SLIDER

Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran


Setelah puasa selesai dan memasuki musim lebaran, banyak banget meme yang menggelitik terkait lebaran dan puasa. Misalnya meme perempuan yang saat puasa terlihat langsing dan wajahnya pun memancarkan aura kebahagiaan. Tapi setelah lebaran, badan malah semakin melebar dan wajah cemberut.

Siapa yang pernah mengalami hal begitu? Saya pernah dan saya yakin banyak teman-teman yang juga mengalami seperti itu. Hayo ngakuuuu ....

Nah kali ini saya ingin menceritakan kisah saya sendiri yang pernah mengalami seperti itu. Jadi begini, setiap kali puasa saya selalu memperhatikan benar asupan makanan yang masuk. Saya juga menghindari minum-minuman manis. Saya sadar benar bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan.
 
cara agar tetap sehat setelah lebaran
Jaga asupan makan. Sumber foto : pixabay.com

Salah satu manfaat puasa adalah menjaga berat badan. Jadi, pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Memang sih berat badan akan turun karena puasa. Tapi setelah berbuka puasa, berat badan akan naik walaupun sedikit. Hal ini karena ketika berpuasa, tubuh kehilangan cairan.

Hal yang sering terjadi, seringkali saat berbuka puasa sering kalap. Pengennya makan banyak. Bahkan belum waktu berbuka puasa, malah sudah terbayang mau makan apa saja nanti. Akhirnya, pas berbuka puasa malah jadi tak terkontrol makannya. Alhasil, berat badan pun naik turun tak terkontrol.

Apalagi kala lebaran tiba, keinginan untuk makan di siang hari yang selama ini terpendam, malah muncul. Makanan bersantan dan ditambah minuman serba manis menjadi makanan dan minuman sehari-hari. Belum lagi keasyikan ngemil kue kering sampe nggak sadar kalau kastengel setoples ludes hanya dalam hitungan jam. Alhasil pas lebaran, berat badan pun melonjak naik. Bahkan lebih tinggi dibandingkan berat badan sebelum puasa. Duh ....

Nah, puasa dan lebaran tahun ini saya bertekad untuk tidak mengulang kesalahan-kesalahan tahun lalu. Saya memulai diet sehat beberapa bulan setelah puasa dan bertekad melanjutkannya hingga lebaran usai.

Beberapa Hal yang Saya lakukan Agar Tetap Bugar Setelah Lebaran

Kurangi konsumsi karbohidrat

Sebetulnya saya termasuk orang yang agak susah jika harus mengurangi karbohidrat. Pengennya selalu makan nasi. Apalagi kalau nasi panas ditambah sambal dan ayam atau ikan goreng. Aih nikmatnya ... Tapi sejak bertekad ingin sehat, saya mulai kurang konsumsi karbohidrat khususnya nasi dan roti. Pagi hari, saya memilih minum susu atau teh hijau kemudian siang hanya makan nasi setengah porsi. Malamnya hanya minum teh dan juga susu. Awalnya mungkin terasa berat tapi insyaAllah lama-lama akan terbiasa

Kurangi minum-minuman manis

Godaan terbesat kedua saya adalah kurangi minum-minuman manis. Terutama teh manis. Jujur, saya suka banget dengan teh manis. Setiapkali makan di luar, saya pun memesan es teh manis. Kebayangkan betapa banyak lemak di tubuh saya ketika abis makan-makanan berminyak lalu di tambah es? Nah dampak dari pengurangan minuman manis ini yang sempat bikin saya agak lemas. Tapi alhamdulillah setelah bertahap, saya semakin perbanyak minum air putih dan jus buah 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah


Jujur, saya termasuk orang yang sedari dulu memang agak susah buat makan sayur. Tapi lama kelamaan saya juga sadar bahwa kebiasaan itu tak bagus. Apalagi itu bisa menjadi contoh yang tak baik buat anak. Sekarang saya semakin rajin konsumsi sayur dan buah demi kesehatan. Sayurnya nggak muluk-muluk. Misalnya bayam bening, tumis kangkung hingga capcay kesukaan saya. Porsi sayur saya perbanyak sehingga hanya makan nasi sediki. Bahkan ketika malam, saya hanya makan sayur saja dan tak makan nasi sama sekali. Alhamdulillah tetap kenyang dan tidur nyenyak.
 
cara agar tetap langsing
Perbanyak minum buah dan sayuran. Sumber foto : pixabay.com

Tetap aktifitas fisik

Selama ini saya memilih perbanyak aktifitas fisik melalui perbanyak gerak ketika ke kantor karena menggunakan transportasi umum. Misalnya jalan kaki dari stasiun Palmerah ke kantor di kawasan Palmerah. Selain itu, di kantor pun saya perbanyak jalan kaki dan menggunakan eskalator agar perbanyak aktifitas fisik. Di rumah, walaupun ada beberapa alat olahraga, saya pun upayakan buat olahraga. Kadang sempat dan lebih banyak tak sempat. Kini, saya semakin upayakan semakin intensif untuk perbanyak olahraga fisik.
 
cara mencegah berat badan naik setelah lebaran
Poto ama yayang
Dengan beberapa hal yang saya lakukan itu, secara bertahap, berat badan saya berangsur turun. Memang tak lama tapi setidaknya tidak naik turun secara drastis. Alhamdulillah, sejak Maret 2018 hingga akhir Juni ini, berat badan saya turun tiga kilo. Mungkin bagi orang lain, angka itu termasuk biasa saja. Tapi bagi saya yang kerap kali mengalami kesulitan mengatur keseimbangan berat badan, turun tiga kilo itu benar-benar pencapaian yang luar biasa menggembirakan.

*Tulisan ini menanggapi tulisan kolaborasi KEB

25 komentar

  1. Duhhhh itu poto sama yayang bikin salah fokusssa

    BalasHapus
  2. Makanan dan minuman manis biasanya selalu dihidangkan saat bersilaturahmi...harus kuat nahan godaan emang ..


    Duh ..akubtakut naik lagi nih timbangan. .., tipsnya kece makasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Kalau nyicip sedikit saja mungkin nggak papa. Tapi perbanyak konsumsi air putih ya mbaa

      Hapus
  3. Asek dah potonyaa. Btw, aku pun lagi ngurangin minuman manis nih Mba, tapi kalo karbo kayanya belom siap mwehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kan istri solehah. Hihihi. Pelan2 insyaAllah pasti bisa ya mbaa

      Hapus
  4. Dalam 3 bulan turun 3 kilo sesuatu banget tuh mbak. Kalau saya turun segitu udah bahagia banget *pilu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa. Alhamdulillah. Hayuk semangat mbaa. Pasti bisaa :)

      Hapus
  5. Kalau saya belum bisa lepas dari makanan karbohidrat mbak, kl gak makan karbo bawaannya laper terus sampai makan makanan karbo baru perut lega. Samawa selalu ya mbak 😍😍

    BalasHapus
  6. Poin minum minuman manis ini nih mba berat banget secara selama Ramadhan dan Idul Fitri setiap hari konsumsi minuman manis terus :(

    BalasHapus
  7. Puasa udah turun 3 kilo tapi dua hari lebaran kayaknya naik lagi ini mbaaa, haduuh. Time to detox, memang menjaga konsistensi kurangin gula sama karbo itu susah bangettt..xixi

    BalasHapus
  8. Habis lebaran ini aku jg lg kurangi makan nasi mbak.. ternyata berasa bgt bedanya.. kenapa gak dari dulu hahaha

    BalasHapus
  9. Yaaah telat baca tulisan Ummi. Puasa turun 2 kilo pas abis lebaran langsung naik lagi. Salah aku juga sih nggak stok sayur dan bahan makanan di rumah jadinya jajan terus deh.

    BalasHapus
  10. Kalau selama Ramadan saya memang selalu minum yang manis, buat ngimbangin kadar gula juga, haha... Cuma pas setelah lebaran ya dijaga banget sih. Jalan pagi harus mulai rutin lagi nih :D

    BalasHapus
  11. Aku sejak anakku umur setahun berat badan langsung naik drastis, mbak. Pengennya berusaha ngurangin karbo tapi gagal melulu. Mana ramadan kemarin juga kayaknya keseringan minum manis juga

    BalasHapus
  12. Aku belum bisa menahan godaan dari minuman manis nan menyegarkan. Kalau makan nasi bisa mengurangi sih ^^

    BalasHapus
  13. Aku juga ngurangin karbohidrat, waktu lebaran gak makan ketupat tapi sambal goreng kentang aha, karena udh ada karbo dari kentang hehe

    BalasHapus
  14. Senangnya berhasil turun 3 kilo..aku malah naik keknya habis lebaran soalnya benar-benar kalap apalagi mudik makan masakan ibu :D

    BalasHapus
  15. Puasa tahun ini saya gagal diet nih mba Al, kalo tahun2 sebelumnya jika puasa turun hingga 5kg, tahun ini malah naik 3kg huhu.. tapi intinya memang menjaga asupan makanan ya mba al, badan aku
    biasanya jika rutin makan sayur dan buah aja bisa stabil diberat badan normal aku, tapi kalo sudah ditambah makanan berminyak, pedas dan manis cepet banget nambahnya.. nambah makannya karena enak dan nambah berat badan juga huhu.. semangat kembali ke berat badan normal yuk! makasih tipsnya mba al

    BalasHapus
  16. Uhuk foto ana yayang (salfok) wah, aku hamil jadi ga kontrol bb nih, kmarin di rumah ibu iseng nimbang udah naik 5kg huhuhu. Ntar hamil 7 bulan biasa dah puasa karbo&gula

    BalasHapus
  17. Beratnya menjaga napsu makan setelah lebaran. Apalagi stok makanan kan jadi melimpah. Hmm

    BalasHapus
  18. Saya juga belajar ngurangi karbo Mbak. Terasa banget efeknya di badan

    BalasHapus
  19. Bener banget nih mbak, aku setelah puasa turun 9kg. Amazing banget hasilnya. Cuma nahan godaan buat ga makan lagi after lebaran agak berat hahaha. Apalagi saat silaturahmi ke keluarga. Aku biasanya hanya makan lauk nya aja hihihi

    BalasHapus
  20. Selama puasa, aku sukses gal makan nasi. Tapi mi dan roti oke. Hehehe

    BalasHapus
  21. Mbak Alida itu jalan kaki dari stasiun ke kantornya dari stasiun Pocin ke Palmerah ya? Pantes langsing wuakakakakakak ^_^V

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell