5 Tempat Wisata Edukasi Terbaik di Makassar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

5 Tempat Wisata Edukasi Terbaik di Makassar

Liburan sekolah akhir tahun ini, saya ingin sekali membawa anak ke Makassar. Kebetulan  Ayyas, anak saya yang kini berusia 10 tahun belum pernah ke Makassar. Kalau saya sudah lebih dari dua kali ke Makassar. Tapi itupun sudah lama. Nah pas sudah beberapa tahun ini, tante saya pindah dari Ambon ke Makassar. Tapi sedihnya, saya belum pernah nengokin tante saya yang kini tinggal di Makassar. 
“Kapan datang, Chi,” kata Ibu Da, tante saya. Dulu kami tinggal bersama selama di Ambon. Jadi sudah sejak lama saya berharap bisa ke Makassar dan bertemu dengan Ibu Da. Tapi pengennya ngajak Ayyas sekaligus berkunjung ke tempat wisata edukasi terbaik di Makassar. 
Sumber foto : Pixabay.com
Mengunjungi tempat wisata ternyata tidak hanya dapat menghadirkan suasana yang menyegarkan dan menghibur tapi juga bisa memberikan pendidikan kepada anggota keluarga terutama anak-anak.  Jadi sambil berekreasi juga memberikan edukasi juga tentang sejarah hingga ilmu pengetahuan untuk kehidupan mereka kelak. Makanya saya tuh senang buat ngajak anak ke tempat wisata edukasi jika berkunjung ke suatu tempat.  

Dan salah satu kota besar yang sudah memiliki tempat wisata yang juga sarat dengan pendidikan di wilayah Indonesia timur adalah Makassar. Ternyata kota ini telah dinobatkan sebagai Kota Layak Anak sejak dua tahun lalu loh!. Hal ini ditandai dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas yang membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Salah satunya adalah bertumbuhnya destinasi-destinasi wisata yang ramah anak. 
Inginberkunjung ke tempat wisata edukasi terbaik di Makassar ?
Benteng Rotterdam
Setiap kali ke Makassar, saya malah belum pernah ke Benteng Rotterdam ini. Sedih banget ya? Padahal ya, benteng ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 1 km dari Pantai Losari. Benteng Rotterdam ini didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gosa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallona dan diberi nama Benteng Ujung Pandang. Namun ketika penjajahan Belanda, benteng ini berubah nama menjadi Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. 

Sumber foto : Makassar.Terkini.id

Benteng ini termasuk benteng yang paling terawat dan terawet di Indonesia. Suasana bersih dan asri akan menymbut para wisatawan yang menginjakkan kaki di benteng ini. Sehingga membuat pengalaman mengunjunginya semakin berkesan. Pengunjung yang membawa anggota keluarga dapat mempelajari sejarah Kerajaan Gowa serta mendalami budaya leluhur di museum La Galigo yang terdapat di dalam komplek benteng ini. Sebagai penikmat sejarah, saya akan menjadikan Benteng Rotterdam ini sebagai pilihan pertama yang wajib dikunjungi.  
Taman Maccini Sombala
Ada yang anaknya suka berlari-larian di ruang terbuka? Kayaknya hampir semua anak-anak senang ya bermain berlarian di ruang terbuka. Nah, kalau ke Makassar ajaklah anak ke Taman Maccini Sombala. Taman yang terletak di Jalan Nuri Baru, Kota Makassar ini merupakan lahan terbuka hijau yang digagas oleh Pemerintah Kota Makassar sebagai sarana hiburan bagi warganya. Boleh dibilang, tempat ini lengkap fasilitasnya karena ada banyak fasilitas seperti jogging track, air mancur, lapangan terbuka untuk anak-anak bermain, serta gazebo untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan hijau dan kanal-kanal buatan. 
Selain itu, taman ini juga kerap digunakan untuk tempat pertunjukan seni loh. Dan nggak hanya itu saja, pengunjung juga bisa belajar bagaimana caranya berkebun bersama si buah hati karena di taman ini terdapat kebun-kebun yang ditanami buah buahan, sayur mayur, dan aneka tanaman obat. 
Sekolah Alam Bosowa
Di Sekolah Alam Bosowa, wisatawan dapat mengajarkan kesederhanaan kepada anak-anak dan juga memperkenalkan permainan-permainan edukatif tentang alam dan budaya. Di sini anak-anak bisa sepenuhnya menjadi anak-anak di Sekolah Alam Bosowa. Mau bermain air, lumpur, bahkan berkebun, sembari berinteraksi dengan anak-anak lainnya bisa dilakukan di Sekolah Alam Bosowa. 
Dengan bermain di Sekolah Alam Bosowa, perkembangan motoriknya bisa terasa baik. Mau ke Sekolah Alam Bosowa? Datang langsung ke Jalan Danau Tj. Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar. 

Kawasan Adat Ammatoa
Ingin tahu kebudayaan lokal ke anak-anak? Kawasan Adat Ammatoa adalah pilihan yang tepat. Kawasan Adat Ammatoa ini terletak di Kecamatan Kajang, Bulukumba. Di tempat ini wisatawan juga akan menemukan penduduk desa yang sangat tradisional dan berpakaian serba hitam yang  merupakan simbol dari keseragaman dalam keserdahanaan dan kedekatan dengan sang pencipta. Masyarakat suku Kajang Dalam yang mendiami daerah itu juga masih menolak arus modernisasi sehingga tidak ada listrik dan   hal-hal berbau kehidupan modern.
Di kawasan adat ini, selain dapat melihat rumah-rumah adat berbentuk panggung terbuat dari bahan-bahan alam, wisatawan bisa belajar sekaligus mengajarkan ke anak pentingnya melestarikan lingkungan. Sebab suku Kajang Dalam memanfaatkan hutan secara berkelanjutan dan menganggap hutan sebagai sumber kehidupan sehingga perlu dijaga dan dimanfaatkan sewajarnya saja. 
Museum Balla Lompoa
Untuk mengenang kejayaan Kerajaan Gowa, wisatawan  dapat mengunjungi Museum Balla Lompoa. Dalam museum yang berdesain seperti rumah besar khas Bugis ini dapat ditemukan benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa. Tersedia pula pemandu yang dapat menjelaskan sejarah kehebatan Kerajaan Gowa kepada anak-anak yang dibaw aoleh pengnjung.
Tau nggak kalau, Kerajaan Gowa merupakan salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi.? Sebelum menjadi bagian dari Indonesia, Kerajaan Gowa telah tumbuh dan berkembang menjadi kerajaan yang kuat, berani, serta makmur. Bahkan mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada VOC yang dilengkapi dukungan persenjataan yang lebih canggih.
Berkunjung ke tempat wisata edukasi di Makassar ini akan menjadi pilihan saya jika berkunjung ke Makassar. Dengan adanya berbagai destinasi wisata ramah anak yang tersedia di Kota Makassar diharapkan bisa memberikan pengalaman wisata terbaik ke anak. Sungguh saya tak sabar ingin segera persiapkan saja waktu dan mencari tiket pesawat ke Makassar dengan harga terbaik yang bisa dipilih. 

Ada yang sudah pernah ke Makassar ? Ada tempat wisata edukasi pilihan ? 

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

25 komentar

Avatar
Irena Faisal 24 Nov 2019 20.33.00

Thanks infonya mbak, ini bisa jadi referensi buat liburan sekolah tahun depan :)

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 25 Nov 2019 06.07.00

Belum pernah aku kak..
Sekolah alam nya bikin penasaran, itu emang tempat wisata apa sekolahan sih

Reply Delete
Avatar
Dyah Ummu AuRa (Author roemahaura.com) 25 Nov 2019 08.50.00

Keren ya tempat wisata yang ada di Makassar ini ya mbak. Thanks for sharing. entah kapan bisa ke sana? ^^

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 25 Nov 2019 09.25.00

Wah, ada juga ya wisata edukasi di Makassar selain Trans Studio. Jadi kepengen ke sana deh. Semoga suatu saat bisa berkesempatan main ke sana :D

Reply Delete
Avatar
Qoty Intan Zulnida 25 Nov 2019 10.14.00

Aku belum pernah nih ke Makasar.
Makasih mbak rekomendasinya jadi ada bayangan mau kemana jaa ketika nanti ke makassar... kebudayaann lokalnya masih kental banget yaaa

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 25 Nov 2019 11.50.00

Kalau baca review temen-temen blogger Makassar mengenai sejarahnya...aku suka kagum sekali. Karena betapa daerah Timur dulu dijadikan tempat rebutan oleh para penjajah, saking kayanya Indonesia.
MashaAllah~

Reply Delete
Avatar
Coretan Emak 25 Nov 2019 15.12.00

Makassar masuk dlm destinasi liburan ku juga nih mbak, keren ya tempat2 wisatanya. Smoga aku bisa ke Makassar sesuatu hari nanti aamiin

Reply Delete
Avatar
Meli Engku 26 Nov 2019 19.20.00

keren ya, pasti banyak yang berkunjung kesana. semoga suatu saat bisa kesana sekalian kulineran :D

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 27 Nov 2019 05.33.00

saya ingat sekali jaman sekolah dulu dijelaskan tentang kerajaan Gowa. kan jadi penasaran pemg liat sendiri bagaimana peninggalannya

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 27 Nov 2019 11.07.00

Makassar memang penuh dengan wisata klasik yg menyenangkan ya mbak. Benteng ini pernah dengar dan bagus untuk wisata cagar budaya.

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 27 Nov 2019 11.57.00

Banyak juga ya, wisata edukatif di makassar. Kapan-kapan semoga berkesempatan untuk berkunjung

Reply Delete
Avatar
beautyasti1 27 Nov 2019 14.39.00

di Makassar juga ada fort rotterdam ya mba, ku kira di Jogjakarta aja hehe.. Sure, next time ke Makassar di usahakan mampir ke salah satu lokasi tersebut, kalau bisa semua nya hehee

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 28 Nov 2019 07.25.00

Masjid kubah 99 ini memang bagus ya dan ikonik banget ya mbak. Apalagi kalau bawa anak liburan sekalian memperkenalkan sejarahnya juga ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Enychan 28 Nov 2019 15.05.00

Wah ternyata Makassar banyak juga yah tempat wisata nan indah jadi mupeng dong buat liburan kesana

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 28 Nov 2019 16.24.00

Salah satu tempat sejarah dan wisata yg pgn aku datangi kalau ke Makassar adalah Benteng Rotterdam, entah kenapa pgn bgt, karena mungkin sering baca di buku pelajaran kali ya.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 28 Nov 2019 21.18.00

Ah bagusnya Makasar dan banyak sekali destinasi wisata untuk dikunjungi. Saya pernah ke Makasar, tapi cuma transit saja waktu itu. Tak sempat eksplorasi. Semoga suatu hari diberikan waktu, kesempatan, dan budget juga untuk eksplorasi di sana.

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 28 Nov 2019 23.52.00

Keren juga ini kalo mau jalan2 di Makassar, banyak info baru nih yg sblmnya aku gatau hehe

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 29 Nov 2019 01.55.00

Aku dulu tahunya wisata Makassar tuh ya kalo ga Pantai Lhosari, ya Benteng Rotterdam. Ternyata banyak juga tempat wisata yg bisa kita kunjungi ya. Semoga suatu hari berkesempatan mampir ke Makassar 😄

Reply Delete
Avatar
cilya marthalena 29 Nov 2019 06.00.00

Aku sdh peenah Mba ke Benteng Rotterdam. Hawa penjajahan berasa banget disana mba.

Reply Delete
Avatar
Reva Nisa Nabella 29 Nov 2019 06.51.00

Wahhh selain wisata ada beberapa tempat juga kita belajar sejarah. Thank you ya kak, ini akan jadi referensi kalau liburan ke sana. ^^

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 29 Nov 2019 09.00.00

Kayaknya kalau ada kesempatan main ke Makassar libur lebaran mendatang mau ah main ke benteng Rotterdamnnya

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W 29 Nov 2019 09.28.00

wah aku engga pernah ke makassar sih mba tp aku penasaran bgt sama benteng roterdam deh bangus banget!!

Reply Delete
Avatar
RIzka 29 Nov 2019 09.38.00

wah bagus nih referensinya, dulu aku ke makassar cuma di pantai losari aja, gak kemana2 lagi karena bingung gitu mau kemana. sama main di trans studio aja hehe kurang paham sama tempat wisata disana

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 29 Nov 2019 09.53.00

Mba, aku jadi pengin ajak anak-anak ke Kawasan Adat Ammatoa. Bagus ya untuk mengenalkan kebudayaan lokal pada anak-anak kita. Semoga ada rejeki ya mba bisa bertandang ke Makassar.

Reply Delete
Avatar
Ruffie Lucretia 2 Des 2019 08.01.00

mak... aku belom pernah ke makasar nih. ajakin dong jalan - jalan kesana bareng sama emak emak BDC keknya seruu~ hahahaayy

Reply Delete