SLIDER

Tantangan Mengelola Keuangan ala Keluarga Surya


Mengelola keuangan ala keluarga muda tuh gampang-gampang susah. Banyak pasangan yang karena keterbatasan dana memutuskan untuk mengontrak rumah setelah menikah. Sama seperti yang saya dan suami alami. Keterbatasan dana kala itu membuat kami memilih untuk mengontrak rumah tak jauh dari tempat saya bekerja.

Namun untuk membeli rumah saat ini bukan hal yang mudah. Harga-harga rumah ratusan juta dan itu pun untuk tipe paling sederhana. Kalau pun untuk membayar uang muka rumah, harus mengumpulkan uang puluhan juta. Itu pun harus membayar cicilan jutaan rupiah selama berpuluh-puluh tahun.

cara mengatur keuangan keluarga
Ummi dan bapak kalau membahas soal keuangan keluarga :p
Alhasil, banyak yang memilih membeli rumah jauh dari ibukota Jakarta dan harus menempuh perjalanan berjam-jam untuk tiba di kantor. Pilihan lainnya ya mau tak mau harus ngekost atau ngontrak di dekat kantor. Minimal mengurangi pengeluaran transportasi.

Boleh dibilang, memiliki rumah kini menjadi tantangan bagi pasangan suami istri. Tapi itu hanyalah satu dari sekian banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pasangan suami istri. Setelah menikah, suami istri harus mengelola keuangan untuk makanan sehari-hari, persiapan biaya melahirkan, membayar uang sekolah anak dan masih banyak pos-pos pengeluaran yang harus disiapkan.

Kok kesannya hidup berkeluarga jadi ribet ya? Menurut saya bukan permasalahan ribet. Tapi ketika seseorang memutuskan untuk menikah, dia juga harus mempertimbangkan bagaimana agar keluarga bahagia. Dan salah satu aspek kebahagiaan keluarga ya memiliki keuangan keluarga yang sehat.

Bukan berarti semua harus serba berlebihan seperti kisah-kisah keluarga kaya di sinetron. Tapi setidaknya harus memiliki pengaturan keuangan yang baik. Misalnya tahu gaji yang diperoleh dialokasikan untuk apa saja.

Saya pernah membaca di beberapa artikel keuangan yang menyebutkan bahwa masalah yang dihadapi banyak keluarga bukanlah terletak pada penghasilan suami dan istri yang kurang, tapi kebiasaan yang keliru dalam mengelola uang. Uang yang diperoleh entah mengapa habis begitu saja seolah tak tersisa.

Beberapa Hal yang Harus dilakukan untuk Mengelola Keuangan Keluarga

Mengelola keuangan keluarga ini susah-susah gampang. Banyak pasangan suami istri yang menganggap bahwa ngomong soal keuangan tuh adalah hal yang tabu. Jadi ya jangan heran banyak istri yang tak tahu berapa penghasilan suaminya sehingga hanya menerima jatah uang dari suami untuk dikelola. Kalau uangnya tak cukup? Ya mau tak mau harus dicukupi.

Suami Istri Harus Komunikasikan Keuangan Keluarga secara Bersama-sama  

Sudahkah duduk bersama pasangan untuk membahas tentang keuangan keluarga? Kalau belum, saya sarankan untuk melakukan itu. Mengapa? Dengan duduk bersama, ngobrol dari hati ke hati dan secara terbuka serta jujur, insyaAllah semuanya menjadi lebih mudah. Jika hanya satu pihak saja yang menginginkan keterbukaan, ya agak berat. Pernikahan itu kan dilakukan dua orang. Jadi sebaiknya mengelola keuangan keluarga pun dilakukan bersama-sama sehingga bisa mencapai keuangan keluarga yang sehat. Sebetulnya lebih baik hal ini dibahas bahkan sebelum menikah sehingga keterbukaan telah dilakukan sejak awal.

Pasangan harus menentukan pos-pos pengeluaran dan mengatur penghasilan

Jika pasangan suami istri telah duduk bersama, kini saatnya membahas berapa pendapatan per hari atau per bulan dan pengeluarannya untuk apa saja. Termasuk keinginan untuk memperoleh pendapatan dari pekerjaan sampingan yang sekiranya perlu dilakukan. Penentuan pos-pos pengeluaran memang sebaiknya dilakukan berdua karena akan juga meliputi pengeluaran untuk daycare anak atau sekolah anak. Sebaiknya juga mencatat setiap bulan pengeluarannya untuk apa saja sehingga bisa diketahui pengeluaran per bulan berapa.

Pertimbangkan dengan baik pos-pos pengelolaan keuangan keluarga


Menyisihkan uang untuk tabungan dana darurat dan investasi

Seberapa penting sih dana darurat? Mungkin bagi sebagian orang menganggap dana darurat itu tak penting. Tapi, siapa yang bisa tahu masa depan seseorang? Termasuk jika tiba-tiba ada kejadian yang membutuhkan dana besar dalam waktu dekat? Tak ada yang bisa menduga kan? Nah, pos pengeluaran untuk dana darurat bisa diperoleh dari bonus kantor atau dari pekerjaaan sampingan (kalau ada).

Hal yang penting juga adalah investasi. Investasi ini sangat penting agar keuangan keluarga tak hanya saat saat ini tapi juga di waktu yang akan datang. Investasi sekarang banyak pilihannya. Mulai dari investasi tanah atau rumah, logam mulia hingga asuransi. 

 Belajar Investasi Melalui Webseries Sitkom Keluarga Surya

Siapa yang masih kebinggungan mencari informasi tentang keuangan keluarga termasuk belajar investasi? Jika masih ada teman-teman yang merasa demikian, saya menganjurkan untuk menonton webseries Keluarga Surya di channel youtube Sun Life Financial.

Apa yang dilakukan Sun Life Financial ini tak lain merupakan salah satu cara agar literasi keuangan di masyarakat Indonesia menjadi bertambah. Hingga kini, literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah.
 
cara mengatur keuangan keluarga
Webseris Keluarga Surya
Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Nah, mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang. Harapannya, melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga.

Webseries Keluarga Surya hadir untuk menjadi salah satu pilihan edukasi keuangan keluarga. Pemeran Keluarga Surya ini adalah :
  • Edo Borne sebagai Ayah Surya
  • Karina Nadila sebagai Ibu Mentari
  • Bima Azriel sebagai Fajar
  • Sandrina Michelle sebagai Cahaya

Kini, webseries Keluarga Surya telah memasuki episode ketiga yang dilaunching tepat pada tanggal 20 Juni 2018. Webseries Keluarga Surya yang pertama menghadirkan tentang THR : Habisin atau Tabungin?. Nah episode ini pas banget karena bertepatan dengan masa lebaran yang terkadang membuat pasangan muda dilema untuk menghabiskan uang THR yang datang setahun sekali atau menginvestasikannya.

Sedangkan webseries kedua yang bertema Wakaf Cara Baru mencoba menghadirkan solusi wakaf yang memudahkan namun teryata memberikan manfaat dunia akhirat bagi keluarga. Kalau teman-teman penasaran dengan Wakaf Cara Baru bisa langsung meluncur ke channel youtubenya ya.

Nah, webseries terbaru yang ingin saya bahas panjang lebar adalah tentang Tantangan Bola. Ketika webseries ini diluncurkan, bertepatan dengan demam bola dimana-mana. Banyak orang membahas tentang Piala Dunia yang tahun 2018 ini berlangsung di Rusia.


Bagi penggemar bola, tentunya tak akan melewatkan kesempatan event bola yang hanya hadir empat tahun sekali. Termasuk anggota Keluarga Surya yakni Pak Surya dan anak laki satu-satunya yang bernama Fajar.

Kebiasaan menonton bola hingga tenha malam ini yang menurut Ibu Mentari membuat pola hidup menjadi tak sehat. Apalagi jika keeseokan harinya harus bekerja dan sekolah. Makanya, Ibu Mentari membuat tantangan yang harus dilakukan oleh Pak Surya dan Fajar.

Tantangannya adalah, Pak Surya dan Fajar harus tidur pukul 10 malam dan harus bangun jam 5 pagi. Jika bisa melakukannya, Ibu Mentari akan memberikan hadiah berupa traktir makan sepuasnya di hotel bintang lima. Namun jika gagal, Pak Surya harus mentraktir satu keluarga plus nginap di hotel berbintang.
 
Penting juga investasi kesehatan keluarga
Tak mau kalah, Pak Surya dan Fajar pun mamasang strategi. Pukul 10 malam mereka pun beranjak masuk kamar. Namun apa yang terjadi? Bukannya tidur, mereka berdua asyik nonton bola melalui streaming di handphone. Akhirnya ketahuan Ibu mentari dan handphonenya pun disita. Karena tak ingin kalah, Fajar dan Pak Surya pun komitmen untuk mengikuti aturan Ibu Mentari selama seminggu dan mereka pun berhasil. Eh tapi, karena Ibu Mentari cerdas dalam pengelolaan keuangan keluarga, traktiran di hotel tuh terkait adanya pernikahan temannya di salah satu hotel ternama sehingga Ibu Mentari tak perlu mengeluarkan uang banyak namun satu sisi kesehatan keluarganya terlindungi. Cerdas kan?
 
Peran istri solehah juga pas untuk pengaturan keuangan keluarga
Saya sih menyarankan teman-teman menonton webseries Keluarga Surya karena hanya dengan durasi 5 menit, webseries ini telah mampu menerjemahkan pengelolaan keluarga dengan baik. Tak perlu kuatir akan terkesan menggurui tapi bahkan webseries ini dihadirkan secara jenaka. Saya sendiri berulangkali tertawa karena melihat akting para pemain yang menjiwai dan mamu menyampaikan pesan dengan baik.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap bisa langsung membuka akun media sosia Sun Life Financial yakni :
Website : www.sunlife.com
Instagram : @sunlife_id

Jangan lupa juga ikutin giveaway Keluarga Surya dengan hadiah-hadiah yang menggiurkan. Siapa sih yang tak ingin belajar mengelola keuangan keluarga tapi dapat bonus hadiah? Kalau saya sih mau banget. Oh ya, bagaimana sih cara mengatur keuangan keluarga teman-teman? Boleh bagi sedikit di kolom komentar ya ...  



    

70 komentar

  1. Menjelang menikah, saya sampai bikin komitmen sama suami supaya jangan sampai ribut untuk urusan uang. Abis urusan uang memang sensitif. Apalagi kalau udah menikah mah kebutuhannya banyak.

    Setelah dijalani memang kadang-kadang suka ada sedikit ribut. Tapi, untungnya hanya sesaat. Setuju banget, deh, kalau keuangan rumah tangga memang harus dikelola dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Jangan sampai deh berantem ama pasangan hanya karena keuangan. Terima kasih sudah berbagi ya

      Hapus
  2. Saya juga termasuk telat belajar perencanaan keuangan keluarga, mba. Jadinya baru tahun ini ngumpulin dana darurat, padahal itu penting banget karena selalu ada kejadian tak terduga. Btw saya suka web seriesnya karena ada Karina Nadila, dia kocak banget actingnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya bener mba. Aku suka juga akting Karina. Kayak lepas tanpa beban gitu ya :)

      Hapus
  3. Bener ummi, waktu awal nikah kami pun fokusnya soal tempat tinggal ya, setelah memiliki anak ternyata banyak banget pos2 keuangan yang harus dibicarakan dan direncanakan. Komunikasi emang unsur penting dalam perencanaan masa depan keluarga ya ummi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener banget mba Shine. DUudk bareng dan bahas ama pasangan ya mba

      Hapus
    2. Iya ummi apalagi sambil ngeteh dan nonton keluarga surya bareng, jadi biar sama2 aware dan rileks ketika ngobrolin keuangan hehe

      Hapus
  4. Wah sy setuju kalo pembahasan uang yang agak tabu tsb dibahas bahkan sebelum nikah. Biar sama2 tau gambaran pengeluaran setelah pernikahan kayak gimana hihi

    BalasHapus
  5. Jangan mau menang sendiri, pasangan suami istri menentukan post post kebutuhan demi masa depan keluarga

    BalasHapus
  6. wahhh ini berguna banget buat aku yang lagi nyari ilmu untuk mengurusi keuangan keluarga. makasih mba ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ya mba. Insyaallah bermanfaaat ya tulisan ini

      Hapus
  7. Kalau bicara keuangan keluarha memang perlu perencanaan matang apalagi bahas masa depan untuk keluarga. Setuju sekali dengan ulasan mba Alida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih memilih demikian mba Erna. makasih ya

      Hapus
  8. Huhu saya banget sekarang lagi belajar mengatur keuangan,dengan penghasilan dari sekarang sudah mulai nyicil untuk beli rumah. Langsung cuss nonton webseriesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah jadi semangat untuk membeli rumah sesuai yang diinginkan yaa mbaa. Aamiin

      Hapus
  9. Bicara keuangan memang sensitif dan tabu, tapi harus dibicarakan dan direncanakan, kalau ga ya berantakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomongin ama pasangan emmang harus pelan pelan juga ya mbaa

      Hapus
  10. Bener banget Mbak Alida, belajar mengelola keuangan sangat penting. Apalagi saya yg notabene habis menikah dan pengin beli rumah. Tipsnya aplicable banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah pelan2 dan Allah akan kabulkan ya mba Aya. Aamin

      Hapus
  11. Webseries Keluarga Surya ini pas banget ya, kampanyenya menyentuh tanpa menggurui...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang harus selalu kita dukung ya mbaa. PEsannya biar nyampe

      Hapus
  12. Sampai saat ini keuangan keluarga masih terseok-seok karena belum baik dalam mengatur keuangan.
    Semoga dengan menonton keluarga Surya, jadi lebih baik lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin insyaAllah Allah mudahkan prosesnya ya mba Lendy. Pasti bisaaa

      Hapus
  13. Wkwkwk saya ngakak pas baca bagian ibu mentari traktirnya di acara resepsi. Kalau soal perencanaan keuangan kayaknya saya dan suami masih perlu belajar dan duduk bareng juga deh soalnya masih kacau banget perencanaan keuangan kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya belajar untuk mengatur keuangan memang pun harus aku dan suami selalu lakukan nih mba

      Hapus
  14. Ide SunLife keren, smoga semua kelg muda mampu melek literasi keuangan sejak dini, apalagi ttg kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ini juga pas buat keluarga yang sudah lama membina rumah tangga sih mba

      Hapus
  15. Duh aku belum nonton nih yang ketiga, katanya ada hubungannya ma piala dunia gtu ya.
    Peran istri emang sangat besar buat ngatur2 keuangan, tapi bagaimanapun jg lbh baik diatur bareng ya mbak, spy bisa sama2 ngrasain susah senengnya "ngumpulin duit" hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa emang sih bagusnya diatur bareng mbaa ama suami. Jadi biar tujuannya nyampe

      Hapus
  16. Benerrr mbak, keluarga muda tantangannya banyak. Dari mulai rumah, kendaraan, sampe gaya hidup. Dulu mah orang tua cukup nabung aja buat beli rumah, kalau sekarang harus serba cicilan, kudu pinter atur gaji suami buat nyicil ini itu deh.

    BalasHapus
  17. Sekarang mesti pinter pinter mengelola uang nih

    BalasHapus
  18. Tertarik nonton webseries keluarga Suryanya. Mudah - mudahan tidur cukup, olahraga teratur bisa terwujud secepatnya di daily life ku nih mba hihihi

    BalasHapus
  19. Setuju banget, Mba Al. Keluarga bahagia keluarga yang memiliki keuangan keluarga yang sehat.

    BalasHapus
  20. kebahagiaan keluarga ya memiliki keuangan keluarga yang sehat! ini super banget mba al, ditambah peran istri "sholehah" dalam mengelola keuangan keluarga.. bersyukur dan ikhtiar dengan pendapatan kelurga yg diterima.. InshaAllah keluarga bahagia dan sejahtera dalam urusan dunia dan akhirat ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin terima kasih doanya ya mba ELy. DOa yang sama buat mba ELly

      Hapus
  21. Mengelola keuangan tidak begitu mudah mbak, yang pasti butuh komitmen dan kerjasama antara suami istri. 😁

    Seru ya keluarga Surya, mengedukasi masyarakat luas khususnya keluarga agar pinter kelola keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan komitmennya harus kuat loh mba ELva

      Hapus
  22. wow keren banget, bisa belajar soal keuangan keluarga lewat webseries begini. idenya menarik nih! sebagai yang relatif baru dalam membina keluarga penting banget kayanya buat pelan-pelan belajar menata keuangan... hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa nuh untuk menata keuangan keluarga jadi lebih baik

      Hapus
  23. Mengelola keuangan sesuai post itu agak susah-susah gampang...jadi butuh niat yg kuat..n tahan godaan apalagi kalau pas gajian..., Jangan sampai untuk keperluan pokok di gunakan ..diluar keperluannya...jika tidak, nombok bulan depan...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai nombok deh mba Nova. Hehhee

      Hapus
  24. Perlu banget nih duduk sama-sama membicarakan pengelolaan keuangan keluarga. Jadi tahu uangnya di pos kan kemana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap setuju mba. Biar nggak ada fitnah di antara kita :P

      Hapus
  25. Ada di youtube kali ya mba video nya, aku jadi ingin nonton juga perencanaan keuangan ala pak surya fan bu mentari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget ada semua di youtube mba Asti

      Hapus
  26. Udah nontooon dan emang bagus webseries-nya. Pesannya mudah dicerna, mungkin karena cara penyampaiannya yang sederhana menggunakan contoh kejadian sehari-hari ya. Kocak banget deh endingnya yang episode 3 ini, boleh tuh idenya dipakai buat yang mau makan hemat di hotel. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa di php banget yaa ama istri sendiri. Hahhaa

      Hapus
  27. Bu Mentari pinteran ya bikin tantangan hehehe, padahal maksudnya supaya keluarga tetap sehat. Video Sitkom Keluarga Surya emang seru-seru, ringan tapi meaningfull. suka deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang skeluarga kira bawel padahal kan itu tanda ibunya perhatian ama keluarga :)

      Hapus
  28. Seorang ibu selain harus pintar masak, dandan,pun harus pintar mrngelola keuangan ya biar kayak bu Surya

    BalasHapus
  29. Saya termasuk terlambat belajar keuangan. Di awal menikah dulu masih galau mau tinggal dimana karena suami sering mutasi. biar bagaimanapun saya maupun suami punya komitmen untuk terbuka masalah keuangan. Agak sensitif sih bicara keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun sensitif tapi memang harus kita bahas bersama ya mbaa

      Hapus
  30. nah ini jadi concern saya sehabis lebaran dah lama punya danareksa dari tahun 2016 tp isinya ga nambah-nambah. rencana mulai bulan ini mo ditambah walau hanya 100rb/bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen sih danareka tapi kayaknya belum berani euy mbaa

      Hapus
  31. setuju bahwa kondisi keuangan keluarga yg sehat merupakan salah satu koentji keluarga bahagia, karena gak sedikit keluarga cerai berai hanya karena gak siap keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga kita dijauhkan dari yang tak baik ya mbaa

      Hapus
  32. membuat pos ini yang kada masih miss deh mbak.. pengeluaran tak terduganya banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Nah makanya harus ada dana darurat itu yaBunchy

      Hapus
  33. Web series ini bukan hanya kocak dan menghibur utk ditonton ya Mba tapi juga banyak ngasih edukasi keuangannya. Sukak.

    BalasHapus
  34. Mengelola keuangan itu susah euy apalagi yg hobi belanja kayak aku huhuhu. Btw thanks infonya yaa mbak, harus belajar mengatur keuangan nih aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun kadang mengalami dilema nih karena senang belanja

      Hapus
  35. Semoga makin banyak yah tayangan seperti keluarga surya ini, biar masyarakat bisa cerdas literasi keuangannya

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell