Nongkrong Asyik di Kafe Kongkow Depok

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Nongkrong Asyik di Kafe Kongkow Depok

Asyiknya sebagai blogger, walaupun jarang bertemu tapi kerapkali sudah merasa akrab. Apalagi sudah bertemu walau hanya sekali, segala omongan terasa nyambung. Padahal saya jarang menghadiri acara blogger. Namun berkat blogwalking, ikut-ikutan komen di status facebook teman, ngobrol melalui whatsapp, terjalin kedekatan.

Termasuk dengan beberapa teman blogger yang tinggal di kawasan Depok, Jawa Barat. Karena merasa akrab, akhirnya diputuskan untuk bertemu di sebuah kafe di kawasan Depok. Sekitar 20 teman blogger dijadwalkan ngumpul di Kafe Kongkow pukul 14.00 WIB pada dari Jumat pekan lalu. Sekalian untuk membahas masa depan Blogger Depok. #Eaaaa
 
Sebagian teman lagi nongrong :)
Kafe ini, kalau dari Universitas Indonesia ke kafe ini dekat banget jika menggunakan sepeda motor. Tapi waktu itu saya berangkat dari Setu Babakan, Jagakarsa menggunakan ojek online. Kafe ini mudah diakses karena terletak di samping Kelurahan Kukusan. Bangunannya dari luar terlihat seperti rumah biasa tapi teryata sangat luas.

Saat saya tiba, masih belum ada teman blogger yang tiba. Waktu itu, jam menunjukkan pukul 13.45 WIB. Karena masih belum ada teman nongkrong, akhirnya saya memutuskan untuk berkeliling kafe seorang diri. Kafe ini terdiri dari dua lantai. Kafe ini tampak romantis karena banyak hiasan cinta yang bergantungan.
 
Suasana kafe
Kursinya ada yang berupa kursi panjang dari kayu jati. Ada juga yang kursi satuan sehingga banyak pilihan. Jika ingin mendapat angin sepoi-sepoi, makan di bagian luar bisa menjadi pilihan. Walaupun di bagian luar bangunan kafe, namun ada atap juga. Dinding bagian luarnya berhiasakan tanaman hias yang membuat suasana terlihat semakin cantik. Saya dan teman-teman memilih untuk nongrong di dalam kafe. Saya senang sekali dengan aneka grafiti yang menarik. Saat pertama kali masuk, pengunjung akan melihat sebuah papan tulis besar berwarna hitam yang penuh dengan angka dan huruf seperti rumus.
 
Hiasan dinding 
Tak hanya itu saja. Aneka tulisan penyemangat hidup (ehem!) juga nampak menghiasi dinding-dinding kafe. Nah, aneka tulisan itu tidak dipajang begitu saja tapi tertata dengan rapi sehingga terlihat sangat bagus. Misalnya ada satu dinding yang khusus untuk memajang aneka pigura.

Aneka hiasan 
Sambil menunggu teman-teman blogger datang, saya langsung memesan makanan. Makanan yang saya pesan adalah Nasi Ayam Betutu Bali. Harga satu porsi Rp 29 ribu. Kenapa saya memesan ini? Pertama, terprovokasi oleh Mba Eni Martini yang menulis di blog bahwa makanan ini enak banget. Karena penasaran, saya pun langsung memesannya. Maklum, saya belum makan siang, jadi perut sudah keroncongan minta makan.
 
Ayamnya penuh bumbu :) 
Saat makan tiba, saya melihatnya sudah dapat terbayang lezatnya. Porsi nasinya sangat banyak menurut saya (tapi habis juga karena kelaparan. Hihii). Nasi itu disajikan bersama ayam berbumbu yang dibungkus almunium foil. Lalu ada plencing kangkung, sambal dan kacang goreng. Ayam berbumbunya lezat!. Bumbunya banyak banget dan masih dalam keadaan panas. Untuk rasa sambal, juga enak dan pedas. Pas di lidah saya. Saya tak salah kan kalau kalap sehingga menghabiskan satu porsi? Hihii. Untuk minuman, saya memiliki milkshake green tea seharga Rp 15 ribu.
 
Emak-emak sibuk pesan makanan
Selesai makan, satu per satu teman pun datang. Mereka kemudian memesan makanan sesuai selera. Misalnya mba Nurul yang memesan nasi goreng. Lalu mba Eni yang memesan Sate Maranggi. Sate Maranggi?. Iya jangan heran, di Kafe Kongkow ini juga menyajikan aneka hidangan. Misalnya Laksa Singapura yang dipesan mba Gita, salah satu tema Blogger Depok City yang hadir. Nongkrong di Kafe Kongkow ini memang jadi betah. Hasil nongkrong kemudian menghasilkan beberapa hal yang menarik. Salah satunya meresmikan adanya komunitas Blogger Depok City yang diketuai Mba April Hamsa dan wakil ketua adalah mba Eni Martini.

Oh ya, selama kami nongkrong, bu Sumi pemilik kafe tak henti-hentinya menyapa. Dia menanyakan pendapat kami tentang rasa masakan hingga kenyamanan di kafe ini. Ke depan, kafe ini akan menyajikan aneka hidangan yang semakin menambah selera. Sebelum pulang rumah, saya memesan Nasi Bakar Ayam dua porsi. Masing-masing seharga Rp 29 ribu. Tiba di rumah, saya dan keluarga mencicipi Nasi Bakar Ayam itu. Rasanya? Lezat!. Apalagi sambalnya super pedas sehingga menambah selera makan saya.

Ingin nongkrong di Depok? Nongkrong saja di Kafe Kongkow ...

Lucu ya hiasannya :)

54 comments

Avatar
Ade anita Mar 9, 2017, 3:57:00 PM

Wah...selamat ya atas bermulanya komunitas blogger depok...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 9, 2017, 4:32:00 PM

Makasih mba Ade. Doain yaaa :)

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Mar 9, 2017, 4:34:00 PM

Hehehe...aku ganti nama wkwkwk
Asyik ya buat ningkrong emak-emak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 9, 2017, 4:38:00 PM

Hahhaa jasamu sungguh Mulia, mba. Hahhaha. Maap ya udah aku ralat. Itu kenapa tulisannya nggak sesuai dengan pikiranku. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari Mar 9, 2017, 5:13:00 PM

Aku sukaaa cafenya mbaa.. Hiasan dindingnya lucu2, makanannya juga enaaakkk.. Pingin kpn2 ke sana lagi sama keluargaku aah.. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 10, 2017, 7:56:00 AM

Yuuk mbaa. Iya suamiku juga karena rasa masakan enak, jadinya pengen ke sana :)

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri Mar 9, 2017, 5:35:00 PM

Tempatnya emang cozy banget ya mba, jadi pengen kongkow kesana lagi 😅

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Mar 9, 2017, 6:30:00 PM

Duuh enaknya bisa kumpul bareng sesama blogger ya. Alhamdulillah di Batam juga geng blogger tiap bulan adaaa aja ketemuan dan kumpul-kumpul, entah itu di hotel, restoran, atau cafe. Alhamdulillah:D

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida Mar 9, 2017, 7:00:00 PM

Cieeeee ada komunitas blog baru niih.
Sayangnya saya jauh dari depok jadi kalau gabung gaasik nanti karna ga bis sering kopdar

BTW cafenya ngehits ya. Benar benar kekinian.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 10, 2017, 7:57:00 AM

Iya alhamdulillah udah ada tempat kumpul :)

Reply Delete
Avatar
Ayu Damayanthi Mar 9, 2017, 7:21:00 PM

Selamat atas berkumpulnya blogger depok :)) Semoga kapan@ bisa gathering bareng blogger bali :)))

Reply Delete
Avatar
CatatanRia Mar 9, 2017, 7:54:00 PM

jauh ke depoknya hehehe tp kliatan bgt enak buat kumpul2 sama temen tempatnya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 10, 2017, 7:57:00 AM

Bisa mba Ria sekali jalan2 ke Depok :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Mar 9, 2017, 8:35:00 PM

Wah namanya cafe kongkow? pasti enak buat kongkow-kongkow ya mba :D

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Mar 9, 2017, 8:45:00 PM

Ayam betutunya enak, murce lagi, pengen ke sana lg sama keluarga :D

Reply Delete
Avatar
Akhmad Muhaimin Azzet Mar 9, 2017, 10:50:00 PM

Kebayang nikmatnya ayam yang penuh bumbu :)

Reply Delete
Avatar
nina kurnia bahrun Mar 9, 2017, 10:53:00 PM

Waaah ada komunitas blogger depok, saya warga depok 😊 Gimana cara ikutan gabungnya mak..?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 10, 2017, 7:58:00 AM

Wah baru tahu. Bisa colek mba April dan Mba Eni, mba

Reply Delete
Avatar
windhu Mar 10, 2017, 12:13:00 AM

Wahh, ada blogger community deppok. Selamat. Kalau ada kegiatan di kafe kongkow, mau juga ikutan, mbak ...

Reply Delete
Avatar
Sie-thi Nurjanah Mar 10, 2017, 1:49:00 AM

homey bgt ya Mba, persis ky namanya. asyik utk kongkow2

Reply Delete
Avatar
Leeviahan Mar 10, 2017, 2:20:00 AM

depok sekarang banyak tempat asikk yah, saya udah lamaaa banget enggak ke daerah depok :)

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Mar 10, 2017, 3:20:00 AM

Selamat buat Blogger Depok City!
Btw bagian mananya Kukusan? Dulu aku tinggal di sana.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 10, 2017, 8:00:00 AM

Sampingnya Kelurahan Kukusan, mba Helena

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Mar 10, 2017, 3:45:00 AM

wah nyaman abnget ya, itu yanga da mangkok itu di atas atap???

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Mar 10, 2017, 6:46:00 AM

Akhirnya bisa ngumpul bareng teman-teman blogger Depok ya mba. Itu murah juga Nasi Ayam Betutu Bali, banyak porsinya sih :)

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Mar 10, 2017, 9:12:00 AM

Lempar sini itu ayam yang penuh bumbu mba Lid, aku belum sarapan hahahha
bagus banget kongkow tempatnya, hits gitu dan nngak ngebosenin. pengen nyoba kok jauh :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 13, 2017, 11:51:00 AM

Hayuuk tangkaaap. Hihihi. Iya moga suatu saat bisa nyobain yaa :)

Reply Delete
Avatar
dongeng naura Mar 10, 2017, 12:35:00 PM

yukk kesana lagi. pengen nyicip milkshake greentea

Reply Delete
Avatar
inayah Mar 10, 2017, 3:17:00 PM

salam hangat dari komunitas blogger Pekalongan :)

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Mar 11, 2017, 5:22:00 PM

Plecing kangkung en kacang gorengnya mengintip tuh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 13, 2017, 11:52:00 AM

Iya. Mengitip buat dimakan. Hehhehe

Reply Delete
Avatar
Annisa Mar 14, 2017, 10:20:00 AM

aku sering banget nih kuliner-an di Depok tapi baru tahu ada Cafe kongkow depok ini. Kayaknya asyik ya tempatnya. Harus nyoba! Harganya gimana mbak? Masih bersahabat kah?

Reply Delete
Avatar
Yulia Mar 14, 2017, 12:27:00 PM

Waaah asyiik. Kapan2 semoga bisa mampir makan di sini. Makasi reviewnya :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Mar 16, 2017, 11:25:00 AM

yeay selamat atas kelahiran Blogger Depok City :) tapi ga ngebahas Japok itu kan mb?wkwkwk *ditoyor mba lid :p

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Apr 26, 2017, 7:23:00 PM

Mbak Alida, ini mah deket ya kalo naik motor. Aku deket Setu Babakan nih. Ajak2 dong kalo pd ngumpul hehe spy aku punya temen baru nih para blogger Depok sip keren cafenya.

Reply Delete