Cara Menjadi Atlet Futsal Profesional

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menjadi Atlet Futsal Profesional


Ada yang punya keinginan menjadi atlet ? Saya dulu pernah punya keinginan menjadi atlet. Sebetulnya agak terlambat keinginan menjadi atlet itu muncul. Ceritanya saat SMA, saya kenalan dengan teman yang kemudian mengajak saya masuk klub karate di klub tempatnya berlatih yakni sebuah SMA. Disana, saya menemukan keasyikan berlatih. 


Setelah itu, saya pindah ke klub karate milik marinir di kawasan Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Saya berlatih dan banyak mendapat banyak sekali ilmu selama berlatih menjadi atlet karate itu. Saya bahkan sempat mengikuti beberapa pertandingan karate di luar Surabaya dan beberapa kali jadi pemenang untuk kategori Kata. 


Karena keasyikan, saya sempat memutuskan untuk ingin menjadi atlet. Apalagi beberapa senior tempat saya berlatih bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkat menjadi atlet karate. Tapi  satu sisi saya juga sadar diri bahwa kemampuan saya jika ingin menjadi atlet itu tidak mudah karena saya baru terjun sebagai atlet di usia dewasa. 



cara jadi atlet futsal profesional
Sumber : pixabay.com


Menjadi atlet memang masih masih menjadi impian banyak orang. Ada banyak pilihan jalur olahraga yang memberikan potensi menjadi atlet profesional. Salah satunya menjadi atlet futsal. Futsal adalah salah satu cabang olahraga yang masih menarik minat banyak anak muda. 


Apakah ada yang ingin anak atau bahkan dirinya ingin menjadi atlet futsal profesional? Pertama-tama, seseorang harus memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk menjadi atlet futsal profesional. Keinginan ini bisa berasal dari diri sendiri atau dukungan dari keluarga yang melihat anak memiliki keinginan untuk menjadi atlet futsal. 


Ada anak yang sejak dini memiliki kecenderungan aktif berkegiatan sehingga bisa disalurkan keaktifannya melalui kegiatan olahraga. Olahraga futsal juga tidak terlalu banyak membutuhkan perlengkapan sehingga mempermudah jika ada yang ingin menjadi atlet profesional. 


Kalau ingin menjadi atlet profesional, totalitas amat sangat dibutuhkan. Karena jika menjadi atlet diharapkan banyak meluangkan waktu mulai dari latihan hingga siap bertanding. Tentunya ini membutuhkan waktu yang lama. Mental juara juga sebaiknya sudah diasah sejak dini jika ingin menjadi atlet profesional. 


Jika ingin menjadi atlet futsal juga harus melatih kerjasama dengan kekompakan dengan atlet lainnya sehingga hasilnya tentunya akan lebih baik. Dengan mengasah kebersamaan ini diharapkan bisa menjadi juara ketika ada pertandingan futsal. 


Asupan makanan dan minuman yang seimbang dan bergizi juga sangat diperlukan untuk menjadi atlet futsal profesional. Bagaimanapun menjadi atlet tetap dibutuhkan konsumsi makanan yang cukup agar tubuh semakin fit untuk berlatih ataupun bertanding. 


Dukungan dari banyak pihak juga sangat dibutuhkan jika ingin menjadi atlet futsal. Mulai dari dukungan dari keluarga terdekat, juga dukungan dari perusahaan swasta agar makin banyak atlet futsal profesional. 


Salah satu perusahaan yang memberikan dukungan adalah JNE. Apa hubungannya antara JNE dengan futsal ? Jadi, pemain dan official COSMO JNE FC ikut juga menjadi tim futsal Indonesia. Bahkan, mereka menjadi bagian dari tim futsal Indonesia yang bertanding pada piala AFF Futsal Championship Thailand pada 2-10 April 2022. 






Ada empat atlet yang terpilih yakni M Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah dan M Iksan Rahadian. Juga ada dua official yang terlibat yakni Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Dauly selaku asisten pelatih. 


Mengapa mereka terlibat di timnas futsal Indonesia? Jadi ini dikarenakan pemain Cosmo JNE FC yang kini menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021 dengan peroleh 26 poin dari 8 kali menang, 2 kali seri dan 1 kalah. 


Sementara itu M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengatakan apa yang dilakukan JNE merupakan bagian dari berbagi, memberi dan menyantuni sesuai tagline connecting happines bisa terwujud dan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Kami merasa bangga, Cosmos JNE FC menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas futsal Indonesia,” kata M. Feriadi. Perwakilan Cosmo JNE FC, Fachri Reza mengatakan sangat terbantu dengan dukungan JNE kepada timnya. “Peluang juara terbuka lebar,” kata Fachri Reza. 



 


24 komentar

Avatar
Mugniar 09/04/22, 21.52

Waah ternyata Mbak Alida sempat menggeluti karate ya .. kereen. Tapi iya sih ya, kalau mau jadi profesional dalam bidang olahraga memang sebaiknya sejak kecil ya sudah mulai berlatih. BTW, Cosmo JNE FC ini keren ya, bisa menjadi bagian timnas.

Reply Delete
Avatar
sarrahgita 10/04/22, 12.54

Sekarang mulai banyak ya perusahaan yang mendukung kemajuan tim olahraga nasional. Seperti JNE ini salah satunya. Semoga dunia olahraga di Indonesia terus berkembang ya bukan hanya futsal. Dan salut sama mba Alida yang hampir jadi atlet karate 😍

Reply Delete
Avatar
http://www.inatanaya.com 10/04/22, 14.43

Pemain atlet harus dipupuk sejak kecil sehingga bisa matang ketika harus bertanding go internasional. Thanks sudah memberikan info yang bagus

Reply Delete
Avatar
t h y a 10/04/22, 19.42

kereenn ya jne punya atlet.. mudah2an cosmo jne bisa menang di piala AFF nanti..

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 10/04/22, 20.27

Anakku sempet pengen jadi Atlet juga mbak, tapi bidang olahraga karate. Sering menang medali emas tingkat kota soalnya. Nah anakku yg kecil nih lagi seneng main futsal.

Reply Delete
Avatar
Maria G Soemitro 11/04/22, 02.54

ternyata ada peluang sebagai atlet futsal profesional ya?

keren banget, karena dari hobi bisa menjadi peluang karir

salah satunya berkat JNE

Reply Delete
Avatar
Ida 11/04/22, 08.57

Dulu sempat berpikir menjadikan anak no 4 mau dijadikan atlet aja karena kesukaannya pada futsal. Eh beranjak dewasa malah engga mau. xixixi

Reply Delete
Avatar
Natara 11/04/22, 09.12

anakku suka banget futsal kak, dia sempet bilang pengen jadi atlet futsal, tapi sekarang usia nya udah 12 tahun, itu termasuk udah telat belum sih kak? sekarang sih dia masih aktif di ekskul futsal sekolahnya. kali aja rejeki nya di situ kaan, hehehe

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 11/04/22, 10.52

saya pas SMA sempet suka banget sama basket mba, walau nggak pinter2 amat tapi lumayan lah kalau tanding suka kepilih masuk team :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 11/04/22, 11.32

Memperdalam olahraga sejak dini ini dicontohkan oleh negara China. Di sana mereka melatih anak berbakydan memiliki mint dengan serius sejak kecil. Diatahkydan dibimbing. Jadi semakin besar prestasi sudah mudah diraih. Seharusnya di negara kita bisa seperti itu... Dalam bidang apapun ya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 11/04/22, 12.04

menjadi atlet yang berprestasi sekarang bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan yaa mba. Selamat bertanding tim Indonesia dan semua menang

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 11/04/22, 12.09

Keren banget COSMO JNE FC karena bisa mewakili timnas untuk berjuang di AFF. Jadi bangga dan semoga tetap sebagai connecting happines.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 11/04/22, 12.22

Oh dulu tinggalnya di dekat Karang Pilang?
Senang sekali kak Alida...memiliki hobi olahraga. Ini sebuah prestasi...karena kini bisa diturunkan ke anak-anak untuk hikmah yang bisa diambil yaa..
Salut banget dengan kerja keras Cosmo JNE FC. Semoga dengan terus bekerja keras, kesuksesan pun bisa diraih.

Semangaaatt~

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Mom Blogger 11/04/22, 12.24

Jadi keinget, belum lama ini aku nonton banyak "sinetron" yang cerita ttg atlet. Kita lihatnya kyk gampang, gtu doank dapat duit wkwk
Tp ternyata dibalik pertandingan ada latihan yang cukup berat bahkan menyita waktu dan tenaga, begitu jg para atlet futsal :D

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 11/04/22, 12.30

Keren ih Cosmo JNE FC ini, jadi klub futsal yang paling banyak meloloskan pemainnya sebagai bagian di timnas futsal Indonesia. Salut juga dengan peran JNE yang begitu besar, tagline connecting happiness bisa kita lihat dari apa yang telah JNE lakukan ini.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 11/04/22, 12.43

Jadi atlet apapun harus konsisten berlatih dan mengimbangi aktivitasnya dengan asupan makan bergizi. Senang deh kalau lihat banyak anak muda yang aktif berolahraga, bahkan menjadi atlet andalan nasional, seperti para atlet di Cosmo JNE FC nih yang membela nama harum Indonesia di kancah AFF Thailand 2022.

Reply Delete
Avatar
Bunsal 11/04/22, 13.24

Jadi tergoda nih ngajakin anak-anak main futsal. Apalagi sekarang dah pada jarang banget olahraga. Yang penting hore hore dan keluar keringat dulu dah. Syukur kalo si anak cowok ketagihan, semoga malah bisa jadi atlet futsal

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 11/04/22, 16.14

iya loh mba, biasanya anak2 bisa memulai karir dari klub2 kecil yang dikelola swasta. jadi ada kesempatan buat main dan meningkatkan skillnya..

Reply Delete
Avatar
Aku 12/04/22, 05.10

Jadi inget dulu sering nganterin pacar futsal terus mikir, cewek boleh ga sih maen futsal. Soalnya kepikiran pengen jadi pemain bola.

Reply Delete
Avatar
Alif Kiky Listiyati 12/04/22, 06.39

Jadi atlet itu perjuangannya gak instan ya. Apalagi risiko cedera juga tinggi. Aku kurang terlalu ngikutin futsal Indonesia, ternyata banyak tim ya, termasuk tim futsal Cosmo JNE FC

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 12/04/22, 09.08

Jujur dulu aku sempat memandang "rendah" profesi atlet tapi seiring berjalannya waktu aku makin tau kalo profesi atlet ga bisa diremehkan. Apalagi dulu di kampusku fakultas olahraga itu termasuk yang paling banyak menuai prestasi.

Reply Delete
Avatar
Raja Lubis 12/04/22, 10.31

Keren Cosmo FC JNE! Futsal itu ibaratnya olahraga sekaligus permainan paling populer di Indonesia. Banyak anak-anak bisa memainkannya di lapangan besar, atau bahkan di jalanan kompleks. Betul-betul connecting happiness karena JNE bisa peka terhadap apa yang disukai masyarakat.

Reply Delete
Avatar
Hamimeha 12/04/22, 12.19

ponakankku sekarang lagi ikut sekolah sepak bola aku rasa memang ortunya sedang mengarahkanny menjadi pemain futsal wah salut sama JNE ya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 13/04/22, 08.57

Wah keren ini
Sampai bisa ikutan AFF ya mbak
Adik sepupuku juga menggeluti futsal mbak
Ikut klub juga

Reply Delete