Rekomendasi Kue Kering Enak untuk Lebaran

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Kue Kering Enak untuk Lebaran

Siapa yang tak sabar menyambut lebaran tahun ini ? Eits, memang lebaran masih lama, tapi biasanya di pertengahan ramadhan sudah banyak yang mempersiapkan segala sesuatu menyambut lebaran. Memang, kondisi ramadhan dan lebaran tahun ini mungkin berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semua karena adanya wabah virus corona yang melanda dunia. Namun, segala sesuatu ini tentunya ada hikmah yang harus diterima. 

Ngomong-ngomong soal lebaran, apakah teman-teman sudah menyiapkan kue kering untuk lebaran mendatang ? Kalau boleh tahu, kue kering enak apa saja yang selalu atau wajib dijadikan suguhan lebaran? 

Kue kering enak untuk lebaran

Kalau saya, ada tiga kue kering enak yang biasanya selalu tersedia di rumah. Pertama-tama adalah nastar. Nastar ini kue kering yang di dalamnya terdapat selai nanas enak. Bentuknya sebetulnya variatif. Ada yang seperti bola, ada juga yang dibentuk seperti daun. Sensasi makan nastar ini enak karena gurih bagian luar dan dipadu dengan selai nanas yang manis menjadikan kue kering ini pilihan. 

Kue kering enak untuk lebaran yang disukai di keluarga saya adalah putri salju. Anak saya tuh suka banget makan kue kering putri salju. Kue kering putri salju ini rasanya cenderung manis karena ada taburan gula halus tapi rasanya enak nggak bikin eneg. 

Nah kalau kue kering lain yang saya suka itu kastengel. Namanya agak unik ya. Tapi tentu teman-teman familiar dengan nama kastengel ini. Kastengel ini kue kering yang bentuknya agak memanjang dan di atasnya ada taburan keju parut. Parutan keju ini membuat kastengel menjadi kue kering enak untuk lebaran. Rasanya cenderung asin tapi gurih sehingga rasanya jadi lebih enak dan lezat. 

Biasanya, aneka kue kering enak untuk lebaran itu disajikan di toples-toples unik dan lucu serta bervariasi ukurannya. Saya sih lebih suka toples yang ukurannya kecil sehingga tidak terlalu kelihatan kepenuhan di meja ruang tamu. Hehhee. 

Beli atau Bikin Kue Kering untuk Lebaran? 

Oh ya, biasanya teman-teman membuat kue kering sendiri atau beli jadi? Hayo, ngaku … 

Sebetulnya, pilihan untuk membeli atau membuat kue kering untuk lebaran tergantung pilihan teman-teman. Saya sebetulnya sempat membuat kue kering bersama anak-anak untuk lebaran. Kebetulan waktu itu ada masa libur yang panjang saat kerja di media. Makanya saya pun memilih menghabiskan waktu membuat aneka kreasi kue kering sesuai pilihan. Saya sampai berburu cetakan kue kering yang lucu-lucu loh biar bisa buat kue kering enak untuk lebaran

Kastengel. Sumber foto : sajiansedap

Tapi lama kelamaan, saya tak sempat untuk membeli kue kering enak untuk lebaran. Alhasil, saya pun memilih untuk membeli kue kering untuk lebaran. Sekarang, kue kering pun bisa dibeli secara online. Apalagi di keadaan pandemi virus corona ini, belanja online menjaid pilihan jika memilih tetap di rumah saja. 

Jika ingin membeli kue kering enak untuk lebaran, saya punya beberapa tips yang bermanfaat buat teman-teman jika memutuskan untuk membeli kue kering secara online. 

Sesuaikan Kebutuhan
Mau beli kue kering juga harus sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah kue kering dibeli untuk kebutuhan diri sendiri atau juga untuk diberikan kepada orang lain. Jadi bisa ditentukan berapa jumlah kue kering yang akan dibeli biar nggak bolak balik beli dan ini tentunya tak efektif. 

Lihat Tanggal Kadarluarsa 
Beli kue kering juga harus cek ya tanggal kadarluarsanya. Minimal kita bisa menanyakan langsung ke penjualnya kapan kue kering itu diproduksi dan kapan batas aman kue kering ini aman dikonsumsi. 

Perhatikan bahan pembuatannya 
Jangan ragu untuk cek atau nanya langsung ke penjualnya bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kue kering enak untuk lebaran. Kue kering enak tentunya berasal dari bahan-bahan yang mutunya terjamin dan berkualitas. 

Pilih di toko online terpercaya 
Saran saya, kalau mau membeli kue kering online, belilah di toko online yang terpercaya. Pilih toko online yang menyajikan berbagai kue kering enak untuk lebaran. Salah satunya melalui marketplace Tokopedia. 

Jika memiliki kebutuhan Ramadan, bisa langsung ke Tokopedia. Ada banyak promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020 loh. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis yaa !


Nah, sudah terbayangkan mau siapkan kue kering enak untuk lebaran ? 

63 komentar

Avatar
Ranny 30/04/20 08.44

Betul mbak, kalau saya ya baiknya menyesuaikan kebutuhan mau beli kue kering apa. Biar kehitung bujet dan nggak mubazir karena ada sisa nantinya. Wah baru tau ada promo nih di Tokopedia, tar mau lihat-lihat dah.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 30/04/20 13.28

kapok deh Al, beli di tempat yang gak terlalu kenal, kuenya rasa.....terigu! Yang sebagian juga ambyar.

Paling suka sama satu toko kue yang terkenal itu, duh.. kemasannya cantiiiik dan kuenya enak banget, masih terkenang sampe sekarang!

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 30/04/20 14.07

di rumah nyokap udah bikin kue nastar di hari pertama puasa, garcep banget dia mah ya hahaha

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 30/04/20 17.19

Aku udah pesen ditempat langganan dan terpercaya di istrinya Bang ASwi, alhadmulillah udah 7 apa 8 tahunan ini. Tinggal nunggu kiriman nih Maaak.
Fvoritku, kastengel, nastar, huhuuuuuu.. Belom nanti dikirimin mama ahhhh, nikmaat.

Reply Delete
Avatar
Efa Butar butar 30/04/20 19.02

Walaupun ga ikut ngerayain, salah satu yang kutunggu saat Lebaran itu ya ini. Kue kue kering yang banyak dijual di Supermarket atau yang dari temen-temen jual. Hihih. Jadi langsung pengen beli kue kering lagi. Heheheh

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah 30/04/20 21.02

Nastar, kastengel dan putri salju ini emang cemilan favorit. Kalau udah ngemilinnya, susah berhenti. Baru merasa bersalah kalau udah abis sambil cubit-cubitin perut hahaha Tapi ya abis itu ngemil lagi, ngemil lagi. Tobat palsu jadinya wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 30/04/20 21.07

aku termasuk yg selalu beli kueh lebaran dan nunggu dikasi kue2 lebaran dari kakak, kakak ipar, dan adek ipar hahaha.
jadi pengen kastengel n nastar duluan nehh

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 30/04/20 22.16

Mau beli kue lebaran online pake ovo, rekomendasiin online shop nya donk mba Al hehe,,, yang enak ya

Reply Delete
Avatar
Akhmad Muhaimin Azzet 30/04/20 23.29

Saya suka kastengel itu karena kejunya, hehe

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 01/05/20 00.15

Saya ga pernah buat kue lebaran mba karena selalu mudik. Th ini meski ga mudik tetep ga bikin kue lebaran hehe, malesnya itu loh sibuk sendiri di dapur, insha Allah beli aja yg terjangkau :)

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 01/05/20 03.22

kalau aku jarang beli dan gak masak , seringnya malah dikasih orang

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 01/05/20 04.45

Saya biasanya beli kue kering menjelang lebaran. Eh, bisa beli kue kering secara online juga ya sekarang. Pas lah ini, karena teman yang biasa bikin, tahun ini nggak bikin

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 01/05/20 05.59

Kayaknya aku mau coba ah mbaaa
walo di rumah ga ada oven, tetep bisa manggang pake teflon sih.
BISMILLAH! :)

Reply Delete
Avatar
Lina Muryani 01/05/20 08.41

Kastangel, nastar, kue salju. 3 itu yg biasanya pasti ada tp untuk lebaran tahun ini blm tau deh mau beli atau g secara ada sosial distance kayak gini

Reply Delete
Avatar
Ulihape 01/05/20 10.55

Kalo aku memang memilih beli aja sih soalnya mau bebikinan butuh modal beli perlengkapan hehe

Reply Delete
Avatar
Sumiyati Sapriasih 01/05/20 11.03

Mau coba juga nih ... Selagi #dirumahaja jadi bikin kue lebaran sendiri. Nanti di share juga akh kalo sudah jadi

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 01/05/20 15.21

Saya biasanya suka kue kering yang berasa rempah kayak jahe atau kayu manis. Ada satu toko yang saya suka banget kukernya

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 01/05/20 18.57

pengen bikin nastar tapi isi cokelat deh, ini nyokap bikin kue nastar di hari pertama puasa aja udah hampir setengah toples abis hahah

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 01/05/20 18.58

Aku biasa beli di penjual terpercaya dan tahu siapa pembuat atau mereknya, biar yakin keamanan bahannya ya mbak, rasanya juga endeus dan puas..

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 01/05/20 21.05

udah terbayang kastengel duhhh kangen kue kering satu ini, saya kalau beli kue kering biasa cari rekomendasi dari temen, kalau kata temen enak baru berani beli :D

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 01/05/20 21.47

Untuk kali ini kayaknya aku cuma bikin beberapa kue kering nih, tapi yang selalu wajib ada itu kastengel dan cookies cokelat. Walaupun kita akan lebarannya cuma di rumah tapi tetap rumah harus seperti suasana lebaran biasanya.

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 02/05/20 00.41

Aku kalau lebaran nggak pernah beli dan bikin sih. hehehe. Numpang makan aja tempat ibu. Dan selalu dibawain beberapa toples buat bekal di rumah. hehehe.

Reply Delete
Avatar
Demia 02/05/20 03.34

waaa asik baget nih kue keriiing, selalu suka sama kue kering, dan selalu suka sama kue nastar dan putri salju kalo aku hehe

Reply Delete
Avatar
Okti Li 02/05/20 07.48

Lebaran kami tidak pernah punya kue kering, kecuali kacang atau keripik. Yg manis gitu pada ga suka. Jadi suka ga dimakan. Beda dengan yg asin gurih, sejam sambil nonton satu keler bisa habis...

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 02/05/20 08.36

Paman saya mengelola pabrik kue rumahan di Depok dan sering mengirimkan kastengel ini ke rumah. Tapi sayang karena rasanya asin yang mana ngak disukai kebanyakan orang Sunda seperti keluarga saya di Garut, jadi tiap lebaran nggak pernah habis.

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 02/05/20 09.22

Wah kalo aku sih selalu sedia kue kering untuk suguhan tamu, soalnya kalo keluarga sendiri lebih suka keripik pokoknya yg gurih buat camilan

Reply Delete
Avatar
Tami Oktari 02/05/20 10.49

Aku termasuk tim yang beli kue lebaran kak hehe jarang banget bikin. Tapi taun ini kyknya bakal bikin sendiri aja deh hehe

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 02/05/20 11.12

Aku tim beli, hehe
Favorite yg harus ada adalah kastengel dan nastar

Reply Delete
Avatar
Tian lustiaana 02/05/20 12.30

FAvorite saya kastengel dan putri salju, tiap lebaran selalu ada hehe. Rencana sekarang mau bikin ah.

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 02/05/20 15.15

Enak banget ini kue lebarannya aku ngiler sumpah dan penting juga buat stok cemilan dirumah

Reply Delete
Avatar
Mei 02/05/20 16.41

terima aksih tipsnya Mba Lid, bener harus perhatikan itu, kadang kalau beli saya suka lupa cek tanggal kadaluarsanya

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 02/05/20 19.12

Jaman dulu, duluuuuu banget mba, aku selalu bikin sendiri si kastengel ini. Kue favorit di rumah nih. Setoples bisa habis dalam sekejap kalau pas duduk barengan sambil nyemal-nyemil si gurih asin satu ini. Kalau sekarang? Mending beli mbaaa...encoknya ga nahan bikin kuker heheee. Untung bisa beli via Tokopedia nih. Tinggal beli, lheeepp... enak. ;)

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 02/05/20 19.12

Kesukaanku nastar, anak-anak sukanya kuker kacang sama choco cip. Nah jaman anak-anak masih kecil sering bikin sendiri. Tapi karena mereka udah kurang suka ngemil kuker ya aku malas bikin. Pesan kuker di tempat langganan paling untuk dianter ke orang tua dan mertua. Kalo ke tokopedia aku baruuu aja beli dandang susun, hahahaa

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 02/05/20 19.18

Kastengel penting hehehe kalau g pake kastengel di hari raya kurang terasanya :")

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 02/05/20 20.39

Kastengel, kue salju dan nastar itu kue kering yang wajib ada di setiap hari raya ya...Tana kue kering kurang lengkap kayaknya hihihi

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 02/05/20 21.22

aku kayaknya stop dulu beli banyak nastar karena udah kena asa urat, palingan buat anak-anak aja sih, suai juga lagi ngak boleh makan

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 02/05/20 21.57

Tahun ini mau beli tapi jg mau bikin mumpung ada open (guayaaa) wkwkwk. Rencananya no 1 kastengel, kalau nastar paling males bikin selai keknya wkwkwk
Walau nantinya jg bikin2 sendiri, makan2 sendiri, gpp lha buat hiburan jg kaan drpd bengong haha

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 02/05/20 23.47

kalo aku suka banget ama putri salju dan nastar. tapi entah deh taun ini nyetok banyak apa gak ya kue keirngnya.. ntar juga dimakan sendiri kan ga ada tamu yang datang :(

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 03/05/20 01.07

Aku sih tim beli kue kering. Ga sabaran bikin kue. Bikinnya lama, habisnya sekejap mata wkwkwkwkw...

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 03/05/20 07.52

Nah bener banget nih, beli sesuai kebutuhan. Kalau kebanyakan, malah keburu expired huhu

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 03/05/20 08.46

Ini nih, kue kering. Yang puasa baru nginjek 10 hari pertama aja, udah anak-anak ributin. Biasanya aku juga beli. Soalnya ribet, dan sering gagalnya kalo bikin sendiri. Ceki-ceki ke Tokopedia deh. Semoga nemu toko yang deket dengan lokasi rumahku.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 03/05/20 09.26

Aku udah mulai pesen-pesen nih mba, ke tetangga dan teman aja yang pada bikin kuker. Rasanya udah encok duluan kalau mau bikin sendiri hehehe... Bikin kuker itu kudu telaten soalnya.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 03/05/20 09.40

dari zaman dulu, yang paling laku di rumah kastengel dan nastar aja umi, dua itu aja hihi sekarang kayaknya mau pesen lagi ke adik, bantu ekonominya.

Reply Delete
Avatar
Suzannita 03/05/20 09.43

Ma Syaa Allah Tabarakallah aku pengen juga nih, sudah ada rencana pengen buat kue kering sendiri karena lagi banyak waktu di rumah

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 03/05/20 11.00

Jadi kangen Ibuu...
Ibu selalu sedia kue lebaran di meja tamu, ada atau ga ada tamu. Pokonya seminggu sebelum lebaran uda nangkrink cantik aja.

Reply Delete
Avatar
Wiwin 03/05/20 22.53

Ditengah pandemi gini aku berusaha buat sendiri beb, takut

Reply Delete
Avatar
Cilya 04/05/20 04.03

Jadi inget beberapa tahun lalu aku beli kue lebaran online dan baru 7 hari di rumah sudah bulukan. Di situ ngga ada tulisan kadaluarsanya makanya benar nih mba, beli di toko online yang terpercaya

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 04/05/20 05.26

Aku kayaknya beli deh soalnya ngga punya oven huhu biasanya tiap tahun bikin d rumah ibu :'?

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 04/05/20 07.43

Tahun ini, saya nggak bikin kue kering, kebetulan ikut arisan kue kering, dan rasanya enak-enak, itung-itung nabung

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 04/05/20 07.44

Walaupun nggak merayakan tapi udah ikutan juga tradisi untuk sediain kue kering di rumah, soon berburu beli online nih mba

Reply Delete
Avatar
Ani 04/05/20 09.42

Aku dari dulu biasanya tiap tahun pasti bikin kue kering sama emak, kadang kadang aja beli kalo lagi capek

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 04/05/20 12.52

Aku kemarin udah beli 2 toples kue kering di supermarket nih. Belum coba beli kue kering secara online. Mau intip-intip dulu ah harganya.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 04/05/20 13.41

Memang di tokopedia juga ada jual kue kering ya, kepoin ah aku malas bikin soalnya suka beli jadi aja hehe

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 05/05/20 14.29

Aku suka banget sama nastar mbak, apalagi menjelang lebaran ini aku jadi pengen pesan online juga dan memang kudu jeli lihat bahannya ya.

Reply Delete
Avatar
Meli Engku 05/05/20 20.35

Nastar emang kue wajib ya kak, wajib ada saat lebaran. Kangen pengen silahtuhrahmi pas lebaran makan berbagai macam kuker. Huhu sedih jadinya

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal 05/05/20 21.40

Aku tim beli kue kering lebaran mbak hehehe biasanya beli dari sodara2 atau teman2 dekat yang aku tau jago bikin kue kering

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 06/05/20 17.11

selama rumah tangga 3 tahun, saya cm sekali siapin kue kering pas lebaran. sebab pas lebaran kan saya malah gak pernah di rumah, selalu ikut keliling ortu dan mertua. kue kering saya jd gak ada yg makan, hiks

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 07/05/20 11.51

Sekalian rekomendasi toko online yang jual kue nya donk mba Al hehe .. bayarnya sih pake OVO teteup

Reply Delete
Avatar
aurabiru 07/05/20 18.11

saya beli kue kering pas hamil, begitu udah lahiran dan bisa disambi pilih bikin sendiri, malah sempat jualan juga hehehe

Reply Delete
Avatar
kartika 08/05/20 00.46

Pas banget sebelum tanggal 15 udah dapet THR, kalau aku beli saja kue keringnya..ga sempat bikin

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 09/05/20 11.40

Kalo mama udah 3 tahun ga pernah buat kue kering lebaran, beli jadi atau banyak kiriman paket. Alhamdulillah

Reply Delete
Avatar
Meilia Wuryantati 09/05/20 13.57

Aku termasuk yang selalu beli kue kering lebaran. Ga bisa bikin kue sendiri hehehe.. kalau di Tokopedia banyak promo nya yah kak. Meluncur deh nanti kesana. Mesti top up OVO nih heheheh

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 15/05/20 04.31

Diingatkan tentang kue kering, kayaknya udh deket mau lebaran ya. Kue kering sejuta umat adalah kastengel dan nastar ya mba. Setuju tipsnya, terutama tahu tgl produksinya, supaya tetap renyah dan enak saat dibuka.

Reply Delete