Cara Menggunakan Masker Kain yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menggunakan Masker Kain yang Tepat untuk Cegah Virus Corona


Sejak virus corona melanda, berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan. Mulai dari jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan kewajiban untuk menggunakan masker. Instruksi penggunaan masker ini sebetulnya sempat menjadi polemik ketika ada pejabat yang awalnya mengatakan orang sehat tak perlu menggunakan masker.

Namun, dengan berjalannya kondisi jumlah warga yang positif corona semakin bertambah, kewajiban menggunakan masker pun di berlakukan. Menggunakan masker merupakan salah satu langkah pencegahan yang dilakukan oelh masyarakat agar tidak tertular maupun tidak menularkan virus corona.
 
Ilustrasi masker. Sumber foto : pixabay.com


Di kendaraan umum pun telah diwajibkan menggunakan masker. Termasuk saat naik commuterline, kendaraan yang tiap hari saya gunakan. Mulai tanggal 12 April 2020, pengguna comuterline diwajibkan untuk menggunakan masker. Jika ketahuan tak menggunakan masker, maka penumpang akan diturunkan di stasiun terdekat. Ini nggak main-main loh karena sudah terbukti ada yang diturunkan dari commuterline karena tidak menggunakan masker.

Saya sendiri pun lama kelamaan menjadi terbiasa menggunakan masker. Walaupun sebetulnya sempat merasa agak penggap karena hampir setiap saat beraktifitas menggunakan masker. Tapi demi kesehatan dan kebaikan bersama, menggunakan masker menjadi pilihan.  
 
Naik KRL wajib pakai masker 
Di kantor, sudah diwajibkan untuk menggunakan masker. Saya sebelumnya sudah membeli masker dari adik saya di Surabaya, Jawa Timur sebagai salah satu upaya cegah virus corona. Sekarang, himbauannya menggunakan masker kain karena masker medis diperuntukkan untuk tenaga medis.

Ada tiga tipe-tipe masker yang beredar di pasaran berdasarkan data dari Gugurs Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maret 2019 yakni :

Masker Kain
Masker ini lebih mudah dijumpai sekarang karena dijual di berbagai toko, toko online bahkan dijajakan di pinggir jalan. Harganya relatif lebih terjangkau mulai dari Rp 5000 hingga Rp 10 ribu. Masker kain ini motifnya lebih beragam dengan berbagai warna. Masker kain ini bisa berupakai kain katun, scraft dan lainnya.

Ayyas dan bapaknya pakai masker kain

Masker Bedah 2 ply (surgical mask 2 ply)
Masker jenis ini hanya terdiri dari dua lapisan yakni lapisan luar dan lapisan dalam tanpa adanya lapisan tengah. Nah lapisan tengah ini yang berfungsi sebagai filter. Masker ini direkomendasikan untuk pemakaian sehari-hari  yang tidak menunjukkan gejala-gejala influenza, dan tidak untuk tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan.

Masker Bedah 3 Ply 
Masker lainnya adalah masker bedah yang memiliki 3 lapisan (layers) yaitu lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air, lapisan dalam yang merupakan lapisan filter densitas tinggi. Lalu ada lapisan dalam yang menempel langsung dengan kulit yang berfungsi sebagai penyerap cairan berukuran besar yang keluar dari pemakai ketika batuk maupun bersin.

Cara Menggunakan Masker 
Sekarang, masker bedah sangat susah dijumpai. Kalaupun ada, harganya berkali-kali lipat. Saya ingat sekali sebelum ada wabah corona, saya beli masker isi 50 pcs hanya Rp 25 ribu. Namun sekarang, harganya menjadi Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu untuk merk dan jumlah yang sama!

Nah, untuk menggunakan masker juga ada caranya agar bisa dapat mencegah virus corona. Jangan sampai deh pakai masker malah asal-asalan dan ini tentunya tak efektif. Lalu, bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan benar agar bisa mencegah virus corona ?

Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah.
Masker yang baik dapat menutup mulut, hidung dan dagu. Sebaiknya pastikan bahwa masker menutup sempurna dan tidak ada cela di antara mulut, bahu dan dagu. Jangan hanya menutup mulut saja tapi juga harus menutup hingga hidung.
 
Jangan lupa cuci tangan. Sumber foto : pixabay.com
Cuci tangan sebelum menggunakan masker
Walaupun menggunakan masker tapi harus diawali dengan mencuci tangan. Mencuci tangan sebaiknya menggunakan sabun dan air mengalir selama sekitar 60 detik. Bagaimana kalau tak ada air mengalir? Bisa menggunakan hand sanitizer. Intinya memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih.

Lepas Masker dengan tepat
Jangan memegang bagian depan masker. Tapi pegang bagian ujung atau tali masker untuk melepas masker. Setelah itu, masker kain langsung dicuci agar bersih dan dapat digunakan lagi. Jika masker rusak atau robek, segera ganti masker ya dengan yang lain.

Gunakan Masker kain lebih baik
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kondisi sekarang sebaiknya gunakan masker kain karena kelangkaan masker medis. Dengan adanya masker kain, bisa mempermudah tenaga medis untuk mendapatkan APD dengan mudah.

Penggunaan masker ini bisa menjadi salah satu upaya pencegahan virus corona. Jangan lupa untuk mengatir pola hidup yang baik seperti tidak begadang, konsumsi makanan dan minuman yang bergizi juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak terkena virus corona.

Oh ya, janganlupa juga untuk mencari informasi soal virus corona dari sumber yang terpercaya. Informasinya terkait virus corona bisa diperoleh melalui situs Halodoc. Di situs Halodoc, menyajikan berbagai informasi kesehatan yang dapat dipercaya. Terkait virus corona, Halodoc membahas juga detail mulai dari pengertian, penyebab hingga faktor resiko apa saja terkait virus corona. Tapi tak hanya itu saja, informasi kesehatan soal puasa pun tersaji lengkap.

Nah, dengan adanya tulisan ini, semoga bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk jaga kesehatan agar cegah virus corona ya.

Teman-teman sudah sediakan berapa masker kain di rumah ?



36 komentar

Avatar
Ranny 28/04/20 12.23

Masker kain sekarang sudah sedia banyak di rumah mbak. Usaha untuk mencegah virus corona ya dengan memakai masker ini. Tapi, lama kelamaan saya kok berasa kek orang Korea ya hahahah yang sering pakai masker ke mana-mana. *efek banyak nonton drakor

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 29/04/20 02.52

iya sekarang jd terbaisa pakai masker demi keamanan ya dan lipstik jadi awet

Reply Delete
Avatar
Risa mutia 29/04/20 14.24

Saya dari dulu udah biasa pakai masker, untuk hindari polusi pas naik kendaraan. Sempat juga kerja di pembangkit listrik tenaga batubara yg wajib pakai masker, hehe. Nah jadi kebiasaan nyetok masker di rumah dan ternyata kebiasaan tsb bermanfaat banget apalagi dalam situasi seperti ini.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 29/04/20 14.58

untungnya sebelum pandemi saya sudah sering stok masker kain dan masker non medis mbak :) karena memang selalu pake masker kemana2

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 29/04/20 15.23

Alhamdulillah kalau masker aku dapet stock dari kantor mbak tiap bulan, tapi mama yang kesulitan cari masker sampai jahit masker kain sendiri karena awal-awal agak sulit cari masker.

Reply Delete
Avatar
Ria Kiyandra 29/04/20 19.22

Udah sedia 30an biji ni masker kain, dan lama kelamaan masker jadi kayak fashion nih, berbagai warna, ada jg yg brokat 😁

Reply Delete
Avatar
Lianny 29/04/20 20.33

Yup, harga masker sekarang jadi melonjak berkali-kali lipat gara2 pandemi ini ya. Aku sekarang pakai masker kain saja yang bisa dicuci tiap kali habis pakai. Masih belum terbiasa pakai masker dlm waktu lama, terasa pengap, mungkin lama2 akan terbiasa.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 01/05/20 09.22

Sedih ya melihat orang banyak mengambil keuntungan dari kejadian ini dengan menimbun masker dan menjualnya mahal sekali. Untung saja banyak yang bikin masker kain, jadi yang membutuhkan masker bisa membeli yang jenis kain ini.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 29/04/20 23.37

iya walau berasa rada sesak karena masih belum terbiasa, sekarang aku setiap pergi pasti pake masker kain nih mbak.

Tapi paling cuma ke mini market depan komplek aja sih, sama ke abang sayur hehe.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 30/04/20 02.18

Masker kain sekarang banyak banget ya modelnya Mba, dan lebih gaya :)
Kalau saya masih belum beli masker kain sih, karena sejak dulu masker kain maupun masker medis itu barang wajib buat kami :)

Jadinya ada beberapa masker kain di rumah :)
Masker medis yang udah habis :D

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 30/04/20 06.50

saya pun sekeluarga memakai masker kain :) karena memang lebih mudah didapatkan. Apalagi tetap bisa modis kalau pakai masker kain hehe

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 30/04/20 09.25

untungnya saya dan keluarga sebelum pandemi ini sudah sering stok masker mbak, baik itu masker non medis 3 ply maupun masker kain

Reply Delete
Avatar
Uni Dzalika 30/04/20 10.47

Sebelum pandemik ini aku memang aware sekali soal penggunaan masker jadi banyak sedia di rumah, Alhamdulillah sekarang makin banyak orang yang aware pakai semoga kita semua selalu sehat amiin

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 30/04/20 11.32

Infonya bermanfaat sekali, makasih ya, saya juga sekarang jadi terbiasa memakai masker jika bepergian, memang butuh pembiasaan ya, katanya kalau di Jepang, masyarakatnya udah biasa ya memakai masker saat keluar rumah

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 30/04/20 16.34

Sama mbak, saya juga tertib memakai masker kain, apalagi pas kemarin kelangkaan masker medis. Tetap aman dan biarlah masker medis untuk garda depan yang lebih membutuhkan hehe

Reply Delete
Avatar
Dwina 30/04/20 18.19

Alhamdulillah masker kainku banyak, mba. Bikin sendiri. Lumayan buat ganti ganti kalau yang satu lagi dicuci.

Reply Delete
Avatar
Demia 30/04/20 19.20

waaa terima kasih infonya mbak, bermanfaat sekali dalam kondisi seperti ini yaaa, aku juga sekarang pake masker kain kemana mana, hihi

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 30/04/20 19.57

Uda mba Lid, masing2 tapi baru punya satu pengen deh cari yg motif2 lucu gitu biar makin semangat dan nggak lupa pakenya :)

Reply Delete
Avatar
Tiaranab.com 30/04/20 20.21

Iya aku biasa pake masker biasanya juga sempet beli tapi skrg mending pake kain aja.. terus diselipin tissue bener lebih efektif loh mbaa

Reply Delete
Avatar
indahjuliarti.com 30/04/20 21.07

Emang yah kak banyak yang selalu pakai masker tapi kurang tau gimana cara pemakaiannya. Semoga kita smua sadar untuk menggunakan masker sebaik mungkin. Memakai masker sesuai denganposisi kita

Reply Delete
Avatar
Cilya 30/04/20 23.00

Alhamdulillah aku sudah siapkan banyak masker kain Mba di rumah. Karena kemarin sempat susah cari masker yang biasa kita beli di guardian. Walau aku ngga kemana-mana nih sudah mau dua bulan tapi tetap aku sedia di rumah

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 01/05/20 00.18

Dari sebelum wabah emang uda ada masker kain buat bepergian pake motor. Jd sekarang tetap pakai yg ada dulu hehehe

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyadtuti 01/05/20 02.11

Alhamdulillah sudah siap masker umi, dari masker yang sekali pakai sampai yang kain.

Reply Delete
Avatar
Mei 01/05/20 05.51

sharing yang sangat bermanfaat, saya hanya punya 2 mba masker kainnya karena emang selama pandemi ini hanya di rumah saja, naik KRL kalau ga pakai diminta keluar ya mba atau bagaimana?

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 01/05/20 06.10

anak-anakku juga punya masker kain sekarang, dijahitin ama Tante, dan anak-anak udah heboh aja gitu dengan maskernya.
masker kain lebih hemat, apalagi kalau bisa jahit sendiri bisa banget tuh buat banyak untuk dipakai sendiri dan dibagikan juga kan ya.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 01/05/20 07.19

Paling mudah memang memakai masker kain ya, dan lebih murah pula. Aku sudah sediakan masker kain di rumah, mi.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 01/05/20 07.26

Udah punya banyak di rumah mba, masker kain buatan teman-teman pokoknya kubeli gitu hehehee... Nyaman kok pakai masker kain dibandingkan dengan yang sekali pakai itu. Lebih ramah lingkungan.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 01/05/20 09.59

Sudah Mbak, di rumah sudah tersedia beberapa lembar masker kain. Cukup untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Sekali pakai langsung dicuci

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 01/05/20 10.10

Makasih tipsnya mba Alida, saya juga sekarang jadi terbiasa pakai masker, anak-anak masih ribet sih untungnya mereka nggak keluar rumah

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 01/05/20 10.13

Sekarang masker jadi laku ya mbak. Bahkan modelnya variatif. Sejak pandemi covid-19 kita dianjurkan memakai masker, saya pun juga demikian sering merasa engap bila terlalu lama memakai masker. Makanya saya pilih masker kain yang modelnya pas dg bentuk wajah saya. Jadi ngeri ya mbak kalau berbicara e Corona...tapi bagaimanapun juga kita harus ikut memutus rantai penyebaran virus covid-19 ini dg diam di rumah dan paturi anjuran pemerintah.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 01/05/20 11.08

Kalau saya sudah bisa banget mengenakan masker Mbak soalnya di tempat kerja sejak lama sejak pertama masuk kerja pun sudah diwajibkan mengenakan masker.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 01/05/20 11.51

Setuju banget mbak, kemana-mana pakai masker kain dan sudah jahit untuk bolak-balik dan ketebalannya. Eh ternyata dapat kiriman lagi dari Mama untuk beberapa masker mbak. Btw kalau pakai masker kain lebih cinta lingkungan kan mbak.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 01/05/20 11.56

aku di rumah juga stok nis mbaaa masker kain...soalnya memang other types of masks should be prioritized for medical officers

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 01/05/20 12.04

Aku dari dulu sering pake masker kain mbak. Dan sekarang tambah rajin ganti2 masker kain

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 01/05/20 12.07

Protokol masuk ke rumah aja sekarang ketat banget yaa...
Jadi ingat zaman duluuu sebelum virus ini ada, aku sering abai. Pulang ke rumah langsung blek-sek, bobok. Boro cuci tangan, heeuheu~

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 01/05/20 13.27

Aku juga pake masker kain buatan temen2ku ada yang beli dan dikasih wkwkk alhamdulilah nih ummi

Reply Delete