memilih pembersih yang menyerap minyak

Bila teman-teman mempunyai tipe kulit yang berminyak, wajib hukumnya untuk menghindari skincare untuk kulit berminyak dalam bentuk face wash berbahan dasar krim maupun minyak. Sebab kedua bahan itu justru malah membuat wajah akan semakin berminyak. Sebaiknya gunakan produk pembersih yang memiliki kandungan alpha-hydroxy acid atau (AHA) semacam asam sitrat, lalu asam laktat, bisa juga asam glikolat. Zat yang dapat berperan sebagai eksfoliator tersebut membantu membersihkan sel kulit mati juga mengurangi minyak dalam pori-pori.

Mengaplikasikan toner yang bebas alkohol

Produk toner berfungsi membantu pemulihan kulit, kemudian mengecilkan pori-pori besar, serta mengurangi peradangan akibat jerawat, juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati maupun sisa makeup yang tentu dapat menjadi sebab dari pori-pori tersumbat.

Toner bagi pemilik kulit wajah yang berminyak harus bebas dari alkohol dan harus memiliki kandungan antioksidan. Jika ingin menemukan produk toner yang tepat untuk kulit berminyak, bacalah rekomendasi dari Pickybest.id tentang toner kulit berminyak lengkap dengan tips memilihnya.

Eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati

Kulit memang secara alami dapat melepaskan sel-sel yang sudah mati. Namun, sel-sel mati tersebut kadang bisa menumpuk pada permukaan kulit. Bersamaan dengan sebum yang berlebih, sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori serta menjadi penyebab dari timbulnya jerawat. Eksfoliasi merupakan sebuah proses pengelupasan dari sel kulit mati. Tahapan skin care yang satu ini tidak dapat dilewatkan, karena pengelupasan kulit dapat mencegah penyumbatan pori dalam kulit yang berminyak sehingga kulit bisa tetap bersih serta lembut.

Manfaat dari asam salisilat yakni sifatnya yang antiradang yang bisa mengurangi iritasi serta menurunkan kadar minyak secara berlebih. Alhasil, produksi dari minyak bisa lebih baik dan juga lebih teratur. Produk yang satu ini pun dapat berguna untuk memudarkan flek merah bekas dari jerawat.

Menggunakan tabir surya pada pagi hari

Pemilik tipe kulit berminyak kadang kala sering enggan memakai tabir surya atau (sunblock dan juga sunscreen) dengan alasan dapat membuat kulit menjadi semakin berminyak. Padahal, tabir surya ini ternyata rangkaian perawatan yang penting demi mencegah keriput serta mengurangi tanda merah pada kulit wajah.

merawat kulit berminyak
Foto : Menggunakan sunscreen. Sumber : pixabay.com


Jika mempunyai kulit wajah yang berminyak tahapan skincare seperti yang saya tulis di atas bisa diterapkan. Yuk jaga kulit berminyak agar tetap sehat. Teman-teman yang memiliki kondisi kulit berminyak, bagaimana cara teman merawat kulitnya ?

20 komentar

Avatar
Beauty By Rey 16/04/22 22.26

Kulit saya tuh normal, tapi kalau saya pakai skincare, seringnya jadi oily, duh nggak enak banget pokoknya kalau pas udah oily, wajah kusam banget, pakai bedak jadi nggak nyaman, udah gitu kalau keluar kayak debu nempel semua di muka hehehe.

Jadi saya tuh juga stock skincare untuk kulit berminyak, kayak facial cleanser, biasanya kalau udah oily, segera pakai itu, dan milih ulang skincare yang nggak bikin wajah kayak kilang minyak, hihihi

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 17/04/22 13.26

iya bener, untuk kulit berminyak ini memang harus rajin bersih2 wajah ya, karena kalau jarang bersihin wajah, banyak debu dan kotoran nempel bisa jadi sumber jerawat

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 17/04/22 21.33

Kalau aku terbalik kulit kering banget malah sering pake pelembab. Kalau anakku baru berminyak kulitnya, pake tabir surya risih katanya bikin kulit berminyak, awalnya gak suka tapi lama-lama rutin pake juga

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 17/04/22 21.37

duh memang kalau kulit berminyak agak rempong yaa mba ngerawatnya.. salah skincare bisa bikin jerawatan hehehe. formulanya pun kudu yang light dan nggak bikin kulit makin terasa berat

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 17/04/22 22.51

Kulitku sih termasuk kering, tapi Kayla anak aku kulitnya berminyak banget sehingga mudah banget jerawatan. Harus rajin eksfoliasi nih, tapi gak boleh keseringan juga hehe

Belum dapet nih toner non alkohol yang cucok buat anak aku dengan kulit berminyaknya

Reply Delete
Avatar
Gina Nelwan 17/04/22 22.55

Aku nih kadang suka skip bagian eksfoliasi karena kulit wajahku tuh super sensitif takutnya kalo over treatment malah gak karuan deh

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 17/04/22 23.12

Kulit wajah saya nih, tipe kulit berminyak. Berasa banget tuh misal lagi malas skincarean. Haduh, kusam..udah gitu gampang banget komedoan dan tumbuh jerawat. Jadi ya emang mesti rajin-rajin dirawat.

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 18/04/22 02.31

Aku tipe kulit berminyak nih, Mbak. Aku pakai sunscreen nih setiap hari tapi kadang aku lupa pakai sunscreen.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 18/04/22 04.33

Mantap nih dengan perawatan jadi tidak ada kataan lagi "muka kaya pabrik minyak" . Muka jadi mempesona

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 18/04/22 08.43

Sedari dulu masih remaja, kulitku kombinasi, tapi cenderung normal to oily sih yaa..
Hanya gak parah.. Padahal aku tinggal di Surabaya. Tapi kelenjar keringatku ini memang sedikit banget produksinya.. Mungkin karena efek kurang minum yaa..

Perawatan kulit berminyak kudu teliti dan telaten, agar kulit senantiasa bersih, tidak menumpuk debu yang kemungkinan bisa mnyumbat pori-pori kulit dan berakibat jadi jerawat.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Mom Blogger 18/04/22 09.50

Kulit berminyak emang gak enak ya, bisa bikin make up gampang luntur gtu. Ooo ternyata eksfoliasi juga bagus buat menurunkan kadar minyak ya? Kirain selama ini tuh cuma buat bersihin sel2 mati aja hehe TFS infonya

Reply Delete
Avatar
Sovi Nur Wakhidah 18/04/22 10.22

Kulit wajahku juga cenderung berminyak, Mbak. Rangkaian perawatannya hampir sama kaya yang Mbak Alida tulis. Emang harus ekstra sih perawatannya. Tapi ya kadang-kadang malas juga aku tuh wkwk

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 18/04/22 11.10

Jenis kulit berminyak, kering, dan sensitif itu sesuatu ya dalam perawatan. Tapi selama skincare yang digunakan tidak mengandung alkohol harusnya aman untuk kulit berminyak maupun kering ya, mbak.

Aku dulu berminyak banget kulitnya, tapi setelah hamil anak ketiga menjadi kering. Mungkin krn hormon dan usia juga kali ya, huhuhu

Reply Delete
Avatar
Yanti Ani 18/04/22 12.26

Tadinya kulit normal saja, sejak sering ekfoliasi 2 kali seminggu pakai chemical malah jadi berminyak gitu mba, kira-kira kenapa gitu ya?

Reply Delete
Avatar
Dw 18/04/22 13.01

Selama kulit dirawat dan memakai produk yang tepat pasti wajah kita terhindar dari masalah, dan jangan terlena ga pake sunscreen heuheu

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 18/04/22 13.04

kalau di Jakarta kulitku cenderung bermintak mba tapi kalau sedang di luar suka kering dan mostly kombinasi sih... memang harus dirawat dengan baik ya

Reply Delete
Avatar
Chela Gurukecil 18/04/22 13.39

Kulitku termasuk yang berminyak dan dulu waktu masih dengan krim dokter, saya selalu skip tabir surya karena merasa wajah lebih kusam dan semakin berminyak. Ternyata penggunaan tabir surya itu jg penting ya.

Reply Delete
Avatar
Gioveny Astaning Permana 20/04/22 03.18

kondisi kulitku ngga berminyak.KAdang di area tertentu aja yang keluar minyak alami. Perlu perawatan ekstra ya buat yg berkulit sensitif dan beminyak

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 09/05/22 05.16

Aku normal kulitnya tapi kadang berminyak juga Mba. Oke nih tips yang diberikan Mba Lid. Kadang nih udah beli produk yang nggak rajin pakenya.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 16/06/22 21.33

Tipsnya membantu banget ini untuk merawat kulit berminyak. Nanti kuterapkan wis ke wajah suami yang amit-amit minyaknya... hahaha. Dan ternyata penggunaan tabir surya juga penting ya, dulu kupikir wajah berminyak malah jangan pake tabir surya.

Reply Delete