Manfaat Tidur Berkualitas untuk Kesehatan dan Produktivitas

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Manfaat Tidur Berkualitas untuk Kesehatan dan Produktivitas

Apakah selama ini teman-teman mengalami gangguan tidur ? Apakah teman-teman kerap terbangun di tengah malam dan sulit memejamkan mata ? Apakah teman-teman tidur kurang dari 6 jam dalam sehari ? Atau mungkin teman-teman mudah tertidur dan terbangun dalam keadaan bugar ? 

Kunci dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan adalah tentang tidur. Mengapa tentang tidur ? Banyak yang menganggap remeh soal tidur. Tidur hanya dianggap sekedar tidur saja. Tak peduli kuantitas dan kualitas tidur. Padahal tidur mempengaruhi kesehatan dan produktivitas sehari-hari. 


Sumber : pixabay.com

Kok bisa ? 


Sebelum saya membahas panjang lebar, saya ingin menceritakan kebiasaan tidur saya sehari-hari. Saya ini termasuk orang yang mudah tidur. Boleh dibilang kalau nemu tempat nyaman, saya bisa tertidur. Naik mobil Jakarta-Bogor saja saya sudah tertidur pulas. Pulang atau pergi naik commuterline pas kebagian tempat duduk, saya bisa tertidur dan terbangun saat hendak sampai di tujuan. Ya pernah juga sih bablas beberapa stasiun. 


Saat siang hari dan libur kerja, saya sempatkan waktu untuk tidur. Dan tidur siang saya bukan sejam, tapi kadang bablas sampai 4-5 jam. Kalau kerja piket pagi, jam 9 malam saya sudah bersiap tidur. 


Saya mengalami susah tidur jika mengalami kecemasan yang membuat saya gelisah. Termasuk sejak beberapa tahun terakhir saya mengalami kecemasan setiap naik pesawat sehingga tak bisa tertidur. 


Atau saya pernah mengalami piket kerja tengah malam dan pulang kerja pagi. Selama kerja, saya tak bisa tidur tapi keesokan harinya saya tertidur terus tapi tak nyenyak. Dampaknya, saya mudah pusing dan badan terasa capek. Saya juga mudah sakit. 


Kesulitan tidur pulas ini yang menurut saya memang sangat mempengaruhi kesehatan. Apalagi buat saya dan mungkin teman-teman yang sibuk dengan beragam aktifitas namun mengalami kendala untuk menciptakan tidur yang berkualitas. 




Lalu, bagaimana menciptakan kualitas tidur yang baik untuk kesehatan ? Apa yang harus dilakukan untuk menciptakan tidur yang berkualitas ? Jumat, 18 Juni 2021 saya mengikuti webinar berjudul “Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas”. Ada da narasumber yang dihadirkan pada webinar ini yakni : 

  • apt.Drs.Victor S Ringoringo, Chief Business Development and R&D DEltomed Laboratories
  • Dr (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia 

Dokter Inggrid membahas tentang pentingnya herbal dalam memperbaiki kualitas tidur. Tidur menurutnya menyebabkan seluruh sistem dalam tubuh beristirahat juga merupakan saat terjadinya detoksifikasi di liver dan otak.


dr. Inggrid



Secara kuantitas, orang dewasa perlu 7 hingga 9 jam tidur di malam hari. Tapi kebutuhan kuantitas tidur seseorang berbeda. Ada yang butuh 6 jam tidur tapi ada juga yang butuh 10-11 jam tidur di malam hari. Sedangkan kualitas tidur menggambarkan seberapa nyenyaknya seseorang tidur. 


Tidur berkualitas misalnya seseorang bisa tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang tidur malam tanpa terbangun di tengah malam. Tidur berkualitas misalnya juga hanya terbangun satu kali dan kembali dapat tidur dalam waktu 20 menit setelah terbangun. 




Mengapa kualitas tidur penting ? Teryata ualitas tidur lebih dominan mempengaruhi kualitas kesehatan secara keseluruhan dibandingkan kuantitas tidur. Bahkan, kualitas tidur menjadi indikator yang lebih baik dalam menilai mood dan kepuasan hidup dibandingkan kuantitas tidur. Deep sleep penting karena detoksifikasi, regenerasi sel dan peningkatan sel sesuai imun tubuh. Kalau tidur berkualitas selain daya tahan tubuh lebih baik, bangun segar, mood baik . 





Namun, masyarakat Indonesia masih kerap mengalami masalah tidur.  Bahkan prevalensi gangguan tidur di dunia sebanyak 5-15%. Bahkan sebanyak 31-75% malah mengalami gangguan tidur yang berdampak menjadi insomnia kronik. 


Bagaimana dengan masyarakat Indonesia ? Berdasarkan survei terhadap 2944 responden Indonesia usia 18-24 tahun, lebih dari 2/3 masyarakat Indonesia mengalami kurang tidur. Masalah tidur yang dialami memiliki beberapa gejala seperti sakit kepala, kurang konsentrasi hingga gangguan perilaku. 


Di masa pandemi seperti sekarang tentunya teman-teman penasaran apakah ada pengaruh antara masa pandemi dengan kualitas tidur ? Teryata sebanyak 22% orang, berdasarkan survey oleh sleephelporg, kualitas tidurnya memburuk karena adanya covid. Mengapa ini terjadi ? Ini karena adanya stres, ketakutan dan kecemasan terhadap covid. 


Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur ? Dalam webinar ini dibahas juga bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur. Misalnya mematikan komputer, melakukan beberapa gerakan ringan, tidur dalam gelap, melakukan meditasi, batasi jumlah konsumsi kafein, membaca buku. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium dan zinc (zat besi).  Mandi di sore hari juga membantu agar kualitas tidur menjadi lebih baik. 





Dokter Inggrid menyatakan ada beberapa tanaman herbal yang juga membantu menciptakan kualitas tidur yang lebih baik. Tiga tanaman herbal itu adalah : Passion flower, Akar Valerian, dan jahe. 


Untuk passion flower dan akar valerian ini memiliki sifat menenangkan, membantu mengatasi ketegangan saraf, sakit kepala hingga menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu ada kandungan chrysin yang membantu menjaga kadar hormon testosteron. Sedangkan jahe membantu mengatasi gejala masuk angin seperti meriang, kembung, mual, pegal linu hingga batuk dan pilek 


"Jahe ini meningkatna sistem imun dan aman untuk pemakaian jangka panjang," katanya. Namun dokter Inggrid mengatakan ada juga orang yang sensitif terhadap jahe karena tak bisa menerima panasnya jahe. Kalau kurang tidur, peradangan dalam tubuh meningkat maka jahe akan membantu untuk dapatkan efek yang saling mendukung dalam tidur.  





Sementara itu Bapak Victor S Ringoringo mengatakan tidur harus berkualitas sehingga tetap sehat dan produktif. "Tidur berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh pada pandemi covid," katanya lagi. 


Kurang tidur dapat meneybabkan seseorang mudah terserang penyakit. Hal ini karena sistem daya tahan tubuh kita melemah. Kalau tidur lelap maka kualitas tidur jadi lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa tidur berkualitas baik selain menikmati kesegaran fisik dan mental waktu bangun juga tingkatkan daya tahan tubuh kita. "Tidur berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh pada pandemi covid," katanya lagi. 



Tiga bahan utama yakni passion flower, akar valerien dan jahe ini merupakan tiga elemen yang bisa mengatasi gangguan masuk angin yang bisa ganggu kualitas tidur. Dan ketiga bahan ini terkandung di Antangin Good Night yang diproduksi oleh PT Deltomed Laboratories. Antangin Good Night ini sudah mendapat ijin Badan POM sehingga aman dikonsumsi. Antangin Good Night ini memiliki dua khasiat yakni : 

  • Membantu meringankan gangguan sulit tidur 
  • Membantu meredakan gejala masuk angin 



Berapa dosis konsumsi Antangin Good Night ? Sesuati aturan yang tertera, Antangin Good Night ini dikonsumsi 2-4 tablet sebelum tidur. Tak perlu kuatir untuk memperoleh Antangin Good Night karena telah mudah diperoleh di Tokopedia, Shopee, Lazada hingga apotek terdekat. Untuk harganya juga terjangkau yakni Rp 5000 untuk 4 tablet. Info lebih lengkap bisa ke https://instagram.com/antangin_id untuk mendapat informasi Antangin yang dapat memperbaiki kualitas tidur. 


Sudahkah berkualitas tidurnya teman-teman ? 


52 komentar

Avatar
diane 21/06/21 10.12

Perempuan emang rentan mengalami gangguan tidur.. Kativitasnya banyak..yang dipikirin banyak juga.. Hehe. Kayaknya aku pun perlu nih cobain Antangin Good Night biar bobok nyenyak..bangunnya juga seger..

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 21/06/21 10.56

Mbaaa, aku tuh pernah datang ke acara pameran kasur premium, di mana bintang tamunya Choky Sitohang. Doi bilang gini:
“Tidur itu BUKAN penutup hari. Tidur adalah awal dari hari kita. Bagaimana kualitas dan kuantitas tidur, itu akan berpengaruh pada produktivitas kita. Selama ini, orang kerap terjebak menganggap tidur sesuatu yang take it for granted. Padahal, kalau tidur tidak berkualitas, bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi tubuh dan psikis, yang pada gilirannya ini berpengaruh negatif untuk masa tua kita,”

Nah, aku setujuuu banget ama Choky, dan Alhamdulillah, seneng banget baca ulasan ala mb Alida. InsyaALLAH ini bisa mengantarkan daku dan kita semua utk bisa tidur dgn kualitas prima, yeayy!

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 21/06/21 11.21

Wah, aku nih termasuk orang yang sulit bobo, apalagi bobo nyenyak kalau banyak pikiran hehehe :) Katanya sih malam2 minum susu hangat bisa mempercepat rasa kantuk tapi kurang jelas juga deh. Oh, kini ada Antangan Good Night yach, Mbak Al? Kandungan bahan alaminya bisa memnbantu kita tidur berkualitas. Senangnyaaaaaa :D AKu kepengen coba ah buat mengatasi kesulitan tidurku nih. Harganya terjangkau banget :) TFS ya.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 23/06/21 14.53

By the way, aku jadi ingat. Dulu pernah tuh zaman ikutan antologi, aku pernah malah ga tidur sama sekali di malam Minggu gara2 menyelesaikan tulisan. Salah banget sih, efeknya kepalaku sakit berputar2 sampai rebahan sepanjang hari keesokan harinya. Aku udah mengurangi aktivitas laptopan sampai tengah malam atau pagi, demi kesehatan dan bisa tidur berkualitas.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 21/06/21 12.20

mba, jadikan pas aku liat iklan antangin night ini langsung kucari di minimarket kesayangan buat beli eh ternyata selalu gak ada, apa harus belinya di supermarket or online ya mba? Aku sangat butuh tidur berkualitas ceunah hehehe

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 21/06/21 18.27

Aku termasuk yang agak susah tidur. Dulu zaman sekolah kayanya pelor banget bahkan pelajaran aja ngorok. Sekarang karena mungkin ada kerjaan dan stresnya udah beda, jadi memengaruhi. Sekarang belajar gak begadang biar kualitas tidurnya oke

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 22/06/21 02.07

Aku termasuk orang yang gampang tidur mbak. Anakku sampai sering protes kalau aku nemani dia main sambil rebahan, karena yang ada, aku pasti bakal ketiduran. Kalau karena kerjaan dan harus begadang, maka siangnya aku pasti tidur, kalau kurang tidur, jadi gampang uring-uringan

Antangin good night warnanya biru ya, jadi gampang membedakan dengan antangin masuk angin yang berwarna kuning.

Reply Delete
Avatar
Mia Yunita 22/06/21 05.08

Jadi pengen langsung nyari Antamgin Good Night nih. Penasaran dengan khasiat flower passion dan akar valerien. Semoga bisa membuat tidur kita menjadi tidur yg berkualitas oke. Krn tidur yg oke tentu membuat aktivitas pun juga semakin good.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 22/06/21 06.54

Aku orang yang susah susah gampang tidur, itu sebabnya aktifitas fisikku sehari-hari harus padat merayap kalo pengen tidur nyenyak. Well.. dengan usia cantik (25 bahahahhaha) maka aku jgua stok jahe, stok wedhang uwuh, de el el

kalo tau ada antangin good night yang praktis gini,
so pasti masuk it list kalo bepergian, Alida!

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 22/06/21 06.54

(((25 yo - dibalik qiqiqiqiiqiqiiii)))

Reply Delete
Avatar
Ririe 22/06/21 15.43

lansia mengalami kesulitan tidur, nah ini yang dialami oleh Ibu saya (almarhumah). Beliau dulu sulit tidur, sebentar tidurnya. Bahkan pernah dikasih obat tidur (atas saran dokter) karena pernah semalaman gak bisa tidur.

Klo sekarang sdh ada antangin night, praktis dan formula aman sehingga klo dilematis gak bisa tidur bisa minum ini, gak ribet.

Reply Delete
Avatar
Okti Li 22/06/21 16.34

Apapun untuk menambah kualitas tidur bagi saya tetap saja tidak ngaruh. Mungkin karena sudah terbiasa kah?
Harus coba Antangin good night ini mungkin ya ...

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 22/06/21 18.38

aku juga mulai mencoba untuk mengatur waktu tidurku, karena kalau berantakkan terus pastinya pusing banget

Reply Delete
Avatar
Mechta 22/06/21 18.42

biasanya saya bersiap tidur jam 9 mlm, tapi beberapa kali terbangun utk minum/BAK. rasanya ridur saya masih blm berkualitas nih.. mau coba tips2nya ah.. trims mba..

Reply Delete
Avatar
Ida 22/06/21 21.14

Aku ikut webinar ini Alhamdulillah jd banyak insight baru nih ya Mba...

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 23/06/21 05.42

Kalo ngomongin tidur, aku termasuk orang yang bisa tidur dimana mana mbk. Pelor banget pokoknya ahahaha.. Kalo tidur siang lumayan cepet, kalo nggak capek biasanya 1 jam udah bangun. Tapi klo kecapean biasanya bablas juga sampai 3-4 jam. Nah, habis itu biasanya badan mulai enakan. Benar ya kalo tidurnya berkualitas kesehatan juga berdampak baik.
Baru tau ada Antangin Good Night, warnanya beda dari yang biasanya ya, biru..

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 23/06/21 07.45

Saya paling gampang tidur bahkan walaupun minum kopi kalau otak sudah memerintahkan tidur yaudah deh pulas. Btw sudah sering membaca manfaat jahe dan udah niat tiap pagi mau minum teh jahe tapi ternyata nggak juga dilaksanakan. Hadeeeuh.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 23/06/21 10.29

Aku sebenarnya dibilang susah tidur juga enggak tapi emang gak bisa tidur terlalu cepat ya, tapi kalau seharian habis beraktivitas ini biasanya gampang tidurnya. Tapi itu juga tidurnya diatas jam 9 malam, aku paling cepat tidur itu jam 10.00 loh. Emang deh kualitas tidur itu menentukan fisik dan mood kita juga ya.

Reply Delete
Avatar
lianny 23/06/21 10.39

Aku sulit tidur kalau berada di tempat yang baru, kalau di rumah sendiri sih cepat tidurnya hahaha. Biasanya kebangun sekali tengah malam untuk ke kamar mandi, habis itu ya tidur lagi. Btw aku baru tau ada Antangin Good Night, biasanya yang kuminum sih Antangin yang untuk masuk angin, warna kuning itu.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 23/06/21 11.24

Sekarang susah tidur ummipadahal dulu masih gadis belia dimanapun bisa tidur wkwkwk sejak menikah malah tidurnya jadi sebenatr dan sering terbangun gelisah gitu jadi mau cobain ah tipsnya nih antangin good night

Reply Delete
Avatar
t h y a 23/06/21 14.28

aku banget nih semenjak jadi mak emak, jam tidur berantakan. sering kebangun tengah malem, terus jadi susah tidur lagi.

boljug nih antangin good night. jadi mau coba

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 23/06/21 16.23

memang tidur itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan ya mbak
tapi benar, aku juga sering susah tidur
makanya saat tahu ada Antangin Good Night ini, aku langsung coba
jadinya tidurku lebih berkualitas

Reply Delete
Avatar
susie ncuss 23/06/21 16.27

Bulan lalu saya sempat rada susah tidur, baru bisa merem sekitar jam 11 malam.
Tapi alhamdulillah 2 pekan terakhir malah lebih lelap tidurnya. Pertama karena lagi sakit, kedua karena jadi kebiasaan tidur lebih awal, hehe

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 23/06/21 16.50

Jadi kepengen sedia antangin good night juga nih buat jaga2 kalau susah tidur akibat badan pegel2
Emang kualitas tidur tuh menentukan daya tahan dan kesehatan kita selama pandemi ini ya mbak, apalagi klau aktivitasnya masih sangat padat huhu

Reply Delete
Avatar
YSalma 23/06/21 17.05

Aku kalau pola tidurnya sekali udah keganggu, tidurnya bakal ribet mba. Mau tidurnya susaaah, kebangunnya gampang banget. Biasanya minum coklat hangat, kalau setiap malam minum coklat, bisa bengkak deh hahaha. Ada pilihan minuman lain ternyata yang lebih sehat di badan, Antangin Night aku padamu.

Reply Delete
Avatar
Inna Riana 23/06/21 17.48

aku susah tidur kalo lagi ada yang dipikirin, hihihi. wah ada antangin good night tidur jadi berkualitas ya. perlu nyetok juga nih di rumah. biar tidur jadi nyenyak dan bangun pagi dengan badan yang segar bugar :)

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 23/06/21 19.54

bener mba yang penting tuh kualitas bukan kuantitas :) makanya selama ini suka begadang juga puji Tuhan tetap sehat wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 23/06/21 21.49

Aku nih mb Alida sekarang susah tidur nyenyak. Kalau udah kebangun malam ga bisa tidur lagi. Padahal kalau pagi ada kuliah pagi. Butuh nih yang membantu bisa tidur nyenyak

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 23/06/21 21.51

Ternyata, kesulitan tidur itu perlu dianalisis yaa...
Apa yang salah?

Aku pikir itu hanya masalah sepele.
Ternyata penting banget ke produktifitas seseorang.

Dengan antangin good night, bisa bobo lebih berkualitas.

Reply Delete
Avatar
EniMartini 23/06/21 21.59

Aku juga ngalami masa kesulitan tidur, terutama karena kebiasaanku sih yang suka me time malam-malam. KArena memang malam itu aku baru ada waktu menyendiri, melakukan banyak hal menyenangkan eeeh jadi bikin susah tidur. Tapi kayaknya aku mulai ngeri deh kalau efeknya gak bagus ya

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 23/06/21 23.40

Aku pun mba ini suka banget tidur malam. Tapi kalau minum obat jadi bisa tidur. Enakan pakai ini ya daripada capek begadang masuk angin dan tidurnya enaaak

Belum cobain tapi pengen nyoba biar bisa bobok seneng

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 23/06/21 23.57

Tidur berkualitas tuh emang penting banget ya mak, gacuma untuk kesehatan tapi juga untuk kewarasan dan produktivitas yaaaaa..

Reply Delete
Avatar
Hanifa 24/06/21 00.14

Gangguan tidur ini saya akui yang paling kerap terjadi pada saya Mak. Sebelum pandemi aja udah kebiasaan begadang dan susah tidur padahal udah capek banget, pas pandemi makin menjadi-jadi deh kebiasaan jelek ini. Seneng banget makanya setelah tau ternyata ada varian baru dari Antangin yang ngga cuma bisa ngilangin pegel-pegel masuk angin, tapi ngebantu tidur lebih nyenyak juga. Kayanya bakal coba Antangin Good Night nih kalo insomnia saya mulai kambuh lagi wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 24/06/21 07.26

Saya pernah mengalami susah tidur umi, waktu menyelesaikan tesis jelang ujian. Waktu itu panitia hanya memberi waktu 2 minggu untuk merevisi beberapa bagian tesis yang dianggap kurang dan menambah beberapa poin. Melakukan penelitian ulang dan melakukan analisis dan mengolah hasil penelitian. Memang benar, stress dan tekanan dari sekitar itu bisa mempengaruhi kualitas tidur kita yaa. Alhamdulillah sekarang sudah terbebas dari stress dan kembali lagi ke jadwal tidur yang nomal. tidur cepat bangun cepat :-)

Reply Delete
Avatar
Blognya Yuni 24/06/21 10.41

Aku juga gampang tidur mbak, pelor, nempel dikit molor😂

Pernah juga nggak bisa tidur biasanya efek habis minum kopi. Begh, rasanya puuussiinh badan pegel-pegel. Mesti sedia Antangin Good Ninght juga di rumah jaga-jaga kalau kecapekan nggak bisa tidur

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 24/06/21 12.20

Tips tidur berkualitasnya oke banget ini dan bisa bantu aku yang emang udah sejak lama susah tidur di malam hari. Otaknya lebih aktif malam hari dan langsung redup kalau udah ada matahari... hahaha. Tapi sejak dua minggu terakhir ini, udah mulai nih belajar untuk memperbaiki pola tidur

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 24/06/21 16.12

Aku baru sadar kalau antangin good night ini bentuknya tablet.
Aku pikir seperti biasa, bentuk minuman yang bisa diseduh.
Kadang, kalau sedang banyak pikiran, bisa jadi tidur menjadi kurang berkualitas. Butuh bantuan dari Antangin Good Night.

Reply Delete
Avatar
adhealbian 25/06/21 09.30

Baru tahu ada Antangin Goodnight. Bisa jadi solusi nih kalau lagi susah tidur. Apalagi kondisi sekarang yang sering banget tidur nya larut bangunnya siang, jadi gak berkualitas jam tidur nya. Terima kasih Mba Lidha atas info nya ;)

Reply Delete
Avatar
Afrilentin 25/06/21 10.41

Kalau ngomongin tidur aku tuh sering insomnia mba, susah bgt kalau tidur seringnya diatas jam 12 malam, sekalipun pernah tapi jarang banget bisa tidur jam 8/9 nanti tengah malam kebangun pernah kebangun jam 12 terus gak bisa tidur lagi sampe pagi. Besoknya kepala pusing seharian bad mood. Kayanya aku perlu konsumsi Antangin deh ini, ini aman ya karena terbuat dari bahan herbal.

Reply Delete
Avatar
chairina bawazir 25/06/21 11.58

kalau aku termasuk yang agak sulit tidur. apalgi kalau siang aku tidur. makin tambah susah tidur bisa-bisa insomnia. kayanya antangin jadi produk pertama yang ngebantu kita yang susah tidur.

Reply Delete
Avatar
http://www.inatanaya.com 25/06/21 12.08

Iya bagus dech sudah ada Antangin Good Night , saya juga penderita insomnia. Perlu banget agar tidur berkualitas. Tks atas rekomendasinya.

Reply Delete
Avatar
Shafira Adlina 25/06/21 19.31

bener nih mbak lid, tidur kualitas tanda badan sehat juga ya. Baru tahu ada vitamin seperti ini ya, penasrana sama komposisinya apa deh

Reply Delete
Avatar
Ghina Rahmatika 27/06/21 10.38

aku banget, mudah tidur tapi mudah jga bangun, denger bunyi token listrik abis aja langsung kebangun.. emang herbal ini mudah didapat yaa, sekarang udah diesktrak pula dengan adanya tablet herbal antangin good night ini

Reply Delete
Avatar
Maria G Soemitro 27/06/21 23.58

saya nih, paling gak bisa tidur kalo belum mandi

sampai di rumah malam hari (bahkan terkadang udah pukul 2 pagi) saya harus mandi agar bisa tidur

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 28/06/21 07.13

Daku biasanya terganggu tidur atau jam tidur jadi berkurang gegara ngobrol atau nguber deadline sampe malam, hihi. Harus berubah nih kualitas tidurnya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 28/06/21 08.24

Senangnya sekarang sudah ada Antangin Good Night yang membantu kita mendapatkan tidur yang berkualitas ya mbak
Sehingga kita bisa sehat dan produktif

Reply Delete
Avatar
Ning! 28/06/21 09.55

Baru tau aku ada antangin good night. Tidurku juga brantakan nih kak, kayaknya perlu nyobain antangin yang baru ini. Biar badan juga ikutan fit

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 28/06/21 10.00

Asiknya Antangin Good Night. Bukan hanya membantu meringankan gejala susah tidur, tapi juga meringankan gejala masuk angin. Pas nih biar bisa istirahat berkualitas dan badan tetap sehat segar bugar.

Reply Delete
Avatar
aurabiru 28/06/21 14.55

saya pernah nih mbak mengalami susah tidur beberapa waktu lalu. Baru bisa tidur setelah jam 12 malam ke atas hiks. Lumayan menyiksa sampai akhirnya perlu mengatur pola hidup termasuk makanan juga. Sekarang sudah ada produk yang membantu agar bisa tidur lebih berkualitas ya

Reply Delete
Avatar
RuffieL 29/06/21 11.37

ini bisa bikin kita bobok nyenyak ya mba? gak ketergantungan kan ya? ini soalnya akhir - akhir ini aku insomnia nih.

Reply Delete
Avatar
Emanuella Christianti 03/07/21 11.09

Aku sebenernya tipe yang tidurnya nyenyak, tapi karena ada bayi jadi sering bangun bangu tengah malam huhuhu.... kudu belajar gimana bisa tetap berkualitas walaupun kadang disela sela tidur harus bangun ni....

Reply Delete
Avatar
Angrumaoshi 13/07/21 09.25

Wah ada antangin goodnight baru tau nih, warnanya biru ya. Taunya antangin yang kuning aja buat masuk angin.

Reply Delete