Rekomendasi Investasi untuk Anak Muda

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Investasi untuk Anak Muda

Sahabat Pegadaian, berinvestasi di usia dewasa atau sudah bekerja tidaklah salah. Akan tetapi, semakin dini berinvestasi, maka hasilnya akan semakin menguntungkan. Saat ini, investasi anak muda bukan cuma sekedar tren saja. Investasi dini juga memiliki tujuan menjaga kesehatan keuangan untuk masa mendatang.

Salah satu cara mudah untuk melakukan investasi yaitu melalui Pegadaian Digital. Seiring berkembang pesatnya kemajuan teknologi, segala kemudahan pun semakin berkembang. Bahkan untuk memulai investasi kini semakin mudah dengan adanya platform kekinian tersebut.



Beberapa Jenis Investasi Anak Muda yang Patut Dipertimbangkan

Tantangan utama anak muda yang masih berusia 20an mengenai masalah keuangan yaitu cara pengelolaannya. Hal ini mengenai bagaimana mereka mengeluarkan uang untuk spending pengalaman baru daripada menyimpannya untuk kebutuhan jangka panjang. Usia 20an termasuk dalam kategori usia transisi dari remaja menuju dewasa.

Di usia ini, ada otoritas penuh terhadap diri sendiri, memiliki pekerjaan untuk menafkahi diri sendiri. Terlebih lagi belum memiliki tanggungan dalam bentuk cicilan sehingga masih benar-benar menikmati hidup dengan bersenang-senang. Semua itu tentunya memberikan pengalaman baru dalam usia yang terbilang masih sangat muda.

Tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan uang untuk bersenang-senang. Sebab keuangan yang matang dan matang perlu kalian rencanakan sejak dini. Jika sekedar memenuhi gaya hidup, tentu tidak akan ada habisnya. Namun yang terpenting bagaimana kalian bisa mengatur perputaran uang tersebut agar lebih bermanfaat. Berikut ini beberapa jenis investasi anak muda, termasuk kalian.

Emas

Anak muda biasanya tidak menyukai investasi yang terlalu ribet. Mereka hanya menginginkan investasi yang mudah dan aman untuk masa depan. Untuk kasus seperti ini, berinvestasi emas merupakan jawaban yang cocok.

Emas menjadi solusi pertama bagi anak muda yang ingin melakukan investasi karena harga emas yang selalu naik. Namun ada hal yang harus kalian catat bahwa kenaikan emas ini idealnya dalam hitungan tahun, bukan bulan.

Misalnya saja harga emas tahun ini berkisar Rp 500 ribu, tidak menutup kemungkinan tahun depan naik menjadi Rp 600 ribu. Dengan begitu, kalian bisa memperkirakan sendiri berapa keuntungan yang akan kalian dapat dengan berinvestasi emas.

Reksadana

Bagi anak muda yang ingin memulai investasi dengan modal minim, reksadana sering menjadi opsi terbaik. Reksadana layak kalian pertimbangkan karena saat ini tersedia minimal pembelian yang relatif murah. Investasi ini juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama serta risiko relatif kecil. Sehingga sangat cocok bagi pemula dan anak-anak muda.

Tingkat pengembalian reksadana terbilang cukup tinggi hingga berkisar 20%. Metode investasinya pun sangat ringkas. Kalian hanya perlu memilih manajer investasi terpercaya dan produk yang aman. Kalian bisa menaruh uang di sana. Bahkan membeli reksadana kini juga bisa secara online sekaligus kalian bisa belajar di sana.

Properti

Jenis investasi lain yang cukup ringkas yaitu dengan membeli properti. Siapa bilang anak muda seperti kalian tidak bisa melakukan investasi di bidang properti? Justru bisa banget. Satu yang penting yaitu kalian harus memilih properti sesuai dengan kemampuan.

Sebagai contoh, jika kalian berada di kawasan Jakarta tentu cukup sulit untuk mendapat rumah di kawasan itu. Namun kalian bisa mencari di daerah pinggiran seperti Tangerang atau Depok. Harga rumah di daerah tersebut masih cukup terjangkau dengan cicilan yang ringan.

Bahkan, kalian juga bisa memilih tanah atau rumah di lokasi yang tidak strategis, namun berpotensi ramai ke depannya. Dengan perhitungan seperti ini, memungkinkan harga tanah semakin tinggi untuk beberapa tahun ke depan.

Deposito Berjangka

Jika kalian masih ragu berinvestasi karena takut rugi atau nilai uang yang justru menyusut, coba saja berinvestasi dalam bentuk deposito berjangka. Dalam sistem ini, nilai pokok uang yang kalian setorkan tetap akan terjaga dengan jaminan aman oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Artinya, nilai uang pokok uang kalian tidak akan berkurang.

Cocok untuk jadi pilihan investasi anak muda yang khawatir akan rugi. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Uang simpanan tersebut lama-lama akan menghasilkan bunga. Namun kalian tidak bisa mengambil dana tersebut sebelum waktu penyimpanan selesai. Jika kalian nekat ingin mencairkan deposito sebelum waktu yang ditentukan, kalian harus mengeluarkan biaya tambahan untuk administrasi penutupan dan penalti.

Sudah ada pilihan investasi yang diinginkan ? 

19 komentar

Avatar
Indah Nuria Savitri 20/06/21 13.35

ayoo kaum mudaa.. mulailah menabung dan berinvestisasi. Sebelum memutuskan yang mana, kita memang harus melek informasinya ya biar dapat tentukan pilihan yang paling pas

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 21/06/21 02.22

LAgi mengajarkan sama anakku soal investasi jaman now, biarkan memilihnya sesuai dengan keinginannya, salah satunya aku merekomendasikan produk2 pegadaian ini, apalagi adanya pegadaian digital makin dipermudah untuk berinvest.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 21/06/21 10.50

kaum muda jaman sekarang lebih melek masalah beginian ya mba harusnya, soalnya keponakan aku aja uang jajannya di tabung loh, di belikan bitcoin hahaaa keren ya

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 21/06/21 12.57

Anak muda hadiiiirrr (anak mudah jaman baheula tapinya, wkwkwk)

Opsi investasi memang makin beragam ya Mba.
Kita kudu jeli, teliti, dan paham bener sebenernya diri kita ini tipikal investor yg cem mana, low atau high risk taker?

Dari situ, baru bisa memutuskan mau invest dgn cara apa.

Reply Delete
Avatar
thya 21/06/21 13.28

aku lebih suka investasi emas aja karena mudah dijualnya gitu kalo lagi perlu. tapi kalo ada uang berlebih 'banget', boleh juga sih invest properti, nilai jualnya tinggi banget ya pasti. Apalagi untuk beberapa tahun ke depan.

dah itu aja, investasi selain itu aku kurang paham mbaa.. hehe

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 21/06/21 13.50

pada pegadaian trnyta lengkap instrumen investasinya ya? Aku tuh masih pen mendalam mengetahui soal pohon emas gtu, pernah liat ilustrasinya

Reply Delete
Avatar
Ida 21/06/21 17.09

Wah jadi inget anakku yang sulung dia sudah mikir2 mempersiapkan investasi di properti nih. Aku belum mengajarkan soal reksadana nih, secara aku pikir itu investasi yang bagus daripada di tabungan biasa. Cumah memang bagi muslim harus syariah karena khawatir dananya diinveskan di hal2 yang subhat atau haram....

Reply Delete
Avatar
Kiky | riskysupriati.com 21/06/21 20.08

Sudah mencoba emas dari taun lalu. Cocok untuk orang sabar hihi. Makasiii sharingnya mba💖

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 21/06/21 22.36

Investasi aku lebih memilih emas, mbak. Tapi emas yang batangan gitu. Klo di Pegadaian juga kan ada tabungan emas, jadi lebih mudah juga 😊

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 22/06/21 01.10

Ternyata ada nih pilihan investasi jaman now yang pastinya aman yaa mbak, jadi penasaran deh aku hehehe

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 22/06/21 04.03

Anak muda zaman sekarang yakin banget lebih cerdas dalam mengolah informasi sehingga bisa memanfaatkan segala peluang yang ada, termasuk dalam hal investasi.
Semoga tidak lupa mempertimbangkan low and hi-risk saat mengambil keputusan.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 22/06/21 04.49

bener banget ini umi, anak anak muda harus diingatkan untuk belajar berinvestasi sejak masa muda yaa, jangan sampai telat kayak saya, udah banyak keperluan jadi bingung membagi keuangan untuk investasi jangka panjang. dari dulu tertarik dengan investasi emas, semoga anak-anak bisa diajak kerjasama investasi emas untuk masa depan mereka.

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 22/06/21 09.14

Penting nih untuk kaum muda, sadar investasi sedini mungkin dan terencana finansial buat masa depan, secara tidak langsung akan ngaruh juga kan buat ekonomi Indonesia ke depan

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 22/06/21 11.08

Rekomendasi investasinya bagus nih, perlu dilakukan juga. Karena di masa seperti ini, menabung tidak lagi cukup, harus pula dikombinasikan dengan investasi ya, Mbak. Terima kasih sudah mengingatkan

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 22/06/21 12.08

Aku lihat anak muda zaman skrng gk kek dulu, skrng kyknya makin banyak yang melek investasi. Bahkan ada yg udah sejak SMA kyknya tu nyambi kerja entah jd influencer, yutuber, atau apapun, shg mereka ada uang sendiri. Tak sedikit yg udah menginvestasikan uang yg didapat itu malah ya.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 22/06/21 12.47

Kalau udah biasa invest di RD, coba naik ke saham. Kebutuhan keluarga masih jauh 5-10 tahun jadi masih OK untuk invest di saham in a long term. Apapun itu pilihan investnya, yang penting pelajari dan sabaaar.

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 22/06/21 19.55

Untuk saat ini emas masih jadi pilihan yang paling mudah sih, apalagi semenjak ada emas yang cuma 0.05 gram, bisa cicil beli yg kecil2 dulu disimpen di rumah.

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 22/06/21 21.18

Aku paling sering deposito berjanskaa itu mak yang di bank. Atau bisa juha pake investasi emak batangan..

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com 22/06/21 21.49

Setuju niih reksadana bisa jadi opsi untuk anak muda mbaa. Adek iparku tuh udah main saham juga ama reksadanaa.. top bgt

Reply Delete