Nikmatnya Nasi Kuning Avon Ambon di Surabaya

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Nikmatnya Nasi Kuning Avon Ambon di Surabaya


Saya tuh tergila-gila dengan nasi kuning Ambon. Mungkin beberapa teman-teman penasaran kenapa harus ada nama nasi kuning Ambon? Mengapa nggak hanya nasi kuning saja ? Selama tinggal di Ambon selama hampir 17 tahun, lidah saya terbiasa dengan rasa kuning Ambon. Dan selama tinggal di Ambon itulah, nasi kuning Avon ini paling juara enaknya! Perpaduan nasi kuning, serundeng, suun goreng, keringan singkong dan ikan serta kuahnya pedas membuat nasi kuning Avon ini nikmatnya nggak tanggung-tanggung.

Nasi kuning Avon Ambon


Nasi kuning Avon ini dulu tinggal di dekat rumah keluarga besar saya di Ambon. Awalnya mereka jualan di sekitar kawasan Jalan Kenanga, Ambon. Kemudian pindah sekitar satu kilometer dari lokasi awal. Kedua tempat jualan nasi kuning Avon ini ya dekat sama rumah keluarga saya. Rumah makan nasi kuning Avon ini selalu penuh sesak mulai dari pagi hingga siang hari.

Saya di bagian depan nasi kuning Avon Ambon 

Nasi kuning Avon ini jualannya sudah sejak 1972 loh. Dan sejak pindah ke Surabaya nasi kuning Avon tetap mempertahankan rasa dan kualitas yang sejak dulu menjadi kelezatan nasi kuning Avon. Dan sejak nasi kuning Avon pindah ke Surabaya, saya sempatkan mencicipi nasi kuning Avon. Dan bahkan kalau ada saudara yang datang ke Jakarta, tak jarang saya nitip minta dibungkusin nasi kuning Avon ini. Saking enaknya!

Bagaimana Rasa Nasi Kuning Avon?

Ahad pagi tanggal 3 November 2019, sebelum balik ke Jakarta, saya sempatkan mampir makan nasi kuning Avon. Saya datang bersama papa, suami, Ayyas dan keluarga adik. Sekarang, nasi kuning Avon ada di jalan Kapuas. Tempatnya sederhana saja yakni di sebuah tenda sederhana dan tempat duduknya hanyalah bangku panjang yang bisa diisi 10 orang dan beberapa kursi plastik yang tersedia.

Harga satu porsi nasi kuning avon ini cukup terjangkau yakni Rp 15 ribu per porsi.

Ada beberapa menu pilihan seperti nasi kuning ikan tongkol, nasi kuning ayam, nasi kuning telur. Tapi saya sarankan makan nasi kuning ikan tongkol. Nasi kuning di Ambon itu khas karena ada lauk ikan tongkol yang memang mudah di dapat di Ambon.


Tampilan Nasi Kuning Avon Ambon 

Kalau mau pedas, bisa pesan kuah ikan yang enaknya tak ada tandingan. Tapi jika tak kuat pedas, saya sarankan jangan pakai kuah ikan ini karena pedasnya nggak tanggung-tanggung. Jadi nggak usah pesan pakai sambal karena kuahnya sekaligus sambal karena saking pedasnya!

Rasa kuahnya nggak hanya pedas cabai tapi khas beraneka bumbu rempah-rempah seperti merica yang membuat cita rasanya pedas yang khas.


Ayyas dan Bapak makan nasi kuning Avon Ambon 

Saya pesan nasi kuning ikan tongkol yang lengkap dengan serundeng, suun goreng dan ada lauk lain. Selain rasa ikannya yang enak dan gurih, kuahnya tuh benar-benar pedas! Pedasnya bukan sekedar pedas cabe tapi penuh rempah. Warna kuahnya merah menggoda selera. Saya sarankan bagi yang tidak suka pedas, mungkin minta kuahnya sedikit saja daripada nanti kepedesan.


Papa dan adik saya 

Saking enaknya dan pedas, adik saya sampai pesan dua porsi makan sekaligus. Saya cukup seporsi tapi agak sedih kelupaan pesan bungkus untuk dibawa ke Jakarta. Padahal beberapa kali kejadian saya dibawain nasi kuning Avon ke Jakarta dan selama ini masih tetap enak kok.

Kalau ke Surabaya, jangan lupa mampir dan mencoba nasi kuning Avon. Enaknya kebangetan!

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

23 komentar

Avatar
fanny f nila 21 Nov 2019 10.27.00

ya allaaahhhh kok jauh sih iniiii :D aku pengeeeennn, apalagi krn mba bilang pedeees. akukan pecinta pedas kelas berat hahahaha. pernah coba sekali nasi kuning ambon tp bukan yg avon. kakanya mama pernah bikin, krn dulu beliau tinggalnya lama di ambon. enaaak memang, krn pedesnya itu. tp mungkin aku bakal skip ikan tongkolnya, krn trauma makan ikan ini, pernah keracunan :p. jd aku lbh suka diganti ayam ... duuuh, ngeliat kuah sambelnya aja udh lgs tau ini enak mba :D

Reply Delete
Avatar
RAch Alida 23 Nov 2019 19.34.00

Saya sarankan pakai ikan mba karena emang enak banget

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 21 Nov 2019 10.40.00

aduh aku jadi penasaran banget nih ummi nasi kuning Avon harganya mursida juga yah next kita ketemuan bawain ini ya ummi wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 23 Nov 2019 07.54.00

Aku salfok sama OOTD Ummi manis bener ih cakep seperti Shireen Sungkar beruntung sekali aku sering sekamar kalau liburan ke LN hahahah

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma 21 Nov 2019 11.33.00

Aku belum pernah makan nasi kuning dengan lauk ikan. Tapi di Ambon biasa, ya. Ini ikan tongkolnya menggoda.

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 22 Nov 2019 03.15.00

wah mantap sekali nasi ku ningnya

Reply Delete
Avatar
Annafi 22 Nov 2019 08.02.00

Wah pas banget baca ini sebelum cari sarapan, di tempatku nasi kuning biasa Mba, kalo ke Surabaya kayaknya mau coba deh, harganya murmer

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 22 Nov 2019 11.12.00

nasi kuning avon ini terkenal banget ya mbak, temanku juga pernah posting pas makan disini soalnya :)

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 22 Nov 2019 20.14.00

aku udah lama ngga makan nasi kuning, agak tricky kadangterlalu pera nasinya jadi bikin perih gitu, paling enak kalo nasinya pulen dan wangi rempah, dimakan polos aja udah enak banget ya kak.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 22 Nov 2019 21.51.00

Liat kuah merahnya bikin ngiler juga nih mbak. Aku pecinta pedas juga soalnya 😋

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 22 Nov 2019 22.36.00

Nasi kuning salah satu kesukaan, biasanya tiap pagi suka beli nasi kuning langganan. Yang sering aku beli biasanya nasi kuning selalu dengan ayam goreng, telur dan tempe kering. Baru tau ini kalau nasi kuning dengan tambahan lauk ikan juga.

Reply Delete
Avatar
Cilya 22 Nov 2019 22.44.00

Makan Nasi biasa pake Abon saja sudah Luar Biasa enak, gimana rasanya Abon dimakan dengan Nasi kuning ya? Endes banget patinya

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W 22 Nov 2019 22.57.00

ngeliat ini aku jadi laper banget yaampun:( jadi ingin makan nasi kuning tapi jarang banget yang jual di sini huhu

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 23 Nov 2019 06.18.00

Waah keliatan dari looknya enak banget. Apalagi dipakein ikan pindang. Noted banget mba kalau ke Surabaya aku mampir makan di sini juga. Hehe.

Reply Delete
Avatar
artha 23 Nov 2019 07.05.00

Nah kan saya jd pengen... ntar kalau ke kota sebelah, bakal saya cari mbak. makasih referensi nasi kuningnya, kebetulan saya suka banget

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 23 Nov 2019 07.31.00

Wuidih, menggoda banget. Enak pisan kayaknya ya. Iya tuh kayak Winda, temenku juga pernah apdet tentang nasi kuning Avon Ambon ini. Terkenal ternyata ya.

Reply Delete
Avatar
Ani 23 Nov 2019 09.05.00

Duh tampilan nasi kuningnya sukses bikin perutku seketika bergemuruh wakakakak sayang banget kalo gak nyobain pas di sby

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 23 Nov 2019 09.23.00

Dari namanya bikin penasaran euyyy, walaupun nggak gitu suka sm nasi Kuning tp klo mampir kesana boleh mau banget nyobain

Reply Delete
Avatar
Mei 23 Nov 2019 09.38.00

Belom pernah nyobain nasi kuning ini Mba, rasanya pasti enak ya. Jadi pengen makan nasi kuning ini abis olahraga lapar

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 23 Nov 2019 10.00.00

Wah, bumbu rempahnya nih yang menggoda dan bikin lain ya mba dibandingkan nasi kuning yang ada di Jawa. Sangat menggoda dan bikin laper euy..

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 24 Nov 2019 17.36.00

Ngiler mba Lid.
Bumbunya melimpah ruah hemmm enak banget pasti.
Nasi kuning selain baunya sedap rasanya lezat

Reply Delete
Avatar
aurabiru 26 Nov 2019 09.06.00

nasi kuning tiap daerah itu emang beda-beda ya mbak, sejauh ini aku pernah nyobain nasi kuning banjar. Kalau ke Surabaya boleh ini dicoba nasi kuning ambon biar kaya pengalaman soal rasa kuliner.

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 1 Des 2019 23.21.00

Kayanya aku pernah nih makan nasi kuning ambon pas lagi ada kerjaan di daerah kepulauan maluku dulu tahun 2012. Emang enak banget sih. Buat aku pencinta pedas jelas aku doyan. Hahaha. Jadi kangen pingin makan lagi. Di Depok atau di Jakarta ada yang jual nggak ya?

Reply Delete