Rekomendasi Obat untuk Memar dan Cara Perawatan Luka Memar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Obat untuk Memar dan Cara Perawatan Luka Memar

Siapa sih yang tak panik saat anak terjantuh dan muncul memar? Saat anak masih kecil dan aktif-aktifnya, memar di badannya tuh kerap terjadi. Saat anak belajar jalan, kerap anak terjatuh. Saat belajar berlari, jatuhnya pun menjadi berulang.


Memar pun muncul. Bagaimanapun
benturan atau terjatuh merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Meski tidak ada luka luar, terkadang muncul memar pada kulit. Panik ? Awalnya iya. Tapi belakangan saya ketahui kalau memar sebenarnya merupakan indikasi bahwa ada sebagian kecil darah yang terperangkan di bawah kulit. Hal ini dikarenakan adanya tumbukan dengan benda tumpul yang menimbulkan pecahnya pembuluh darah.

Munculnya memar biasanya diiringi dengan rasa nyeri atau bahkan bengkak. Hal ini sangat wajar terjadi, namun biasanya tidak akan menimbulkan efek lain yang terlalu parah. Memar dan bengkak serta rasa nyeri umumnya akan hilang dalam beberapa hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan, bisa menggunakan tambahan obat atau salep.


Rekomendasi obat untuk memar

Adakah yang sudah pernah denger produk Zambuk? Zambuk merupakan salep dengan warna hijau, yang efektif meredakan rasa nyeri akibat memar dan juga terkilir ringan. Selain itu, salep ini juga bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Formula salep Zambuk sudah dipercaya selama lebih dari 100 tahun dan terbukti aman untuk orang dewasa serta anak-anak di atas usia 2 tahun. Zambuk ini bisa diperoleh di apotek-apotek terdekat. Harganya sekitar Rp 40 ribuan.

Zambuk ini mengandung Eucalyptus Oil, Camphor, Thyme Oil, dan juga Colophony. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup oleskan pada bagian kulit yang memar. Pastikan kulit sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika diperlukan, bisa juga menutup kulit yang sudah diberi salep Zambuk dengan kasa steril.



Ohiya, Zambuk Indonesia ini dikeluarkan oleh PT Bayer Indonesia, jadi rasanya tidak perlu diragukan lagi keasliannya. Selain dengan mengoleskan salep Zambuk, ada sejumlah perawatan pada luka memar yang perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhannya, antara lain:

Istirahat cukup

Saat mengalami luka memar, sebisa mungkin kurangi intensitas gerakan pada anggota tubuh yang sakit. Hal ini perlu dilakukan agar kerusakan pembuluh darah di bawah kulit tidak semakin parah dan bisa pulih dengan cepat. Jika luka memar ada di bagian kaki, maka sebaiknya tidak menggunakannya untuk berjalan terlalu jauh.

Kompres dengan es

Pengompresan dengan es perlu dilakukan segera setelah memar didapatkan. Hal ini dilakukan untuk mempersempit pembuluh darah yang rusak, sehingga luka tidak meluas. Untuk melakukan pengompresan, siapkan handuk bersih dan masukkan beberapa buah es batu ke dalamnya. Bungkus, lalu tempelkan pada kulit yang memar dan diamkan selama 30 menit.

Bebat luka dengan perban

Rasa nyeri yang didapatkan dari luka memar cukup mengganggu. Salep Zambuk bisa mengurangi rasa nyeri ini, dan akan lebih nyaman jika luka dibebat menggunakan perban elastis. Perhatikan cara memerban, jangan sampai terlalu ketat yang menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan baik.

Mengangkat bagian tubuh yang memar

Saat terjadi memar, adanya aliran darah yang terlalu deras ke arah luka akan memperparah rasa nyeri. Maka dari itu, usahakan untuk selalu meletakkan bagian tubuh yang memar di posisi lebih tinggi. Gunakan bantuan bantal untuk mengganjal bagian tubuh yang terluka.

Konsumsi obat secukupnya

Jika ada keluhan seperti bengkak atau nyeri berlebih, maka konsumsi obat pereda nyeri bisa sangat membantu. Namun untuk hal ini, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terlebih lagi jika luka tak kunjung membaik dalam beberapa hari.

Kunci utama dari penanganan memar adalah tidak panik dan selalu menjaga kebersihan area yang terluka. Pastikan juga cukup mengonsumsi air putih dan makanan bernutrisi utuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan dari dalam. Jangan lupa selalu sediakan salep Zambuk untuk melindungi keluarga dari luka memar dan gigitan serangga.

 

 

19 komentar

Avatar
Elva s 10/06/21 20.26

Luka akibat jatuh kalau gak segera ditangani biasanya akan timbul memar ya mba, pertama yang dilakukan biasanya mengompres dengan es dan istirahat yang cukup supaya cepat pulih

Reply Delete
Avatar
Elva s 10/06/21 20.32

Luka akibat jatuh kalau gak segera ditangani biasanya akan timbul memar ya mba, pertama yang dilakukan biasanya mengompres dengan es dan istirahat yang cukup supaya cepat pulih

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 11/06/21 11.14

makasih ummi rekomennya, aku baru tau produk ini, iya perlu bgt obat dan produk ini, apalagi di rumah banyak anak2, hehe

Reply Delete
Avatar
Okti Li 11/06/21 21.19

Dulu kalau jatuh atau terbentur, kan suka ninggalin bekas warna hitam keunguan tuh, biasanya jaman dulu obatnya pakai bawang merah sama kencur. Jadul banget ya


Sekarang senang pastinya sudah ada obat yang praktis dan terbukti khasiatnya
Terimakasih informasinya

Reply Delete
Avatar
sumiyati sapriasih 12/06/21 12.25

biasanya sih luka akibat jatuh kalau tidak segera diobati akan timbul memar, jadi haruse segera dibersihkan dengan alkohol baru diolesi salep.

Reply Delete
Avatar
Maliha 13/06/21 03.02

Tentunya dengan adanya Zambuk bagus banget untuk penanganan pertama dari cedera luka memar ya apalagi praktis banget ya bisa dibawa kemanapun

Reply Delete
Avatar
Wiwin | pratiwanggini.net 13/06/21 06.34

Baru tahu ini kalo ada salep Zambuk untuk memar. Sepertinya harus ada di kotak obat juga ya.. Apalagi saya punya anak kecil yang masih suka ekplorasi sehingga sering kebentur atau terjatuh.

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi 13/06/21 08.20

sejak punya anak kecil buat aku wajib banget stock zambuk dirumah. kalau pergi juga harus sedia di tas dan di mobil karena ank-anak gak tentu aktifnya mau gimana pasti ada deh memar2

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy 14/06/21 08.04

Ini produk yang sangat aku rekomendasikan, soalnya 3 anakku selalu pakai ini entah digigit nyamuk, memar karena jatuh, bahkan luka kecil aja aku oleskan Zambuk, kalau punya batita atau balita wajib punya...

Reply Delete
Avatar
Agatha Revindra Widori 14/06/21 11.01

Zambuk si hijau yang jago banget atasi memar, hampir semua grup Ibu Ibu kalo ada yang minta rekomendasi untuk luka memar ya pasti Zambuk.

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 14/06/21 18.28

Saya baru kenal produk buat memar ini, waah telat ya, padahal anak-anak sering banget memar, biasanya oles minyak kayu putih gitu, pantas kurang mempan, beda komposisinya

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 14/06/21 18.33

Saya baru dengar produk Zambuk buat ngatasi memar ini Mbak. Wah, telat ya padahal anak-anak sering banget memar, biasanya diolesin minyak kayu putih biasa yang nggak ada bahan tambahan lainnya, kalau ini beda ya, komposisinya lebih lengkap

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 16/06/21 05.20

Kadang memar ini gak sadar yaa, kak...mendadak uda njarem aja gitu rasanya.
Alhamdulillah,
Kini ada zambuk yaa...yang bisa atasi memar tanpa worry.

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 16/06/21 15.49

Untuk nama produknya, yaitu Zambuk mungkin belum familiar ya. Namun melihat manfaat, kandungan dan ternyata dari PT Bayer, sangat membantu masyarakat nih untuk mengobati memar

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 18/06/21 10.58

Zambuk udah ada sejak saya kecil dlu mba heheh dlu kalo luka saat jatuh ataupun digigit binatang zambuk andalan ibu saya nih buat mengobati luka memarnya

Reply Delete
Avatar
Ruziana 24/06/21 12.05

zambuk ini selalu tersedia di rumah..maklum anak aktif banget. kadang kejeduk atau jatuh dan memar deh.

Reply Delete
Avatar
Rani 01/07/21 13.30

Alhamdulillah pas banget baca blog mba lidha, kaki saya memar karena terjatuh

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 03/07/21 09.26

wah aku biasanya kalo memar cuma dikasih minyak minyakan aja nih budir. Aku malah baru tau bayer punya produk salep memar yaaaa, kayanya aku mesti stock zam-buk ini buat di rumah juga deeeh

Reply Delete
Avatar
Marantina 03/07/21 14.39

Zambuk memang udah terkenal dari dulu yah.. Meski banyak merk baru, Zambuk tetep banyak yang pake

Reply Delete