Suntik Meningitis di RS Fatmawati Jakarta

Share:

Salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon jamaah haji ataupun jamaah umrah adalah wajib memiliki buku kuning berisi bukti telah suntik meningitis. Suntik meningitis merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah haji atau umrah. Tanpa melaksanakan suntik meningitis dan tidak mendapat buku kuning, maka tidak akan mendapatkan visa untuk melaksanakn umrah ataupun haji.  

pengalaman suntuk meningitis
Mendengarkan penjelasan dokter sebelum suntik meningitis 
Mengapa harus suntik meningitis ? Suntik meningitis sangat diperlukan untuk melindungi kesehatan tubuh. Meningitis adalah infeksi penyakit yang menyebabkan peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini beresiko terjadi terutama di kawasan Arab Saudi.

Pemberian suntik meningitis disarankan 2-3 minggu sebelum keberangkatan atau kurang dari 10 hari sebelumnya.  Dan suntik meningitis ini akan bertahan di tubuh selama dua tahun.

Untuk melaksanakan suntik meningitis, bisa dilakukan di beberapa tempat yang telah di rekomendasikan. Jadi tidak semua rumah sakit di Jakarta atau bahkan Indonesia bisa melaksanakan suntik meningitis.


Saat pelaksanaan umrah saya pada tahun 2016, saya melaksanakan suntik meningitis di kantor kesehatan Pelabuhan Kelas I Seokarno Hatta Wiker (Wilayah Kerja) Halim Perdanakusuma yang berada di jalan Jengki No 45, Kebon Pala, Kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur.
 
biaya suntik meningitis
Antrian pengisian data diri sebelum suntik meningitis
Hanya saja di kantor kesehatan itu tidak melayani suntik meningitis di hari Sabtu. Karena jadwal kerja saya berbeda dari pekerja kantor lainnya, saya tak masalah suntik meningitis di hari kerja. Tapi saat pelaksanaan umrah sekeluarga Maret 2018, saya pun mencari informasi tentang tempat dilaksanakn suntik meningitis.


Dan alhamdulillah teryata suntik meningitis di RS Fatmawati bisa dilakukan di hari Sabtu. Karena saya sudah suntik meningitis tahun 2016, maka saat Februari 2018, saya tak suntik meningitis lagi. Tapi hanya suami dan tiga anak yang melakukan suntik meningitis di Gedung Griya Husada RS Fatmawati, Jakarta. Hal ini karena masa berlaku suntik meningitis dua tahun.

Kami datang sekitar pukul 08.00 di RS Fatmawati. Kami membawa beberapa persyaratan suntik meningitis yakni :  
  • Copy Paspor
  • Copy KTP

Cara suntik meningitis di RS Fatmwati, Jakarta sangat mudah. Pertama-tama isi data-data berupa nama, alamat, nomor paspor dan lain-lain. Nanti setelah semua data diisi akan keluar nomor antrian. Semua pengisian data ini menggunakan sistem komputer ya jadi nggak perlu kuatir kalau nggak membawa bolpoin.

Setelah mendapat nomor antrian, langsung menuju lantai 3 dan jangan lupa serahkan data berupa nomor antrian dan foto copy paspor serta fotocopy KTP. Nanti akan dipanggil berdasarkan nomor urut. Oh ya untuk perempuan dan laki suntiknya di pisah dan sekaligus beberapa orang setiap kali di panggil.


Jadi pas dipanggil biasanya sekitar lima orang ke satu ruangan yang telah disediakan. Sebelum tindakan penyuntikan vaksin meningitis, dokter yang bertugas memberikan informasi terlebih dahulu tentang suntik vaksin meningitis sekitar 5 menit.

Setelah itu dilakukan tindakan penyuntikan vaksin meningitis. Sebaiknya suntik di lengan kiri karena selama beberapa hari akan membuat lengan agak terasa capek. Prosesnya cepat dan nggak sakit kok saat disuntik vaksin meningitis.

Selesai di suntik harus menunggu sebentar untuk mendapatkan kuitansi untuk pembayaran di kasir. Saat saya datang Februari lalu, penuh banget antrian kasirnya. Sehingga butuh waktu sekitar setengah jam. Biaya untuk suntik menigitis adalah Rp 305 ribu.

Apabila selesai membayar, kembali lagi ke counter vaksi untuk mendapatkan buku kuning. Mudah kan ? Nah nanti buku kuning itu yang akan diberikan ke pihak travel untuk pengurusan visa umrah.

persiapan sebelum suntik meningitis
Antrian di counter vaksin 
April 2018 saya ke RS Fatmawati Jakarta lagi untuk menemani papa suntik meningitis. Bedanya kami datang siang hari sekitar pukul 13.00 WIB. Sebetulnya agak deg-degan apakah masih buka atau nggak dan alhamdulillah teryata masih bisa dan malah tak banyak orang saat kami datang Februari 2018.

Alhamdulillah pelaksanaan suntik meningitis di RS Fatmawati berlangsung lancar dan begitu juga pelaksanaan umrah kami sekeluarga. Semoga para pembaca tulisan ini juga dimudahkan dan dilancarkan untuk ke Baitullah dan selalu untuk menyimpan rindu berkunjung ke Baitullah. Amin



5 komentar:

  1. Semoga dilancarkan ibadah umrahnya dan menjadi pribadi yang baik selalu. Amin...

    BalasHapus
  2. aku baru tahu ternyata harus copy paspor dan KTP kirain ya klo mau suntik ya datang aja hehehe infonya manfaat banget nih ummi

    BalasHapus
  3. lumayan juga ya ummi harga suntiknya, tapi kan memang syarat umroh dan haji harus suntik meningitis supaya tetap sehat dan gak kena virus setelah selesai umroh atau haji.

    BalasHapus
  4. lumayan ya 300ribuan. semoga lancar ibadahnya ya

    BalasHapus
  5. akhirnya tau biaya suntik meningtis kalau gak pakai BPJS
    305.000 ya mbak,
    eh tapi bisa di cover bpjs gak sih yang begini?

    BalasHapus