Cara Donor Darah di PMI Jakarta

Share:
Minggu lalu tepatnya tanggal 13 Januari 2019 setelah menemani suami ke acara nikahan, tiba-tiba suami menyatakan ingin donor darah di PMI Jakarta. Kebetulan acara nikahan teman di kawasan Salemba jadi ya dekat dengan kantor PMI Jakarta di Jl. Kramat Raya No 47, Jakarta. Saya sih setuju saja karena suami saya memang rajin donor darah tapi baru pertama kali ini saya menemaninya donor darah di PMI Jakarta, makanya saya penasaran ingin tahu cara donor darah di PMI Jakarta.

Suami saya sudah 14 kali donor darah dan ketika saya tanya mengapa dia rajin donor darah, katanya ini lebih karena panggilan untuk menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan. Alhamdulillah.  

cara donor darah
Kantor PMI Jakarta
Kantor PMI Jakarta mudah di akses karena berada di jalan utama. Tapi kami tetap memutuskan menggunakan waze untuk menuju PMI Jakarta karena jika tidak maka akses jalannya akan lebih jauh di jangkau. Dan memang benar menggunakan waze membuat kami mendapat jalan cepat menuju PMI Jakarta untuk donor darah.


Mengapa harus donor darah ? Donor darah memiliki beberapa lima manfaat bagi tubuh yakni :
  • Satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga jiwa
  • Aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar sehingga lebih sehat
  • Mendapat pemeriksaan dokter secara teratur
  • Menyeimbangkan zat besi dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
  • Merasa bahagia karena telah berbuat kebaikan
  • Kami tiba di kantor PMI Jakarta sekitar pukul 12.00 WIB dan membawa beberapa persyaratan seperti KTP/SIM/Pasport (bagi WNA). Setelah itu, saya membantu suami mengisi formulir donor darah. Data-data yang harus diisi adalah biodata diri donor, alamat rumah, nomor telepon dan mengisi riwayat kesehatan pribadi donor.
Formulir kemudian diserahkan ke bagian registrasi untuk mendapat nomor urut untuk pemeriksaan kesehatan. Untuk bisa donor darah harus melalui beberapa syarat-syarat yakni :
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimal 17 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Haeomoglobin 12.5 g / dl- 17 g/dl
  • Denyut nadi 50-100 kali/menit dan teratur


donor darah saat puasa
Suasana di ruang registrasi 
Setelah itu dilakukan pemeriksaan pendahulu seperti penimbangan berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin dan pemeriksaan golongan darah. Prosesnya cepat nggak sampai 10 menit. Angkah berikutnya adalah pemeriksaan dokter berupa pemeriksaan anamnesis dan pemeriksaan fisik sederhana.

Alhamdulillah semua proses pemeriksaan yang dilakukan Bapak Suami lancar sehingga suami bisa melakukan proses pengambilan darah untuk donor darah di PMI Jakarta. Kami masuk ke ruangan yang lebih besar. D ruangan itu terdapat sekitar 10 orang sedang menunggu untuk dilakukan proses pengambilan darah.

manfaat donor darah
Suasana pengambilan donor darah
Bebeberapa orang yang lain sedang melakukan proses pengambilan donor darah di sebuah kursi khusus. Nah pas kami nunggu agak lama sekitar setengah jam lebih karena sedang proses pergantian shift petugas.

Saya sempat ngobrol dengan seorang ibu yang datang seorang diri untuk donor darah. Ketika saya tanya alasannya, dia mengatakan ingin membantu sesama dan ia pun merasa tubuhnya menjadi sehat setelah selesai donor darah.

Tak lama kemudian nama suami saya dipanggil dan kemudian ia diminta untuk berbaring dan proses pengambilan darah di lengan kiri. “Aku biasanya di lengan kanan dan ini baru pertama kali di lengan kiri,” kata suami.

dampak donor darah dalam tubuh
Bapak ditemanin Ayyas saat donor darah
Proses pengambilan darah cukup cepat sekitar 15-20 menit menit deh kalau nggak salah. Nah kantong darah itu diletakkan di atas mesin yang khusus ada informasi berapa jumlah darah di satu kantong. Saya sempat nanya suami apa nggak sakit ? “Nggak sakit sama sekali kok,” katanya.

Proses pengambil darah selesai tapi suami harus mengangkat lengan kiri selama beberapa menit agar darah tidak langsung mengalir keluar dari bekas pengambilan donor darah. Suami kemudian mendapat kartu khusus tanda sudah donor darah.

Nah nanti ada kertas khusus untuk ditukarkan dengan makanan dan minuman untuk pendonor. Kalau mau makan atau minum disediakan kantin khusus dan pendonor bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan yakni mie, telor rebus dan minuman hangat.

pengalaman donor darah
Jangan lupa angkat tangan setelah donor darah sebentar saja :)
Alhamdulillah prosses donor darah berlangsung lancar.  Oh ya, jika ingin donor darah, ada beberapa tips yang harus disiapkan yakni :

  • Tidur minimal 4 – 5 jam sebelum donor
  • Makanlah 3-4 jam sebelum menyumbangkan darah. Jangan menyumbangkan darah dengan keadaan perut kosong
  • Minum lebih banyak dati biasanya
  • Setelah donor darah, istirahatlah minimal 10 menit sambil menikmati makanan sebelum beraktifitas
  • Banyak minum sampai 72 jam ke depan untuk mengembalikan sepenuhnya volume darah 

Itulah pengalaman saya menemani suami donor darah di PMI Jakarta. Apakah ada yang pernah donor darah di PMI Jakarta ? Apa yang membuat teman-teman donor darah ?
















59 komentar:

  1. Saya tiga bulan sekali ke PMI Mba. Sangat bahagia setelah donor pastinya. Saya juga jarang sakit walau cuma flu :)

    BalasHapus
  2. Aku sudah sering baca manfaat donor darah, tapi masih deg2an kalau mau donor :(.
    Walau kalau diambil darah biasa aja sih.
    Kalau donor ini total darah yg diambil berapa liter ya? Atau dari aqal sampai selesai itu prosesnya berapa lama?

    Buat persiapan diri sendiri maksudnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika mendonorkan darah, biasanya yang diambil itu sekitar 350-450 cc. Jadi nggak sampai 1 liter. Prosesnya sendiri nggak sampai 30 menit.

      Hapus
    2. Sip sudah di balas mba Vicky ya mba Cindy. Makasih mba Cindy :)

      Hapus
    3. Makaih mba Vicky sudah merespon :)

      Hapus
  3. Iya banyak teman-teman yang bilang setelah donor, badan merasa lebih sehat.
    Aku belum pernah sih karena selalu kepentok pemeriksaan awal, nggak boleh krn darah rendah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada batas untuk tekanan darah juga mba. Smoga tekanan darah normal sehingga bisa membantu donor darah ya

      Hapus
  4. Aku dari dulu pingin donor darah, tapi belum tahu nih, karena aku diabetes apa boleh donor darah ya???

    Jadi pingin kontak ke PMI dulu, thanks for sharing ya Umi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan langsung hubungi PMI ya. Setauku memang ada beberapa penyakit yang memmang tak boleh untuk donor darah Bun

      Hapus
  5. Dari dulu saya pengen donor darah, tapi kenapa saya malah takut sama jarum suntik ya.. padahal tiap 3 bulan sekali, dari PMI daerah kami, ke perusahaan. Mengajak para karyawan untuk donor darah.

    Dan donor darah juga banyak manfaatnya untuk tubuh.. semoga saya bisa berani donor darah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yuk mba semoga bisa donor darah untuk membantu sesama :)

      Hapus
  6. Kalau ke PMInya belum pernah mbak, tapi kalau pas ada event donor darah aku ikutan. Sekali2 mau ah ke PMInya langsung buat donor darah

    BalasHapus
  7. Masya Allah.. aku belum pernah donor darah mba.. setiap mau donor selalu ditolak katena HB ku selalu rendah 😥. Padahal aku gol darah AB yang sering dibutuhkan.. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa golongn darahnya iya langka tuh mba :( . Moga HB normal yaaa

      Hapus
  8. saya saat kuliah rajin donor. tapi setelah kerja, HB sering ga cukup. stelah menikah dan punya anak, baru satu kali donor. Tahun lalu pas ke mall pas ada acara donor darah. tp HB saya juga masih tetap ga cukup :(

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah melakukan donor darah. Tetapi, kalau suami cukup rutin donor darah, Mbak

    BalasHapus
  10. Donor darah ini memang bagus juga untuk kesehatan tubuh aliran darah menjadi lancar, bapak saya rajin donor darah. Kata beliau kalau gak donor darah badannya jadi berasa gak enak, setelah donor darah jadi refresh lagi.

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah donor nih. Dulu berat bdanku pas-pasa, sekarang agak leihan dikit hahaha... Eh api masih mikir lagi, karena sering kurang tidur gitu. Trus punya alergi juga, takutnya ga cocok/qualified *ah alesan ini mah*

    BalasHapus
  12. Aku seumur2 lom pernah donor, takut eeyyy, mau jajalah kapan2
    Meski deg2an

    BalasHapus
  13. Wah, tempat berbaringnya kelihatan nyaman dan empuk banget tuh. Jadi pengin nyobain. Blm pernah nemu yg begitu soalnya. Dulu pas masih kuliah lumayan sering donor, tapi semenjak hamil anak pertama sudah nggak pernah lagi. Paling semangat sih kalau donor darahnya pas ultahnya tupperware tuh, soalnya yg donor dpt tuppy. Berhubung busui, jadi suami yg tak suruh donor hahaha

    BalasHapus
  14. Aku baru sekali nih donor darah soalnya dua kali mau donor nggak bisa karena Hb rendah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suamiku juga begitu pas akunya nggak bisa dia bisa, pas dianya hb kurang aku malah bisa hihi balance banget sih 😁😁

      Hapus
  15. Zaman kuliah dulu suka donor darah. Malah di kampus juga pernah. Lucunya, abis kelar donor, aku dkk lain disediain teh manis hangat dan mie instan hahahaha 😍🤣 anak2 cowok pd demen gitu wkwkwk. Btw sebelnya aku sering ditusuk/awal suntiknya berulang2. Susah nemu pembuluh darah, masa dibilang ga kerja alias ga ngapa2in mager. Pdhal aku demen bebenah. Kalo papahku malah udah dpt pin krn sering donor darah.

    BalasHapus
  16. Belum pernah donor darah, duh saya kok suka lemes aja kalau liat orang yang donor, hihi. Pengen sih donor darah tapi takut haha

    BalasHapus
  17. Senangnya bisa donor darah. Dari dulu pengen bisa donor ga bisa karena terkendala darah rendah, yg rutin nih suami aku mbak

    BalasHapus
  18. Waaah. Udah bisa di lantai 1 lagi, ya. Terakhir ke sana tahun 2017 waktu masih di lantai 5. Kalau di lantai 1, lebih rapi kan.

    BalasHapus
  19. Aku pernah coba donor, tapi tekanan darahku rendah
    Gak boleh kata petugas PMI
    Habis itu, belum pernah cob lagi
    Suami juga dulu sempat rajin donor
    Ntar mau ingatkan doi lagi

    BalasHapus
  20. Bapak saya nih rajin banget donor dari SMA. Sekarang usia bapak 60 tahun. Sampai detik ini pun masih rutin sebulan sekali. Jadinya sehat terus meski punya hipertensi dan kolesterol. Sampai dapet penghargaan dari JK di jakarta untuk para pendonor yang rajin hehe

    BalasHapus
  21. Pengen banget lho bisa donor darah. Tapi sampai sekarang belum pernah berkesempatan.

    BalasHapus
  22. Jadi pendonor darah, selain menyehatkan juga bisa bermanfaat untuk orang lain ya, Mbak. Beruntung sekali orang yang bisa mendonorkan darahnya.
    Saya sendiri belum bisa, kurang berat badannya hehehe

    BalasHapus
  23. Orang kalau donor memang lbh sehat karena darahnya ganti baru kan ya. Aku dulu blm berani donor karena bb. Sekarang bb cukup tapi blm cek hb berapa

    BalasHapus
  24. Aku selalu gagal donor darah mba Lidh, karena berat badan ga seimbang. Akhirnya aku cuma jadi panitia aja bantu yang donor darah hehehehe

    BalasHapus
  25. Suamiku senang banget kalau disuruh donor darah, katanya 3 hari setelah donor badan jadi enteng, lebih seger. mungkin karena tubuh memproduksi darah baru yaa :)

    BalasHapus
  26. Aku gak pernah lolos donor darah, dari jaman kuliah dulu sampai sekarang selalu di tolak karena tekanan darah gak memenuhi syarat, huhuuu.. padahal sekali aja pingin ngerasain rasanya donor :(

    BalasHapus
  27. Aku dulu sering wara wiri di depan gedung PMI di Kramat ini Mba, karena sempet jadi anak kos di Salemba dulu. Tapi sampe saat ini masih belum berani donor darah. Kepengen banget euy, apalagi banyak manfaatnya. Tapi tapi, aku takut sama jarum *tutup muka pake serbet

    BalasHapus
  28. Banyak manfaat donor darah, tapi saya belum perna ikutan donor mbak krn darah rendah. Rame juga ya yg donor darah disana

    BalasHapus
  29. Aku udah enam tahun ini nggak boleh dondar, gara-gara kadar Hb yang kurang. Kalo suamiku sih udah 50 kali lebih dondar sampai dapat penghargaan dari pak gubernur

    BalasHapus
  30. Aku pernah kesini kak pas mau donor ga bisa soale darahku rendah huhu. Secara pribadi saya seneng banget liat orang donor darah karena ngebantu orang lain, kalau berbicara donor darah saya juga inget alm. Mama yang meninggal karena stok darah di RS dan PMI tasik ga ada yang sesuai gol darah dia .

    BalasHapus
  31. Berarti sebelum donor darah tu kita mesti nyiapin kesehatan diri juga ya Mbak. Nggak boleh ngasal, misal begadang sebelum donor darah. Soalnya bisa ngefek ya Mbak sama kondisi kesehatan setelah donor nantinya.

    BalasHapus
  32. Aku tuh dulu pengen banget donor darah tp dulu ga bisa krn berat badan kurang. Sekarang BB sudah pas eh tensinya yg suka rendah...jd ga pernah nih...seneng banget ya bs ikut berdonor...

    BalasHapus
  33. Nah....aku sering terhalang dengan syarat sebagai pendonor, kak Lidh..
    Dulu...aku saking pinginnya donor, sampe keukeuh kalo timbangannya rusak.
    Berat badanku udah 45 kok...

    Hiiks~

    BalasHapus
  34. Wow rajin ya mbak suamimu. Aku belum pernah coba donor darah sama sekali. Tertarik sih sebenernya, tapi kok masih ragu2 ya akunya...

    BalasHapus
  35. Dulu saya suka juga donor darah tapi sejak menyusuo kan ga boleh ya, padahal bagus untuk kesehatan juga tuh

    BalasHapus
  36. Saya juga pernah donor darah, sekali sih, awalnya takut bakalan sakit, eh ternyata enggak ya, terus takjub karena ternyata darah yang dihasilkan cukup banyak

    BalasHapus
  37. Aku takut kepentok di HB karena pas mau lahiran SCpun HBku cuma 8 sedangkan minimal 9.

    BalasHapus
  38. MasyaAllah saya selalu terharu kalau liat orang-orang yang donor darah, mereka sangat peduli dengan sesamanya. Semoga apa yang diberikan mendapatkan pahala dari Allah, dan dipermudahkan kehidupannya. Aku pengen juga donor darah tapi selalu nggak mencuukupi.

    BalasHapus
  39. Satu lagi, mba. Tekanan darah ga boleh rendah. Aku sendiri syaratnya ga bisa karena aku darah rendah.

    BalasHapus
  40. Wah, Bapak Ayyas keren ih, aku sama suami belum pernah ikut donor darah nih. Suka bayangin takut pusing dan lemas hahaha. Insallah suatu saat bisa donor darah

    BalasHapus
  41. Ibuku dulu gemar donor darah dan melakukannya secara rutin selama puluhan tahun. Sampe punya pin penghargaan dari PMI. Punya beberapa ibuku :)

    Justru aku beberapa kali mau donor enggak laku mba. Kayaknya kadar hemoglobinnya kurang.
    Pernah sekali lolos karena pas ayahnya temanku butuh donor urgent untuk operasi. Eeehh...habis donor langsung pingsan akunya :D

    BalasHapus
  42. Huhuhu, salah satu impianku sejak lama ini. Bisa donor darah kayak orang-orang. Tapinya aku sering ditolak. Udahlah anemia, tensi darah juga rendah banget. Kebanyakan begadang sih. :((((

    BalasHapus
  43. Wah jadi teringat saya sudah lama banget nggak donor darah mba :( terakhir pas SMA kayaknya.. semoga setelah ini nanti bisa partisipasi donor lagi.

    BalasHapus
  44. Ksmarin sempet jd petugas aja mba bantu2 acara galang donor darah gitu trs anter teman juga,, ternyata setiap Hari itu beratus2 orang memerlukan darah mba...

    BalasHapus
  45. Aku belum pernah donor darah, dulu sih BBku gak masuk kriteria. Belum tahu deh kalau sekarang ini, belum ikut menyambangi PMI lagi hihihi

    BalasHapus
  46. Seumur hidupku belum pernah donor darah, Mbak
    Dulu mau tapi katanya aku lemah
    Kupikir hatiku aja yang lemah hahha

    BalasHapus
  47. Aku ga pernah bisa donor darah soalnya beratnya mepet. Terlalu ringan hahahaha. Suamiku tuh yg rutin donor darah.

    BalasHapus
  48. Mba akutuh pengen donor darah, tapi takut. Takutnya ga bisa. Mengingat aku dulu pernah sakit lumayan parah hiks

    BalasHapus
  49. aku belum sekalipun donor ummi karena BB-nya tidak mencukupi wkwkwk pas lagi gendut2nya eh ga bisa juga karena HB apa gitu ya lupa ga lolos buat donor :p

    BalasHapus