Cara Mudah Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Mudah Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan


Alhamdulillah .. Alhamdulillah … 
Hari ini, hari pertama ibadah puasa di bulan ramadhan. Bagaimana kondisi teman-teman saat ramadhan hari pertama tahun ini ? 

Tahun ini, umat muslim di seluruh dunia merasakan ibadah puasa dalam kondisi yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, wabah virus corona melanda dan mau tak mau, kita harus berusaha menjalani ini semua. 

Mengaji. Sumber foto : pixabay.com
Percayalah, insyaAllah Allah akan mengabulkan doa-doa kita selama bulan Ramadhan dan menerima semua amal Baik kita. Tugas kita sebagai muslim adalah menambah iman dan ibadah keislaman kita di bulan ramadhan. Salah satu caranya adalah dengan tilawah.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

Di bulan Ramadhan ini, target menghatamkan al quran boleh dibilang menjadi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Sebetulnya, membaca Al Quran ini tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja melainkan pada bulan-bulan lainnya sehingga selalu mendapat pahala dari Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda, ‘Bacalah Al Quran. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca,pengamalnya)’. (HR. Ahmad). Dan bahkan jika kita mengkhatamkan Al Quran maka ribuan malaikan memohon ampun bagi yang membaca Al Quran. Ini sesuai dengan hadist yang berbunyi “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al Quran maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya’ (HR. ad-Dailami). 

Tulisan ini bukan bermaksud riya atau sombong tapi sebagai dukungan dan memotivasi untuk bisa menghatamkan Al Quran. Semua memang sesuai sudut pandang dan semoga kita berada dalam sudut pandang positif untuk menambah nilai-nilai keimanan ya ? 

Lalu, bagaimana cara mudah khatam Al Quran di bulan ramadhan ? 

Niat dan Yakin
Bismillah yakin dan niatkan diri untuk bisa khatamkan Al quran selama bulan ramadhan. Dengan niat dan keyakinan insyaAllah Allah akan permudah niat kita.

Manajemen Waktu 
Masing-masing orang memiliki kemampuan membaca berbeda-beda. Ada yang bisa ngebut satu juz sekaligus. Ada yang mungkin membaca per halaman setiap shalat wajib. Ada juga yang bisa sesuaikan dengan pola kehidupan masing-masing. Untuk memudahkan, teman-teman bisa membaca tabel di bawah ini. Jadi, setiap usai shalat wajib membaca dua lembar (4 halaman)

Tabel khatam Al Quran

Disiplin 
Konsisten dan disiplin ini penting banget agar bisa khatam Al Quran selama bulan ramadhan. Jadi kalau misalnya menetapkan abis shalat dua lemba ya harus konsisten untuk mengaji. Abaikan hal yang lain karena harus fokus ke target kita untuk khatam di bulan ramadhan.

Membawa Al Quran Kecil atau download aplikasi Al Alquran
Sebetulnya sekarang makin banyak al quran yang seukuran telapak tangan. Jadi bisa dibawa kemana-mana. All quranini mungkin agak menyulitkan dibaca oleh mata yang lebihmilih membaca huruf kecil. Tapi suer ini praktis. Hanya saja memang nggak ada halamannya yang saya punya. Jadi ya baca aja terus. Alternatif lain ya menggunakan aplikasi di handphone seperti yang ada di muslim pro.

Bergabung di komunitas One Day One Juz 
Supaya berhasil dan merasa tak sendiri dan selalu menyemangati, bergabunglah di komunitas seperti one day one juz dan lainnya. Biasanya di komunitas ini jadi membuat kita lebih terpacu untuk menyelesaikan target khatam Al quran di bulan ramadhan ini.

Bagaimana kalau haid? Apakah bisa khatam Al Quran di bulan ramadhan ? InsyaAllah bisa. Salah satu caranya dengan mengaji menggunakan Al Quran di aplikasi. Walaupun haid, jangan lupa untuk terus memperdalam ilmu agama dan mengaji ayat-ayat suci Al Quran.  

Mungkin ini hanya sedikit cerita berdasarkan pengalaman yang saya bisa sampaikan. Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan alhamdulillah berhasil. Kalau suami saya sehari bisa minimal se juz di luar bulan ramadhan. Sedangkan saya di luar ramadhan minimal setengah juz dan kadang satu juz sehari ya alhamdulillah.

Kalau Ayyas, anak saya yang kelas 5 SD setiap hari target ngaji minimal 10 halaman. Di bulan ramadhan ini dia harus mampu selesaikan ngaji minimal satu kali khatam. InsyaAllah mohon doakan ya tetap istiqomah.

Bismillah, semoga tulisan ini menginspirasi dan mendukung teman-teman untuk menambah target ramadhan ya.

29 komentar

Avatar
Turis Cantik 24/04/20 16.48

Aku juga niat banget khatam tahun ini mbak. Apalagi lebih banyak di rumah,saat durasi kerja dipersempit. jadi lebih banyak waktu.

Reply Delete
Avatar
Bang Day 26/04/20 06.44

Bahagianya jika bisa khatam berkali2. Memang butuh konsistensi ya

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 27/04/20 14.44

Insya Allah kalau niat & teratur bisa khatam ya terutama anak-anak. Kalau si bungsu dia gak mau tiap habis sholat baca, jadi bacanya habis subuh & dhuha aja, itu karena lihat aku sih sebenernya hehehe. Aku maunya langsung aja satu juz bacanya gak dibagi-bagi

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 28/04/20 00.50

Ah beneran itu panduannya oke banget, konsisten ya Mak.
Aku belom konsisten gitu euy, tapi pengen insyaallah khatam sebelom beres puasaa .

Reply Delete
Avatar
Lusi 28/04/20 04.48

Udah siap2 banget aku pengin ngejar khatam, eh sehari sebelum Ramadhan aku haid dong. Sediiih banget. Kayak layu sebelum berkembang gitu semangatku.

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 28/04/20 09.54

Terima kasih mbak untuk motivasinya. Insya Allah setiap ramadan selalu berusaha khatam. Tapi ke anak2 nih yang masih susah nyuruh ngaji..hiks

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 28/04/20 11.03

wah hebat sudah khatam berkali2 :) pasti bangga dan bahagia ya mbak sebagai ibu

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid 28/04/20 12.52

saya nih udah beberapa tahun ini gak pernah berhasil khatam quran di bulan ramadhan, padahal sebelum-sebelumnya minimal 2x khatam, huhuhu :(

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti 29/04/20 06.14

Sama, mbak... selalu meleset. Biasanya hari 1-3 masih bisa odoj. Hari selanjutnya....aaah...astaghfirullah.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 28/04/20 13.10

Waaah memang harus diniatkan dan diatur dengan baik ya mba. Semangaaat...semoga bisa dan selalu berusaha lebih baik lagi.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 28/04/20 16.17

Semangat ya belajarnya ya mbak semoga di Ramadhan ini selalu diberikan kesehatan dan semakin berkah.

Reply Delete
Avatar
Mechta 28/04/20 16.38

Konsisten itu kuncinya y mba.. Aku nih suka suliit banget konsisten. Hiks. Tapi insya Allah 1 juz / hari target Ramadhan ini, mudah2an terpenuhi. Aamiin..

Reply Delete
Avatar
Risa mutia 28/04/20 16.42

Ramadhan memang bulan yang sangat mulia dan barakah ya Mbak. Dan saya selalu mentargerkan bisa khatam di bulan ini, bagaimanapun kondisinya, hamil, punya baby dsb, hehe. Yang penting memang harus diniatkan ya

Reply Delete
Avatar
YSalma 28/04/20 19.21

Aku biasanya memanfaatkan waktu setelah subuh dan setelah taraweh mba. Tapi memang memasang target pada diri sendiri. Semoga bisa menyelesaikannya.

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 28/04/20 19.48

waaah keren udah berkali kali khatam yaa, semoga di ramadhan tahun ini juga bisa beberapa kali khatam ya mbak hihihi

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty 29/04/20 05.25

Alhamdulillah, sudah khatam berkali kali ya Mba. Jadi pecutan juga bagiku yang masih belum teratur waktu bacanya :'(

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 29/04/20 07.41

Bismillah ya mbak, semoga selama ramadhan ini bisa khatam Al-qur'an,, aku sudah melakukan beberapa cara diatas mbakm tapi belum gabung dengan komunitasnya sih, ngga pede akutuh.. semangat mbak Al

Reply Delete
Avatar
thya 29/04/20 08.23

memang harus punya niat yang kuat ya mba, disiplin dan juga konsisten.
semoga saya bisa khatam juga di bulan ramadhan ini.. Amiinn..

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 29/04/20 09.19

Target bersama dalam keluarga bagus niih...kak Lida.
Kalau target dari sekolah anak-anak, hapalan juz 29.
Yang adiknya, masih juz 30.

Happy with Al-Qur'an kareem.

Reply Delete
Avatar
Ida 29/04/20 09.42

iya nih harus punya azam yang kuat ramadhan ini ramadhan yang terbaik untuk kita... mudah2 an bisa khatam berkali kali ya...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 29/04/20 11.24

Alhamdulilah aku ga gabung yg odoj tali komitmen alhamdulilah seharinbisa ummi one juz padahal biasane malas2an hahaba


Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 29/04/20 11.25

thank you tipsnya, mbak, aku masih panjang nih perjalanan haha semoga bisa khatam aamiin.. selamat beribadah di bulan ramadhan ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 29/04/20 11.26

Masya Allah. Terima kasih sudah mengingatkan Mbak. Semoga kita semua bisa mengkhatamkan Al Qur’an selama Ramadan ini.

Reply Delete
Avatar
Diyanika 29/04/20 12.06

Kapan hari nemu foto tabel katam Alquran juga di instagram. Mirip banget.

Niat selalu ada, godaannya tuh lho Mbak kadang amazing. Hihi. Tapi, memang kudu usaha banget kalau mau katam Alquran di bulan ramadan ini. Apalagi sekarang WFH, jadi makin banyak waktu luang.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 29/04/20 12.22

Siap mba, mau praktekkan sesuai tabel yang ada di atas tadi. Biasanya kalau harian ya 2 lembar tiap habis sholat. Kudu dibanyakin nih ya, soalnya ntar kan pasti kepotong saat haid. Persiapan instal aplikasi ah biar tetap bisa baca meskipun sedang datang bulan.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 29/04/20 12.33

MasyaAllah masih gabung komunitas ODOJ ya mbak, aku udah pas sejak kapan tahun hhe. Terakhir tu pas ada kopdarnya di istiqlal aku ikutan, Maxy msh kecil belajar jalan pas itu hehe. Semangat tilawahnya mbak.

Reply Delete
Avatar
Zia 29/04/20 13.43

Ya Allah pengen khatam, godaannya ini selalu ada aja ya. Hiks. Padahal 2 lembar setelah sholat setiap hari bisa bikin khatam. Semoga istiqomah ya.

Reply Delete
Avatar
susie ncuss 29/04/20 14.02

Kalau pengalaman saya, baca 2 lembar di tiap waktu sholat wajib itu nggak efektif dan rentan nggak nyampe target.
Saya pribadi membaca Al Qur'an 1 juz abis sholat maghrib/isya. Sebelum sahur 1 juz, begitu juga abis sholat dhuha dan dzuhur. :D

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 29/04/20 18.38

Alhamdulillah Mak, semangaaattt tadarusnya
Aku udah masuk juz 28 nih

Reply Delete