Wisata Jakarta ke Museum Nasional Indonesia

Tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi bersama keluarga ada;ah Museum Nasional Indonesia

Saya seringkali melewati gedung Museum Nasional, tapi baru pada liburan akhir tahun 2018 saya berkunjung ke dalam Museum Nasional Indonesia. Akses menuju Museum Nasional yang terletak di kawasan Jl. Merdeka Barat No 12, Jakarta sangat mudah. Bisa menggunakan Transjakarta berhenti tepat di depan museum atau bisa menggunakan commuterline dan lanjut mengunakan ojek online ke Museum Nasional Jakarta.

Saya ke Museum Nasional menggunakan taksi online bersama Ayyas dan keponakan saya yang bernama Amirah. Kami tiba di Museum Nasional sekitar pukul 9 pagi. Museum Nasional Indonesia ini terkenal dengan nama Museum Gajah karena di bagian depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871.

cara menuju museum nasional indonesia
Numpang pose di depan Museum Nasional
Sebelum masuk, kami mencoba minum air langsung dari kran. Sebelum mausk, kami sempat berfoto di depan halaman gedung dengan backround yang cantik. Saya minta bantuan beberapa wisatawan asing yang kebetulan sedang berada di depan backround yang cantik.
Tiket masuk sangat terjangkau yakni hanya Rp 5000 untuk orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak. Saat kami masuk, ada puluhan anak-anak berlatih menari sambil diiringi alunan lagu. Saya sempat mengajak Ayyas dan Amirah, keponakan saya untuk menonton latihan tari tapi mereka kurang berminat sehingga saya pun berinisiatif untuk mengajak anak-anak keliling sebagian wilayah Museum Nasional Indonesia.

Keliling Museum Nasional Indonesia

Datang ke Museum Nasional membuat saya ingin mencari tahu tentang Museum Nasional Indonesia ini. Hingga saat ini, Museum Nasional menyimpan lebih dari 169.376 benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, numismatik dan lain-lain.
Museum Nasional ini di bangun di atas tanah seluas sekitar 26.500 m2 dan memiliki dua gedung. Gedung Lama (Gedung A) digunakan untuk memamerkan koleksi museum, sedangkan Gedung B (Gedung Arca) selain digunakan untuk ruang pameran (1-4 lantai) tapi juga digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain.

tempat wisata di jakarta museum gajah
Patung Gajah

Gedung Arca Museum Nasional berisi berbagai koleksi dan terbagi empat lantai yang masing-masing terdapat kategori yakni :
  • Lantai 1 : Manusia dan Lingkungan
  • Lantai 2 : Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Ekonomi
  • Lantai 3 : Organisasi sosial dan Pola Pemukiman
  • Lantai 4 : Khasanah Emas dan Keramik

Sebelum menjelajah, saya mengantar anak-anak ke lantau basement untuk membeli cemilan. Dan disini nggak hanya cemilan tapi juga souvenir khas Museum Nasional yang beraneka ragam. Mulai dari gantungan tas, pembatas buku, ikat rambut dan lain-lain.
Kami pertama-tama berkunjung ke lantai satu. Di lantai satu ini bisa melihat tentang perkembangan manusia purba yang terekam sejarah. Ada patung manusia purba seperti pria dan perempuan bersama anak kecil yang melakukan kegiatan. Ayyas dan Amirah agak takut saat melihat patung itu karena ini pertama kali mereka melihat langsung tampilan manusia jaman purba. Oh ya karena patung ini tak ditutup khusus, pengunjung tidak boleh duduk atau bahkan menyentuh koleksi patung manusia purba itu.
museum gajah terbesar di Asia Tenggara
Bisa buat latihan membatik

Selain itu juga ada informasi soal situs Gilimanuk yang dilengkapi dengan replika  kubur yang berada di salah satu sudut. Lagi-lagi Ayyas dan Amirah melihat ini agak takut-takut juga dan bertanya apa yang di kubur itu. Mereka kemudian membaca keterangan tentang replika kuburan yang berada di samping.

Lanjut kemudian ke lantai dua yang membahas ilmu pengetahuan, teknologi dan ekonomi.  Di lantai dua ini, kami melihat berbagai barang terkait alat transportasi, astronomi dan lain-lain. Sedangkan lantai tiga yang kami singgahi berisi tkoleksi perhiasan, benda-benda religi hingga prasasti.

Di lantai tiga ini kami berhenti agak lama karena melihat-lihat karena ada banyak batu-batu raksasa dan anak-anak tampak terpana melihat seperti itu. Kami juga melihat beberapa orang yang berfoto di depan batu-baru prasasti itu.
museum yang ada di jakarta
Melihat koleksi museum
Kami tak sempat berkeliling ke lantai 4 karena keterbatasan waktu dan anak-anak udah harus waktu makan siang.Tapi walaupun kurang dari satu jam berkeliling Museum Nasional Indonesia, banyak informasi yang bisa saya dan anak-anak terima. Sebetulnya ingin ke ruang tekstil yang tersimpan berbagai batik, celup ikat, kain sulam tapi tak sempat. Moga saja suatu saat bisa mampir ke ruang tekstil ini.

Museum ini buka Selasa-Jumat sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu buka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Hari senin dan hari libur nasional, museum ini ditutup.

Siapa yang sudah pernah ke Museum Nasional ? Atau mungkin baru akan ada rencana ke Museum Nasional ?

Museum Nasional Indonesia
Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat
Harga tiket masuk untuk dewasa Rp 5000
Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp 3000

40 komentar

inez 26/01/19, 13.29

sering ada pameran nih di sini. saya beberapa kali dateng

Rach Alida Bahaweres 26/01/19, 14.43

Yah tapi aku belum pernah, mba. Mungkin ke depan mau aku ke sana lagi :)

Raisa Hakim 26/01/19, 13.35

HTM Museum itu murah-murah ya ummi tempatnya luas dan educated pula aku juga sering ajak anak-anak ke museum cuman untuk baca-baca lagi aja history nya apalagi suamiku pecinta sejarah :D

Fenni Bungsu 26/01/19, 14.15

Ke lantai 4 senang banget memang, daku belum pernah ajak Ponakan ke sana, mudah-mudahan nanti pas yang satu sehat bisa liburan ke situ

Rach Alida Bahaweres 27/01/19, 08.55

Amin smoga sehat sehat ya mbaa

natra rahmani salim 26/01/19, 21.56

sungguh murah banget tiket masuknya dan instalasinya kece kece semua. ini bakal jadi destinasi aku ngajak anak anak deh.

Natra Rahmani Salim 26/01/19, 21.56

Wisnu Tri 26/01/19, 22.01

Saya bulan November kemarin baru sampai sana juga mbak. Niat hati mau mencari arca emas dari Gua Seplawan yang katanya di simpan di Museum Nasional. Eh, pas udah sampai lantai 4 (galeri emas dan keramik), arca emas yang saya cari malah nggak ada. Agak kecewa sih.

Oiya, dulu saya bisa masuk ke museum gratis. Nggak bayar sama sekali. Hehe...

Dwi 26/01/19, 23.12

Duuh jadi malu, warga Jakarta tapi belum pernah ke Museum Nasional. Padahal orang-orang juga udah bilang seru dan edukatif ya...

herva yulyanti 26/01/19, 23.20

Museum HTMnya murah banget padahal kaya informasi dan mengedukasi ga cuman anak-anak ya ummi, ortunya juga jadi belajar :) sayang banget ga sampe ke lantai 4 ya ummi

Rach Alida Bahaweres 27/01/19, 08.56

Hahha iya. anak anak udah capek kayaknya

Dian Restu Agustina 27/01/19, 10.55

Tahun lalu saya ke sana bareng anak-anak pas gedung B direnovasi..dan kemudian saya ke sini sendiri dua kali karena ada acara setelah gedung selesai.
Jadi masih ada PR ngajak anak-anak ke gedung barunya.
Sudah HTM murah, koleksi lumayan lengkap sering ada acara pula. Senang ke Museum Nasional..:)

Rach Alida Bahaweres 28/01/19, 20.16

Iya jadi pengen ke sini terus ya

Bety Kristianto 27/01/19, 11.38

Aku belum pernah ke sini mba. kayaknya asik banget ya ngajak bocah main ke museum kayak gini. Edukatif, murah meriah dan bermanfaat.

Ika Maya Susanti 27/01/19, 18.05

Pernah dengar namanya. Pernah lihat foto patung gajah itu. Tapi... aku belum pernah ke sana Mbak pas dulu tinggal di Jakarta. Zaman kecil dulu masuk dan naik ke Monas aja aku belum pernah Mbak. Hehehe...

Nia K. Haryanto 27/01/19, 18.40

Aku belom pernah main ke museum ini. 2 anakku yang remaja udah pernah. Waktu itu ikut karyawisata dari sekolahnya. Kayak aku kudu deh ke sana. Biar gak kudet. :D

Nurul Dwi Larasati 28/01/19, 00.21

Aku tahunya dari dulu ini museum gajah karena ada patung gajahnya di depan museum. Pernah sekali kesini waktu ada festival dongeng tapi nggak explore semua tempat. Lain waktu boleh datang lagi nih.

April Hamsa 28/01/19, 06.39

Asyeekk Sabtu dan Minggu buka, bisa nih ke sana ngajakin anak2. Tiketnya murah pula ya. Kalau sering ajak anak ke museum biasanya anak2 akan belajar sejarah, tapi emaknya kudu jelasin satu2 nihke si anak :D

Hai Ulya 28/01/19, 11.22

Wah, seru banget nih keliling museum. Aku lupa kapan terakhir ke museum, biasanya saat ada acara sih. Hehe

Turis Cantik 28/01/19, 12.04

Kalau anak udh usia 5 tahun deh ku akn sering ajak ke museum. Kalau skrng kykny belom paham hehehhe.

Eni Martini 28/01/19, 12.28

Dulu sebelum punya baby Binar paling suka keliling museum seain murah-meriah, transportasinya mudah bisa by kereta atau pun trans Jakarta, banyak pelajaran yang bisa diberikan ke anak-anak. Anak-anak favorit tuh museum Fatahilla

Nurul Sufitri 28/01/19, 20.28

Aku terakhir berkunjung ke Museum Gajah pas Rafa berusia 2 tahunan deh. Udah lamaaaa bangets yah hehe. Ooh di basement sekarang udh ada tempat jajan camilan? 😀👍 Dewasa 5K dan anak 3K masih muraaah sekali. Jadwalin ah ke sini. Enaknya pagiii ya jam 8 atau 9 udah sampai. Keren foto2nya, mb al n kids 👌🙂

Tozca 28/01/19, 23.08

Saya sering lewat ke tempat ade tapi sampai sekarang belum pernah masuk ke Museum Nasional Indonesia jadi kepengan juga lihat tempat bersejarah

Visya Al Biruni 29/01/19, 03.51

Aku jenak tempat ini sejak 2014 mba, padahal sering ke Monas dr kecil tapi baru tahu tempat ini. So far tempatnya bagus, arsitekturnya dan informatif. Cuman pernah kecela waktj hari Senin kesini ternyata ga buka hehe dan emang semua tempat wisata governmental ga buka ya di hari Senin.

Dwi Puspita 29/01/19, 05.34

Belum pernah kesini... Yang menjadi catatan kalau ke ibukota harus ke Monas dan ke museum ini. Semoga bisa kesampaian bisa ke Jakarta...

Memez 29/01/19, 08.04

Aku pernah ajak Resky ke sini, kebetulan ada kerjaan. Museumnya nyaman yaa... trus ada cafe di gedung sebelahnya, lumayan murah. Jadi pingin ke Museum Nasional lagi deh... soalnya waktu itu belum puas... :)

Dita Indrihapsari 29/01/19, 14.35

Aku pernah beberapa kali ke Museum Nasional.. Terakhir kali udah lama juga kayaknya, dan gedungnya lagi direnov.. Udah selelsai direnov berarti ya mba Al? Eh, sama pas ke sana Boo Mika juga takut sama manusia purba itu apalagi rada rwmang-remang yaa.. Hehe.. Paling seneng emang ngajak anak-anak ke museum ya.. Udahlah tiket terjangkau, jadi tambah wawasan juga.. :)

catatanemak 29/01/19, 19.37

Museum Nasional itu museum Gajah kan yah? Duuh itu museum asik bgt tp agak agak bikin merinding disko gitu suasananya hahaha. Mungkin krn bnyk patung2 kali yak wkwkwk.

Utie adnu 29/01/19, 21.09

Iy ini Kemarin juga udah ajak kiddos keliling Jakarta Dan mampir krsini juga wisata murah meriah dan edukasinya ya

Hani 30/01/19, 01.02

Masuk ke monas dan keliling pake bis tingkat juga mba. Itu juga lumayan seru dan murah meriah.

Atisatya Arifin 30/01/19, 06.26

Sungguh tiketnya terlalu murah untuk satu tempat yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Aku kemarin pas staycation nggak sempat mampir ke museum nasional ini mbak. Nanti pas ke Jakarta lagi mau mampir ah. Kalau untuk anak-anak balita itu kira-kira udah bisa belum ya?

antung apriana 30/01/19, 12.09

pengen banget ke sini nanti kalau ada rezeki ke jakarta. kayaknya luas banget ya museumnya

Afrilentin 30/01/19, 15.22

Aku juga mau deh ajak ankku wisata ke museum soalnya belum pernah pdhal tiket masuknya murah yah mba,boleh deh sekali2 kesini sekalian mampir ke museum2 yg deket2an disana gampang sih aksesnya dr depok tggl naik kereta aja

Leyla Hana 31/01/19, 06.53

Aku belum pernah ke sini euy. Ada tempat membatik juga ya. Kukira tadi museum tekstil.

nitalanaf 26/02/19, 09.30

Saya pernah ke Museum Nasional ini, tapi waktu itu pas ada event Ikebana. Jadi nggak muterin museumnya banget sih, haha... Ternyata dalamnya juga bagus ya, Mba Al. Lebih ke tekstil dan keramik ya.

laili umdatul khoirurosida 08/03/19, 11.06

Ternyata bagus juga ya mbaa

Ini dket banget sama kantor ku .. tapi kok aku ga pernah kesini yaa hahaha
Kadang yang dekat memang suka terbaikan
ehh yang jauh jauh malah kusamperin