Pengalaman Belanja Produk Lokal di Pasar idEA

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Belanja Produk Lokal di Pasar idEA


Semua berawal dari ajakan teman untuk datang ke Pasar idEA yang dilaksanakan di Hall A dan B Jakarta Convention Center pada tanggal 15 hingga 24 Agustus 2019. “Banyak produk lokal berkualitas ada di sana. Lengkap,” kata teman saya. Saya cek jadwal kerja, pas banget tanggal 15 Agustus 2019 saya masuk kerja. Jadi saya sudah rencanakan Kamis itu, saya ingin belanja di Pasar iDEA.

Saya termasuk orang yang senang berbelanja produk lokal. Makanya, pas tahu ada festival belanja yang menjual berbagai produk lokal, tentu saja saya tak melewatkan kesempatan itu. Ngomong-ngomong, ada yang tahu tentang Pasar idEA? Pasar idEA adalah festival belanja online to offline yang pertama dan terbesar di Indonesia. Pasar idEA merupakan hasil kerja sama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan PT. Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia).

 
Saya suka produk lokal yang di Pasar idEA

Kamis, 15 Agustus, tepat pada hari pertama pembukaan Pasar idEA, saya pun tiba di Hall A JCC. Harga tiket masuk Rp 35 ribu menurut saya terjangkau untuk melihat banyak produk berkualitas yang dijual di Pasar idEA.

Bagi saya, Pasar idEA itu hadir untuk menjawab kebutuhan pasar dan mengikuti perkembangan jaman. Sejak awal masuk, pengunjung sudah disajikan banyak spot-spot foto bagus yang sayang jika terlewatkan. Begitupula saya yang langsung berfoto di salah satu spot foto bertema liburan yang disediakan oleh Tokopedia.

Tak hanya itu saja, saya juga sempat mampir dan berfoto di booth Tokopedia yang menyajikan berbagai produk yang sesuai hobi. Semua produk pendukung hobi seperti sepeda, gitar, motor unik, terpajang unik di booth Tokopedia itu.  
 
Booth Tokopedia
Karena kebetulan saya mencari mukena, saya langsung jatuh cinta dengan salah satu booth yang menjual mukena yakni Tazbiya. Belanja di booth ini nggak bikin rugi karena ada promo harga mukena yang membuat saya bahagia. Hayo, siapa yang tak bahagia dapat harga inceran yang murah, bahannya bagus dan awet ?

Harga mukena yang ditawarkan memang lebih murah di Pasar idEA dibandingkan yang lainnya. Untuk mukena anak, hanya di jual seharga Rp 117.500. Untuk mukena orang dewasa, dijual dari harga Rp 136 ribu hingga Rp 145.700. Terjangkau kan? Barangnya juga bagus karena terbuat dari bahan rayon yang adem dan nyaman digunakan.   

Tazbiya ini hanya salah satu dari puluhan merchant yang menjual  produk lokalnya di Pasar idEA. Setelah dari booth Tazbiya dan membeli mukena, saya berkunjung ke booth Valeria. Saya jatuh cinta dengan aneka rajutan yang dipajang walaupun sebetulnya saya tak bisa merajut sama sekali. Tapi kalau merajut cinta, saya jago kok! #Eh ...
 
Bingung mau belanja apa ya 
Bagaimana saya tak jatuh cinta jika melihat boneka, sepatu, topi dan lain-lain yang dipajang di booth Valeria? Semuanya menggemaskan! Warna-warna yang dihadirkan adalah warna-warna pastel namun memikat. Mulai dari warna pink, hijau, kuning pupus dan lain-lain.

Saya bertemu dengan Deasy Priska, pemilik Valeria ini. Jadi, beragam produk yang dimiliki Valeria adalah produk lokal yang semua dikerjakan oleh pengrajin lokal di Yogyakarta. Dan semuanya adalah produk handmade! Karen kan? Semua ini sudah dilaksanakan sekitar 3,5 tahun yang lalu. Kepada saya, Deasy bercerita kalau semua berawal dari ia yang melihat produk rajutan untuk anak terbilang jarang. Pas banget saat itu dia butuh sepatu yang pas untuk anak perempuannya yang baru dilahirkan.

Akhirnya, ia membuat produk sepatu rajutan untuk sang buah hati. Teryata, saudara dan temannya suka dan dari situlah ia merasa bahwa produk rajutan akan menjadi produk lokal yang digemari. Ia pun menggandeng pengrajin lokal untuk membuat produk.
 
Produk ari Valeria 
Deasy yang mendesain bahkan memilih benang serta warna yang pas untuk produk Valeria. Lama kelamaan, keuntungan berada di pihaknya. Bisnisnya semakin maju dan kini tak hanya laku terjual di dalam negeri tapi juga ke Singapura, Malaysia, Sydney dan bahkan Amerika. Harga yang dijual pun beragam. Sepatu bayi rajutan yang dijual seharga Rp 110 ribu. Sedangkan boneka rajutan dijual dari harga Rp 165 ribu hingga Rp 205 ribu. Menjajakan produknya di Pasar idEA menurutnya adalah pilihan yang tepat karena ia memiliki kesempatan untuk mempelajari teknik penjualan serta belajar banyak hal yang dapat memajukan usahanya.

Mau beli perhiasan? Pasar idEA adalah pilihannya. Ada berbagai booth yang menjual perhiasan. Dalam pengamatan saya, paling banyak yang dijual adalah mutiara. Aksesoris mutiara yang dijual mulai dari kalung, anting hingga aneka bros dengan kualitas terbaik.

Kerennya lagi, semua produk itu di datangkan langsung dari daerah penghasilnya. Salah satunya adalah booth Echa Pearl yang berasal dari Lombok dan menjual berbagai kosmetik yang terbuat dari kerang. Deni Ramdhani, penjual di Echa Pearl mengaku selama ini menjual produknya secara online dan offline. Dengan memasarkan produknya secara digital, ia mengaku memiliki peningkatan ekonomi digital yang mendukung usaha yang dikembangkan bersama sang kakak.
 
Perhiasanya cakep ya 
Semua produk mutiara yang disajikan adalah buatan pengrajin lokal di sekitar wilayah rumahnya. Produk akesoris yang dijual memang beragam namun semua berasal dari mutiara. Kepada saya, ia mengaku kualitas mutiara berbeda berdasarkan tempat dikembangkan. Mutiara air laut membutuhkan waktu panen hingga 3-5 tahun dan ini membuat mutiara ini lebih mahal.

Berbeda dengan mutiara air tawar yang hanya butuh 3-6 bulan untuk dipanen. Dan tentu saja ketika dijual, harganya pun lebih murah. Cincin yang ada hiasan mutiara air laut misalnya, dijual seharga Rp 450 ribu. Sedangkan cincin dari mutiara air tawar dijual seharga Rp 250 ribu. Tapi ada juga kalung dengan hiasan mutiara yang dijual seharga Rp 3 juta tapi dengan kualitas terbaik.   

Ingin membeli tas rotan yang sekarang lagi hits? Datanglah di Pasar idEA karena ada yang menjual tas rotan yang semuanya adalah produksi dari Lombok. “Produk ini berasal dari kami dan laku terjual di Bali juga,” kata Nurmala yang menjual berbagai produk rotan dari produk Bale Rattan Bag. Semua produk itu diproduksi di kampung Janapria, Lombok Tengah. Tas rotan yang dijual bervariasi mulai dari Rp 110 ribu dengan berbagai ukuran.  


Bakalan borong deh :) 

Tentu masih banyak produk lokal berkualitas yang dijual di Pasar idEA. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun sinergi dengan para pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan masyarakat sehingga memiliki semangat yang sama untuk memperkuat ekosistem digital. “Apalagi tantangannya sekarang adalah bagaimana meningkatkan volume dan daya saing produk lokal di pasar e-commerce,” ujar Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung.

Berapa jumlah pengunjung yang diharapkan? Selama empat hari pelaksanaan Pasar idEA ini diharapkan dapat menghadirkan 120.000 pengunjung. Ada banyak prom-promo yang ditawarkan yang menjadi daya tarik. Bahkan, berbagai marketplace pun terlibat di pelaksanaan Pasar idEA ini. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Blibli  serta Lazada berlomba-lomba menawarkan berbagai promo yang sayang untuk dilewati.

Tunggu apa lagi? Ingin belanja produk lokal terbaik? Pasar idEA adalah pilihannya.

33 komentar

Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 19/08/19, 10.52

Sekarang produk lokal itu gak kalah keren kok sama produk luar. Kemarin aku mau mampir sini, padahal paginya udah main di GBK tapi lupa mau mampir ke JCC. Barang-barang yang ada disana juga bagus-bagus ya.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 19/08/19, 10.52

Sekarang produk lokal itu gak kalah keren kok sama produk luar. Kemarin aku mau mampir sini, padahal paginya udah main di GBK tapi lupa mau mampir ke JCC. Barang-barang yang ada disana juga bagus-bagus ya.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 20/08/19, 22.08

Itu ada pernak-pernik buat rumah juga ya kalau aku gak salah lihat, hiasan dinding. Soalnya dulu pernah titip teman waktu keluar kota hiasan dinding kayu gitu, kemarin tau ada kesana ya.

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah 19/08/19, 16.03

Andai bisa mengunjungi Pasar idEA pasti aku juga bakalan berburu barang yang mau dibeli mbak, ehh. Asyikk ya, barangnya dapat yang bagus, namun harganya dapat yang lebih miring.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 21/08/19, 23.23

Iya nih, coba deket ya, pasti langsung cuuuzz... Barangnya bagus-bagus dan kece gitu.

Reply Delete
Avatar
Neti Suriana 19/08/19, 17.18

Wah keren ini mendukung ukm lokal utk berkembang. Smg pasar idEA segera hadir di kota-kota lainnya.
Trimksh mbak, tulisannya bermanfaat sekali.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 19/08/19, 18.49

Kalo ada pasar idea gini lebih enak ya, semua produk lokal ngumpul semua :)) buat pecinta produk lokal jd lebih puas belanjanya :)

Btw, Tazbiya atau Tazkia mba? :)

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 19/08/19, 18.53

Kalau pergi ke bazaar gaul begini, seringnya saya cari booth UKM yang paling laris. Boothnya unicorn itu rame mah biasa, tapi kalau boothnya UKM yang rame, itu luar biasa.

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry 20/08/19, 01.46

Wah ternyata pilihan nya banyak ya disana. Aku klo kesana udh pasti kalap bnyak yg dibeli. Ahahahah.. nama nya jg cewe ya kaan haha

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 20/08/19, 10.59

wah banyak sekali pernak perniknya, aku biasanya suka kalap kalau ke tempat begitu mbak, apalagi bagus buat properti foto :)

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy 20/08/19, 13.15

Aku paling ngak tahan kalau ngeliat barang handmade, selain lucu dan bagus karena di buat asli dari tangan sendiri, produknya biasanya bermanfaat banget buat aktivitas sehari-hari, kayak tas, selimut, dsb. Kemaren belum sempet nih ke pasar IdEA, mudah-mudahan tahun depan masih ada, soalnya bisa lihat sendiri terus di pegang langsung barang yang biasanya di jual online, langka lho mak...hehehe.

Reply Delete
Avatar
Hani S. 20/08/19, 14.23

Bisa belanja banyak keperluan di satu tempat itu asik banget, apalagi kalau barang-barangnya unik dan asli Lokal kayak gini, kayaknya gak bakal tahan buat gak borong deh, haha.

Reply Delete
Avatar
Shani 20/08/19, 15.10

Seru nih pastinya pengalaman belanja produk di pasar gini, aku kalau ke pameran pasar gini pasti demen liat bagian pernak-perniknya produk lokal gak kalah sama produk luar ya mbak

Reply Delete
Avatar
Andiyani 20/08/19, 16.49

wah banyak banget pilihan produk lokal yang keliatan dari foto mba ini kualitasnya bagus semua ya. Aku kalo ke sana bisa kalap sendiri, ya minimal beli shawl lah ya, kalo ada dijual hehehe

Reply Delete
Avatar
Ranny 20/08/19, 18.27

Huaa semoga pasar idEA ini hadir juga di kota-kota lain. Sangat support event kayak gini, sangat membantu produk-produk lokal untuk dikenal. Produk Valeria, laafff bangett iih..

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi 20/08/19, 20.43

Ah nyesel deh melewatkan pasar idea ini, bagus2 banget produknya, Produk lokal semua pula, bangga rasanya kl bisa ikutan mendukung produk lokal dg membeli dan memakainya, semoga tahun depan diadakan kembali

Reply Delete
Avatar
Indah Juli 21/08/19, 04.10

Begini ini nih yang bikin kangen Jakarta, banyak event keren. Ku penasaran sama Pasar Idea ini, apalagi produk yang dijual brand lokal, sayangnya belum sempat datang karena ku di Yogya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 21/08/19, 04.54

Seneng bisa belanja buatan UMKM.
Asli, bikinannya unik dan bikin bangga makenya.

**mukenanya cantik, kak Lidha...kembaran sama anak gadis.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 21/08/19, 06.38

Nyenengin lihat produk2 lokal yg sangat bagus kualitas dan beragam variasinya gini. Bawaannya pengin borong2 ya mba

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 21/08/19, 07.21

MasyaAllah ngiler banget mba, banyak produk lokal yang keren banget ya di sini jadi pengen juga jualan di sini hahahah seruuu. Ati2 kalap ya hahhaha kalo belanja ginian.

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 21/08/19, 07.24

Paling suka main ke acara bazar kayak gini mba, pasti ketemu barang - barang unik yang kadang ada bahan etniknya dan biasanya harganya masih masuk akal :)

Reply Delete
Avatar
Rina 21/08/19, 08.31

Sy beneran pengen k sana mba...sayangnya jauh. Semoga lain kali di adain di ice bsd hehehhe *ngarep * biar ga kejauhan

Reply Delete
Avatar
Diah Agustina 21/08/19, 08.39

Aku kemarin datang juga loh mba ke Pasar idEA, banyak banget produk lokal yang harganya sale

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 21/08/19, 09.18

Mukena dan toples - toplesnya bagus - bagus yah, keren memang nih UMKM kita tuh sebenernya, daya beli masyarakatnya aja harus lebih ditingkatkan nih untuk membeli produk lokal yang gak kalah keren dibandingkan produk luar.

Reply Delete
Avatar
Suzannita 21/08/19, 09.34

Saya juga suka pakai produk-produk lokal ya, apalagi produk-produk lokal Indonesia sekarang itu kualitasnya sudah bagus bagus dan bisa jadi statement menggunakannya

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 21/08/19, 09.48

Duh nyesel deh kmrn pas ke GBK gak mampir sana, soalnya buru2 kebetulan. Ternyata barangnya banyak ya yang dipamerkan dan dijual, diskonnya juga miring2

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 21/08/19, 13.26

kalau bukan kita siapa lagi yang mendukung produk lokal ya mbak, banyak produk lokal berkualitas kok, lebih baik beli produk seperti ini dari pada KW ya

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 21/08/19, 15.43

Wah.. nyaman sekali ya mba di pasar idEA ini.. setuju bangeg harus dukung UKM produk lokal dengan membelinya.. sedikut banyaknya akan membantu perekonomian lokal

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 21/08/19, 16.20

Tiket masuk 35 ribu ya ummi aku baru tahu tentang pasar Idea ini :) duh mupeng sama mukenanya pengen beliin buat Neyna soalna pengen kembaran juga sama bundanya yang cetar ini hahaha

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 21/08/19, 20.34

Sayang bngt kmrn gak sempet k pasar idea bnyak bnget promo padahal, mudah2an Tahun depan Ada lg ini dan waktunya Panjang gitu y murah lagi tiket masuknya

Reply Delete
Avatar
Hana Aina 21/08/19, 21.44

Eh, aku kok baru tahu ya soal Pasar IdEA ini. Sepertinya menyenangkan bisa berkunjung sana. Apalagi bisa belanja produk lokal dengan harga miring.

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 22/08/19, 02.59

wah kalau aku lihat ini maunya semua diborong

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 24/08/19, 23.11

Wah banyak sekali produk lokal kece kece kualitasnya bukan kaleng kaleng gini. Mana harganya terjangkau pula

Reply Delete