SLIDER

SMK Ora et Labora, Sekolah untuk Ahli di Sektor Ketenagalistrikan


Kenalan atau anak lulusan SMP (Sekolah Menegah Pertama) tapi masih belum tahu akan melanjutkan dimana? Atau mungkin ingin memperdalam ilmu di bidang pembangkit listrik? Saya punya informasi menarik yang sayang jika terlewatkan.

Jadi begini, Kamis 18 Oktober 2018, diresmikan gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ora et Labora  dengan kompetensi keahlian teknik pembangkit listrik. Peresmian ini dilakukan oleh PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) bersama dengan Yayasan Ora et Labora. Pasnya lagi, peresmian ini sekaligus untuk memperingati Hari Listrik Nasional ke 73 yang dilaksanakan tanggal 27 Oktober.

SMK Ora et Laboran. Photo : April Hamsa
Lalu, apa tujuan didirikannya SMK Ora et Labora ? Tentu saja pendirian SMK ini bukan tanpa tujuan. SMK Ora et Labora ini didirikan sebagai wujud komitmen dalam menjawab kebutuhan industri terhadap tenaga profesional khususnya di bidang pembangkit listrik.
               
Yayasan Ora et Labora yang menaungi SMK Ora et Labora memiliki inisiatif dalam mendukung Pemerintah untuk mewujudkan pembangunan sektor ketenagalistrikan, salah satunya dengan mempersiapkan man power yang handal. Selain itu juga diharapkan bisa memiliki kemampuan dan keahlian teknik pembangkit tenaga listrik sehingga diharapkan generasi muda terampil ini dapat berkarya dan memberikan solusi terhadap permasalahan di sektor ketenagalistrikan.

Presiden Direktur Saratoga Michael W.P. Soeryadjaya menjelaskan sebagai perusahaan investasi aktif, Saratoga mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan nasional melalui peningkatan sektor ketenagalistrikan terutama mencetak generasi berkualitas yang kompeten, terampil serta memiliki keahlian khusus yang mampu menjawab kebutuhan industri. 

“Kami bangga dan bersyukur hari ini Peresmian gedung SMK OL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Saratoga memiliki komitmen tinggi dalam berinvestasi di bidang pendidikan sejalan dengan pilar tanggung jawab sosial Saratoga yang salah satunya berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (Human Capital Development),” katanya.

Saratoga turut berperan aktif sebagai pendonor dan melibatkan anak usaha atau mitra investasi untuk ikut serta menjadi pendonor dengan mengirim siswa terutama dari daerah dimana operasional usaha berada.

Peresmian SMK Ora et Labora

Acara peresmian dilakukan sekitar pukul 11.30 WIB. Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Dewan Pembina Yayasan Ora et Labora, Edwin Soerdjaya. Pak Edwin menyampaikan tentang alasan pendirian SMK Ora et Labora oleh Yayasan Ora et Labora.

Menurutnya, dukungan dari Pemerintah terkait kemudahan izin operasional sekolah-sekolah menengah kejuruan serta dukungan industri pembangkit tenaga listrik dan perusahaan-perusahaan pembangkit dalam menyediakan infrastruktur yang memadai dapat menciptakan operator O&M (Operations and Maintenance) yang kompeten dan disiplin yang kuat. “Kami berharap lulusan SMK OL ke depan dapat memberikan kontribusi lebih untuk Indonesia,” tutup Edwin.
 
Peresmian SMK Ora et Labora. Sumber foto : Novitania 
Setelah itu, Bapak Muhammad Effendi, Presdir Adaro Power memberikan sambutan sekaligus memberikan apresiasi atas lahirnya SMK Ora et Labora yang memiliki murid-murid terbaik dan gedung barunya. Diharakan, dengan adanya SMK ini akan membuat pelaksanaan pendidikan semakin berjalan dengan baik.

Apresiasi juga datang dari Pak Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Lementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurutnya, bidang listrik adalah buidang yang sangat dibutuhkan untuk mendukung industri-industri yang dikembangkan di Indonesia. “Saat ini memang butuh banyak tenaga kelistrikan. Belum lagi kebutuhan infrastrukturnya,” kata Pak Hamid. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dana sebesar Rp 1 Milyar dari MPM Finance untuk membantu proses belajar mengajar di SMK Ora et Labora.
 
Pemberian sumbangan sebesar Rp 1 milyar 

 
Keunggulan SMK Ora et Labora

Teman-teman yang ingin saudara atau anaknya sekolah di SMK Ora et Labora pasti penasaran apa sih keunggulan yang ditawarkan oleh SMK Ora et Labora? Nah, SMK ini memiliki keunggulan seperti di bawah ini :

Memiliki Tenaga Pengajar Berkualitas

Untuk menghasilkan individu yang terampil di dunia pembangkit listrik, SMK Ora et Labora menghadirkan pengajar unggulan dan berkualitas. Misalnya Kepala Sekolah yang mengenyam pendidikan S3 di Jepang. Selain itu, SMK Ora et Labora juga menjalin kerjasama dengan Swiss German University (SGU) untuk menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten. Ditambah lagi, SMK Ora et Labora ini juga bekerjasama dengan Central Industrial Technology Enterprise (CITE), sebuah lembaga berbasis industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.

Peralatan yang Memadai

Biasanya yang menjadi kendala untuk kegiatan pembelajaran SMK adalah peralatan yang kurang memadai. Namun di SMK Ora et Labora ini memiliki peralatan yang mendekati keaslian untuk pembangkit energi listrik. Bahkan, peralatan penunjang ini dihadirkan langsung dari Jerman dan Amerika. Harapannya, para siswa akan lebih memahami dan menguasai kondisi realistik yang terjadi di sektro pembangkit tenaga listrik.
 
Kunjungan melihat peralatan yang disediakan. Sumber foto : Novitania 

Masa Belajar Lebih Lama

Jika SMK lain memiliki masa belajar selama tiga tahun, SMK Ora et Labora ini berbeda. Jika memilih bersekolah di SMK Ora et Labora, maka siswa akan belajar selama empat tahun. Empat tahun ini dengan rincian tiga tahun belajar khusus teori sedangkan satu tahun digunakan untuk mempraktekkan teori yang diperoleh ke peralatan yang tersedia.

Bekerjasama dengan Perusahaan yang Kompeten

SMK Ora et Labora ini yakni bekerja sama dengan mitra strategis seperti perusahaan investasi Saratoga dan anak usahanya yakni Adaro Power, industri pembangkit tenaga listrik seperti Paiton Energi. Jadi, siswa-siswi SMK Ora et Labora ini dapat mengaplikasikan teori yang diperoleh secara langsung ke dunia kerja.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki SMK Ora et Labora, saya yakin akan banyak tenaga-tenaga ahli di bidang kelistrikan yang akan bermunculan sehingga infrastruktur di bidang kelistrikan di Indonesia pun akan semakin kuat.

Alamat : 
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ora et LABORA
Anggrek Loka Sektor II.I BSD, Tangerang Selatan

69 komentar

  1. Wow keren ini, swasta baru buka, peralatannya pasti canggih dan baru semua. Fasilitasnya tidak setengah-setengah. Semoga lulusannya nanti menjadi pekerja yang mumpuni

    BalasHapus
  2. Sekarang ini banyak sekolah kejuruan yang dilirik karena kerjasamanya dengan beberapa perusahaan jadi habis sekolah tidak terus nganggur, dan ini SMK kayaknya pilihan yang tepat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mba. Bisa jadi pilihan yang tepat pula ya

      Hapus
  3. Waah, satu milyar dari MPM Finance demi untuk membantu proses belajar siswa/siswi Ora et Labora. Kwerween. OOT nih thank you udah dibantu listing di Grup FBW ya.

    BalasHapus
  4. Nah keren banget nih sekolahnya,

    BalasHapus
  5. Wah 4 tahun ya? Beda dengan sekolah umum lainnya. Jadi bisa praktek langsung hasil dari proses belajarnya. Teorinya dipraktekan langsung dan pastinya lebih mantap ya

    BalasHapus
  6. Sekolah teknik gini memang biasanya 4 tahun ya, jadi bisa lebih mendalami ilmu dan langsung praktek, bisa jadi alternatif pendidikan anak ya

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada SMK OL di BSD. Fasilitasnya juga kengkap ya mba. Semoga membantu para anak-anak SMP yg mau lanjut ke sekolah Kejuruan

    BalasHapus
  8. Sebagai alumni SMK saya jadi terkenang dulu waktu zaman pak Habibie, SMK khususnya tehnik, di support habis2an.

    Keren banget kalau sekolah di kejuruan yang bisa langsung praktek :)

    BalasHapus
  9. Aku sudah bisa membayangkan fasilitas di sekolahnya pasti keren banget secara Dulu aku pernah jadi siswa SMK jurusan listrik dan jurusan ini memang dibutuhkan banget kedepannya Semoga makin sukses aja sekolahnya menghasilkan lulusan berkualitas

    BalasHapus
  10. Unik juga ya, ada masa setahun buat praktek. Masa belajarnya yang lebih lama ini jadi bikin lulusan SMK ini istimewa ya.

    BalasHapus
  11. Aku dulu juga punya temen satu angkatan yang lulusan sekolah kejuruan.
    Aku uda gaya-gaya karena dari salah satu SMA unggulan di Surabaya, ternyata pas masuk laboratorium, mereka ini keren-keren sekali.

    Gak perlu dijelaskan panjang lebar, mereka sudah paham.
    Dan langsung cak-cek kerja.

    Ternyata ini salah satu kelebihan anak kejuruan.
    Mereka ahli dan cekatan di bidangnya.

    BalasHapus
  12. Keren banget yaa, masih sekolah menengah udah pda bisa bikin pembangkit listrik. Semoga Ora et Labora bisa mencetak banyak generasi kebanggan Indonesia :)

    BalasHapus
  13. Menarik juga dengan masa belajar yang lebih lama. Tetapi, kalau melihat mitranya yang memang berkompeten, harapannya juga para lulusan terbaik di sana juga akan semakin mudah mendapatkan lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  14. Masa sekolahnya 4 tahun, hmm kalau di Surabaya sama seperti SMKN 5. 3 tahun belajar, 1 tahun Praktek Industry. Tapi lulusannya pinter-pinter, Mbak
    Wah, jadi asik ya ada sekolah khusus listrik di Indonesia. Belajarnya jadi lebih fokus, siapa tau setelah mobil listrik ada sepeda motor listrik, becak listrik... Tapi kok transport semua, sih hehe

    BalasHapus
  15. Sebagai lulusan SMK, aku suka dengan SMK yang baru berdiri seperti SMK Ora et Labora ini. Duh, aku sedikit baper baca ini karena jurusannya kelistrikan. Jadi keinget mantan gebetan yang lulusan TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik). Hehehe.

    BalasHapus
  16. makin kesini menurutku SMK emang lebih menjanjikan ya.. jurusannya pun keren2, gak kayak jaman ku dulu yang cuma ada beberapa pilihan.. yang pasti kalau sekolah kejuruan gini, anak jadi lebih meningkat kemampuannya ya.. keren deh ini..

    BalasHapus
  17. Sekolahnya keren banget, siap mencetak lulusan yg dapat diserap langsung didunia kerja. Kereen..

    BalasHapus
  18. Ke kampung saya sering listrik mati. Sehari lebih dari 3 kali. Semoga dengan banyaknya lulusan sekolah jurusan listrik ini listrik gak lagi byar pet. Listrik mati kita cuma bisa diam. Lah telat bayar listrik satu hati saja petugas PLN sampai datang ke rumah nagih2...

    BalasHapus
  19. Keren ya SMK Ora Et Labora ini. Padahal dulu anakku yg bungsu kepengen banget sekolah jurusan ini, sayang pas dia lulus SMP sklh jurusan ini blm ada. Dan bersyukur lah untuk anak² yg skrng msh dibangku SMP kalau ingin jurusan Pembangkit tenaga listrik saat ini sudah tersedia di SMK Ora Et Labora ini

    BalasHapus
  20. Berarti SMK Ora et Labora sama dengan High School di Amerika, 4 tahun sekolahnya, maka ijazahnya disebut Diploma.
    Senang ada alternatif pendidikan seperti SMK ini, semoga memberi kontribusi untuk kemajuan negeri ini.

    BalasHapus
  21. Wah keren nih..menjawab kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil di bidang kelistrikan ya...

    BalasHapus
  22. Memang begitulah idealnya sekolah ya, membekali pelajarnya dengan keahlian yang langsung tepat guna, langsung bisa dieksekusi di lapangan.

    Semoga akan banyak sekolah-sekolah serupa di nusantara ya, mba.

    BalasHapus
  23. Aku prefer nih dengan sekolah berbasis keahlian apalagi anak2ku kan homeschooling. Sekarang persiapan nyari lembaga untuk anakku karena dia suka banget menggambar dan animasi. Mudah2-an ada sekolah sejenis SMK ini di jogja

    BalasHapus
  24. ga amsalah ya Ummi lama 4 tahun tapi beneran bikin lulusannya kompeten aku suka ini programnya apalagi kerjasama dengan pihak2 yg juga kompeten

    BalasHapus
  25. Kereen SMK nya. Sekarang emang sebaiknya anak-anak diarahkan ke sekolah kejuruan agar dapat terjun langsung ke dunia kerja ya, Mba. Btw SMK ini lokasi tepatnya dimana ya, Mba?

    BalasHapus
  26. namanya unik ya mba, aku juga dulu sekolah di STM, lebih ngena sih ilmunya, banyak praktek daripada teori. ini yang sekolah 4 tahun itu ya?

    BalasHapus
  27. Sekolah Ora et Labora ini sudah cukup dikenal sejak lama ya. Ternyata sekarang punya SMK khusus kelistirkan begini keren. Ih jadi sekolah di di sana ada tambahan waktu 1 tahun untuk mempraktekkan hasil teori selama 3 tahun belajar ya

    BalasHapus
  28. Wah belajarnya 4 tahun tapi langsung ke praktek ya. Semoga dihasilkan SDM berkualitas dari sekolah ini.

    BalasHapus
  29. Saya selalu kagum dengan lulusan SMK, mereka biasanya siap kerja dan sudah punya keahlian saat lulus sekolah 👍

    BalasHapus
  30. Wow, thiѕ article is gοod, mmy younger sіster is analyzing
    these tһings, therefrore I am goijg tο
    lеt know her.

    BalasHapus
  31. Dulu SMK masih dipandang sebelah mata. Kesannya nih anak2 SMK itu buangan yang ga masuk sekolah negeri favorit. Padahal mah ya ternyata banyak belajar praktek ga cuma teori aja. Kelar sekolah bisa langsung kerja. Atau lebih bagus lagi lanjtkan sekolah yang bidangnya sesuai.

    BalasHapus
  32. Sekolah yang mendidik anak2 jd spesialis kyk gini emang dibutuhkan banget. Apalagi buat ahlinya pembangkit tenaga listrik ya Mbak AL. Moga di tanga mereka negeri ini makin terang.

    BalasHapus
  33. waww OeL semakin maju dan keren. Tapi memang anak zaman sekarang sangat penting punya skill. Cocok dan bagus di masukin ke SMK. Karena memasuki revolusi industri 4.0, jadi butuh banget pengetahuan sejak di SMK

    BalasHapus
  34. Peralatannya lengkap, Semoga bisa mencetak generasi penerus Bangsa yang sukses dari SMK Ora et Labora. Lokasinya dimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOkasinya di kawasan BSD, mba. Tadi saya udah lengkapi alamatnya ya :)

      Hapus
  35. Yeaayy hidup SMK! Aku juga lulusan SMK mbak, dan bener lho ngeradain banget bedanya. Selain dari bidang yang dikuasai maupun mental saat memasuki dunia kerja. Dan seneng banget sekarang makin variatif jurusan yang tersedia..

    BalasHapus
  36. Eh namanya punya karakter berbeda dengan sekolah lain ya
    Semacam nama sekolah di luar negeri

    BalasHapus
  37. Wow keren jurusannya, pembangkit tenaga listrik, belajarnya juga 4 tahun lagi, semoga SDM Indonesia makin unggul dengan adanya SMK ora et labora.

    BalasHapus
  38. Sekolah yang tetap hit ya. Dulu zaman sekolah punya teman sekolah di sini. Kalau nggak salah artinya adalah berdoa dan bekerja.

    BalasHapus
  39. Bisa sering praktik dan senang banget saat magang mbaa.. SMK Oel ini aku lihat sarana prasarananya lengkap. Eskulnya jg kece yaa mba Al

    BalasHapus
  40. Dulu jadi inget mau masuk SMK gak dikasih karena muridnya mayoritas laki-laki semua. Tapi jujur fasilitas sekolah sekarang makin canggih yah, aku baca modern dan berasa jadi anak SMA lagi. pilihan orangtua semakin bervariasi agar anak-anak Indonesia banyak yang menjadi ahli di banyak bidang

    BalasHapus
  41. Sekarang uang masuknya berapa ya? Secara dari dulu Era et Labora nih udah terkenal keren jadi paporit hehe

    BalasHapus
  42. Kalau lihat sekolah keren begini aku menyesal.... kenapa sih zaman aku sma dulu ngga ada sekolah bagus begini hehehehehee.....

    Mudah-mudahan makin banyak yang memperoleh manfaat dari sekolah ini yaaaa

    BalasHapus
  43. Banyak banget ya keunggulannya, terutama tenaga pengajar dan alat praktikumnya. Dengan begitu anak2 jadi makin fokus dan lebih terampil ya mba

    BalasHapus
  44. Waw, sekolah kejuruan yang belum ada nih dimana mana, sekarang banyaknya bisnis manajemen. Termasuk sekolahku. Padahal pengetahuan ttg ketenagalistrikn penting banget, kebutuhan dasar manusia, vital.

    BalasHapus
  45. Sekolah khusus kelistrikan menjadi kebutuhan sektor industri yang makin pesat.
    Ora et Labora memiliki banyak keunggulan, pastinya menjawab tuntutan masyarakat

    BalasHapus
  46. Ternyata seru juga ya kurikulum di SMK itu, ya memang lebih banyak ke praktiknya jadi lebih seruuu menyiapkan anak langsung terjun ke dunia kerja. Ini SMK nya keren deh, kayanya sudah siap segala sesuatunya untuk launching ya.

    BalasHapus
  47. Saat ini sebenarnya lulusan sekolah kejuruan lebih memiliki peluang lebih besar utk dpt memiliki usaha sendiri. Anak anak jaman now semestinya tdk lagi dijejali hrs menjadi karyawan tp hrs diberi motivasi agar mampu berdikari dan punya usaha sendiri

    BalasHapus
  48. Wow peralatannya didatangkan langsung dari Amerika dan Jerman ya?
    Mungkin supaya menyerupai peralatan aslinya di power plant ya mbak Lid :D

    BalasHapus
  49. SmK terlengkap berarti ini mba y utk jurusan PTL ada program beasiswanya gk mba klo seklh swasta kyk gini?

    BalasHapus
  50. Alhamdulillah. Ini berarti pilihan sekolah untuk anak-anak bertambah.
    Apalagi SMK OL ini memiliki peralatan praktek yang didatangkan langsung dari Amerika dan Jepang. Pastinya teknologinya tak diragukan lagi.

    BalasHapus
  51. Duh aku kalau punya anak langsung aku tawarin masuk SMK ORA et LABORA ini biar punya skill di bidang listrik.

    BalasHapus
  52. SMK Ora et Labora memang jeli ya melihat peluang dgn menjadi pioner sekolah menengah yg membidani bidang pembangkit tenaga listrik. Mana siswa siswanya belum lulus aja sudah digaet perusahaan besar. Kerennn

    BalasHapus
  53. Keliling SMK nya aku amaze banget mba. Salut. Dengan semua program dan kontrol pendidikannya

    BalasHapus
  54. Alhamdulillah dengan adanya sekolah ini, anak yang memiliki bakat kelistrikan jadi bisa di sekolahkan di sini ya Mba

    BalasHapus
  55. kok kok kok sekolahnya keren banget hahaha. aku malah seneng deh liat SMK tuh karena anak belajarnya jadi udah fokus, terarah ke bidang yang emang disuka. jadi nggak ke mana-mana. coba nanti liat-liat ke sana juga ah

    BalasHapus
  56. Spesialisasi nya keren ya kak... Kalo dari segi biaya mahal ga kak sekolah disini?

    BalasHapus
  57. Rekomendasi nih buat yg mencari sekolah smk biar cepat kerja

    BalasHapus
  58. Wah siswanya dari berbagai daerah di Indonesia juga yah Mba, ga hanya Jakarta aja. Jadi makin penasaran sama sekolah satu ini ^^

    BalasHapus
  59. mantebbbbb nie sekolahnya,

    sekarang ini lagi buming banget sekolah swasta dengan kejuruan seperti ini, kalo saya ngajar di smk telkom mba.. ya setipe dengan ini lah... smk dengan bidang kompetensi khusus

    BalasHapus
  60. Kita butuh sekolah2 seperti ini nih, Mba. Yg mendidik anak utk life skill. Jadi mereka sudah punya tujuan hidup harus bagaimana.

    BalasHapus
  61. kalau sekolah di SMK Ora et Labora mesti siap-siap nih lebih lama selesai sekolahnya sampai 4 tahun, keren ya mbak, ketiks siswa lulus udah banyak skillnya

    BalasHapus
  62. enaknya sekolah di SMK itu karena langsung ada kesempatan kerja sesuai bidang yang ditekuni.. akupun ada rencana mau nyekolahin anak di SMK, supaya konsentrasi pembelajarannya lebih terfokus :)

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell