Kegiatan yang Bisa Dilakukan Ketika Berdiam Diri di Rumah Saja

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Ketika Berdiam Diri di Rumah Saja

Ada yang sudah merasa bosan di rumah ? Sabar ya. Banyak yang tentunya mengalami kebosanan ketika harus di rumah takkala wabah virus corona melanda ini. Sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai, himbauan untuk berdiam di rumah saja merupakan terbaik. Mungkin kita akan kehilangan sejenak saat-saat nongkrong bersama keluarga di warung bakso terdekat. Atau sejenak melupakan keinginan sekedar cuci mata di minimarket. 

Namun kehilangan sejenak itu adalah pilihan terbaik yang harus kita relakan takkala dihimbau untuk berdiam di rumah saja. 

Sumber foto : pixabay.com

Tapi apakah kebosanan ini yang harus terus kita ratapi dan tangisi ? Saya pernah membaca sebuah kutipan di wall teman saya. Intinya, ketika kita merasakan bosan di rumah tapi bagaimanapun kita masih ada rumah. Bayangkan orang lain yang tak bisa berdiam di rumah karena tak memiliki rumah? 


Atau ada kutipan dari tenaga medis yang membuat saya masih tetap bersyukur walaupun diminta berdiam di rumah saja. “Berdiamlah di rumah karena walaupun terlihat membosankan tapi ingin kami lakukan tapi tak bisa”. Duh, apa nggak makjlebb perasaan saya membaca kalimat seperti itu ? 

Bersyukur .. bersyukur .. bersyukur … 
Alhamdulillah .. alhamdulillah … 

Ada banyak sekali hal yang harus tetap saya syukuri dalam keadaan seperti ini. Masih bisa bebas tertawa lepas bersama keluarga, duduk diam bengong sama keluarga tercinta, masih bisa makan dan minum walaupun sederhana tapi nikmat karena bersama keluarga. 

Kegiatan Ketika Berdiam Diri di Rumah Saja 

Saya mensyukuri ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan tanpa henti yang mungkin tak pernah bisa terbalaskan. Sebagai bentuk rasa syukur, walaupun di rumah saja, saya menyadari ada banyak yang bisa dilakukan yakni : 

Nonton bareng keluarga 
Sebelum wabah virus korona ini melanda, mungkin kita lebih banyak habiskan waktu jalan-jalan ke berbagai tempat di Indonesia atau luar negeri. Atau mungkin lebih banyak waktu jalan sekedar ke mall. Namun dengan himbauan di rumah saja, ada banyak waktu yang bisa digunakan seperti sekarang untuk menonton. Nonton bisa menggunakan layanan tayangan televisi atau lainnya yang menyediakan tontonan menghibur dan mengedukasi. 

Mencoba resep makanan 
Bersyukurlah masih ada bahan makanan walaupun sedikit dan sederhana di rumah. Tapi dengan adanya bahan makanan itu, bisa di olah aneka resep menjadi olahan makanan yang sehat dan mengenyangkan. Kayak saya waktu itu bermodalkan telur, gula, tepung dan pisang saja sudah bisa mendpat 3 olahan makanan yang dinikmati keluarga. Nggak usah nyoba kuliner yang susah dan butuh bahan makanan banyak tapi pilihan sederhana asal keluarga suka ya ini bisa jadi pilihan. 

Olahraga 
Mungkin selama ini selalu beralasan untuk tak sempat olahraga karena sibuk bekerja. Nah ketika harus lebih banyak di rumah saja, tak ada salahnya kan olahraga. Olahraganya banyak yang bisa dikerjakan dari rumah saja loh. Bisa dengan memutar video zumba atau aerobik atau sekedar lompat tali di rumah. Kalau dilakukan bersama keluarga, tentu semakin menyenangkan ya 

Sumber : pixabay.com

Menekuni hobi 
Punya hobi menanam tapi nggak pernah sempat bertanam? Sekarang saat yang tepat untuk menekuni hobi menanam. Atau mungkin yang hobi membaca bakalan lebih puas untuk membaca tanpa ada jeda waktu karena lebih banyak waktu di rumah saja. Hobi lain yang bisa ditekuni misalnya ngeblog atau memotret. 

Perbanyak tilawah 
Hayo siapa yang sering alasan nggak sempat ngaji karena nggak ada waktu? Istigfar dulu yang banyak yaa. Sekarang udah nggak ada alasannya lagi kan untuk tidak perbanyak tilawah. Target tilawah yang mungkin ngaji sepekan sekali hanya sekali buka al quran (istigfar ya) dipersering ya tilawahnya. Minimal satu hari setengah juz ya. Saya udah lama gabung di komunitas one day one juz (ODOJ) dan memilih one day half juz. Beda sama suami yang sehari udah se juz. Alhamdulillah bismillah sama-sama perbanyak ibadah ya. 

Rebahan dan Tidur! 
Saya kalau libur seringkali bebaskan diri untuk tidur. Bahkan pernah ya pas wabah virus corona ini muncul, saya capek. Jadi pas libur kerja, setelah bangun subuh dan beres-beres rumah serta masak, saya tidur. Bangun lagi trus tidur lagi. Abis shalat dzuhur tidur lagi. Nikmat benar ini alhamdulillah. 

Beresin rumah
Udah lama kan pengen beresin rumah ? Sekarang sempatkan diri ya untuk beresin rumah. Cek dapur atau gudang untuk dilihat mana yang masih bisa digunakan dan mana yang sudah tidak. Atau mungkin ingin menata ulang dapur dan ruang tamu ? Inilah saatnya. 


Nah, teryata banyak ya yang Bisa Kita lakukan selama berdiam di rumah saja? Kalau teman-teman, lebih suka kegiatan apa ketika berdiam diri di rumah saja ? 

25 komentar

Avatar
winda - dajourneys.com 09/04/20 13.31

kalau saya selama di rumah aja kebanyakan buka youtube masak mbak, biar ga kehabisan ide buat masak, soalnya udha 3 minggu masak terus sehari 2x ampun hahahaa

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 09/04/20 17.19

Beberapa yang mba sebut aku lakuin di rumah, kecuali satu.. beresin rumah.. hehehe aku gak bakat banget buat beberesan mba.. hiks

Reply Delete
Avatar
Mei 09/04/20 20.47

memperbanyak tilawah kayaknya yang belum mba, terima kasih sudah mengingatkan ya mba, semoga semuanya berakhir secepatnya ya mba

Reply Delete
Avatar
Mei 09/04/20 20.48

memperbanyak tilawah ini yang belum saya lakukan mba, yang lainnya sudha semuanya, semoga pandemi ini segera berakhir ya Allah, aamiin

Reply Delete
Avatar
Lina Muryani 09/04/20 23.23

Kl sy mah bnyk nonton tv sama masak aja Bun. Yg makan suami n anak saja karena sy lbh suka masaknya aja

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 10/04/20 05.39

7 kegiatan yang disebutkan tersebut memang tepat dilakukan bersama di rumah, jadi nggak terasa jemu selama WFH dan SFH

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 10/04/20 12.21

Sebenarnya banyak hal positif yang bisa dilakukan di rumah ya, mbak.
Kalau saya juga jadi cobain resep baru dan bisa fotoin hasil masakan :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 10/04/20 19.25

Semua saya lakukan. Hehehe. Maklum sekarang atau kemarin buat saya tidak ada bedanya. Saya kan memang tidak bekerja, dan selalu di rumah saja. Yang bikin beda sekarang anak dan suami ada juga. Kerjaan masak memasak jadi hampir 24 jam hahaha

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 10/04/20 20.50

nah saya nih jadi sering beresin rumah, mumpung dirumah aja jadi berbenah rumah biar kelihatan bersih dan beda dikit

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 10/04/20 23.03

Semua yang di atas kulakukan Mbak...paling sering masak, haha..semua laper terus bawaannya jadi ngebul melulu dapurnya

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 11/04/20 06.49

Jleb mbak. Doa te baik utk para tenaga media :')

Sebenarnya banyak hikmahnya juga yah Mbak kondisi sepeti ini. Salah satunya bonding dengan keluarga dan dapur jadi lebih sering ngebul byatku hehe

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 11/04/20 06.50

Huhu, aku banyakannya nonton drakor, makan, dan rebahan. Dan olahraga terlupakan. Kudu nyontoh Mbak Alida deh. Biar setiap hari terasa bermakna ya :)

Reply Delete
Avatar
Ani 11/04/20 08.10

Bener mbak bawaan dirumah aku kalo ga makan, rebahan sama masak terus, sesekali berkebun

Reply Delete
Avatar
Putriistianaa 11/04/20 09.07

aku kemaren lagi coba bikin brownies haha resep makanan nyoba terus setiap harii

Reply Delete
Avatar
Cilya Marthalena 11/04/20 09.07

Sama nih aku juga nyicil beresin rumah mba..mumpung ya kan punya waktu luang yg banyak 🤭

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 11/04/20 09.09

Aku nih suka skip olahraga hahaha gantinya malah streaming drakor atau BTS hahaha. Perlu ditingkatkan nih geraknya

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 11/04/20 09.09

Aku nih suka skip olahraga hahaha gantinya malah streaming drakor atau BTS hahaha. Perlu ditingkatkan nih geraknya

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 11/04/20 11.39

Kalo aku ketambahan coba2 resep simple dan main tiktok biar ga bosen 🤣

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 11/04/20 11.53

Kegiatan paling senang dilakukan adalah mencoba berbagai resep makanan yang asik dan menyenankan buat keluarga mbak.

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 12/04/20 08.13

Beresin rumah sambil berbenah barang2 yang jarang dipakai untuk bisa dipindah tangankan buat yang lebih membutuhkan :)

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 12/04/20 15.26

Iya banget deh Mba yang urusan tidur ini. Jadi sepanjang WFH ini, karena si partner akhirnya kerja dari rumah dan kerjaan dia padatnya di pagi sampai siang -- kadang sore sih -- jadi di waktu istirahat siang, saya jadi bisa ijin untuk tidur siang. Bebas pulas karena kalo anak bayi bangun duluan, ada dia yang ngegendong dan langsung nyuapin MPASI atau pure buah yang sudah saya siapkan sebelumnya. Selalu ada hikmah di balik semua ini ya Mba. Semoga kita semua sehat selalu.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 13/04/20 01.18

Yang pastinya ada banyak kegiatan menyenangkan juga yang bisa kita dilakukan di rumah ya Mbak selama masa pandemi ini. Jadi bukan berarti tinggal di rumah menghalangi kita untuk tetap produktif :)

Reply Delete
Avatar
elva s 13/04/20 06.06

Banyak hal yang bisa dilakukan meski stay dirumah dan nggak kemana - mana.
apalagi sejak pandemi virus covid-19 mewabah di Indonesia, pemerintah membatasi aktifitas diluar rumah.

Nah,kalau aku biasanya agar tak bosan. mencoba menu baru yang pernah aku catat, walau kadang hasilnya gagal.
dan tentu ini juga menjadikan moment bersama suami lebih dekat.

Reply Delete
Avatar
antung apriana 14/04/20 06.54

memang sebenarnya ada banyak hal ya yang bisa kita lakukan saat berada di rumah aja. kayak yang sekarang sering muncul di timeline saya. teman-teman blogger sharing hasil masakannya. hehe

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 16/04/20 10.56

Kalau aku sih kalau gak masak, nonton, quality time sama keluarga. Mumpung suami lagi wfh jadi bisa makin deket sama anaknya.

Reply Delete