Aksi Bank OCBC NISP untuk Pelestarian Lingkungan di Program #OnCleanDay

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Aksi Bank OCBC NISP untuk Pelestarian Lingkungan di Program #OnCleanDay


Sabtu, 24 November 2019, Bank OCBC NISP melaksanakan kegiatan melestrian lingkungan di program #OnCleanDay. Kegiatan yang diikuti lebih dari 150 relawan dari karyawan Bank OCBC NISIP, karyawan Great Eastern Life Indonesia serta berbagai mitra bisnis dan komunitas pecinta lingkungan ini harus diapresiasi.

Nah, kegiatan melestarikan lingkungan ini dilaksanakan di kawasan sungai Ciliwung, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Teman-teman pasti sudah familiar kan dengan sungai Ciliwung? Ngomong-ngomong soal sungai Ciliwung, teryata sungai Ciliwung termasuk sungai yang tercemar di Indonesia. Tingkat pencemarannya membuat airnya bahkan tidak layak untuk dikonsumsi. Sedih kan?  
 
Kegiatan para relawan bersama. Photo : 
Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung memiliki total luas area sebesar 370,9 km. Dan salah satu kawasan yang teraliri sungai Ciliwung ini adalah dikawasan Srengseng Sawah. Di sepanjang sungai Ciliwung, tampak tumpukan sampah yang membuat sungai Ciliwung tampak kotor banget.

Tumpukan sampah di sepanjang sungai Ciliwung ini menandakan, rendahnya kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan. Masih banyak yang memilih untuk membuang sampah sembarangan, termasuk di sepanjang sungai sehingga berdampak pada tumpukan sampah. Dan ketika musim hujan tiba, banjir pun menghampiri dan masyarakat yang tinggal di pinggir sungai Ciliwung pun merugi.

Semua ini tentunya harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dan melibatkan banyak pihak selain pemerintah dan masyarakat, adalah pihak swasta. Dan Bank OCBC NISP menunjukkan kepedulian itu melalui program OCBC NISIP Clean Day atau #ONCleanDay.

Bank OCBC NISP memahami bahwa sebuah bisnis yang bertanggung jawab adalah bisnis yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Pemahaman ini mendorong Bank OCBC NISP untuk menyelaraskan bisnis, pengembangan Sumber Daya Manusia, serta bertanggung jawab akan pelestarian lingkungan, terutama di wilayah operasional bisnis Bank OCBC NISP. “Komitmen ini kami wujudkan salah satunya melalui kegiatan #ONCleanDay untuk membantu pemulihan Sungai Ciliwung,” kata Direktur Bank OCBC NISP Mirah Wiryoatmodjo.
 
Kegiatan bersama. Photo : Mira Utami 
“Kelestarian Sungai Ciliwung kedepannya dapat mendukung kelangsungan bisnis banyak perusahaan, termasuk diantaranya Bank OCBC NISP. Pesan ini yang ingin kami sebarkan, bahwa kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara yang baik,” katanya lagi .

Untuk itu, kolaborasi dengan mitra bisnis dan komunitas pencinta lingkungan menjadi bagian penting dari program #ONCleanDay untuk menciptakan dampak yang positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Harapannya, bisa menginspirasi masyarakat, terutama karyawan Bank OCBC NISP dan karyawan dari mitra bisnis untuk menerapkan pola hidup peduli lingkungan.

Ada tiga kegiatan utama yang dilakukan pada kegiatan #ONCleanDay yakni :

Mulung Ciliwung

Sesuai namanya, ‘mulung Ciliwung’ ini berarti aksi nyata bersama-sama mengangkut sampah yang ada di sepanjang sungai Ciliwung. Sampah-sampah itu kemudian juga di pilah berdasarkan yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa di daur ulang. Dikutip dari www.or.id, data tahun 2017 menunjukkan bahwa dalam kondisi normal, sekitar 300 ton sampah terakumulasi per harinya di Sungai Ciliwung. Sampah yang menumpuk tidak hanya di bantara sungai saja namun juga di badan atau aliran sungai.

Penanaman Pohon

Menanam pohon merupakan kegiatan yang juga dilakukan saat #ONCleanDay bersama OCBC NISP. Kegiatan ini tentunya juga sebagai upaya untuk mencegah longsor. Dengan adanya penananam pohon ini diharapkan bisa membantu sungai Ciliwung memiliki daerah resapan air terkendala dengan baik. Ketergantungan terhadap sungai ini membuat masyarakat harusnya lebih menjaga kawasan sungai Ciliwung sehingga tidkak berdampak negatif.

Pohon yang ditanam jenisnya beragam. Mulai dari pohon sangon, mangga, kedondong dan lain-lainnya. Pohon yang dipilih adalah pohon yang memiliki kayu kuat dan buah yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan #ONCleanDay ini juga sejalan dengan rencana pemerintah memulihkan kondisi Sungai Ciliwung guna konservasi biodiversity dan pemeliharaan ekosistem. Untuk mendukung hal tersebut terdapat total 150 penanaman pohon yang merupakan program MyBabyTree. MyBabyTree dilengkapi dengan geotagging sehingga pertumbuhan dan kelestariannya dapat dipantau oleh masing-masing relawan #ONCleanDay  


Workshop Ecobrik dan GreenTalk 

Teman-teman mungkin belakangan familiar dengan ecobrick ? Ecobrik berasal dari kata Eco dan brick yakni bata ramah lingkungan. Selama ini, ecobrick dilakukan dengan cara menyimpan sampah-sampah plastik di dalam botol. Sehingga sampah itu tidak perlu dibakar, menggunung, tertimbun dan lain-lain. Cara membuat ecobrik mudah kok. Pertama-tama, pisahkan sampah-sampah plastik bersih seperti stiker, plastik tak terpakai serta botol air mineral yang bersih dan kering. Kemudian, masukkan sampah-sampah plastik itu ke dalam botol plastik bersih dan kering.

Sumber : pinterst

Gunakan alat untuk menekan agar plastiknya masuk dengan rapat. Pastikan botol tidak memiliki rongga dan memiliki sifat padat yang mirip dengan balok beton. Untuk menguji kepadatan, tekan botol dari luar. Info aja, ecobrick yang baik adalah saat botol tidak akan kempes dan tidak mengeluarkan bunyi ketika ditekan. Oh ya workshop ini disampaikan oleh komunitas Bank Sampah dan Jakarta ByeBye Plastic. “Prinsip penanganan sampah tak hanya reuse, reduce, recyle saja. Tapi juga dengan refuse atau menolak penggunaan plastik seminimal mungkin,” ungkap Naya, leader komunitas Jakarta Byebye Plastic.

Saya pribadi berharap, kegiatan ini secara berlanjut dilakukan oleh Bank OCBC NISIP dan kemudian diikuti oleh pihak swasta lainnya. Namun semua ini akan percuma jika tidak dijaga dengan baik oleh masyarakat.


Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

43 komentar

Avatar
nurul rahma 25 Nov 2019 09.07.00

Workshop ecobrick super duper menariiik ya Mba
Kegiatan CSR kudu di-create kayak gini nih.
Super berfaedah dan punya daya keterlibatan yg tinggi dgn karyawan internal dan masyarakat jugaaaa

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 25 Nov 2019 09.27.00

Memang sudah selayaknya kita semua menjadi Agent of Change ya, ibu Direktur.

Untuk urusan lingkungan memang semua pihak kudu urun peran!

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 25 Nov 2019 11.55.00

keren ih OCBC NISP punya program aksi CST untuk pelestarian lingkungan, beneran memikirkan kelangsungan bumi

Reply Delete
Avatar
Andiyani 25 Nov 2019 15.54.00

selanjutkan akan ada apa lagi nih dari OCBC aku jadi penasaran deh, acara atau kegiatan seperti ini bisa lebih diperbanyak lagi

Reply Delete
Avatar
Mugniar 25 Nov 2019 13.51.00

Senang mengetahuo OCBC peduli pada lingkungan dan kali ini mengkhususkan pada Ciliwung. Semoga berlanjut terus kepada masyarakat bantaran sungai.

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 25 Nov 2019 20.42.00

aku bikin lhoo eco briks. di rw ku warga disuru ngumpulin eco bricks buat ditaruh di taman yg ada di bawah sutet. setelah kekumpul dan dipasang semua, hasilnya jadi cantik lho

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 26 Nov 2019 05.51.00

Programnya keren banget nih mba OCBC NISP. Nggak cuma mungut sampah aja, tapi langsung ke cara penanggulangannya juga. Semoga makin banyak program seperti ini di masyarakat.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 26 Nov 2019 05.54.00

Bisa jadi pelopor nih programnya OCBC NISP. Jadi penasaran program keren apa lagi ya nanti yang diadakan untuk menyelamatkan bumi.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 26 Nov 2019 11.10.00

programnya keren :) semoga semakin banyak yang tergerak untuk melakukan program serupa jadi terus berlangsung bukan hanya sekali saja

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 26 Nov 2019 12.25.00

aku sih berharap, program program sebagus ini harusnya menjadi berkesinambungan ya, jangan hanya sehari gambreng aja
.
Soalnya,
kalo udah berhadapan dna berkejaran dengan yang namanya kebutuhan akhirnya ketidakpedulian kembali lagi menyapa..

mungkin bisa dimulai dengan ada bank ecobrick yang sanggup menampung kemudian menyalurkan ke yang membutuhkan

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 27 Nov 2019 15.14.00

Bener sekali Mak Tanti, program semacam ini sayang kalau berhenti, sebaiknya berkelanjutan syukur2 menggandeng lebih banyak pihak lagi yaaa

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 26 Nov 2019 13.16.00

Membayangkan kalau Ciliwung bisa bersih. Enak kali ya ada wisata sungai di sana.

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 26 Nov 2019 13.51.00

Mbak, di rumahku (yang asli), lagi penggerakan ecobrick kan. Ini banyak dicari lho ecobricknya. Tapi, aku salut sama OCBC NISP, semoga menginspirasi bagi semua orang.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 26 Nov 2019 16.44.00

Saya jadi googling lebih lanjut tentang fungsi ecobrick. Ternyata sampai bisa untuk bikin bangunan juga, ya

Reply Delete
Avatar
diane 26 Nov 2019 22.26.00

ikut senang dengan adanya acara2 lingkungan sprti ini.. Semoga diikuti perusahaa lainnya juga ya... di jakarta maupun diluar Jakarta

dianesuryaman dot com

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 26 Nov 2019 22.53.00

Nah acara2 gini nih aku suka deh. Apalagi di tambah dengan penanaman pohon. Berasa banget sayangnya sama lingkungan terutama DAS

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 26 Nov 2019 23.29.00

keren banget acara bank ini, seru banget bersihkan sungai rame-rame, walaupun capek pasti happy ya nambah pengalaman baru hihi.. yuk jaga lingkungan!

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 27 Nov 2019 01.38.00

Baru tau kalau ecobrick cara bikinnya gitu, kak Lida.
Tapi memadatkan sampai gak bunyi itu kayanya ga gampang yaa...hihi~
Tapi aku mau coba....
Soalnya banyak banget botol minuman plastik di rumah.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 27 Nov 2019 02.10.00

Aku pun juga lagi belajar mengurangi penggunaan plastik nih. Kalo ga dimulai dari kita, siapa lagi kan? 😉

Reply Delete
Avatar
Meiliyana Mei 27 Nov 2019 02.49.00

Wow! Keren sekali program CSR na! Penting banget nih buat menjaga kelestarian lingkungan.. 😍💞

Reply Delete
Avatar
Ola Ayu Puspasari 27 Nov 2019 06.31.00

CSR program bank OCBC NISP keren banget ya, memang jadi pelopor selalu bank NISP, so proud

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 27 Nov 2019 07.12.00

Sedih ya, masih banyak masyarakat yang enggak peduli untuk menjaga lingkungan... Semoga program dari ocbc nisp ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat...

Reply Delete
Avatar
Cilya 27 Nov 2019 08.08.00

Program OCBC NISP bagus banget mba. Mengedukasi agar kita aware terhadap kebersohan lingkungan dan mengurangi sampah

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W 27 Nov 2019 09.08.00

banyak banget nih yanng bikin kegiatan bebersih ciliwung, kegiatan yang baik sekali. semoga dengan ini ciliwung makin bersih dan makin diperhatikan yah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 27 Nov 2019 09.29.00

Memang yang namanya menjaga kebersihan sungai dan sekirarnya gak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri ya mbak, perlu bantuan masyarakat dan swasta kyk CSR OCBC ini. Moga programnya berkelanjutan.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 27 Nov 2019 12.27.00

Keren banget sih acara OCBC NISP dengan Mulung Ciliwung, penanaman pohon, Ecobrick dan Green Talk. Kalau semua pihak peduli seperti ini pasti lingkungan bakal lestari!

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 27 Nov 2019 15.41.00

Keren nih aksinya.. memang sudah saatnya kita bergerak untuk lingkungan

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 27 Nov 2019 16.09.00

Pengen nyoba ah teknik ecobrik ini. Mudah dan alatnya juga ada di rumah. Btw, SMA aku Srengseng Sawah loh Mbak. Di jalan Yon Zikon 14. Jadi ingat suasana srengseng lagi deh.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 27 Nov 2019 16.38.00

Aku baru tau nih ada gerakan Ecobrick kayak gini.
Bisa diterapkan di lingkungan sekitar rumah nih ya.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 27 Nov 2019 20.00.00

Aksi yang dilakukan OCBC NISP perlu diacungi jempol, dari kegiatan seperti ini mudah-mudahan makin banyak orang dan instansi lain ikut serta membantu pelestarian lingkungan. Yang paling penting masyarakat juga teratur kalua buang sampah ya gak ke sungai

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 27 Nov 2019 20.24.00

Kalau semua perusahaan swasta spt OCBC NISP mengadakan program ini. Tentunya Makin bersih sungai2 dan tumbuhan hijau Makin banyak, mudah2an program nya berlanjut ya

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 27 Nov 2019 20.53.00

Salut sama program bang ocbc nisp, semoga semakin banyak perusahaan yang melakukan program pelestarian lingkungan seperti ini agar lingkungan lebih terjaga

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 27 Nov 2019 21.23.00

waaah berarti mendukung kebersihan lingkungan ya. saya butuh loo pelatihan ecobrick biar lebih semangat kelola sampah rumah tangga

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 27 Nov 2019 23.38.00

Andai saja semua perusahaan melakukan yang sama seperti OCBCOCBC, pasti warga setempat akan lebih mengapresiasi karena telah menjaga lingkungan, jd tidak hanya berbisnis. Big uplous buat lah OCBC semiga banyak di contoh

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 28 Nov 2019 16.36.00

aku suka banget deh kalo ada CSR turun ke lingkungan langsung jadi menambah pengalaman dan informasi langsung melihat lapangan seperti apa kondisinya

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 28 Nov 2019 16.39.00

Keren nih OCB yah , mudah2an makin banyak yang lainnya semacam ini yang peduli sama lingkungan

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 29 Nov 2019 07.49.00

Kegiatan yang bermanfaat sekali nih dari bank OCBC NISP. Patut ditiru tapi tentunya kegiatan seperti ini akan lancar jika didukung juga oleh peran masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 30 Nov 2019 23.09.00

Mantap nie kegiatan OCBC. Langaung menerjunkan karyawannya. Seru pasti melakukan seperti itu rame rame.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 1 Des 2019 09.21.00

This is one incredible program indeed.. banyak manfaatnya ya mbaaa

Reply Delete
Avatar
Grandys 1 Des 2019 21.41.00

Seru banget ini acara CSR nya dai OCBC NISP disertai dengan edukasi kepada lapisan masyarakat serta peserta yg ikut juga

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas 2 Des 2019 14.29.00

Keren banget aksi yang diinisiasi OCBC NISP ini. Semoga hal-hal positif yang sudah dimulai, bisa diteruskan oleh warga sekitar.

Reply Delete