SLIDER

Tips Memotret Menggunakan Smartphone


Saat ini, hampir semua momen terasa hampir selalu diabadikan. Mulai dari kumpul bersama keluarga atau sahabat, momen-momen pertumbuhan anak atau saat berlibur bersama kesayangan. Termasuk saya yang selalu mengabadikan semua momen-momen. Misalnya saat umrah, saya yang hampir selalu memiliki insiatif untuk berfoto bersama atau bahkan memotret apapun yang menurut saya menarik saat saya temui di tanah suci.

Saya tak ingin momen istimewa yang saya lewatkan bersama keluarga tak diabadikan pada sebingkai foto. Nah saat momen lebaran Idul Fitri pun saya tak ingin kesempatan momen kebersamaan di Idul Fitri ini terlewati. Apalagi alhamdulillah di lebaran kemarin, saya bisa berkumpul dengan papa, adik dan keluarganya serta keluarga besar suami di Kudus, Jawa Tengah.

agar hasil foto bagus
Sumber foto : pixabay.com

Salah satu benda kesukaan saya ketika motret adalah smartphone. Saya yakin banyak teman-teman yang sepakat dengan saya. Mengapa? Soalnya smartphone itu sekalian berfungsi buat komunikasi hingga memotret. Selain itu, kalau minta tolong orang untuk memotret diri kita, pun tak perlu repot.

Karena tak banyak juga orang yang bisa mengoperasikan kamera. Tapi kalau memotret menggunakan smartphone, tentunya rata-rata orang bisa melakukannya. Misalnya nih, terkadang saya minta bantuan papa atau orang yang lagi lewat untuk memotret saya. Pasti nggak hanya saya yang seperti itu kan?

tips memotret bagus
Hasil foto menggunakan smartphone
Nah belakangan, saya hampir sering minta tolong papa buat fotoin saya. Alhamdulillah papa sih selalu bersedia. Maklum, anak kesayangannya. Hahhaa ..

Kalau foto menggunakan smartphone, hal pertama yang harus dilakukan adalah kita juga udah tahu hasil foto akan seperti apa. Sehingga, untuk mengarahkan pun tak mudah. Nah pastinya nggak hanya saya yang selalu motret menggunakan smartphone kan? Nah, saya ingin berbagi beberapa tips agar hasil jempretan nggak kalah ama kamera DSL.

Beberapa Hal yang Harus dilakukan Agar Memotret Menggunakan Smartphone Lebih Baik

Bersihkan Lensa Kamera

Mungkin seringkali terabaikan, tapi lensa kamera itu berperan penting untuk hasil jepretan. Kalau kondisinya kurang bersih, hasil fotonya bakalan blur dan nggak jernih. Untuk itu cek selalu bagian lensa kamera smartphone dan bersihkan jika ada debu atau kotoran yang menempel. Cukup dengan mengelap pelan dengan baju, smatphone sudah menjadi bersih lagi.

Perhatikan Cahaya

Memperhatikan komposisi cahaya memang sangat penting. Misalnya saya nih termasuk pribadi yang lebih memilih menyukai memotret dengan cahaya out door karena hasilnya lebih alami. Tapi harus diperhatikan juga waktu-waktu yang tepat untuk memotret. Banyak yang mengatakan bahwa jika ingin mengandalkan cahaya matahari maka waktu yang ideal untuk pemotretan adalah jam 8 – 10 pagi atau jam 3 – 5 sore.

Cari Angle yang Pas

Jangan ragu untuk mengekplorasi angle untuk mendapatkan foto terbaik. Dulu, saya kebiasaan kalau motret ya dari satu sisi dan mengganggap itu udah pas. Sehingga hasil foto saya menjadi monoton. Padahal, dengan memotret dari berbagai sisi, akan ada banyak angle foto yang hasilnya pun lebih ciamik.
agar hasil foto maksimal
Jangan lupa cari angle yang pas. Sumber foto : pixabay.com

Jangan Lupa untuk Menghemat Baterai

Siapa yang pernah ngalamin pas mau motret eh malah batrai handphone malah habis? Saya pernah dan benar-benar nggak mau terulang lagi. Apalagi saat itu saya nggak bawa power bank dan nggak bawa charger.  Momennya pun hilang begitu saya. Tentunya saya tak pengen ini terulang lagi dan saya pun selalu berusaha untuk menjaga kapasitas baterai smartphone agar ga lowbat ketika digunakan. Oh ya, main games di handphone juga membuat batrai handphone pun cepat terkuras habis.

Mungkin masih banyak tips lain untuk memotret menggunakan smartphone. Hal yang terpenting yang harus diperhatikan adalah memperhatikan kualitas kamera yang mumpuni, agar hasil foto juga selaras.

Seperti kualitas foto yang dihasilkan OPPO F7, yang punya resolusi kamera 25 megapiksel dengan sensor HDR Sony IMX 576 dan aperture f/2.0. Selain itu, smartphone ini mempunyai fitur AI Beauty 2.0 yang bikin foto jadi terlihat jernih dan tajam.

Sekarang, tak ada lagi alasan untuk memotret menggunakan smartphone kan? Pas banget ada yang spesial juga dari OPPO, yaitu Ramadhan Special Cashback. Langsung cek ke http://f7.oppomobile.id/ramadhan untuk mendapatkan smartphone yang diinginkan.

Teman termasuk #teamsmartphone atau #teamcamera


33 komentar

  1. Saat ini, smartphone udh jadi andalan dibawa kemanapun. Kualifikasi kameranya juga udh bagus2 kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba. Nggak kalah ama kamera yaa

      Hapus
  2. aku team dua2nya sih hehe saling membutuhkan, misal kamera gak bawa bisa pakai kamera hape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener juga sih kokoh. Saling melengkapi yaa

      Hapus
  3. Saya juga team Oppo, tapi yang murah sih bukan F7 wkwkwk. Tapi saya rasa kameranya sudah cukup untuk menangkap momen bersama anak, jalan-jalan, mengabadikan kenangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kenangan yang terbaik yang berhasil direkam yaa

      Hapus
  4. Aku banget nih ampe kadang lupa sama batere hahaha..seru juga pakai HP memang tantangan cari angle yang pas kadang belum bisa aku. Thanks tipsnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun maish belajar mba Gita untuk menemukan yang terbaik nih

      Hapus
  5. Rasanya belum afdol mbak kl momen2 apapun itu tdk diabadikan dan smartphone menjadi benda yg wajib dibawa kemana-mana. Saya jg pakai Oppo mbak, alhamdulillah bisa mengabadikan momen indah saat bersama keluarga, kerabat dan teman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pun sellau dibawa kemana mana nih. Alhamdulillah jika tepat untuk digunakan ya mba ELva

      Hapus
  6. Jujur sampai saat ini aku masih belum terbiasa mengambil gambar menggunakan smartphone lho Ummi. Mungkin karena spesifikasi kamera di smartphonenya kurang mendukung kali ya? Kalau aku baca spesifikasi Oppo ini emang juara untuk kameranya dan hasilnya bisa dibilang hampir mirip dengan kamera profesional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu sisi juga bisa jadi karena kebiasaan ya mba Tya

      Hapus
  7. Kalau pakai smartphone OPPO sih nggak diraguin lagi kualitas kameranya, apalagi dengan julukan selfie expertnya. Bikin swafoto kita jadi cakep dan jernih.

    BalasHapus
  8. Kamera ponsel sekarang sudah canggih-canggih banget dan hasilnya bagus, aku kalau untuk momen harian dan fotonya untuk koleksi pribadi dan media sosial mah, sudah jarang banget pakai kamera mirrorless.

    BalasHapus
  9. Nggak nahan sama kamera OPPO. yang biasa aja usah beauty banget apalagi yg ada fitur all beauty-nya. Beneran bening

    BalasHapus
  10. Aku pakai dua2nya. Kalau viewnya cakep ya pake kamera. Tapi kalo cuma di dalam ruangan dan biasa aja ya pake hape.

    BalasHapus
  11. Oppo semakin ke sini kuakitas kameranya semakin bagus udah kaya pakai kamera dslr/mirrorles, hasilnya cling. Oya, aku pun masih sering pake smartphone Ummi, soalnya praktis. Sesekali pakai kamera pocket, kamera dslr/mirrorless belum punya

    BalasHapus
  12. 25 mp untuk kelas kamera belakang, sangat sangat bagus..
    tapi kalo jadi kamera depan, sangat sangat disayangkan hehe

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    BalasHapus
  13. Paling penting tuh pas keluar rumah baterai HP kudu full 100% 😆😆😘 Ntar ketemu Momen cAntik ya tinggal jepret. Kan fitur kamera smartphone zaman sekarang udah makin canggih jadi hasil fotonya bagus loh.

    BalasHapus
  14. saya juga sekarang ini paling sering motret atau ambil pake hape, karena mudah dibawa kemana-mana, ga berat,dan fiturnya juga oke

    BalasHapus
  15. Aku team dua-duanya Mba AL hehe.. emak galau.. tapi memang keduanya bagi aku memiliki peran masing-masing, Camera memang lebih ribet dan HP lebih mudah.. aku paling jarang Bersihin layar kamera HP sih makanya hasilnya kadang kurang maksimal, noted untuk Tips nya Mba Al

    BalasHapus
  16. Meski punya kamera spesial, tetap ya motret dari smartphone itu sering jadi pilihan karena praktis, simpel,bisa langsung dishare detik.itu juga. Jadi penting bisa menguasai tehnik motret by smartphone ya

    BalasHapus
  17. Oppo kameranya kece banget.. kepikiran buat ganti hp hihihi

    BalasHapus
  18. aku #teamsmartphone aja karena belum punya kamera wkwkwkwk bener nih tipsnya mbak lida, lensa kudu bersih sebelum moto, aku pernah ngalamin moto event eh hasilnya ngeblur XD ternyata lensanya ada bekas tangan

    BalasHapus
  19. Oppo itu emang kece banget kameranya ya. Ayahku baru beli nih Oppo F7. Jadi beliau semakin sering selfi dan hape nya penuh foto2 cucunya pas lebaran kemarin hihi

    BalasHapus
  20. Wow resolusinya ajib banget Mba 25 MP. Itu sebening apa ya hasilnya kalau di foto sama oppo f7?

    BalasHapus
  21. Keren. Makasih tips nya!

    BalasHapus
  22. sekarang kualitas kamera handphone emang udah bagus banget ya mbak

    BalasHapus
  23. Smartphone semarang tam bah canggih canggih kameranya mbaaa

    BalasHapus
  24. suka lupa bawa power bank hahaha jadinya miss moment bangets 😂

    BalasHapus
  25. Saya jarang banget mbak memperhatikan cahaya, masih sering asal jepret2 aja. Padahal sih emang penting ya mbak memperhatikan pencahayaan saat mau memotret

    BalasHapus
  26. Pakai aplikasi dan filter juga berpengaruh juga sih sepertinya hehe

    BalasHapus
  27. betul itu, di seting kamera hpnya juga udah ada filternya, tinggal poles dikit dan hasilnya gak kalah sama kamera DSL. apalagi kalau buat foto liburan, g usah ribet bawa kamera DSL.

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell