Suntik Meningitis di RS Fatmawati Jakarta

Share:

Salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon jamaah haji ataupun jamaah umrah adalah wajib memiliki buku kuning berisi bukti telah suntik meningitis. Suntik meningitis merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah haji atau umrah. Tanpa melaksanakan suntik meningitis dan tidak mendapat buku kuning, maka tidak akan mendapatkan visa untuk melaksanakn umrah ataupun haji.  

pengalaman suntuk meningitis
Mendengarkan penjelasan dokter sebelum suntik meningitis 
Mengapa harus suntik meningitis ? Suntik meningitis sangat diperlukan untuk melindungi kesehatan tubuh. Meningitis adalah infeksi penyakit yang menyebabkan peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini beresiko terjadi terutama di kawasan Arab Saudi.

Pemberian suntik meningitis disarankan 2-3 minggu sebelum keberangkatan atau kurang dari 10 hari sebelumnya.  Dan suntik meningitis ini akan bertahan di tubuh selama dua tahun.

Untuk melaksanakan suntik meningitis, bisa dilakukan di beberapa tempat yang telah di rekomendasikan. Jadi tidak semua rumah sakit di Jakarta atau bahkan Indonesia bisa melaksanakan suntik meningitis.


Saat pelaksanaan umrah saya pada tahun 2016, saya melaksanakan suntik meningitis di kantor kesehatan Pelabuhan Kelas I Seokarno Hatta Wiker (Wilayah Kerja) Halim Perdanakusuma yang berada di jalan Jengki No 45, Kebon Pala, Kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur.
 
biaya suntik meningitis
Antrian pengisian data diri sebelum suntik meningitis
Hanya saja di kantor kesehatan itu tidak melayani suntik meningitis di hari Sabtu. Karena jadwal kerja saya berbeda dari pekerja kantor lainnya, saya tak masalah suntik meningitis di hari kerja. Tapi saat pelaksanaan umrah sekeluarga Maret 2018, saya pun mencari informasi tentang tempat dilaksanakn suntik meningitis.


Dan alhamdulillah teryata suntik meningitis di RS Fatmawati bisa dilakukan di hari Sabtu. Karena saya sudah suntik meningitis tahun 2016, maka saat Februari 2018, saya tak suntik meningitis lagi. Tapi hanya suami dan tiga anak yang melakukan suntik meningitis di Gedung Griya Husada RS Fatmawati, Jakarta. Hal ini karena masa berlaku suntik meningitis dua tahun.

Kami datang sekitar pukul 08.00 di RS Fatmawati. Kami membawa beberapa persyaratan suntik meningitis yakni :  
  • Copy Paspor
  • Copy KTP

Cara suntik meningitis di RS Fatmwati, Jakarta sangat mudah. Pertama-tama isi data-data berupa nama, alamat, nomor paspor dan lain-lain. Nanti setelah semua data diisi akan keluar nomor antrian. Semua pengisian data ini menggunakan sistem komputer ya jadi nggak perlu kuatir kalau nggak membawa bolpoin.

Setelah mendapat nomor antrian, langsung menuju lantai 3 dan jangan lupa serahkan data berupa nomor antrian dan foto copy paspor serta fotocopy KTP. Nanti akan dipanggil berdasarkan nomor urut. Oh ya untuk perempuan dan laki suntiknya di pisah dan sekaligus beberapa orang setiap kali di panggil.


Jadi pas dipanggil biasanya sekitar lima orang ke satu ruangan yang telah disediakan. Sebelum tindakan penyuntikan vaksin meningitis, dokter yang bertugas memberikan informasi terlebih dahulu tentang suntik vaksin meningitis sekitar 5 menit.

Setelah itu dilakukan tindakan penyuntikan vaksin meningitis. Sebaiknya suntik di lengan kiri karena selama beberapa hari akan membuat lengan agak terasa capek. Prosesnya cepat dan nggak sakit kok saat disuntik vaksin meningitis.

Selesai di suntik harus menunggu sebentar untuk mendapatkan kuitansi untuk pembayaran di kasir. Saat saya datang Februari lalu, penuh banget antrian kasirnya. Sehingga butuh waktu sekitar setengah jam. Biaya untuk suntik menigitis adalah Rp 305 ribu.

Apabila selesai membayar, kembali lagi ke counter vaksi untuk mendapatkan buku kuning. Mudah kan ? Nah nanti buku kuning itu yang akan diberikan ke pihak travel untuk pengurusan visa umrah.

persiapan sebelum suntik meningitis
Antrian di counter vaksin 
April 2018 saya ke RS Fatmawati Jakarta lagi untuk menemani papa suntik meningitis. Bedanya kami datang siang hari sekitar pukul 13.00 WIB. Sebetulnya agak deg-degan apakah masih buka atau nggak dan alhamdulillah teryata masih bisa dan malah tak banyak orang saat kami datang Februari 2018.

Alhamdulillah pelaksanaan suntik meningitis di RS Fatmawati berlangsung lancar dan begitu juga pelaksanaan umrah kami sekeluarga. Semoga para pembaca tulisan ini juga dimudahkan dan dilancarkan untuk ke Baitullah dan selalu untuk menyimpan rindu berkunjung ke Baitullah. Amin



45 komentar:

  1. Semoga dilancarkan ibadah umrahnya dan menjadi pribadi yang baik selalu. Amin...

    BalasHapus
  2. aku baru tahu ternyata harus copy paspor dan KTP kirain ya klo mau suntik ya datang aja hehehe infonya manfaat banget nih ummi

    BalasHapus
  3. lumayan juga ya ummi harga suntiknya, tapi kan memang syarat umroh dan haji harus suntik meningitis supaya tetap sehat dan gak kena virus setelah selesai umroh atau haji.

    BalasHapus
  4. lumayan ya 300ribuan. semoga lancar ibadahnya ya

    BalasHapus
  5. akhirnya tau biaya suntik meningtis kalau gak pakai BPJS
    305.000 ya mbak,
    eh tapi bisa di cover bpjs gak sih yang begini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku kurang paham mba. Tapi kayaknya nggak :)

      Hapus
  6. Itu bisa bertahan berapa lama Mbak? Kalau Mbak udah suntik 2016, 2018 gak mesti suntik lagi berarti bisa 2thnan ya? Atau lebih?

    Ternyata suntik meningitis cuma di RS tertentu aja ya. Berarti emang harus ada pengantarnya ya Mbak.

    BalasHapus
  7. Wah semoga lancar ibadah umrahnya mba. Semoga ada rezeki juga buat ketanah suci :)

    BalasHapus
  8. biaya suntik 305.000 perorang? lumayan juga kalau satu keluarga ya. tapi gpp juga sih, demi menjaga kesehatan dan terhindar dr virus2 yg tidak diinginkan. semoga lancar umrohnya. amiin

    BalasHapus
  9. wajib yah disuntik meninghitis mba, tapi demi keselamatan yang naik haji atau umroh juga sih. Kalau mau naik haji itu waiting listnya bisa berapa lama kak?

    BalasHapus
  10. ternyata harus nyiapin dokumen dan harganya juga lumayan yaa.. kirain gak semahal itu. Semoga umrohnya lancar yaa mba :)

    BalasHapus
  11. Semoga dipermudah ya Mbak untuk ibadahnya!

    Ini suntik2 berarti biaya sendiri ya. Kukira langsung bayar umroh/haji udah sekalian periksa kesehatan dll

    BalasHapus
  12. Sepertinya harga suntik nya tiap daerah beda2 kali ya mba. AAMIN semoga kami sekeluarga bisa juga segera ke baitullah

    BalasHapus
  13. Noted, Mbak. Siapa tau kelak saya membutuhkan info ini. Terima kasih banyak, ya :)

    BalasHapus
  14. Copy KTP sama KK nya buat apaan mbak?
    Untunglah umrohnya berjalan lancar yaa, semoga ilmunya langgeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu di ampirkan sbagai syarat mba. Nanti buat pendataan

      Hapus
  15. Meningitis mengingatkan pads Alm Olga. Memang harus di cegah dari sekarang ya mbak apalagi pas mau haji

    BalasHapus
  16. Aku dulu suntik meningistis di Puskesmas yang ditunjuk oleh Depag, udah lupa juga biayanya waktu itu. Standart paling ya, karena untuk jemaah haji biasanya seragam.

    Doa terbaik ya mba LIda, semoga pelaksanaan ibadah umroh sekeluarga diberikan kelancaran, aamiin

    BalasHapus
  17. Makasih mbak sharingnya...
    Ujame borkmark ya, buat baca ulang buat orang tua Ujame. Doakan supaya bisa Umrah juga ya mbak . Dan semoga mba dilancarkan ibadah umrahnya. Aamiin :*

    BalasHapus
  18. Lumayan mahal juga ya, suka ditambah suntik2 apa kagi vitu.mba...soale di Bandung wkt anter mertua malah ditambahin suntik yg lain ..flu gitu ya...jd nambah biaya lagi..

    BalasHapus
  19. Aku kemarin suntim meningitisnya di kantor imigrasi khusus suntik ini. Pernah ta tulis juga di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya yang 2016 aku suntik di kantor khusus mba. Tahun ini nemanin di RS Fatmawati :)

      Hapus
  20. kemarin waktu ke Afrika aku juga suntik ini mbaaa..tapi karena pergi dengan rombongan menteri jadinya suntiknya di kediaman beliau..ngga tau prosedurnya seperti ini

    BalasHapus
  21. Baarakallah mbak semoga Allah mudahkan perjalanan umrohnya dan sehat selamat sampai kembali ke rumah. Saya masih coba cari tahu tentang gimana meningitis ini bisa menular cepat karena ke eropa pun ada anjuran untuk suntik meningitis juga. Kata temen saya.

    BalasHapus
  22. Tiap ke luar negeri atau hanya ke Saudi aja ya harus suntik meningitis? makasih tipsnya ya mba Al. Aku harus bikin passpornya dulu.

    BalasHapus
  23. Soal suntik meningitis ini kok aku malah ingat cerita persiapan umrah si mbahku yang sudah jauh-jauh ke Semarang ternyata pulang-pulang cerita belum disuntik. Ya Allah, minggu depannya balik lagi ke Semarang. Kasian.

    BalasHapus
  24. Meningitis lumayan ya mba biayanya, semoga saya bisa decepatnya umroh sukur-sukur bisa naik haji aamiin

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah ya mba bisa dilancarkan segaka sesuatunya utk menuju ke baitullah

    BalasHapus
  26. mbak, kalau nggak salah suntik meningitis itu efektif jika dilakukan 100 hari sebelum berangkat umroh atau haji. karena si anti body itu bekerja setelah 100 hari berada di dalam tubuh kita

    BalasHapus
  27. suntik meningitis itu emang lumayan ya harganya tapi ya mau nggak mau harus dilakuin karena kalau nggak malah beresiko sendiri

    BalasHapus
  28. Tau nggak dulu tuh sewaktu dengar suntik meningitis takut banget karena ada yang bilang suntiknya di kepala haha ada-ada aja ya

    BalasHapus
  29. semoga perjalanan ibadah umroh sekeluarga di bulan Maret nanti berjalan lancar yaa, Mba. Baru tahu nih, biaya suntik vaksinnya ternyata lumayan juga :)

    BalasHapus
  30. Mbaaa doain aku dong biar bisa segera ke tanah suci ya. Baca artikel ini malah jadi menimbulkan rasa ingin jumpa dengan baitullah sesegera mungkin jika telah diijinkan oleh Allah.

    BalasHapus
  31. Baru inget, kalau suntik meningitis itu berlaku untuk 2 tahun ya? Kayaknya abis itu kan dikasih buku kecilnya ya sebagai bukti dan penanda kita disuntiknya kapan.

    BalasHapus
  32. Aamiin...pengen banget ke tanah suci . Miningitis persyaratan wajib ya

    BalasHapus
  33. wah, aku baru tahu lho Suntik meningitis sangat diperlukan sebelum ke Arab. Semoga perjalannya menyenangkan ya kak

    BalasHapus
  34. Hai mba makasi banyak infonya.. Kebetulan besok saya mau anter ortu suntik meningitis di fatmawati. Bagi info nya dong mba. Untuk ambil nomor antrian apakah bisa saya wakilin dulu? Ortu kan udah sepuh, maksudnya biar mereka ga kelamaan nunggu, biar nyusul aja sekitar jam stengah 9 gtu.. Hehe.. Mohon bantuan nya :)

    BalasHapus