Perawatan Luka Bagi Penderita Diabetes

Untuk perawatan luka penderita diabetes perlu berbagai cara. Merawat luka bagi penderita diabetes membutuhkan penanganan khusus.

Perawatan Luka Bagi Penderita Diabetes


Halo teman-teman yang baik. Tulisan saya kali ini lebih ingin berbagi pengalaman ibu mertua saya yang mengalami diabetes. Sebetulnya beliau sudah terkena diabetes sudah sangat lama. Dan teman-teman pasti tahu kalau luka diabetes itu lama banget sembuh.

Luka pertama sebetulnya saat pulang umrah, telapak kaki Mae (panggilan sayang mertua) luka karena panas. Lebih banyak perawatan di Kudus, Jawa Tengah. Nah pas dua minggu lalu tepatnya 5 Oktober 2018, Mae menginap di rumah adik ipar saya dan makan buah simpedak. Memang sih sudah ada luka kecil di jari kaki tapi sudah mengering.
 
tips merawat luka bagi penderita diabetes
Sumber foto : pixabay.com
Namun setelah makan cimpedak itu, lukanya semakin besar. Akhirnya pas Minggu, 7 Oktober 2018 saya dan suami ke rumah adik ipar dan lihat luka, kami memutuskan untuk membawa ke dokter. Tapi dokter di hari Minggu rata-rata tak buka praktek. Kalaupun bawa ke rumah sakit akan ditangani oleh dokter UGD.

Saya sempat searching dan menemukan bawa ada rumah perawatan luka bagi penderita diabetes yang terdekat rumah adik ipar yakni di kawasan Cibinong. Tapi saya telepon di nomor telepon yang di tuju, eh teleponnya mati.

Akhirnya kami memutuskan membawa Mae ke UGD RS Puri Cinere. Di RS Puri Cinere kemudian ditangani dengan oleh dokter jaga UGD. Ada obat juga yang diresepkan untuk pengobatan Mae. Tapi dokter jaga menyarankan agar Mae kembali di bawa ke dokter spesialis perawatan kaki di hari Senin.
 
tips merawat luka bagi penderita diabetes
Perawatan Luka Spesialis Diabetes
Sehari kemudian, adik ipar saya mengatakan kalau luka kaki di Mae agak basah. Siangnya, Bapak suami langsung dari kantornya di kawasan TB Simatupang ke rumah adik ipar di Kalisuren, Bogor untuk membawa Mae ke RS Cinere. Setiba di RS Cinere, dokter perawatan kaki membersihkan kaki Mae lebih optimal. Jaringan matinya dibuang dan dibalut dengan baik.

Pulangnya, Mae langsung ke rumah saya di kawasan Kalisari, Jakarta Timur. Sejak awal dokter berpesan agar luka kaki ini harus selalu dirawat. Tapi kalau bolak balik RS Cinere tentunya bukan pilihan yang tepat karena jarak dan juga kemacetan di hari kerja.

Akhirnya Bapak suami mencari informasi dan menemukan ada Rumat cabang Condet, Jakarta Timur. Kebetulan jarak dari rumah saya tak terlalu jauh. Rabu, 10 Oktober 2018, saya mengantar Mae bersama papa ke Rumat Condet. Lokasinya di Klinik Condet Jaya 24 Jam Jl. Condet Raya No 18, Jakarta Timur.
 
makanan untuk penderita diabetes
Mae saat diperiksa suses 
Oh ya sebelum datang, kami buatkan jadwal janji dulu untuk perawatan sekitar pukul 14.00 WIB. Kami tiba tepat pukul 14.00 Wib dan disambut suster khusus perawatan kaki di Rumat Condet. Sebelum kami masuk, seorang pria dengan perban besar di kakinya masih melakukan perawatan.

Setelah selesai, kami dipersilahkan untuk masuk. Satu hal yang membuat saya terkesan, sebelum tindakan perawatan, diberikan informasi pengenalan apa itu Rumat. Jadi, rumah adalah Rumah Perawatan Khusus Pasien Diabetes yang telah berdiri sejak tahun 2010 di Cikarang, Bekasi. Sedangkan Rumat cabang  Condet ini telah berdiri sejak tahun 2016.

Jadi, Rumat memberikan tindakan berupa balutan/dressing yang langsung diaplikasikan kepada luka. Namun pasien diharapkan tetap berkonsultasi dengan dokter dan mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter seperti biasa. Jadi, Rumat hanya memberikan penanganan berupa perawatan luka dan bukan pemberian resep loh. Prinsip utama Rumat adalah menghindari amputans

Tindakan pertama yang dilakukan adalah pembersihan luka menggunakan cairan pembersih antiseptik yang telah teruji baik. Kaki Mae dibersihkan dengan cairan khusus untuk lebih steril sebelum dilakukan penanganan perawatan luka.
 
tips sehat untuk penderita diabetes
Tes gula darah 
Setelah itu, dilakukan pembersihan luka dengan mengambil jaringan-jaringan yang telat mati. Pas pembersihan luka ini saya melihat Mae kadang tampak menahan sakit. Tapi pas saya tanya sakit, hanya dijawab, “Sakit dikit,” sambil tersenyum.

Prosesnya yang dilakukan sekitar 30 menit lebih. Susternya sih menurut saya telaten saat membersihkan luka. Setelah mengangkat jaringan luka dan kaki telah dianggap lebih bersih, kemudian dilanjutkan dengan pembalutan jari kaki Mae yang luka.
 
pengobatan untuk penderita diabetes
Hasil pemeriksan gula darah. Tinggi ya :( 
Total sejak datang hingga selesai perawatan sejitar 30 menit. Untuk biaya administrasi awal sebesar Rp 50 ribu. Namun ada juga biaya tindakan perawatan dan obat balur yang tergantung besaran luka.
Oh ya satu sisi yang saya senang dari Rumat ini, pasien diberikan buku hidup sehat untuk pasien diabetes. Kalau mau perksa gula darah juga bisa. Mae periksa gula darah dan hasilnya 442. Masih tinggi ya. Berapa gula darah normal? Infonya saya kutip seperti yang saya peroleh darialodokter.com
  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL
Lalu, kapan perawatan luka berikutnya? Menurut suster perawat, apabila ada basah dari dalam atau luar luka maka bisa langsung membuat janji untuk perawatan kaki. Tapi jika tidak, maka bisa kontrol 3 hari kemudian untuk perawatan luka kaki.

Kalau ditanya, apakah puas dengan pelayanan yang diberikan di Rumat? Walaupun masih pertama, saya melihat pelayanannya baik. Selain itu juga diinformasikan makanan dan buah apa saja yang harus dikonsumsi atau dikurangi untuk mengurangi gula darah. Rumah ini ada di berbagai cabang di Indonesia. Informasi lengkap bisa hubungi Rumat.com atau kontak di 085310003535. 
 
tips untuk merawat kesehatan bagi penderita diabetes
Informasi lengkap disini ya 
Semoga saja proses penyembuhan luka jari mertua saya lekas sembuh ya. Dan mohon doa juga mertua saya selalu diberikan kesehatan dan kesembuhan dari penyakitnya.

Apakah teman-teman ada yang keluarga atau kenalannya mengalami hal yang sama? Semoga informasi ini membantu ya.



51 komentar

Avatar
Herva Yulyanti 12/10/18, 11.48

Semoga MAe lekas pulih ya Ummi aamiin, rumatnya baru Cikarang, Bekasi, Condet ya ummi semoga makin banyak cabang deh yah biar yg alami kayak Mae bisa tertangani aamiin

Reply Delete
Avatar
MutiaraAH 14/10/18, 15.59

Bantu menjawab. Cabangnya sudah banyak bu. Ada sekitar 60 cabang. Dari area jabkdetabek, jawatengah, diy, jawatimur, lampung, kalimantan jg ada :)

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 12/10/18, 21.46

Nenek saya mengalami kaki diabetes ketika masih hidup dulu. Harus dirawat di rumah sakit selama 2 minggu. Sebab di rumahnya tak ada yang terampil merawat kakinya.

Selama diopname di rumah sakit, tiap hari perawat datang membuang jaringan-jaringan kulitnya yang mati dan menggantinya dengan perban. Saya ikut menemani ketika nenek saya dirawat; dulu umur saya 8 tahun, saya sering takut lihat perawat bawa-bawa gunting stainless steel karena saya belum paham fungsinya.

Tante saya juga diabet, tapi tidak patuh berobat dan ada kendala jarak dengan rumah sakit. Suatu hari kakinya cantengan, lalu ia minta seorang pensiunan bidan untuk mencabut kukunya. Ia tidak mau ke rumah sakit karena jauh, sedangkan pensiunan bidan itu lebih dekat ke rumah. Karena bidannya sudah pensiun, alat-alatnya tidak steril lagi, tapi ia memaksakan diri mencabut kuku tante saya. Sehari sesudah itu, kaki tante saya mengalami infeksi makin parah. Akhirnya ia dilarikan ke rumah sakit dan kakinya dirawat intensif. Kata dokternya, sedikit terlambat lagi dan jari kaki tante saya akan harus diamputasi.

Menurut saya, penderita diabetes menghadapi masalah besar untuk menjaga diri mereka sendiri. Kalau sampai luka sedikit saja, bisa kena infeksi, karena kuman penyebab infeksi sangat senang pada gula darah yang tinggi. Jadi diusahakan, penderita diabetes jangan sampai terluka. Pun kalau sampai terluka, jangan terluka ketika gula darah sedang tinggi. Repot? Ya begitulah.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 13/10/18, 06.58

Kasiam Mae abis umroh itu ya kakinya kena luka krn diabetes. Oooh jadi Rumat menjelaskan dulu seperti aoa tindakan yg akan dilakukan, ga langsung gitu aja kasih resep. Bagus ya jd ditangangi dg sigap dg perjanjian dulu ini ya. Alhamdulillaah ya jauh2 deh dr amputasi. Papahku jg diabetes kakinya pernah kayak terbakar warnanya gitu tp skrg udh baikan. Semoga Mae sehat2 selalu aamiin.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 13/10/18, 07.22

Moga Mae diberi kesembuhan ya, aamiin. Ada sepupuku kena diabetes dan luka jadi groak..mungkin karena diabaikan ya. Terus sewa suster untuk dirawat di rumah, Alhamdullilah kering, sembuh. Tapi memang diabetes ga sembuh total tapi dijaga asupannya, jangan sampai kena luka lagi

Reply Delete
Avatar
Memez 13/10/18, 16.48

Waduh... ini jadi perhatian banget buat aku yang diabetes nih. Harus jaga diri supaya ngga luka ya. Thanks for sharing ya Umiiii...

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza 14/10/18, 11.53

Budheku sekarang juga sedang bergulat dengan diabetes dan komplikasinya, kasian lihatnya. Sekaligus bikin aku sadar utk selalu menjaga asupan gula.
Semoga ibu mertua selalu diberkahi kesehatan dan umur panjang ya mba Lid :)

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 14/10/18, 12.48

Budeku mba diabet, dan sekarang kikinya sedang luka. Ditambah uluhatinya nyeri sampai ga bisa tidur semalaman. Kita yg nasih sehat harus benar2 jaga jangan sampai diabet.

Reply Delete
Avatar
Retno Kusumawardani 14/10/18, 13.53

semoga ibu mertua leka sembuh mbak. Berarti buah sejenis cempedak seperti nangka juga tidak boleh diberikan kepada penderita diabetes ya...

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 14/10/18, 14.02

Buat yang mengalami diabetes memang perlu perawatan ekstra ya mbak kalau ada luka. Rumat ini berpengalaman khusus ya. Semoga ibu mertuanya lekas sembuh ya dari lukanya

Reply Delete
Avatar
indahjuliarti.com 14/10/18, 17.33

penting banget nih informasinya. semoga yang kena diabetes diberi kesembuhan yah mbak

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty 14/10/18, 18.27

Baru tau saya kalau ada rumah khusus untuk perawatan diabetes. MAkasih infonya ya, Mba. Semoga ibu mertua lekas sembuh ya. Amiin ya Rabb...

Reply Delete
Avatar
Diyanika 14/10/18, 19.56

100 meter dari rumahku ada juga Mbak yang mrnawarkan jasa membersihkan luka diabetes kayak gini. Kebetulan yang melayani teman SDku. Harganya cukup terjangkau, 50 ribu juga. Ramai banget lho antrenya. Bisa dipanggil juga ke rumah.

Reply Delete
Avatar
susan 26/03/19, 11.19

dimana bu daerahnya

Reply Delete
Avatar
susan 26/03/19, 11.20

dimana bu daerahnya need information

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 26/03/19, 19.03

Setahu saya di kawasan Yogyakarta, bu

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 14/10/18, 21.47

Mbak Rumat ini ada cabang dimana aja ya..btw thanks infonya sangat membantu :)

Reply Delete
Avatar
Melly Feyadin 14/10/18, 23.13

Semoga Mae cepet sembuh ya mbak, aku jg lagi khawatir nih, ibuku menunjukkan gejala2 diabet. Makasih info rumah sakitnya y mbak

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 15/10/18, 01.42

Ayahku jg butuh nih pengobatan luka diabetes tapi ini tempatnya jauh ya dari Ciputat. Mau nyari yg deket.

Reply Delete
Avatar
Anonim 15/10/18, 08.57

Cabang RUMAT yang terdekat dari Ciputat ada di Pamulang ibu, tepatnya di Apotek Kimia Farma Pamulang (dekat bundaran UNPAM) atau ada juga cabang Unit Cirendeu di Apotek Rajawali Cirendeu (Dekat dengan Hokben/KFC Cirendeu)

Reply Delete
Avatar
Mechta 15/10/18, 06.23

Semoga Mae segera sehat kembali ya mba.. Sangat membantu sekali adanya Rumat ini ya..alhandulillah di daerah kami juga sudah ada.

Reply Delete
Avatar
Fairy Books 15/10/18, 09.57

Ibu menderita penyakit diabetes mba, tapi perawatannya pake obat herbal

Reply Delete
Avatar
susan 26/03/19, 11.26

menggunakan herbal apa bu..need info nya

Reply Delete
Avatar
Sekar 15/10/18, 10.36

Ya Allah, diabetes ini menurun 600% ya mbak? Saya pernah dengar dan baca di artikel gitu. Kata Ibuk saya juga demikian. Memang penyakit ini lebih baik dicegah sejak dini. Semoga lekas sehat untuk Ibunda.. Semoga pula sakitnya menjadi penggugur dosa. :)

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 15/10/18, 11.41

Ya Allah, semoga Mae cepat pulih dan diangkat penyakitnya oleh Allah.
Alhamdulilah ada Rumat ya Mba. Sehat terus Mae, selalu semangat demi anak-anak.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 15/10/18, 12.23

Sejak muda makanya saya bener bener coba batasi konsumsi garam dan gula karena diabetes ngeri banget, gak bisa kena luka dikit akan susah sembuh. kebetulan saudara saya juga perawat luka diabetes makanya dia sering cerita merawat luka diabetes itu repot. semoga kita dijaa kesehatannya oleh Allah

Reply Delete
Avatar
Hida 15/10/18, 14.43

Kakakku yang pertama juga penderita diabetes mbak. Tapi alhamdulillah jarang luka, pernah juga kecelakaan dari motor dan lukanya lama sembuhnya. Baru tau kalo ada tempat spesialis pengobatan luka diabetes. Rumat ini bisa jadi referensi kalo tiba-tiba diperlukan nih mbak. Makasih sharingnya ya.

Reply Delete
Avatar
Jiah 15/10/18, 15.57

Semoga Mertuanya lekas sembuh

Memang luka diabetes itu lama keringnya dan bahkan karena gak kering2 malah jd infeksi lalu nyebar. Kebanyakan tetanggaku gitu. Semoga kita sehat2 ya

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 15/10/18, 16.52

Alm. Bapa juga diabetes sebelum divonis kanker hati, tapi diabetes kering jadi kalau luka nggak meninggalkan bekas kayak diabetes basah tapi teteup saja khawatir, ada RUMAT begini sangat bermanfaat ya bagi pasien-pasien diabetes

Reply Delete
Avatar
Yati Rachmat 15/10/18, 17.39

Iya, adik bunda juga gula darahnya tinggi usianya 72 tahun selisih 7 dgn bunda, disamping obat dokter juga minum beragam rebusan daun kersen, daun binahong, selang seling giap hari. Blm lm ini cek lab gula darahnya sudah turun 200 dari 420. Md2an terus menurun. Aamiin link postingan ini noted by me, ya. Makasih.

Reply Delete
Avatar
Ade anita 15/10/18, 19.08

Aduh...aku ngeri dengan penyakit ini secara keluarga ku membawa gen ini... ini gen yg diturunkan kan ya? Sodaraku satu satu terkena diabetes. Makanya aku jaga banget utk ga addict to sugar.

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika 15/10/18, 19.40

Aku baru tahu mba kalo luka basah diabrt itu memerlukan penanganan khusus ya, guru anakku meninggal karna diabet basah dia nggak mau diamputasi.. Kasihan liatnya padahal lukanya hanya karna lecet pakai sandal saja

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 15/10/18, 21.46

Keluarga besarku juga pengidap diabetes mba.. jadi harus super hati-hati. Btw Rumat ini membantu sekali ya. Itu gula darah Mae tinggi juga. I do the same thing waktu hamil karena menderita gestational diabetes

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 16/10/18, 00.52

Alhamdulillaahnya ya, sekarang makin banyak tempat klinik khusus mengobati luka diabetes macam Rumat. Kebetulan di deket rumahku juga ada klinik bidan, yang ada salah satu perawat khusus diabetes. Tetanggaku yang kena diabetes, nggak perlu ke RS lagi untuk sekadar perawatannya. Semoga ibu mertuanya lekas sehat ya Mbak.

Reply Delete
Avatar
susan 26/03/19, 11.40

didaerah aman bu,,dibantu infonya

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 16/10/18, 01.42

Mau cari info ah, Rumat ini ada di Semarang atau enggak ya.
Kakakku nih udah intensif perawatan luka untuk kedua kakinya semenjak terkena diabetes. Udah beberapa kali juga menjalani perawatan di rumah sakit karena ada jaringan mati di kakinya yang harus diangkat.

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid 16/10/18, 06.01

Semoga luka Mae segera sembuh yaa, Mba. Dan semoga Mae dan kita semua selalu diberi kesehatan, amiiin

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 16/10/18, 06.05

Syafakillahu untuk Ibunda, mba...
Laa ba'sa thohuruun in syaa Allah.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 16/10/18, 08.08

Aku baru tahu kalau ada Rumat.
Belum cek juga apakah di Balikpapan sudah ada Rumat.

Usai BW aku langsung buka browser baru dan cari tahu tentang DM, Diabetes Melitus.

DM dengan komplikasi termasuk penyakit mematikan nomor 3 di Indonesia, menurut informasi yang aku kutip dari www.cnnindonesia.com, setelah
Cerebrovaskular dan penyakit jantung iskemik.

Sebaiknya memang mencegah lebih baik dari mengobati ya, mba

Reply Delete
Avatar
Heni Puspita 16/10/18, 09.12

Wah di Lampung ada nggak ya tempat serupa. Karena suami guru saya dulu ada yang kena diabetes, perawatan lukanya susah. Sampai bengkak2 laama nggak sembuh sembuh.

Reply Delete
Avatar
Siti hairul 16/10/18, 09.16

Wah informatif banget nih mbak artikelnya. Ibuku kena diabetes udah dari tahun 2005 jadi sekarang hati2 banget merawatnya

Reply Delete
Avatar
S. Fauzia 16/10/18, 09.20

Aku sering ketemu pakar kesehatan untuk diabetes, pernah ikutan kelasnya juga. Duh, tua muda sekarang banyak yabg diabet. Jaga pola makan kuncinya.

Kalau udah luka sulit pulih ya. Artikelnya berguna banget pastinya. Makasih sharingnya ya mba.

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas 16/10/18, 09.22

Ya Allah, jadi inget almarhumah ibu. Beliau meninggal 17 Oktober 10 tahun lalu karena diabetes. Ada luka di jempol kakinya. :(

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 17/10/18, 02.38

luka kalau yg punya diabetes memang susah mengering ya

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik 17/10/18, 13.40

aku kebetulan ibu dan bapak diabetes, waktu hamil aku juga kena diabetes kehamilan. Jaga makan banget mangknaya aku mbak, tapi one kyknya pasti kena diabetes krn faktor genetik uuhuhuhu

Reply Delete
Avatar
Mayor sutrisno 02/04/19, 19.20

Coba lah brobat ke dr yusuf...
Bila jauh bisa konsultasi via wa dan pesan racikan beliau dan selalu konsultasi selama brobat dengan beliau.
Banyak yg sudah sembuh selama brobat dengan beliau...
Termasuk paman saya
Ini no hp beliau 0853 6167 5232

Reply Delete
Avatar
Aini 22/01/21, 14.33

Bagaimana keadaan ibu mertuanya mba setelah berobat di rumat. Soalnya ibu saya juga sedang luka karena diabet. Baru mau berobat di rumat. Saya berharap bisa sembuh setelah berobat di rumt

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 23/01/21, 10.57

Harus telaten sih bu kuncinya. Dan setahun saya lama atau tidaknya sembuh luka tergantung besar kecilnya luka itu juga . Satu sisi juga harus jaga gula darah bu

Reply Delete
Avatar
Aini 22/01/21, 14.39

Berapa kali berobat di rumat mba sampai lukanya kering. Mohon infonya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 23/01/21, 10.57

Saya lupa persisnya bu. kayaknya lebih dari 7 kali

Reply Delete
Avatar
Unknown 01/08/21, 14.42

Untuk biaya nya di kisaran brapa ya untuk sekali datang ke rumLat..??

Reply Delete