Kampanye Jam Makan Serat untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak oleh Bebelac Gold

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Kampanye Jam Makan Serat untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak oleh Bebelac Gold


Saya termasuk orangtua yang memperhatikan kesehatan pencernaan anak. Saya yakin teman-teman yang membaca tulisan ini juga melakukan hal yang sama. Saya sadar, pencernaan anak tak bisa dianggap remeh. 


Bagaimana menjaga kesehatan pencernaan anak ? Saya selalu memastikan untuk makanan sehari-hari anak mengandung serat yang cukup. Sebetulnya sejak kecil, anak saya yang bernama Ayyas termasuk anak yang suka makan sayuran. Bahkan brokoli rebus saja dia suka. Wortel rebus dan beraneka sayuran buah jadi kesukaannya. Seringkali, dikasih makan selalu lahap. Walaupun pernah juga melakukan GTM alias gerakan tutup mulut seperti anak lainnya. 


jam makan serat


Tapi ketika semakin besar, sudah semakin bisa memilih makanan. Dan kemudian sempat lebih memilih makanan yang kandungan seratnya berkurang. Tak ada lagi brokoli rebus. Tapi ketika menginjak usia sekolah dasar, kesadarannya untuk makan-makanan yang mengandung serat semakin baik. 


Anak saya suka pecel, sayur sop, lodeh, bayam bening tanpa dipaksa atau pakai adegan menangis. Mengapa ini bisa terjadi ? Satu hal yang pasti, saya dan suami memberikan contoh untuk menyediakan sayur di rumah. Sebetulnya, ini semua lebih berkat suami yang selalu memaksa agar ada sayur di rumah. 





Entah hanya sekedar lalapan, makannya ya diusakan ada sayur. Ini berbeda dengan saya yang dulunya termasuk susah makan sayur. Setelah menikah, kebiasaan baik suami makan sayur kemudian menular ke saya dan anak. 


Karena kebiasaan selalu makan sayur ini, anak pun jadi termotivasi untuk makan sayur. Selain itu, saya juga kerap memberikan edukasi ke anak untuk makan sayur dan dampaknya bermanfaat bagi kesehatan pencernaannya. Secara perlahan tapi selalu (bahkan dianggap cerewet), saya selalu sampaikan ke anak tentang makan-makanan yang mengandung serat yanng bagus untuknya. 


Pentingnya Jam Makan Serat untuk Kesehatan Pencernaan Anak 

Tapi saya juga memberikan kesempatan untuknya memilih sayur atau buah yang dia sukai. Ayyas misalnya, suka sekali makan buah apel, anggur, pisang. Belakangan, saya kerap membuah salad buah berisi potongan buah serta yogurt dan keju karena menurut saya, ini baik untuk kesehatan pencernaannya. Hasilnya? Anak makan dengan lahap dan kesehatan pencernaannya sejauh ini terjaga.


Saya bersyukur, apa yang saya lakukan selama ini selaras dengan Kampanye Jam Makan Sehat yang diprakasai oleh Bebelac. Kamis, 3 Juni 2021, saya menjadi salah satu blogger yang megikuti konferensi pers ‘Kampanye Jam Makan Sehat’ yang dilaksanakan secara online. 


Ada empat narasumber yang dihadirkan yakni : 

  • Dr dr Ariani Dewi Widodo Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi
  • Prof Dr. dr Saptawati Bardosono, MSc, ahli nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 
  • Shiera Syabila Maulidya, Brand Manager Danone Specialized Nutrition Indonesia 
  • Gya Sadiqah, Selebriti dan Istri Tarra Budiman 



Sebelum saya menjelaskan lebih detail tentang Kampanye Jam Makan Serat, saya ingin menyampaikan beberapa informasi penting terkait pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak dan fakta-fakta terkait pencernaan anak. 


Serat merupakan salah satu sumber makanan yang harus dikonsumsi oleh manusia. Dengan mengkonsumsi serat, pencernaan anak menjadi lebih terjaga. Lalu, apa saja yang disebut serat ? Serat terbagi menjadi dua hal yakni serat tidak larut air dan serat yang larut dalam air. Sumber makanan untuk serat tidak larut berasal daru sayuran, gandum sereal. Sedangkan serat larut air meliputi buah, sayur, kentang, kacang-kacangan, ekstrak rumput laut hingga ekstrak tanaman. 


  • Serat memiliki beberapa manfaat bagi anak yakni : 
  • Kesehatan saluran cerna 
  • Mengurangi resiko obesitas
  • Mengurangi resiko diabetes 
  • Mengurangi resiko penyakit jantung 




Lalu bagaimana proses pencernaan makanan ? Ada beberapa organ yang termasuk organ pencernaan yang membantu proses pencernaan makanan ? Jadi beberapa organ yang membantu proses pencernaah makanan adalah ?

  • Mulut 
  • Lambung 
  • Usus halus 
  • Usus besar 


Awal saluran pencernaan adalah mulut. Mulut akan mengunyah makanan menjadi makanan yang menjadi lebih kecil sehingga mudah dicerna. Lambung menyimpan makanan saat sedang dicampur dengan enzim pencernaan. Nah nanti enzim ini yang membantu proses pencernaan. Di usus halus yang terdiri dari usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerap akan bekerja menjadikan makanan menjadi bagian kecil yang mudah diserap. 



Prof Dr. dr Saptawati Bardosono, MSc mengatakan terkait dengan jumlah makanan kaya kandungan yang dikonsumsi anak, teryata 9 dari 10 tidak dapat memenuhi asupan serat. 

Pertanyaan berikutnya, berapakan asupan serat berdasarkan usia dan jenis kelamin anak ? Asupan serat dibuat berdasarkan usia dan jenis kelamin anak. Misalnya untuk anak usia 1 hingga 3 tahun tentunya kebutuhan asupan seratnya berbeda dengan anak usia 4 hingga 6 tahun. 




Di Indonesia, asupan serat anak Indonesia telah diatur. Untuk anak usia 6-11 bulan, kebutuhan asupan serat sebanyak 11 gram. Sedangkan untuk anak usia 1-3 tahun asupan seratnya sebanyak 20 gram. Tapi kenyataannya, asupan serat anak Indonesia usia 1-11 bulan hanya 4,36%. Sedangkan pada kenyataannya, asupan serat anak usia 6-11 bulan hanya 4,36 gram. Sedangkan anak usia 1-3 tahun hanya 6,27 gram. Dampaknya, resiko konstipasi sebesar 21,6 persen. 


Lalu apa yang harus dilakukan agar asupan serat tercukupi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan anak ? Anak diajarkan suka rasa manis dan asin serta makanan padat energi. Selain itu, orangtua juga harus tetap selalu mengenalkan beragam makanan sehat termasuk sayur dan buah. 


Orangtua juga membantu mengontrol kontrol pada jumlah, jenis dan jadwal makan dengan cara yang positif agar terbentuk pola makan sehat. “Orangtua harus memberikan contoh misalnya memberikan makan serat bersama anak,” kata Prof Saptawati. 


Sayur juga harus diberikan kepada anak pada setiap makan utama anak.  Kalau anak tak mau ? Tetap jangan lupa mencoba berkali-kali. Nah selain itu, menyediakan bahan makanan kaya kandungan serat seperti roti, biskuit, sereal. Menambahkan kacang polong dalam hidangan lauk seperti sup. “Makanan selingan yang diberikan pun sebaiknya yang mengandung serat,” kata Prof Saptawati lagi.  


Kampanye Jam Makan Serat oleh Bebelac Gold 

Mengapa harus ada Kampanye Jam Makan Serat ? Jadi mengingat masih rendahnya serat makanan untuk anak, kampanye jam makan sehat ini harus dilakukan. Anak harus diberikan makanan lain selain makanan utama.  Kampanye “Jam Makan Serat” ini diprakasai oleh Bebelac Gold, satu-satunya susu tinggi serat di Indonesia. 



Kapan jam makan serat? Jam makan serat dalah pada pukul 10 pagi, 2 siang dan 8 malam. Tiga jam makan serat ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan menu makanan selingan kepada anak. Jadi ada jarak waktu antara sarapan, makan siang dan makan malam. 






Kalau makanan selingan diberikan mendekati jam makan utama, dikuatirkan anak masih kekenyangan sehingga anak malah enggan untuk mengkonsumsi makanan selingan yang teryata baik untuk kesehatannya. “Dengan pengaturan jam makan serat ini, diharapkan kecukupan serat anak bisa tercukupi dengan baik,” kata Shiera Syabila Maulidya, Brand Manager Danone Specialized Nutrition Indonesia. 


Asupan serat harian anak juga diharapkan dapat terpenuhi dengan makanan tinggi serat serta dilengkapi nutrisi tepat tinggi serat dari Bebelac Gold. Jika dini dilakukan, maka akan terpenuhi 50% kebutuhan serat harian anak jika dikonsusmi 3 kali sehari. 



Nah Bebelac Gold memiliki modul edukasi #21HariMakanSerat yang memudahkan orangtua untuk memberikan pilihan menu makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan serat anak dengan baik. Dalam memenuhi asupan makanan serat anak, di booklet #21HariMakanSerat ini dilengkapi foto dan juga menu makanan yang mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya juga mudah diperoleh. “Kebiasaan makan sehat anak pun dapat terbentuk,” kata Shiera lagi. 





Inovasi yang dilakukan oleh Bebelac Gold tak hanya melalui kampanye “Jam Makan Serat”. Bebelac Gold juga juga menyediakan platform Tummypedia yang dapat diakses di https://bebeclub.co.id/tummypedia. Dengan adanya Tummypedia ini, kesehataan pencernaan anak bisa terpantau dengan baik. 




Ada apa saja di Tummypedia ? Tummypedia memiliki fitur andalan untuk menjaga kesehatan pencernaan anak yakni : 

  • Fitur cek BAB praktis setiap hari untuk mendapatkan diagnosis dokter 
  • Cek asupan serat dan nutrisi 
  • Mengunduh Tummypedia report dengan diagnosa awal dokter yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan anak. 

Kampanye ini tentunya merupakan langkah baik untuk mendukung pencernaan anak sehingga anak tetap sehat dan tumbuh kembangnya juga berkembang dengan optimal.

Bagaimana teman-teman menjaga kesehatan pencernaan anak ? 












93 komentar

Avatar
Mpo Ratne 07/06/21 10.11

Sama nih kalau Mpo diajarin sama kakek. Kakek marah kalau gak ada ikan dan buah. Makanya kita suka makan ikan dan buah sebagai cemilan sehat kaya multivitamin dan serat

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 07/06/21 11.22

Senangnya ya emak2 di zaman milenial ini beragam pelatihan terseedia atau ada utk para emak2 muda.



Reply Delete
Avatar
nurul rahma 07/06/21 17.16

Noted banget utk konten webinar-nya, super keren mba!
Btw, aku bakal lebih disiplin dan semangat lagi utk berburu Sumber makanan untuk serat tidak larut, yaitu yg berasal dari sayuran, gandum sereal.

Juga serat larut air meliputi buah, sayur, kentang, kacang-kacangan, ekstrak rumput laut hingga ekstrak tanaman. Mau nyiapin buat anakku aahhhh

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 25/06/21 11.57

Iya banget memang acara yang simple tapi nabok banget, secara jarang mengkonsumsi serat.
Adanya kampanye jam mkan serat, moga nambah wawasan lagi buat semuanya terutama buibuuu.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 08/06/21 11.48

kebutuhan serat harian sangatlah penting bagi anak-anak usia balita karena dapat membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 08/06/21 15.18

Memana luar biasa xengan adanya prnyuluhan dan pelatihan, para emak bertambah pengetahuannya tentang apa dan yg mana makanan mengandung serat yg baìk utk anak. Cucu bunda hanya menyukai 1 macam sayuran aja yaitu makanan si Poppay, hehe...iya cuma bayan ya dia suka. Kl buah2an asalkan dikemas sebagai salad buah dia doyan banget.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 08/06/21 15.44

sejak pandemi ada banyak sekali webinar menarik dengan tema berbobot ya mbak :)

Reply Delete
Avatar
Mechta 08/06/21 19.08

setuju sekali bahwa contoh dari orang tua itu salah satu upaya edukasi yg ampuh, termasuk dalam kampanye konsumsi serat ini ya.. Wah keren euy ada Jam Makan Serat

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 08/06/21 21.26

PR banget buat aku makan serat ini, dulu anak masih kecil suka jenis makanan apapun, tapi setelah mulai sekolah ga suka buah2an dan sayuran pun pilih2 sampe sekarang.

Tapi Webinar ini emang bermanfaat banget buat semuanya terutama yang mempunyai anak dan Jam makak serat yang udah ditentukan bisa jadi tantangan tersendiri ya Maak.

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina 09/06/21 03.51

Banget mba, walau dibilang cerewet gpp 😁 maju terus. Penting makan sayur, mama aku dr jaman dulu slalu, sayurnya manaaaaa. Dipaksa makan sayur lama2 biasa deh, jadi tau manfaatnya sayur dan buah. Kesadaran muncul. Wah ayyas hebat makan brokoli rebus... 😍

Reply Delete
Avatar
ira duniabiza 14/06/21 19.45

iya kedengarannya emang jadi cerewet ya tapi manfaatnya luar biasa banyak untuk tumbuh kembang anak ke depannya. ternyata jam makan serat ini ada waktu terbaiknya juga ya biar hasilnya maksimal.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 09/06/21 06.52

Memang makan makanan berserat harus dibiasakan sejak kecil, supaya terbawa ketika dewasa yah mbak. Anak2ku masih males2an nih makan seratnya harus diakalin dipotong kecil2 sayurnya, trus selipin ke telor dadar atau perkedel biar gak kerasa hahahaha

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 09/06/21 08.09

Hah? 21 hari doang? Ga dibuat selamanya ajakah Alida?
Usul ke bu dokter - anak anak WAJIB makan serat (buah sayur) setiap hari , at least seminggu 4 kali deh...

Reply Delete
Avatar
Katerina 09/06/21 10.35

Sama kayak suamiku mbak, tiap makan, di meja wajib ada sayuran. Entah dalam bentuk lalapan, sayur bening, sup, tumisan, maupun sekadar direbus/kukus. Dan, paling sering dibuat pecel atau gado2, kedoyanannya suamiku, dan ternyata anak-anak doyan juga diolah seperti itu :D

Saking pentingnya serat bagi tubuh, sampai harus dibuat jam makan serat ya mbak. Sukses buat Bebelac dengan kampanyenya. Semoga pencernaan anak-anak kita dan kitanya sehat semua. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
lianny 09/06/21 11.10

Senangnya ya kalau anak suka makan sayur. Anakku mau sayur tapi masih pilih-pilih, gak semua sayur mau terutama tuh sawi hijau. Padahal makan sayur baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak ya.

Reply Delete
Avatar
Ayi 09/06/21 12.30

Waktu masih batita anak saya suka makan sayur dan buah. Bahkan biasa beli pisang susu, dia habisin sendiri 1 sisir. Tapi makin besar makin malas makan sayur dan buah. Sukanya yang instan-instann huhuhu. Nanti kalo udah sembelot baru deh dia minta makan sayur banyak. 😅

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 14/06/21 01.17

Hahhaaa, ya beginilah kasusnya hampir sama dengan aku dan anakku.
Beneran kudu muter otak emaknya buat ngasih serat yang disempilin pada cemilan.

Reply Delete
Avatar
t h y a 09/06/21 14.37

anakku waktu bayik juga doyan sayur dan buah. apa aja mau. kalo sekarang tetep doyan sih cuman lebih pemilih.

btw, keren banget nih acaranya. apalagi ada modul 21 hari makan sehat. sangat membantu banget.

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 09/06/21 15.12

penting banget ini ya menjaga asupan gizi anak supaya terpenuhi dengan baik, termasuk soal seratnya, perlu dibiasakan sejak dini makan yang berserat

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 09/06/21 15.20

wah lengkap banget ulasannya mba...
serat ini memang sudah dipastikan ya manfaatnya buat kesehatan pencernaan. makanya menunya wajib banget selalu ada sayuran nih selain buah tp sy baru tahu klo ada jam makan serat secara khusus lho

Reply Delete
Avatar
diane 09/06/21 15.22

Asik juga nih ada panduan jam makan serat.. jadi minimal bisa terpenuhi dalam 3 kali makan ya...

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 09/06/21 15.30

wah kalau anakku sampai sekarang masih susah mbak makan sayur. huhu. kalau ada sayur di makanannya pasti dikeluarin lagi. kalau buah masih suka sih sedikit

Reply Delete
Avatar
susie ncuss 09/06/21 16.25

Orang tua itu PRnya memang banyak ya,
salah satunya ngajarin agar anak suka sama sayur dan buah.
semangat ya all parents!

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 09/06/21 17.01

Noted, jam makan serat 10 pagi 2 siang 8 malam...penting ini untuk dukung kesehatan pencernaan anak

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 09/06/21 17.25

aku suka banget dengan pembahasan serat ini makin termotivasi untuk mengonsumsi buah dan sayur Kak, terutama untuk si kecil.

Reply Delete
Avatar
Alfa Kurnia - pojokmungil.com 09/06/21 19.08

Baru tahu ada jam makan serat. Anak-anakku ini termasuk yang kurang serat deh karena bener-bener nggak suka sayur. Paling aku banyakin buah aja sama vitamin serat gitu. Tapi abis baca ini jadi makin termotivasi untuk ngajak mereka suka sayur.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 09/06/21 19.14

Bagus juga ya kampanyenya jam makan dari Bebelac Gold serat supaya tetap sehat selalu pencernaan anak. Anakku tuh suka sayur tapi kalau ada kuahnay ga pernah diminum cuma sayurnya aja yg dimakan, jadilah aku malas bikin sayur berkuah. Aku ingat deh mbak jam nya 10-2-8

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 10/06/21 08.54

walaupun ga ada balita lagi tadi jam makan serat bisa aku terapkan juga di rumah ya mbak

Reply Delete
Avatar
Gina Nelwan 09/06/21 19.41

wah bagus sekali dipraktekkin nih jam makan serat untuk anak saya, untungnya Al termasuk anak yang tidak picky eater dan mau makan sayur serta buah-buahan

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 09/06/21 20.08

Info penting untuk para orangtua, makasih mbk sudah diingatkan. Kadang kita merasa sudah pas ngasih anak anak serat. Padahal kurang :(. Baru tau ada jam dan waktu pemberian serat pada anak. Siap mempraktekkan.. Biar anak anak lebih sehat, pintar dan pencernaan lancar

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 09/06/21 20.14

wah iya, kadang kasih anak makan serat itu PR banget ya mbak
dengan adanya referensi tentang jam makan serat ini, jadi membantu ibu memeberikan asupan serat ke anak

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 09/06/21 20.34

Setuju, Mbak. Jam makan, tuh, harus disiplin. Makanya kalau anak saya lagi susah makan, saya gak mau langsung ganti dengan selingan. Nanti malah semakin gak mau makan.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 09/06/21 20.53

PR ibu nih mengajarkan anak-anak makan serat sejak mulai MPASI. Aku dulu beranggapan kalo anak lagi malas makan sayur, harus ada gantinya yaitu makan buah. Untuk serat udah menjadi konsumsi setiap hari, atau minimal tiga minggu kok mbak

Reply Delete
Avatar
diahagustina.com 09/06/21 21.07

Aku dulu PR banget mbak, karena anakku rawan banget sama sembelit, karena makan sayur dan buah ya yang sedikit susah. setiap BAB jadi drama, nangis-nangis karena sakit, akhirnya aku kasih tau pentingnya makan sayur dan buah, alhamdulilah sudah mau :D

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 09/06/21 21.41

Biasanya krn anak suka picky terhadap makanan sumber serat kyk sayur atau buah makanya datanya segitu ya. Untung skrng jg banyak makanan anak kyk susu yang dilengkapi serat.
Wah kempen Bebelac bagsu banget, moga makin banyak anak Indonesia yang tercukupi kebutuhan seratnya ya

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 09/06/21 22.20

Makasih infonya, mba Alida. Langsung inget-inget deh jam makan seratnya 3x sehari: jam 10, 14, dan... Lupa lagi tadi. Scrol ke atas lagi deh hehehe .... Anak-anakku masih belum teratur makan seratnya nih.

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 09/06/21 22.44

Jadi jam makan seratnya pas jam snack yah, 10 pagi, 2 siang, sama 8 malam. Kalau kayak gini aku jadi bisa mudah nyiapin makannya buat baby, karena udah jelas waktunya. Nggak ngeraba2 lagi.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 09/06/21 23.20

aku baru tahu ada jam makan serat begini
ternyata emang penting pemenuhan serat setiap harinya kalau dibikin seru gini pasti anak seneng dah tau waktunya makan serat kapan saja

Reply Delete
Avatar
Ira Guslina Duniabiza 10/06/21 03.18

wah iya, baca tulisan ini jadi keingetan lagi buat selalu sedia serat di rumah... Ternyata ada waktu yang direkomendasikan juga ya mba, 3 kali sehari.. hup2 harus lebih rajin lagi setok nih di rumah biar ga kelewatan jam makan seratnya tiap hari...

Reply Delete
Avatar
Sri Al Hidayati 10/06/21 03.55

Bagus banget Bebelac buat platform Tummypedia untuk bisa mantau kesehatan pencernaan anak kita biar bisa terpantau baik, dan gak cek BB aja tapi juga cek asupan serat dan nutrisinya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 10/06/21 06.43

Membiasakan anak makan makanan berserat sejak dini bagus utk membentuk kebiasaan makan anak ya? Jd sampai dewasa dia bisa selalu ingat utk memenuhi kebutuhan seratnya demi kesehatan tubuh.

Reply Delete
Avatar
Syarifani mama twins 10/06/21 07.20

Beberapa kali anak kena sembelit, jadi di rumah tiap hari memberlakukan makan makanan berserat. Buah yang harus selalu ada tiap hari, pepaya.

Kalau dilihat dari jam makan serat di atas, berarti menyediakan camilan berserat ya mba? Disamping makan sayuran

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 10/06/21 07.47

Jadi penasaran sama Tummypedia pasti bermanfaat banget nih buat para mama mengatasi masalah pencernaan dll.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 10/06/21 08.02

ternyata makan yang mengandung serat ada waktu-waktunya yaa, gak boleh sembarangan. Kalau selama ini aku sih makan makan aja hehe ternyata dengan mengetahui jam makan serat, akan lebih bagus ke dalam pencernaan. makasih infonya umi

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 10/06/21 08.44

Setuju bangettt kalo serat tu super duper pentiiinggg
Alhamdulillah Bebelac menghadirkan campaign ini ya
Berfaedah dan membantu bgt buat ortu dan anak.

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 10/06/21 09.41

Serat ini emang penting bgt ya buat tubuh. Apalagi anak2 yg memang susah bgt untuk konsumsi serat krn bisa pilih makanan lainnya.

Tp memang saat kurang serat suka bikin sembelit dan akibatnya jg daya konsentrasi juga kegiatannya terganggu. Kalau udah gini butuh asupan serat tambahan ya mbak

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 10/06/21 10.45

Kampanye yang keren banget ya ini. Bisa jadi solusi para orang tua untuk mulai membiasakan anak makan serat. Soalnya beneran, anak-anak susah makan sayur dan buah. Maunya daging dan camilan terus. Semoga deh aku bisa istiqomah dengan tantangannya. Biar nanti jadi kebiasaan baik buat anak-anakku untuk terus makan serat.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 10/06/21 11.46

Challenge nya bagus yaa..
Membuat para orangtua dan anak, tentunya bisa bersama mengubah gaya hidup yang kaya akan serat setiap harinya.
Edukasi kepada masyarakat juga ini yaa..

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 26/06/21 18.49

Semoga pembiasaan challenge bisa terbawa selamanya yaa..
Harapannya anak bisa sehat, ceria dan beraktivitas lancar karena saluran cernanya bagus.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 10/06/21 12.41

Sepakat
Kalau anak kurang serat jadinya mudah rewel
Itu sih yang aku perhatikan pada kedua anakku
Jadinya butuh asupan kaya serat seperti susu ini

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 10/06/21 13.56

Aku dong baru tahu ada jam makan serat
Mau ikutan challenge-nya ah bareng anakku
Siapa tahu bisa cek perkembangannya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 10/06/21 20.29

wah ada ya jam makan serat ini, baru dengar aku mbak
menarik ya ini, patut dicoba nih, siapa tahu anakku jadi suka makan serat

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 10/06/21 20.48

pentingnyaaaa makan serat ya mba, wah kekeplak banyak nih, secara lebih kurang makan serat juga..

Reply Delete
Avatar
adhealbian 10/06/21 23.02

Anaknya Mba Alida sama kaya aku dong suka banget sama sayuran hehe apalagi ada sayur lodeh tuh. Anyway info ini ciamik banget lengkap dan padet berisi, bisa aku share ke kakak aku nih mba hehe makasih yah ;)

Reply Delete
Avatar
Dina Andriany 11/06/21 11.59

Jam 10 pagi, 2 siang, dan 8 malam. Info yang bermanfaat sekali 😁 terimakasih

Reply Delete
Avatar
http://www.inatanaya.com 11/06/21 12.32

Wah bagus sekali artikel ini. Walaupun telah lewat saya baru mengetahui bahwa ada jam makan serat yang perlu diketahui. Memang serat itu sangat bagus utk pencernaan.

Reply Delete
Avatar
Raja Lubis 11/06/21 20.18

Seru ya orangtua zaman sekarang dapat memperoleh beragam ilmu tentang parenting dan turunannya (termasuk soal gizi dan makanan) dengan ikut-ikut webinar seperti ini. Dan saya sendiri juga jadi tahu, kalau makan serat untuk anak-anak bisa diatur untuk mencapai manfaat kesehatan pencernaan yang maksimal.

Reply Delete
Avatar
Maria G Soemitro 12/06/21 14.02

waw kampanye keren ni
hasil penelitian bilang anak-anak minim konsumsi sayuran
karena ortunya nggak suka sayur :D :D

Dengan campaign ini ortunya harus makan sayur juga agar anaknya mau makan sayur

Reply Delete
Avatar
Ghina Rahmatika 13/06/21 11.48

kadang memilih makanan juga dipengaruhi oleh lingkungan ya. Saat di rumah anakku alhamdulillah suka segala sayur, tapi kemarin gara2 di rumah mertua ada seppunya yg ga suka sayur eh dia ikutan deh, huhu.. campaign ini bagus bgt nih, karena kita kadang tidak memperhatikan kebutuhan serat dengan pasti ya

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 13/06/21 18.58

Kadang makan serat sebagai menu selingan sering terlupa. Aku pun kadang lupa.

Tapi gegara lagu jam serat dari bebelac ini dilihat si kecil dan ternyata mudah sekali ia mengingatnya, jadi ditagih terus deh sama dia.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 13/06/21 21.04

wa iniii, suruh makan serat dan peran ortu penting banget ya memberi contoh. Kebayang kalau kita sebagai ortu males makan serat, bagaimana bisa meneladani anak2nya. Makan serat asyik bersama2 ya, sehatnya jg bareng2.

Reply Delete
Avatar
Diani Sekaring Sejati 14/06/21 00.57

Anakku umur 3 tahun dan blas nggak mau makan buah dan sayur sama sekali. Sudah diolah dalam berbagai bentuk seperti jus, atau kadang bakwan tapi tetap tidak mau :D Tricky banget, padahal penting sekali ya serat untuk kesehatan badan anak.

Reply Delete
Avatar
Uchy Sudhanto 14/06/21 05.48

Memang penting ya umi teratur makan serat. Karena jujur saja kadang lupa memberikan serat sama ana-anak. Kalau ada jam nya sepert ini bisa pasang reminder di ponsel hehehe

Reply Delete
Avatar
Ariefpokto 14/06/21 06.50

penting banget makan serat itu, kadang suka sulit buat anak makan serat yang baik bagi pencernaan mereka. Kalau ada jadwalnya gini semoga jadi tidak terlewatkan

Reply Delete
Avatar
Talif 14/06/21 08.10

Ada tips ga ya,untuk anak yang sulit beralih ke jenis makanan yang lain? Apalagi serat ini kan tidak ada rasa manisnya. Anak saya soalnya dia rasain sedikit dulu baru dikunyah.

Reply Delete
Avatar
Iva C Wicha 14/06/21 10.40

Jadi tummypedia ini bsa untuk konsul dgn dokter langsung ya mba? Jdi paham ya dgn adanya campaign ini

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 14/06/21 12.05

Serat ini sangat penting ya. Alhamdulillah anak-anak di rumah rajin banget makan sayur dan buah juga.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 14/06/21 13.34

Kadang anak kekenyangan karena terlalu banyak cemilan jelang jam makannya ya mba. Jadi saat hendak memberikan serat dalam bahan pangannya eh malah tertunda ya karena si anak udah kekenyangan.

Reply Delete
Avatar
Marantina 14/06/21 15.50

Ternyata jam makan juga berpengaruh yaa.. serat ini jadi kebutuhan penting untuk tubuh anak tapi masih harus terus diingatkan supaya konsumsi serat untuk anak-anak selalu terpenuhi ya

Reply Delete
Avatar
atiq - catatanatiqoh 14/06/21 23.12

Baru tahu ada jam makan serat, enak ya sekarang sudah praktis dan lengkap informasinya :)

Reply Delete
Avatar
Melly Feyadin 15/06/21 10.15

Membiasakan anak makan sayur sejak dini penting banget ya mbak, krn sayur mengandung banyak serat baik utk tubuh. Tp yg terpenting ortunya jg harus suka sayur, biar anak jadi termotivasi menyukai sayuran.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 26/06/21 23.43

Nah... bener banget ini Mel. Orangtua juga harus ngasih contoh duluan ya agar anak niruin pola makan orangtuanya.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 17/06/21 11.25

Serat itu ada hubungannya dengan kecerdasan otak ya, makanya penting banget ya keberadaan serat itu... thanks sharingnya mba Alida, lengkap banget infonya :)

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 25/06/21 06.15

Memang buat beberapa ortu, PR banget nih mbaaa, mengarahkan anak utk konsumsi serat.

tapii, ga boleh menyerah yaakk. kudu semangat dan kreatif dgn berbagai cara

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 25/06/21 14.48

Serat nggak hanya bagus untuk kesehatan fisik anak ya mbak, tapi juga baik bagi berkembangan otak anak, jadi emang harus berusaha ajak anak makan serat, termasuk dgn mengikuti kampanye jam makan serat ini

Reply Delete
Avatar
lianny 25/06/21 15.11

Wah banyak ilmu yang didapat dari konferensi pers ‘Kampanye Jam Makan Sehat’ yang dilaksanakan secara online ini ya. Aku baru tau kalo malam hari juga termasuk jam makan sehat, selama ini taunya ya pagi dan sore aja diantara waktu makan utama. Harus diingat nih jam makan sehat, jam 10 pagi, 2 siang dan 8 malam. Noted!

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 25/06/21 16.39

Mirip kita, aku dulu pilih-pilih sayur, bersyukur suamiku gampang banget makan sayur, diolah apapun iya aja, pokoknya wajib ada di meja. Akhirnya anak-anak jadi terbiasa makan sayur. Tapi seiring pertambahan usia jadi gitu deh..kacau jam makannya. Bagus sekali ini ada kampanye jam makan serta agar kesehatan pencernaan anak lebih baik lagi

Reply Delete
Avatar
Dzulkhulaifah 25/06/21 19.58

Semacam berkah banget Mbak kalau anak suka makan sayur tanpa drama. Anakku juga senang makan sayuran karena diberikan contoh seperti di keluarga Mbak Alida. Plus dikasih informasi bahwa sayuran itu baik untuk tubuh, bikin kita sehat dan nggak gampang sakit. Alhamdulillah anakku mau ngerti dan semangat makan sayurnya. Dulu pernah konstipasi, sekarang sudah oke lagi pencernaannya. Tapi tetap sih, harus ditambah asupan seratnya di Jam Makan Serat. Biar makin optimal nih pencernaan si kecil.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 25/06/21 21.56

Ayyas pinter deh mau makan buah2an. Harus dimulai dari orangtuanya dulu ya sebagai contoh. Anakku masih angot2an nih makan seratnya... kudu kreatif akunya. pR bgt dehh :))

Reply Delete
Avatar
mardanurdin.com 25/06/21 22.57

Alhamdulillah, ibu-ibunya anak milenia sekarang gampang sekali dapat ilmu tentang apa saja. Termasuk soal bagaimana menjaga dan memelihara kesehatan anak. Termasuk acara yang dilaksanakan oleh Bebelac ini. Narasumbernya mantap semua nih.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 26/06/21 03.27

Jam makan serat akan membantu anak jadi sehat dan kita punya diajarkan dislipin untuk kasih makan serat

Reply Delete
Avatar
Sapamama 26/06/21 06.33

Konsep jam makan serat ini keren sih menurutku. Fakta di lapangan aku lihat jarang orang menperhatikan serat, apalagi untuk snack. Dan ini perlu digalakan agar tumbuh pola hidup sehat.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 26/06/21 08.06

Kalau di keluarga saya, justru saya yang makannya harus pakai sayur, mau dilalap, ditumis atau dimasak dengan kuah, pokoknya harus ada sayur.
Berbeda dengan suami yang gak terlalu mengharuskan makan sayur. Tapi seiring waktu, karena saya selalu menyediakan sayur, suami saya pun jadi senang makan sayur dan kebiasaan ini akhirnya menurun juga pada anak-anak.

Kebiasaan hidup sehat itu memang harus dicontohkan dulu, ya, Mbak

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn 26/06/21 16.48

Betul sekali, tubuh memerlukan serat yang banyak manfaatnya. Dan itu bisa terpenuhi dengan sayur dan buah. Anakku paling suka dimasakkan sayur sop yang ada wortel dan brokolinya, kalau sayuran lainnya masih pilih-pilih. Tapi lumayan lah ya, udah mau makan sayur :)

Reply Delete
Avatar
Alfa Kurnia - pojokmungil.com 26/06/21 18.44

Oh, ngasih asupan serat itu nggak harus di menu makanan utama ya. Ide bagus nih untuk mengaplikasikan jam makan serat. Terutama untuk anak-anak yang susah makan sayur. Dengan ngasih mereka camilan penuh serat di jam makan serat bikin kebutuhan serat terpenuhi tanpa mereka merasa terpaksa makan sayur.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 26/06/21 18.54

bagus ya kampanye jam serat untuk dukung kesehatan pencernaan ini. selalu suka dengan program-programnya bebeclub, semuanya pas sekali dengan kebutuhan pengetahuan orang tua pada kesehatan anak anak

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 26/06/21 19.44

Anakku juga doyan makan sayur dan buah, mak. Karena emang dari kecil udah dibiasakan begitu. Tapi aku baru ngerti nih kalau sebaiknya ada jam makan serat juga. Jadi lebih tercerahkan nih. Makasih ya

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 26/06/21 19.56

Alhamdulillaah...kompak bangettt asupan sayur dan buahnya. Orang tua memang menjadi role model buat anak2 ya, Mbak. Kalau anak pertama kami, kecil doyan bangett sayur, tapi pas gede rada milih sayur, nih.

Sharing yg bagus dr Bebelac.

Reply Delete
Avatar
Wian Hermawan 26/06/21 23.11

Kadang aku masih suka abai nih sama pemenuhan kebutuhan serat anak-anak. Krn pada dasarnya aku gak terlalu suka sayuran. Makanya jd agak susah untuk membiasakan anak-anak suka sayuran.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 26/06/21 23.44

Ternyata makan serat juga ada jamnya
Jadi semangat nih buat atur lagi meskipun anak sudah 20 bulan dan sebentar lagi bakalan lepas ASI

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 26/06/21 23.58

Setelah membaca ini, saya jadi bertanya-tanya tentang kebutuhan serat anak apa sudah terpenuhi, ya.

Ternyata ada waktunya untuk makan serat. Jadi engga boleh sembaramgan dan jajan dagang

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 27/06/21 00.05

Langsung kucatet nih buat jam makan serat anak tiap jam 10, 2 dan 8. Karena anak anak tuh emang perlu banget ya mak asupan serat setiap hariii

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 27/06/21 16.47

Salah satu faktor anak suka makan sayur itu, karena ala bisa karena biasa. Biasa melihat ortunya makan sayur, jadi ikut ikutan makan sayur ya mbk. Baru tau ternyata konsumsi serat ada jam jamnya

Reply Delete