Tips Tetap Produktif Selama Work From Home

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Tetap Produktif Selama Work From Home


Sebelumnya saya ingin sampaikan kalau work from home yang saya lakukan tidak setiap hari karena pekerjaan saya lebih mengharuskan saya bekerja dari kantor. Bulan Oktober ini, saya punya kesempatan untuk work from home selama tiga kali. Bagaimanapun masih bersyukur dengan pekerjaan di sebuah stasiun televisi selama hampir sembilan tahun.

Awal pandemi saya sempat coba beberapa kali work from. Tapi kemudian full kerja di kantor dengan pengaturan jam kerja yang meminimalisir tatap muka dan berkerumunan dengan rekan kerja yang lain. Pandemi yang semakin mengganas membuat divisi saya memutuskan untuk mencoba kembali work from home walaupun tak bisa penuh selama sebulan.

Sumber : pixabay.com


Saat suami sakit, saya work from home. Work from home yang saya lakukan bukan berarti tanpa drama. Awal-awal work from home, pembagian tugas kerja belum pasti sehingga terkesan melelahkan. Jam kerja pun demikian. Akhirnya kerja dari rumah terasa lebih melelahkan.

Akhirnya kami melakukan rapat khusus lagi untuk memutuskan apa saja tugas saat bekerja di kantor dan di rumah. Harapannya agar ini tidak tumpah tindih dan terasa lebih berat sebelah. Toh di rumah ataupun di kantor juga sama-sama bekerja kan ?

Saya selalu berusaha, walaupun pas work from home tetap kerja profesional selayaknya bekerja di kantor. Jadi jangan karena tak tampak ama bos atau rekan kerja di kantor malah jadi kerja Kerja dimanapun harus profesional. Lalu, apa yang saya lakukan agar tetap produktif selama work from home?

Tepat Waktu

Walaupun work from home, saya tidak pernah terlambat standby di depan laptop untuk memulai pekerjaan. Bahkan paling lambat 15 menit sebelum jam kerja, saya sudah standby dan siap bekerja work from home.

Gunakan Pakaian yang Rapi dan Wangi

Saya termasuk penganut pekerja yang kalau kerja harus rapi, wangi dan bersih. Jadi sebelum kerja, saya sudah harus mandi bersih dan memakai pakaian yang rapi dan wangi. Terlihat sepele tapi dengan gunakan pakaian yang rapi dan wangi, semangat kerja semakin meningkat dan produktifitas pun akan meningkat. Saya yakin teman-teman sependapat dengan saya. Hehehe.

Cek Perlengkapan Kerja

Sebelum work from home, saya selalu cek perlengkapan kerja. Mulai dari laptop, saya cek apakah batrai sudah terisi penuh atau belum. Begitu juga untuk handhone. Untuk sistem yang terhubung dengan komputer kantor, saya cek juga apakah ada kendala atau tidak. Satu yang juga penting adalah cek jaringan internet untuk memudahkan selama work from home.

Kemudahan Work from Home dengan Koneksi Internet

Saya beberapa kali mengalami kendala dengan jaringan internet. Dan sedihnya, ini terjadi pada saat-saat lagi penting. Pernah saat rapat zoom, tiba-tiba narasumber di layar tak bergerak, suaranya pun hilang. Pas saya cek, teryata jaringan internet di rumah tak stabil.

Saat anak lagi ujian sekolah kenaikan ke SMP, jaringan internet di rumah mendadak terputus tanpa ada pemberitahuan sama sekali. Waktu itu saya di kantor dan anak menceritakan kondisi internet di rumah yang terputus dan dia panik karena sedang ujian kenaikan.

Sumber : Advan
Saya di kantor juga ikutan panik karena kalau kendala ini dibiarkan berlarut-larut nantinya ujiannya bisa tak terselesaikan dan berdampak pada nilai ujiannya. Suami yang ada di rumah juga mendadak handphonenya tak bisa dihubungkan internet ke Ipad anak. Alhasil, saya minta tolong tetangga hubungkan wifi rumahnya dengan gadget di rumah saja untuk anak bisa belajar online lagi. Aih ribetnya.

Sekarang setelah semuanya sangat mengandalkan internet, kebutuhan akses internet sangat dibutuhkan. Ini karena belajar dan bekerja dilakukan di rumah dan semua terhubung oleh akses internet.



Karena kendala jaringan internet di rumah, saya pun tertarik untuk membeli modem khusus untuk mempermudah aktifitas harian saya sekeluarga. Berkat rekomendasi dari teman, saya berencana mau membeli Advan CPE Router Start. Kebetulan teman saya sudah menggunakan Advan CPE Router Start ini dan sangat terbantu untuk kegiatannya sebagai blogger yang membutuhkan akses internet cepat. Ada beberapa keunggulan Advan CPE Router Start yakni :  

  • Baterai 2000 mAh. Ini memudahkan untuk terhubung kapan pun dan dimanapun dengan baterai berkapasitas 2000 nAh.
  • Bisa Terhubung dengan 32 pengguna sekaligus. Kemudahan dengan adanya Advan CPE Router Start ini yang jadi unggulan. Bayangkan saja, jangkauan sinyalnya luas, kuat dan stabil hingga mencapai radius 12 meter. Bahkan bisa digunakan hingga 32 pengguna sekaligus.
  • Koneksi nirkabel tercepat. Bagi yang selalu zoom, dengan adanya Advan CPE Router Start ini tak perlu kuatir lagi karena koneksi nirkabel 4 antena tercepat dan stabil. Bahkan dengan didukung dengan 3 SSID dan WPS Encryption ini menjadikan penggunaan lebih nyaman.
  • Bisa digunakan semua operator. Tak perlu kuatir menggunakan Advan CPE Router Start ini karena bisa menggunakan WLAN semua operatir dengan kartu 4G LTE.
  • Kelengkapan Hybrid Router. Advan CPE Router Start ini dilengkapi baterai 2000 mAh, charger dan kabel WLAN

Teman-teman jika tertarik membelinya seperti saya, cukup bayar Rp 699 ribu dan ini termasuk paket bundling CPE Hybrid Router dengan Telkomsel Orbit ekstra kuota 50 GB untuk 24 jam selama 30 hari! Dengan menggunakan Advan CPE Router Start ini, dijamin work from home jadi lebih produktif untuk kegiatan sehari-hari.

 

 

14 komentar

Avatar
Icha Faizah 22/10/21 14.01

Aku punya router mirip kaya gitu, tapi pemakaiannya harus sambil dicolok. Kalau Advan nggak berarti, ya? Enak, jadi bisa dibawa ke mana-mana. Berarti dicas dulu, ya? Dicas berapa jam itu Mba kalau mau dibawa keluar?

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 23/10/21 09.39

setelah sebelumnya dulu kita pusing kalau pulsa habis, sekarang tiba saatnya pusing jika kuota/jaringan internet lagi gak bisa berfungsi ya Mbak, down ataupun sejenisnya.

syukur ya sekarang ada solusi baru ini, bisa digunakan untuk semua pengguna operator apa aja ya, caakep nih.

Reply Delete
Avatar
rizhaa 23/10/21 21.24

setuju mba kalau kita rapih walaupun WFH otomatis bakal lebih produktif. tp paling bt kalau internet mati idup labil. untung ya ada advan CPE router start

Reply Delete
Avatar
Bety Kristianto 24/10/21 16.31

Bener banget mba, kerja dari rumah nyatanya gak seindah namanya hehehe. Aku pribadi sebetulnya full time mom tapi karena anak-anak belajar dr rumaj, rasanya juga sering exhausted. Capek sekali. Apalagi kalau sinyal di rumah ilang ilangan huhuhu. Kalau pake Advan ini pastinya ngebantu banget ya. Belajar tenang tanpa takut kuota abis hehe.

Reply Delete
Avatar
Indri 25/10/21 02.36

Rooter aku dirumah sering banget trouble saat-saat dibutuhkan, sepertinya aku bakalan melirik Advan nih

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 25/10/21 05.59

Lebih suka mana nih mba wfo atau wfh .tapi wfh jga sangat menyenangkan ya dengan suasana yang bagus juga signal yang kuat dari Internet advan CPE Router aman nyaman tanpa takut lemod

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 25/10/21 07.02

Nah ini yang sering diributin suami. Saat suami WFH, anak-anak bilangnya libur, karena lihat bapaknya ada. Padahal ya tetep aja kerja, ada waktunya. Dan modem internet ini yang sering jadi kendala. Bagus nih kayaknya modem ini buat referensi.

Reply Delete
Avatar
ajeng natassia 25/10/21 07.36

Berasa banget sih ganggunya ya mba kalau kita lagi zoom meeting terus tiba tiba lemot, atau anak anak lagi online class terus lemot,, kadang sampe suka kelewatan tuh gurunya ngomong apa aja,, Advan CPE Router Start bisa nih buat wishlist supaya koneksi di rumah lancar terus. Makasih sharingnya ya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 25/10/21 07.47

Di saat sekarang ini yang palingg dibutuhkan bahkan sangat penting adalah koneksi internet yang stabil ya mbak. Apalagi untuk yang WFH dan PJJ nih, penting dan jangan sangat sampai koneksinya naik turun.

Reply Delete
Avatar
Rani Retnosari Mantriana 25/10/21 10.01

Aku salfok sama bentuk router nya, tetep aesthetic ya hehe.. Jadi tertarik (nabung dulu ah, hehe). Ohiya selama wfh ini kalo aku udah beberapa kali ngatur meja kerja biar tetep semangat kerjanya, haha..

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 25/10/21 10.07

Bener banget saat wfh yang terpenting koneksi internet. Selain buat WFH buat PJJ anak juga butuh koneksi yang mendukung. Jadi tertarik ama Advan CPE Router Strat nih, biar koneksi di rumah lebih stabil.

Reply Delete
Avatar
Kak Niken - Kal 25/10/21 10.15

Aku jadi malu euy. Suka pakai daster gitu di rumah. Harusnya memposisikan diri untuk ready dengan pekerjaan kenis apapun tapi tak menggunakan daster ya kak. Supaya ada sesuatu yag membedakan.
Ah iya butuh akses internet yang lancar untuk mendukung aktivitas kita.

Reply Delete
Avatar
Sarieffe 25/10/21 15.46

Ternyata harganya terjangkau juga ya mba, aku merasakan gimana reportnya harus tethering sinyal dari hp. Cuss ah cek sinyalku Telkomsel orbit dulu di tempatku, kalau bagus aku mau order ah

Reply Delete
Avatar
Priyani Kurniasari 25/10/21 15.46

Ternyata harganya terjangkau juga ya mba, aku merasakan gimana reportnya harus tethering sinyal dari hp. Cuss ah cek sinyalku Telkomsel orbit dulu di tempatku, kalau bagus aku mau order ah

Reply Delete