Tips Memilih Rumah Pertama

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Memilih Rumah Pertama

Sejak awal menikah, saya sudah berangan-angan untuk tinggal di rumah pertama. Tapi apa daya, uang belum juga terkumpul. Makanya setelah menikah, saya yang sebelumnya ngekost, pindah ke kamar kost suami. Kamar kost yang tak seberapa besar itu awalnya diisi satu orang kemudian bertambah. Buku-buku saya yang jumlahnya cukup banyak terpaksa harus dimasukkan ke kamar kost suami. Sesak? Pasti. 


Tapi kami bertekad menabung untuk bisa membeli rumah dengan cara ngekost terlebih dahulu.  Setelah ngekost, kami tak langsung memiliki rumah pertama. Tapi lanjut ngontrak di rumah yang dekat dengan kantor saya. Kalau jalan kaki dari rumah, mungkin tak sampai 5 menit sudah tiba di kantor. Kalau jalan kaki dari rumah, mungkin tak sampai 5 menit sudah tiba di kantor. Kontrakan dua kamar itu terasa lebih luas dibandingkan kamar kost kami. Tapi harga kontrakan yang bertambah mahal membuat kami bertekad untuk segera menabung agar membeli rumah pertama. 


Sumber foto : pixabay.com

Saya banyak belajar tentang tips membeli rumah pertama dari suami. Karena bertekad untuk punya rumah pertama, setiap bulan kami selalu menganggarkan anggaran khusus untuk mewujudkan rumah impian. 

Kami bersyukur, niat kami memiliki rumah pertama akhirnya terwujud. Saya masih ingat, saat pindahan rumah, ibu mertua dan adik-adik ipar dari Kudus, Bogor dan Bekasi datang untuk membantu kami pindahan. Sekaligus mendoakan agar rumah pertama yang kami tempati hingga kini, membawa berkah. 

Mungkin ada teman-teman yang membaca tulisan saya ini juga berharap ingin segera memiliki rumah pertama. Dan ijinkan saya berbagi pengalaman saat saya membeli rumah pertama di tulisan saya ini. Lalu, apa saja tips membeli rumah pertama sesuai pengalaman saya dan suami ? 


Bulatkan Tekad untuk Membeli Rumah 

Mengapa saya katakan harus membulatkan tekad untuk membeli rumah ? Percayalah, godaan saat pegang uang tuh terlalu kuat. Uang ngumpul sedikit, sudah ada keinginan untuk membeli barang atau membeli barang yang sebetulnya tak dibutuhkan. Kalau memiliki tekad yang kuat untuk membeli rumah pertama, keinginan itu akan terwujud karena kita tak ada keinginan untuk membeli sesuatu menggunakan anggaran untuk membeli rumah. Saya ingat suami saya berkata “Uang ini untuk rumah, tak boleh untuk yang lain”. 


Beli Rumah Sesuai Kemampuan Keuangan

Jujur saya katakan bahwa sebaiknya membeli rumah sesuai kemampuan. Kita pastinya paham kemampuan anggaran kita. Misalnya kalau gaji kita sekian juta, pengeluarannya untuk apa saja harus dihitung dengan cermat. Sehingga kita bisa punya gambaran berapa uang yang bisa disisihkan setiap bulan untuk membeli rumah. Sekaligus bisa untuk mengetahui berapa uang muka serta cicilan per bulan yang mampu kita bayar jika hendak membeli rumah pertama. 


Tentukan Mau di Perumahan atau Luar Perumahan 

Ada yang suka tinggal di perumahan, namun ada juga yang mungkin memilih lebih nyaman tinggal di luar perumahan. Sebaiknya tentukan ini terlebih dahulu sehingga proses pencarian juga jadi lebih mudah. Kalau tinggal di perumahan, biasanya semuanya telah tersedia, banyak fasilitas dan banyak keuntungan lainnya. 


Pilih Perumahan yang Terpercaya 

Jika teman-teman ingin membeli rumah pertama di kawasan perumahan, pilihlah pengembang perumahan yang telah terpercaya dan menawarkan harga terjangkau tapi kualitas perumahannya tak perlu diragukan. Sebaiknya lakukan survey langsung ke perumahan untuk mengetahui secara langsung kondisi rumah di perumahan. Datangi juga kantor perumahan untuk bertanya secara detail tentang perumahan tersebut. 


Perumahan Mustika Park Place


Nah kalau teman-teman ingin membeli rumah di perumahan, Mustika Park Place bisa menjadi pilihan. Mustika Park Place ini dikembangkan oleh Mustika Land yang sudah lebih dari 30 tahun membangun rumah terjangkau di Indonesia. Mustika Park Place ini adalah perumahan yang memiliki konsep SAFE (Smart, Active, Fun, Eco) untuk mendukung gaya hidup. 


Soal fasilitas tak perlu diragukan karena Mustika Park Place dilengkapi fasilitas clubhouse, swimming pool, jogging track serta lapangan olahraga. Kita juga bisa menikmati suasana yang asli karena adanya taman hijau dan danau resapan Navarra Lake. 




Kalau teman-teman mau berkunjung ke Mustika Park Place, aksesnya bisa melalui tol dan keluar gerbang tol Jorr 2 yang berjarak 600 meter ke perumahan. Atau bisa juga menggunakan commuterline dan turun di stasiun Tambun, Bekasi. Nah dari stasiun Bekasi, jarak ke perumahan sekitar 20 meter.  


Untuk sistem keamanan, perumahan di Mustika Park Place ini dilengkapi sistem keamanan CCTV. Ada empat cluster yakni cluster Navarra, Brazia, Tevana dan Manava yang memiliki gerbang cluster masing-masing. 




Berapa harga rumah di perumahan Mustika Park P lace? Harga rumah yang ditawarkan sekitar Rp 390-Rp 800 juta. Cicilannya bisa mulai Rp 2,3 juta per bulan. 


Ada yang tertarik membeli rumah pertama di mustika-park-place.com ? Alamatnya di Jl. Cheri Raya, Burangkeng, Kecamatan Setu, Bekasi, Jawa Barat. 




18 komentar

Avatar
Farida Pane 15/10/21 18.10

Kalau diniatkan sebagai rumah pertama, berarti akan ada rumah selanjutnya dong ya. Setuju kalau rumah pertama disesuaikan dengan kemampuan dulu

Reply Delete
Avatar
Latifika Sumanti 16/10/21 07.09

Memang benar Mba kalau mau cari perumahan kudu cari agent properti yang kredibel, kerjaannya kudu dilihat dulu, jangan sampai menyesal. Karena kalo uda urusan rumah kelihatannya "cuma gitu" aja tapi harganya "ga gitu aja", jadi jangan sampai gigit jari

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 17/10/21 07.58

betul mbak untuk rumah pertama harus disesuaikan dengan kemampuan, semoga selanjutnya juga ada rumah kedua dan berikutnya ya

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 17/10/21 09.04

Bagian terlelah cari rumah sih cek satu satu rumahnya. Namun kalau sudah dapat yang cocok, rasanya puas!

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 18/10/21 09.01

Iyayaa..inginnya pasti memiliki rumah setelah menikah.
Namun ada hikmahnya kalau menunggu dulu, setidaknya bisa banyak mempertimbangkan banyak hal dan menetapkan di lingkungan terbaik seperti Mustika Park Place.

Reply Delete
Avatar
Desi 18/10/21 22.21

Mba Alida, pas bgt nih sama yg lg diusahakan sama saya dan suami..lagi nabung doa n duit dl buat bisa punya rumah pertama.. Setuju bgt sama tipsnya, saya dan suami sempat galau pilih di perumahan atau yg non perumahan.. Kdg udah mutusin, eh liat ada yg bagus, berubah lg keputusannya hehehe

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 26/10/21 10.31

benar banget nih Mbak, poin-poinnya, saya pun juga baru hampir 3thn ini menempati rumah pertama kami, sebelumnya numpang di rumah Tante yang kebetulan tuh rumahnya kosong gak ditinnggali.
tapi karena gak mau berlama-lama disitu kami pun berjuang bersama buat bisa pindah ke rumah pertama kami.
proses pencarian juga lumayan lama, tentunya sambil terus mengumpulkan dana sesuai kemampuan kami.
kalau saya lebih suka di perumahan karena suasananya gak sepi, Alhamdulillah dapat tetangga juga yang baik-baik.

Reply Delete
Avatar
d'pearl 26/10/21 13.07

Idaman banget punya rumah sendiri. Selama ini saya, suami, dan anak-anak masih tinggal bersama orang tua. Harapannya sih bisa punya rumah kayak di Mustika Park Place ya, suasanya kelihatannya enak, apalagi untuk anak-anak. Alhamdulillah, Allah beri rezeki membangun rumah sendiri di tahun ke 7 pernikahan kami. Doakan lancar ya teman-teman...

Reply Delete
Avatar
Intan Daswan 26/10/21 21.15

Memang benar, Mbak, aku juga ngalamin itu. Butuh usaha yang luar biasa buat beli rumah pertama. Pernah gagal beli rumah, karena ulah nakal pengembang. Btw, model rumah di mustika park place keren-keren ya.

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 27/10/21 21.08

Mau punya rumah sndiri emang harus diniatkan dengan tekad yang kuat y mba harus menabung dan beli sesuai kemampuan btw baru tau nih mb ada rumah bagus di tambun ..pnasaran mau liat2 kesana nih

Reply Delete
Avatar
Indrifairy 28/10/21 04.27

Setuju banget dengan tips-tips yang mba Alida berikan karena aku juga menerapkannya dulu saat akan memiliki rumah, Alhamdulillah sekarang udah lunas tuh rumah pertama

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 28/10/21 10.27

tips tips ini sangat berguna buat yg lagi mau cari rumah pertamanya ya mbak
karena cari rumah g bs sembarangan

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 28/10/21 13.50

Cicilan murah nih terjangkau. Rumah memang penting. Kontrak mahal tiap tahun naik.

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 29/10/21 05.36

Setuju mba. Godaan kalau lagi pegang uang itu berat. Jadi harus segera dialokasikan, misal untuk menabung beli rumah. Dan, sesuaikan saja sama kemampuan ya mba untuk beli rumahnya.

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi 29/10/21 12.50

mba tipsnya untuk punya rumah pertama bener semua deh yang di informasikan, apalagi yang terakhir tuh kalo mau beli rumah di perumahan pentiiing banget untuk tahu developernya mengingat sekarang banyak sekali yang penipuan jadi harus bener2 jaga2

Reply Delete
Avatar
nabilla - bundabiya.com 30/10/21 00.09

hmm penting nih mba buatku yang belum punya rumah pertama. semoga aja bisa terwujud dalam satu atau dua tahun ke depan aamiin hihi mohon doanya yaakkk

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 31/10/21 17.49

Terima kasih sharing ceritanya, mba Alida, ingin punya rumah sendiri memang butuh tekad yang kuat ya, betul banget, uang baru kumpul ada aja kebutuhan yg tampak urgent sebagai godaan, makasih ya tipsnya kayaknya perumahan Mustika Park nyaman untuk dijadikan tempat tinggal

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 01/11/21 12.08

Harus beneran diprioritaskan ya, kalau ingin punya rumah itu. Tapi beneran, punya rumah tu harus diperjuangkan. Biar terwujud dan hati serta pikiran menjadi tenang.

Reply Delete