Pengalaman Suntik Vaksin Meningitis

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Suntik Vaksin Meningitis

Saat hendak berangkat umroh Mei lalu, saya melakukan vaksin meningitis sebagai salah satu persyaratan umroh. Awalnya, saya mencari informasi tempat dilakukan suntik meningitis. Harapannya, suntik vaksin meningitis ini dapat dilakukan di hari libur kerja. Setelah browsing di internet, rata-rata suntik vaksin meningitis hanya buka di hari kerja saja. 

Ada 14 tempat vaksin meningitis yang saya ketahui. Fotonya saya lampirkan di bagian bawah tulisan ini. Saya memilih tempat vaksinasi yang berada tak jauh dari rumah saya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Saya akhirnya melakukan suntik vaksin di kantor kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta Wilker (Wilayah Kerja) Halim Pedanakusuma yang berada di jalan Jengki No 45, Kebon pala, Kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur. Dulu tempat vaksinnya berada di kawasan bandara Halim Perdanakusuma. Tanggal 25 April 2016, sekitar pukul 06.30 WIB saya menggunakan ojek online menuju kantor yang berada di sebelah Gedung Intirub itu. 

suntik meningitis di jakarta
Antrian suntik vaksin meningitis 

Saya tiba sekitar pukul 07.40 WIB. “Ah .. pasti telat,” pikir saya kala itu. Maklum, dari informasi yang saya peroleh, banyak yang harus antri sejak subuh untuk mendapat nomor antrian. Itu pun selesai pada siang hari. Teryata saat saya tiba, nomor antrian belum dibagikan. Saya diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang harus diisi biodata pemohon suntik vaksin meningitis termasuk nomor pasport dan rencana keberangkatan umroh.

Setelah formulir diisi, langsung diserahkan ke petugas pendaftaran. Selang 15 menit kemudian, petugas mengumumkan mulai dibuka penggambilan nomor antrian. Namun sebelumnya, petugas memberikan informasi terlebih dahulu tentang pentingnya vaksin meningitis. Vaksin ini masih bekerja di tubuh selama dua tahun. Selain itu, sebaiknya suntik vaksin meningitis di lakukan paling lambat dua minggu sebelum keberangkatan. Proses penyampaian informasinya dilakukan dengan baik. Nah, setelah itu, satu persatu pemohon pengajuan vaksin dipanggil sesuai nomor urut. Pukul 07.55 WIB, saya mendapat nomor antrian A032.

pengalaman suntik meningitis
Loket pendaftaran
Tak sampai 30 menit, saya dipanggil untuk dilakukkan suntik vaksin meningitis. Nah pas sampai di ruangan ditanya kapan menstruasi terakhir. Duh saya lupaa ... Alhasil, saya diminta untuk melakukan pemeriksaan hamil atau tidak, di ruangan lain. Bergegas, saya langsung ke ruangan lain untuk tes kehamilan. Dan hasilnyaaa ... saya memang tidak hamil. Untuk biaya tes itu, harus bayar Rp 30 ribu. Kemudian saya diberikan kertas yang menyatakan bahwa saya tidak hamil.
 
suntik meningitis sebelum umrah
Informasi syarat pendaftaran 
Kertas itu kemudian saya bawa ke petugas yang akan melakukan suntik vaksin meningitis. Saat dipanggil nama saya, saya takut juga. Maklum saya takut suntik. Saat duduk di kursi pun saya masih menutup mata. “Takut suntik ya, bu?,” kata petugas. “Nggak takut, bu. Cuma ngeri,”kata saya asal aja. Padahal emang takut!. Usai suntik, mmh ... masih agak berasa sakit. Saya kemudian ke petugas dan kemudian diberikan buku kuning yang berisi tanggal suntik dan kartu ini tidak boleh hilang. Setelah itu, saya langsung ke kasir untuk membayar biaya vaksin yakni sebesar Rp 305 ribu. Saya membayar dengan uang tunai karena pembayaran ATM tidak berlaku pada dua rekening bank yang saya miliki. Sekitar pukul 09.00 WIB, selesai deh vaksin meningis tanpa repot. Hanya satu jam, semuanya selesai. Alhamdulillah banget, padahal biasanya harus berjam-jam. 

Oh ya pas pulang vaksin, saya baru ngeh pas di depan kantor ada spanduk kuning yang menginformasikan bahwa mulai 20 September 2005 pendaftaran vaksinasi secara online dapat dilakukan melalui kespel.depkes.go.id.  Oh ya, disana juga banyak menjual makanan di ruang tunggu. Ada juga tempat fotokopi.    

Apa Itu Meningitis ?
Meningitis merupakan penyakit radang salaput otak. Penyakit ini ditularkan melalui tenggerokan atau cairan pada saat batuk atau bersin yang dilakukan oleh penderita. Infeksi penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan kendali pikiran bahkan hingga kematian. Vaksin meningitis diperlukan untuk mencegah terjadinya infeksi radang selaput otak. 

Apa Saja Persyaratan Vaksin?
Sebelum vaksin, harus menyiapkan beberapa persyaratan yakni membawa fotokopi pasport satu lembar, pas foto berwarna ukuran 4x6 satu lembar, mengisi formulir pendaftaran, vaksinasi sesuai nomor urut, bagi perempuan yang usia subur yang akan divaksinasi wajib melakukan tes kehamilan di laboratorium.

Setiap jamaah umroh wajb memiliki kartu kuning ICV (International Certification of Vaccination) dan berlaku sampai buku habis. Kartu ICV ini hanya dikeluarkan oleh kantor kesehatan pelabuhan.

Berapa Biaya Vaksin? 
Biaya vaksin meningitis adalah Rp 305 ribu. Sedangkan tes kehamilan di laboratorium sebesar Rp 30 ribu.  
  
Dimana saja Tempat Vaksin Meningitis?
Untuk informasi lebih lengkap, bisa melihat tampilan data di bawah ini :  



Ini lokasi tempat suntuk meningitis

61 komentar

Avatar
Liza Fathia 3 Agu 2016 10.05.00

Waah, pengalaman menarik mbak. Saya belum vaksin meningitis. Mudah2an dimudahkan jalan ke tanah suci dan vaksin dulu sebelum berangkat

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 3 Agu 2016 11.00.00

InsyaAllah semoga dimudahkan ya mba Liza :), Amin

Reply Delete
Avatar
nova 3 Agu 2016 12.35.00

temenku.. mau umroh..eh suntik Meningitis , 3 minggu kemudian baru tahu hamil... alhamdulilah untung gak kenapa2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 3 Agu 2016 13.02.00

Alhamdulillah. Smoga semuanya lancar ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 3 Agu 2016 12.53.00

Aku baru tau mba kalo hamil gak boleh suntik meningitis ya.. Untung nunggunya gak terlalu lama ya mba. Ortuku waktu itu berangkat dari rumah abis subuh ke Halim.. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 3 Agu 2016 13.03.00

Waktu itu nggak dijelaskan apakah boleh suntik meningtisi atau tidak. Hanya saja dilakukan tes dulu :)

Reply Delete
Avatar
Mei Wulandari 3 Agu 2016 14.09.00

Mbak informasinya membantu sekali, saya malah baru tahu meningitis bisa tertular lewat batuk
TFS mbak yaaa :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 3 Agu 2016 14.47.00

Sama-sama ya mba :)
Makasih sudah mampir :)

Reply Delete
Avatar
Ira duniabiza 3 Agu 2016 23.14.00

Wua info bermanfaat bgt ini mba. Meskipun belum ketahuan kapan ke tanah sucinya minimal udah dapat ilmu dulu nih soal meningitis...

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 5 Agu 2016 15.41.00

Klo denger kata suntik jadi ingat zaman kecil dulu, kalo sakit dan periksa dokter pasti disuntik di pantat hehehe :D
Thanks infonya ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 7 Agu 2016 08.36.00

Iih itu pasti sakit banget :p

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila 5 Agu 2016 22.02.00

aku juga takut ama suntik2 ini mbak -__-. tapi mw gmn lagi, mmang vaksin yg hrs dilakuin sblm umroh kan yaa..

sbnrnya sih kalo memang srg bepergian , vaksin meningitis ini pnting bgt.. apalagi ke negara2 yg penuh dgn turis2 asing dr berbagai macam asal. kita ga prnh tau org2 itu sdg terjangkit virus apa di negaranya kan.. tapi teteeep, takut mw nyuntik :D..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 7 Agu 2016 08.37.00

Padahal jaga kesehatan itu penting ya mba

Reply Delete
Avatar
Meriska Putri W 6 Agu 2016 04.38.00

Aku pikir vaksin meningitis itu bisa dimana aja.. di puskesmas apa RS biasa.. ternyata cuma tempat tertentu aja ya mbak.. masih penasaran dg yg antivaksin2 itu kok bisa lolos ke tanah suci tanpa vaksin gimana caranya ya? :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 7 Agu 2016 08.37.00

Awalnya aku pun mengira demikian, mba :)
Teryata hanya di tempat khusus

Reply Delete
Avatar
Kang Nurul Iman 6 Agu 2016 14.18.00

Ngeri juga mbak penyakit meningitis ini, tapi saya belum divaksin karena saya merasa masih sehat alhamdulillah tapi sepertinya harus dicegah segera ini mah ya mbak.

Reply Delete
Avatar
leeviahan 7 Agu 2016 22.14.00

aku jadi bingung mba vaksin kok kayanya banyak ragamnya ya hihihi, apa aman"aja ya vaksin beragam ragam diikutin soalnya aku udah suntuk macam"sih jadi rada gimana gitu kalau mau vaksin lagi :D

www.leeviahan.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 8 Agu 2016 10.28.00

Sesuai keperluannya mba Dan untuk meningitis memang diwajibkan, mba :)

Reply Delete
Avatar
a.e.zen 8 Agu 2016 08.25.00

alhamdulillah..ikut senang
moga lancar umroh nya

maaf baru blogwalking lagi ke sini

*salaman

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 8 Agu 2016 10.28.00

Alhamdulillahs emuanya berjalan lancar mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 8 Agu 2016 11.26.00

makasih infonya mba, smoga dapat kesempatan ke Tanah Suci juga..:)

Reply Delete
Avatar
PutriKPM 8 Agu 2016 11.41.00

Aku belum pernah suntik vaksin ini, bahkan seingetku waktu kecil aku cuma sekali disuntik vaksin tapi nggak tau vaksin apa -__-

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 8 Agu 2016 14.56.00

Kalau pas kecil itu biasanya yang suntik wajib 1 tahun itu mba :)

Reply Delete
Avatar
cuap - cuap Widhie BBF 8 Agu 2016 14.05.00

Informasi bermanfaat buat bekal ke tanah suci..Amiin

Reply Delete
Avatar
Rusydina Tamimi 8 Agu 2016 14.21.00

info bagus mba :D
btw semoga umrohnya lancar ya mbak ^^
semoga bisa nular :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 8 Agu 2016 14.57.00

Alhamdulillah. Makasih mba. Amiin doanyaa

Reply Delete
Avatar
SiBlogger Kendal 8 Agu 2016 17.01.00

vaksinya lumayan juga bayarnya ya Kak :D
Dulu aku ga takut di suntik tapi sekarang sama kayak Mba, ngeri hahahah

Reply Delete
Avatar
Ayaa 8 Agu 2016 21.55.00

Dulu sempat ngurusin vaksin meningitis buat ibu bapakku Mbak. Daaan, masya Allah, di Jogja sama Solo stoknya habis. Padahal tinggal beberapa hari lagi berangkat. Akhirnya harus ke Jakarta. Btw, nice sharing Mbak :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 9 Agu 2016 08.59.00

Waduh sampe ke Jakartaa yaa
Untunglah bisa ya mba. Padahal mefet pulaa

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 8 Agu 2016 22.43.00

Vaksin meningitis ini emang wajib buat yg mau haji umroh ya mbak? saya penasaran kalau yg antivaksin, kira2 apa gak vaksin jg ya? trus prosedurnya gmn kalau mereka gak vaksin? #kepohajah hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 9 Agu 2016 09.01.00

Iya, mba. Ini yang dberlakukan oleh Arab Saudi. Kalau nggak suntik nggak bisa karna kartu kuning untuk vaksin jadi syarat umroh :)

Reply Delete
Avatar
ratna dewi 8 Agu 2016 23.11.00

Jadi nggak setiap rumah sakit atau faskes ada pelayanan suntik meningitis ya. Kebanyakan di KKP ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 9 Agu 2016 09.02.00

Bener banget mba
Awlanya aku mengira semuanya bisa

Reply Delete
Avatar
Inggit Inggit Semut 9 Agu 2016 07.43.00

Wahh mahal juga ya tes kehamilannya saja 30rb, padahal kalo belo test pack di apotek nggak nyampe sgitu hahahah. Tapi pastinya itu sdh jadi prosedur wajib bagi yg lupa kapan terakhir mens. Nice post!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 9 Agu 2016 09.02.00

Aku juga kageeet harga segitu, mba. Tapi ya gmana lagi. Sama2 mba :)

Reply Delete
Avatar
Prita Hw - LIVE UR PASSION 9 Agu 2016 15.55.00

wah inshaallah bermanfaat^^ lancar ya mbak umrohnya..

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 9 Agu 2016 17.35.00

Gak takut, cuma ngeri...lah sama aja, kan Mbak? He he he... Harganya lumayan juga ya :)
Ngeri juga sama penyakit meningitis, dan ternyata bisa menular lewat batuk dan bersin?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10 Agu 2016 12.31.00

Hihii iya sama2 takutt :p
Harganya murah kalau dihitung perlindungan yang diperoleh mba

Reply Delete
Avatar
Mira Utami 13 Agu 2016 15.28.00

saya taunya cuma klo mau umroh atau pergi haji aja, duh awam banget yah... semoga selalu di beikan kesehatan dan perlindungi

Reply Delete
Avatar
Vita Ayu Kusuma Dewi 23 Agu 2016 07.38.00

Terima kasih mbak infonya :) Saya baru tau juga tentang banyak macam vaksin ini dan tempat2nya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 23 Agu 2016 07.50.00

Iya mba Vita. Semoga emmbantu yaa :)

Reply Delete
Avatar
muti mimut 29 Agu 2016 21.52.00

Bermanfaat banget infonya, jadi lokasi vaksinasinya bukan di kawasan bandara ya? Akses ke arah gd Intirub paling mudah via jalan apa ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30 Agu 2016 09.28.00

Mba Muti, bisa lewat Cawang, mba. Trus ke arah kantor BKKB. Ntar ada petunjuknya. Alhamdulillah kalo bermanfaat. Makasih mbaa ;)

Reply Delete
Avatar
Merdeka 18 Jan 2017 14.08.00

pengalam bulan November 2016 yang lalu saya dengan istri suntik di KPP tanjung priok ( lokasi di dalam pelabuhan di pos masuk) sangat mudah, cepat ( 15 menit ) tidak ribet juga. meski rame tapi mereka cepat.

Reply Delete
Avatar
boy rian 7 Feb 2017 18.02.00

Kemarin 6 Februari 2017 suntik meningitis di Fatmawati.
Datang jam 6.30 pagi, terus dilayani pake catatan manual oleh security untuk dapat jadwal antri. kemudian dipanggil satu-satu untuk masuk ruangan biar gak berebut nomer antrian. antrian ditangan dapat nomer 76. Oh iya pas dicatat manual sama security pastikan nama anda tidak terlewat terkadang securitynya gak fokus bacain nama orang "True Story" saya kena saat nama saya dilewatin beberapa orang.
Skip, masuk ke ruangan terus ngisi data diri dikomputer yang disediakan bagi yang belum pernah berobat di fatmawati (Wajib) bakal ngantri juga. Trus jam 8 teng loket baru dibuka dan satu-satu dipanggil untuk dicek nomor antrian (Gak Penting amat proses ini saran buat rs fatmawati ) kemudian naik ke lantai tiga, banyak suster yang mengecek keabsahan data kita seperti fotokopi ktp dan potokopi passpor (foto kayanya ga wajib heran juga kenapa ga diperiksa masukan buar rs fatmawati) terus ngisi formulir manual (Sediakan pulpen dari rumah). setelah mengisi formulir kumpulin lagi ke meja perawat. 45 menit kemudian dipanggil dan disuntik. bayar 305.000. terus ambil buku kuningnya... saran saya datangnya agak siangan, nyantai ajaaa ga usah buru-buru. pelayanan suntik sangat cepat. ngantre nya yang lama hehehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 12 Feb 2017 07.33.00

Wah iya ya lama juga nunggu sampai 45 menit :)

Reply Delete
Avatar
yadee 705 16 Feb 2017 17.54.00

Mba alida .. Rencana sy mau suntik dhalim mggu depan .. Sy mau coba daftar online .. Apa dsana ada antrian khusus untuk yg daftar online mba ? Atau apa mba tau bagi yg daftar online gmn selanjutnya dsana .. Makasih smoga mba alida tahu :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16 Feb 2017 18.01.00

Pas aku vaksin, baru tahu kalau ada daftar online di Halim. Tapi aku datang langsung sih mas. Sarankan, telepon dulu ke Halim, mas :). Daftar online mungkin hanya untuk dapat nomor antrian :). Semoga lancar ya

Reply Delete
Avatar
Melinda Niswantari 9 Mar 2017 15.53.00

Aaaaah aku mau nulis ini belum jadi2 mba hehe...Pengalamanku dulu ke rumah sakit fatmawati, sampe lokasi jam /7 udah keabisan nomor hikhik...akhirnya ngikut saran suami milih deket kantornya dia yaitu di Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priuk, dan nda ngantri plus cepeeet :)

Reply Delete
Avatar
Khalifah alans 9 Jul 2018 22.11.00

Ass. .Mhn saran,.saya belum di vaksin, tapi saya baru ngerti bahwa ini saya hamil 4 minggu,,, insya Allah umroh 24 januari 2018,gmn ya . Saya bingung,tp saya pengen sekli umroh,, wss

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10 Jul 2018 08.03.00

Waalaikum salam, bu. Sebaiknya konsultasi dengan dokter lagi ya bu. Saran saya sebaiknya tunda dulu rencana umrah demi kebaikan anak di masa depan. INsyaAllah akan ada kesempatan untuk umrah lagi. Bahkan sapa tahu bisa dengan anak, bu. Allah memberikan amanah untuk kita untuk menjaga anak dengan baik. Itu kalau saya bu. Smoga ibu diberikan pilihan yang terbaik ya

Reply Delete
Avatar
Khalifah alans 9 Jul 2018 22.11.00

Ass. .Mhn saran,.saya belum di vaksin, tapi saya baru ngerti bahwa ini saya hamil 4 minggu,,, insya Allah umroh 24 januari 2018,gmn ya . Saya bingung,tp saya pengen sekli umroh,, wss

Reply Delete
Avatar
Khalifah alans 9 Jul 2018 22.12.00

Ass. .Mhn saran,.saya belum di vaksin, tapi saya baru ngerti bahwa ini saya hamil 4 minggu,,, insya Allah umroh 24 januari 2018,gmn ya . Saya bingung,tp saya pengen sekli umroh,, wss

Reply Delete