Pengalaman Naik Pesawat Malaysia Airlines ke Thailand

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Naik Pesawat Malaysia Airlines ke Thailand


Saat hendak ke Thailand, saya dan teman saya Herva diberikan beberapa pilihan. Apakah dari Jakarta ke Thailand naik Singapore Airlines (transit di Singapura) atau naik Malaysia Airlines transit di Malaysia. Pilihan awalnya, naik Singapura Airlines sehingga bisa menikmati bandara Changi yang super keren itu.

Tapi pas mau pesan, teryata tiket pesawat Singapore Airlines sudah habis! Alhasil, mau tak mau, kami pun naik Malaysia Airlines untuk ke Thailand. Sebetulnya ini bukan pertama kali saya naik Malaysia Airlines tapi untuk ke Thailand, ini pertama kali.
 
Pesawat Malaysia Airlines di Malaysia 
Jadi, saya dan Mba Herva Yulyanti mendapat tiket pulang pergi Malaysia Airlines Jakarta-Thailand.  Dan selama perjalanan itu, kami harus transit di Malaysia dan kemudian naik maskapai yang sama walaupun berbeda pesawat. Jadi kalau di total selama perjalanan Jakarta-Thailand pulang-pergi, kami naik pesawat empat kali.
Rute berangkat ke Thailand : Jakarta (Cengkareng)-Malaysia-Thailand (Bandara Shurvanabhumi)
Rute balik dari Thailand : Thailand (Bandara Shurvanabhumi)-Malaysia-Jakarta (Cengkareng)

Sayap pesawat Malaysia Airlines 
Kami berangkat dari Jakarta pada tanggal 5 Agustus 2019 pesawat jam 5 pagi. Jadi dini hari saya dan mba Herva sudah di terminal III Bandara Cengkareng. Perjalanan Jakarta-Malaysia sekitar dua jam. Malaysia-Thailand sekitar satu jam.

Ketika perjalanan Jakarta ke Thailand, transir di Malaysia hanya sekitar kurang dari satu jam. Dan walaupun ganti pesawat tapi kami hanya ganti gate penerbangan menuju pesawat. Namun saat itu kami sempat bingung karena waktu agak mefet dan kami sempat berlarian mencari gate yang harusnya dituju untuk penerbangan menuju Thailand.
 
Salah satu konsumsi yang disediakan 

Tapi ketika perjalanan pulang Malaysia-Thailand, kami sempat transit hampir 4 jam di bandara Kuala Lumpur dan kami nikmati dengan cara makan serta foto-foto dan keliling bandara.

Saat pertama kali masuk di pesawat Malaysia Airlines, saya lihat kenyamananya masih standar. Pesawat kami terbang tepat waktu. Saya duduk di tengah sedangkan mba Herva di dekat jendela. Sesungguhnya saya lebih nyaman berada di tengah-tengah begitu. Merasa terlindungi. Hehehe. Apa saja fasilitas yang ada di pesawat Malaysia Airlines ?

Hiburan
Saat perjalanan Jakarta-Malaysia, tak ada hiburan berupa tayangan layar 23 inci di depan kursi kami (in-fkight entertainment) sehingga selama perjalanan dua jam itu ya dihabiskan dengan tidur serta ngobrol. Tapi pas perjalanan pulang Thailand-Malaysia-Jakarta, ada tayangan hiburan yang bisa digunakan selama perjalanan. Tapi sungguh saya malah tak sempat menikmati dan lebih memilih untuk tidur.

Konsumsi
Pilihan konsumsi yang disediakan di Malaysia Airline sebetulnya sama saja yakni nasi lemak, ayam kare dan satu lagi saya lupa. Bedanya selain ada pilihan makanan itu, juga ada buah, coklat, air putih, roti lengkap dengan mentega serta kacang atau coklat. Soal rasa, saya rasa standar ya karena memang saya belum begitu terlalu menikmati makanan di pesawat.
 
Konsumsi di pesawat yang diberikan 
Tapi selama perjalanan itu, saya lebih memilih makan roti dan mentega. Saya hanya makan beberapa suap nasi dan kemudian minum. Tapi aneka cemilan lainnya seperti coklat, kacang, saya makan semua.

Tempat duduk
Tempat duduk di kelas ekonomi Malaysia Airlines menurut saya standar seperti pesawat LCC (low-cost carier) maskapai penerbangan yang memberikan tarif rendah. Jarak antara kursi dengan kursi depannya pun agak mepet bagi yang lebih tinggi.
 
Kondisi di pesawat 
Selama perjalanan menggunakan Malaysia Airlines, alhamdulillah semuanya berjalan lancar-lancar saja. Tapi yang saya ingat saat perjalanan Jakarta-Malaysia saya sempat merasa sangat kedinginan padahal pakai jaket tebal. Sudah di cek pengaturan suhu teryata masih normal.

Saya tak tahu soal kondisi toilet di pesawat Malaysia Airlines karena selama perjalanan saya tak pernah ke toilet sama sekali. Kebiasaan setiap kali naik pesawat hanya duduk manis di pesawat nggak kemana-mana. Pernah ke toilet pas perjalanan pesawat ketika umrah tapi itu pun ditungguin suami di depan toilet. Hhehehe ..

Untuk pelayanan dari staf hingga pramugara dan pramugari pesawat Malaysia Airline menurut saya standar. Ada staf pesawat Malaysia Airlines yang menurut saya saat ditanya kapan masuk ruang tunggu tapi responnya malah agak kurang ramah. Tapi kemudian ada temannya sesama staf pesawat Malaysia Airlines yang kemudian membantu memberikan informasi.

Ada yang punya pengalaman naik pesawat Malaysia Airlines ?

20 comments

Avatar
herva yulyanti Oct 21, 2019, 10:30:00 AM

Yes namaku numpang tenar disebut terus euy wkwkwk...ummi ada layar tv depan bangkunya loh yang dengan kenorak-an aku bangunin ummi yang lagi pules colokin earphone kemana? wkwkwkwk *maapkan daku dan nonton film horor, kalau untuk toiletnya bersih sih ga bau pesing nyaman ga seperti pengalaman naik maskapai xxxx waktu itu aku pengen muntah saking pesingnya :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Oct 24, 2019, 1:36:00 PM

dan setiap makanannya selalu aku kantongin cem kacang keringnya wkwkw ah ummi jadi kangen nih trip bareng

Reply Delete
Avatar
Andiyani Oct 23, 2019, 1:41:00 PM

nice ya mba pelayanan dari Malaysia Airlines? Aku maju mundur nih mau liburan, kalo gak budgetnya mepet, waktunya yang mepet, duh ah masalah idup gak kelar-kelar eim

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Oct 23, 2019, 4:23:00 PM

Aku belum pernah naik malaysia airlines. Ternyata fasilitasnya pun bisa ngga sama, ya. Tapi menu makanannya banyak banget tuh. Lumayan ga perlu jajan di bandara hehehe..

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita Oct 24, 2019, 7:54:00 AM

Belum pernah merasakan naik pesawat ke luar negeri, baca cerita ini kok pengen banget nerbang ke luar negeri. Nggak usah jauh2 deh Malaysia atau Singapura boleh juga...hehehe

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Oct 24, 2019, 10:34:00 AM

wah dikasih makanan ya :) aku blom pernah naik maskapai yang dikasi makanan hahahaa jadi katrok banget, maklum biasa naik maskapai murah meriah aku tuh

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina - www.rajnikala.com Oct 24, 2019, 4:26:00 PM

Aku belom pernah sih mbak naik Malaysia Airlines. Abis baca post-nya mbak Alida, udah ada bayangan deh kayak gimana kalo naik pesawat ini kapan-kapan. Hihihiii~

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Oct 24, 2019, 8:13:00 PM

Selama di Pesawat saya belum pernah ke toiletnya huhuhuh, mungkin karena waktu penerbangannya bentar kali ya jadi masih saya tahan, hihihi. Belum pernah naik Malaysia airlines pernah nya Malindo

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia Oct 25, 2019, 12:33:00 AM

Belom pernah mba coba si malaysia airlines itu, tapi makasih sharingnya siapa tahu kapan2 ada kesempatan nyoba 😄

Reply Delete
Avatar
Flo fairy Oct 25, 2019, 1:15:00 AM

aku belum pernah naik malaysia airlines, aku kok salfok sama makanannya ya. Pengen tak comot gitu

Reply Delete
Avatar
Desri Desri Oct 25, 2019, 7:11:00 AM

mungkin yang gak ramah itu lagi PMS ya kak, heuhh bayar kali naik pesawat, ditanya malah ngga jawab ntar kalo pada kabur konsumennya gimana coba,... aku yang emosi jadinya -_-

Reply Delete
Avatar
Mellisa Oct 25, 2019, 7:33:00 AM

Aku belum pernah coba naik maskapai ini kak. Selama perjalanan biasanya aku malah ngga selera makan, lebih suka tidur hehe.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com Oct 25, 2019, 8:24:00 AM

Wah rekomended ya mba naik Malaysia Airline ini, baik-baik bisalah dicoba juga, menanti cerita selanjutnya mba..

Reply Delete
Avatar
Indah Juli Oct 25, 2019, 8:28:00 AM

Belum pernah naik Malaysia Airlines, jarang juga bepergian ke luar negeri, hihihihi.
Tapi, ku pernah lari-larian di Singapura karena salah gate :)
Ke Thailand itu hadiah dari lomba blog ya.

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin Oct 25, 2019, 8:36:00 AM

Aku belum pernah coba Malaysia Airlines, terakhir kali naik pesawat itu naik Citi Link pas mau ke Belitung. Kalau toilet di pesawat aku hampir nggak pernah nyobain sih, kalau bisa ditahan mending ditahan. Berasa claustrophobic nggak sih kalau masuk toilet pesawat?

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Oct 25, 2019, 8:47:00 AM

kalau aku, belum pernah naik Malaysia Airlines karena belum pernah ke luar negeri juga sih XD Mungkin kalau di Indonesia sekelas Lion Air gitu yaah?

Reply Delete
Avatar
Liza Oct 25, 2019, 8:58:00 AM

aku juga belum pernah naik malaysia airlines mbak. sama nih, kalau naik pesawat aku lebih milih untuk tidur, sesekali aja aku nonton

Reply Delete
Avatar
Rizka Oct 25, 2019, 9:45:00 AM

aku belum pernah nih naik malaysia airlines. pinginnya liburan tapi belum dapet waktu dan budget yg pas. masih pingin explore indonesia dulu sampe abis hihi

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Oct 28, 2019, 3:40:00 PM

Pengalaman membahagiakan dan mendebarkan ya mba Lid
aku belum pernah ke Thailand pengen suatu saat nanti bisa plesiran ke sana.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Oct 29, 2019, 5:13:00 AM

Aku pernah mba naik MH ini dari KL ke Frankfurt. Memang tempat duduknya agak mepet sih yang di bagian ekonomi. Tapi not bad lah. Pilihan menunya juga beragam, yang kuingat ya, ada yang khusus untuk vegetarian. Pas perjalanan pulang dr Fra-KL sebelahan dengan ibu tua dari Vietnam, dia pesan yang menu vegetarian, makanya aku jadi tau. Para penumpang yang berbangsa India juga banyak yang rekues menu vegetarian juga.

Reply Delete