Menikmati Kelezatan Kuliner Thailand

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Menikmati Kelezatan Kuliner Thailand

Menikmati kuliner merupakan kegemaran saya. Setiap kali bertandang ke suatu wilayah saya langsung tergerak untuk mencari makanan khas daerah itu. Saya membiasakan lidah saya mencicipi aneka kuliner. Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah kuliner Thailand. Kuliner Thailand sebagian besar dipengaruhi oleh China dan India. Perdagangan luar negeri juga membawa pengaruh bagi perkembangan kuliner Thailand. Jadi, pada abad ke 15, seorang koki yang berasal dari Kamboja memperkenalkan masakan India di Thailand berupa santan dan kari. Kemudian pada abad ke 16 para pedagang portugis membawa cabai ke Thailand. Masakan Thailand merupakan akulturasi budaya barat dan timur sehingga terciptalah keunikannya.

Makanan Thailand memiliki perpaduan rasa manis, asam dan pedas. Perpaduan aneka rasa itu sesuai dengan selera saya. Dan satu lagi, di Thailand, nasi pun menjadi makanan pokok. Sama kan seperti di Indonesia? Thailand bahkan merupakan ekportir beras terbesar di dunia. Bahkan beras Thailand juga memiliki rasa yang berbeda. Dikutip dari id.tourismthailand.org, beras paling bagus di Thailand adalah Jasmine Rice, Manis, Wangi dan asli dari Thailand.  Oh ya, jangan kuatir jika umat muslim ingin mencicipi kuliner Thailand karena banyak kuliner halal yang tersaji. Bahkan di Thailand juga sudah banyak tempat makan dan restoran yang bersertifikasi halal. Sertifikasi halal di Thailand dilakukan oleh Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee di Thailand. Bagi restoran atau rumah makan dan hotel yang telah mendapatkan sertifikasi halal, maka dipasang logo halal. 

Nah, karena penasaran, saya pun tertarik untuk mencicipi kuliner Thailand bersama keluarga. Inginnya sih mencicipi kuliner Thailand di Thailand. Tapi keinginan ini hingga kini belum terwujud walau suatu saat saya berharap bisa menikmati langsung kuliner Thailand di Thailand. Namun, untuk mengobati rasa penasaran saya bersama keluarga menikmati kuliner Thailand di Bandung. Kebetulan saat itu kami sekeluarga datang ke rumah makan khas Thailand. 

Di rumah makan yang kami kunjungi, ada aneka miniatur gajah yang menjadi ciri khas Thailand terpasang di berbagai sisi. Alunan musik khas Thailand terdengar. Ah, serasa berada di Thailand. Tak sabar, saya sekeluarga langsung  memesan 5 kuliner khas Thailand. Saya tak perlu kuatir jika tak hafal nama Thailand karena menu-menu yang disajikan juga diterjemahkan bahasa Indonesia dan ada foto menunya. Penasaran kuliner apa yang dipesan? Yuk ….

Pla Khraph Thod Yam Mak Mwang (Ikan Gurame Goreng Salad Mangga)
Saat makanan ini tersaji, saya langsung terpesona dengan salad mangga yang diiris tipis memanjang. Irisan mangga muda disusun di sebuah piring lalu diberikan potongan tomat berbentuk kotak. Satu mangkok kecil berupa saos berwarna merah. 

Pla Khraph Thod Yam Mak Mwang
Nah, yang paling menggiurkan adalah ikan gurame yang digoreng kering. Saat saya memesan, pramusaji menanyakan apakah salad dan sausnya disiram langsung ke ikan gurame atau tidak. Saya memilih untuk dipisah saja saladnya. Rasanya? Mmh sangat lezaaaaat. Gurihnya ikan gurame dipadu dengan asemnya mangga serta manisnya saos terasa sangat menggoda selera. Makanan ini nikmat dikonsumsi bersama keluarga. Mengkonsumsi Pla Khraph Thod Yam Mak Mwang sangat pas saat dimakan dengan nasi panas.

Kuaytiew Soup Tom Yam (Mie Kuah Tom Yam)
Kuaytiew Soup Tom Yam Enak di konsumsi saat panas
Mie kuah Tom Yam (Kuaytiew Soup Tom Yam) teryata menjadi makanan khas sehari-hari di Thailand.  Mie di Thailand biasanya disajikan untuk hidangan individu. Mie tak hanya disajikan di restoran Thailand melainkan juga disajikan di warung pinggir jalan. Nah, makanan yang kami pesan namanya adalah kuaytiew sooup tom yam alias mie kuah tom yam. Rasanya sangat segar karena kuahnya merupakan kuah tom yam yang merupakan perpaduan rasa pedas dan asam. Mie yang disajikan berukuran lebih besar dan berwarna kuning. Kuaytiew ini ada campuran udang segar, bakso ikan hingga jamur kancing. Jika kurang pedas, ada cabai rawit yang membuat rasa pedas semakin terasa. Menurut saya, tak perlu makan nasi karena porsinya sudah besar.

Khai Hoh Bai Teay (Ayam Daun Pandan)

Kelezatan Khai Hoh Bai Teay
Pernah makan ayam yang dibungkus daun pandan? JIka belum, cobalah Khai Hoh Bai Teay atau ayam daun pandan. Potongan ayam awalnya direndam rempah-rempah seperti gula, jahe, kecap dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu didiamkan selama 3-4 jam. Setelah didiamkan, ambil daun pandan berukuran lebar dan dibungkus berbentu segitiga. Potongan ayam yang telah di ayamnya bisa langsung digoreng. Rasanya manis dan wangi daun pandan. Khai Hoh Bai Teay ini nikmati disajikan dengan saus yang merupakan perpaduan kecap manis, wijen sangrai dan sambal pranom (sambal khas Thailand). Rasa saosnya memang cenderung manis, namun tetap lezat. Nah, Khai Hoh Bai Teay ini lebih pas dikonsumsi dengan nasi. Buka daun pandannya, ambil ayamnya kemudian dicelup di saus yang tersaji. Rasanya enak, berasa pengen nambah.

Kwawniyaw Mak Muang (Ketan Mangga)
Nah untuk penutup,  makanan Thailand cenderung manis. Dan terbuat dari kombinasi beras, santan, dan gula. Salah satu makanan penutup yang terkenal adalah Kwawniyaw Mak Muang. Makanan utamanya adalah ketan yang telah diolah kemudian diberikan siraman santan gurih. Rasa manis berasal dari mangga. 

Hindangan penutup yang lezat 
Sebelum makan, saya mengira rasanya agak eneg. Tapi teryata tidak. Perpaduan gurih santan dan manisnya mangga membuat hidangan penutup ini terasa sangat lezat. Jujur, saya pengen nambah saat makan makanan penuntup ini.  

Thai Tea dan Coffe Thai (The Thaland dan Kopi Thailand)
Untuk minum, menu yang dipesan adalah Thai Tea dan Coffe Thai. Teh yang dipesan adalah teh hijau dicampur susu putih. Rasanya agak mint namun sangat nikmat ketika dikonsumsi saat dingin. Saat diminum dingin, rasanya seger banget. Nah untuk Coffe Thai, rasa kopinya tak terlalu kuat aroma kopinya namun soal rasa, Coffe Thai sangat mengoda. 
 
Minuman yang segar dan nikmat

Nah, itu menu kuliner yang telah saya coba. Bagaimana? Apakah teman juga tertarik mengkonsumsi kuliner? Kuliner Thailand apa yang teman suka? Yuk berbagi ? 

46 comments

Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:14:00 PM

JAdi pengen makan ya :)
EMang enak loh kuliner Thailand

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jan 12, 2017, 1:30:00 PM

Aku tertarikkkkkk sama ayam daun pandan (Khai Hoh Bai Teay)langsung meler..namanya susah2 udah kebayang pasti si koki masaknya juga dg penuh cinta makanya lezat y mb :)
Btw gudluck mba semoga bisa kesana y ^^ dan semoga juga aku juga bisa kesana buka warung cimol :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:14:00 PM

Ayam daun pandanya emang enak, mba. Apalagi dicocol cocol gitu. Hihiii. Aamin doanyaaa. Makasih mba Herva ;)

Reply Delete
Avatar
Munzir Shakila Jan 12, 2017, 2:12:00 PM


Kuaytiew Soup Tom Yam (Mie Kuah Tom Yam) klhatannya menggoda sekali

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:15:00 PM

IYaa. Makan panas-panas emang pas banget :)

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Jan 12, 2017, 2:17:00 PM

Eh aku malah belom pernah nyobain Mango Sticky Rice itu lho, Mbak. Kayaknya kekinian banget cuma pas makan di resto Thailand belum pernah nemu. Nah kalau Thai Tea mah suka banget.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:15:00 PM

Iya acoba deh mba. Kalau bahasa Inggrisnya emang Mango Sticky Rice. Seger tapi enak :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Hikmah S. Jan 12, 2017, 4:19:00 PM

Kebiasaan saya kalau lihat post isi makanan adalah ... liat gambar duluan. Huehehe XD

Mbaaak, semuanya terlihat menggoda dan menggiurkaaan. Saya jadi laper kaann. :d

Kalau di daerah tempat tinggal saya kayaknya belum ada nih cafe atau resto makanan Thailand. Jadinya cuma bisa ngidam dari jauh. Wkwkwk.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:16:00 PM

Waah mba Nurul. Sengaja sih buat mba Nurul jadi lapar dan pengen. Hahhaaa. Ntar deh aku buka ya resto Thailand disana :p

Reply Delete
Avatar
turiscantik.com Jan 12, 2017, 4:55:00 PM

Saya pernh coba bikin sendiri mango sticky rice tapi gagal ngak persis sama sama di bangkok. Rasa buah di sana memang lebih seger kalau mneurut saya, padahal sebenarnya buah mah dimana mana rasanya harusnya sama hehhehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:17:00 PM

Iya bisa jadi mba Muthz. Beda emang kalau asli langsung menikmati kuliner Thailand :)

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari Jan 12, 2017, 5:16:00 PM

Tom yam favoritku mbaaa.. hehe.. Rasanya perpaduan pedas asam bikin seger.. :D Suka jg sama saladnya yg pakai mangga itu.. Nyam

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:21:00 PM

Iyaa. Yummy banget, mba Dita :)
Itu juga favorit aku :)

Reply Delete
Avatar
Molly Jan 12, 2017, 5:57:00 PM

Favoritku tetep mango sticky rice nya mba! Wiih.. bisa nambah2 kalo pas dapet yang enak banget. Ihihihi. Tapi hampir semua kuliner halal Thai aku doyan siy, mba ;). Cocok ama lidah :D.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 12, 2017, 11:22:00 PM

Iya bener, mba Molly. Cocok juga ama lidah aku :)

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya Jan 12, 2017, 10:58:00 PM

Tom Yum makanan favorit saya nih mba, suka coba bikin sendiri di rumah tapi rasanya hanya mendekati hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 13, 2017, 3:15:00 PM

Wah kayaknya memang harus makan di resto Thailand ya mba Lily :)

Reply Delete
Avatar
Wahyu Bukanrastaman Jan 13, 2017, 11:12:00 AM

Kalo thailand yang paling ku suka ya Mango sticky rice. Tapi ini boleh juga dicoba kaaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 13, 2017, 3:22:00 PM

Iya itu juga aku suka banget, mas Wahyu :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jan 13, 2017, 2:22:00 PM

Wuah makanannya nyum2 :D
Itu salad mangganya pakai mangga yang manis atau yg agak asem mbak?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 13, 2017, 3:23:00 PM

Mangga yang manis, mba April :)

Reply Delete
Avatar
Lingga permesti Jan 13, 2017, 5:33:00 PM

Wuahhh ngileer..yg ayam pandan blum pernah niiih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:13:00 PM

Hayuk dicoba ayam pandannya, mba Lingga

Reply Delete
Avatar
Unknown Jan 13, 2017, 7:50:00 PM

Mba iki neng endi? Translate= dimana. Penasaran ketan mangganya. Aku suka sekali mangga. Juga ayam pandannya, udah pernah bikin buat keluarga tapi tetap sepertinya bakal aku suka yang ini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:13:00 PM

Di Bandung nih. Kayaknya asyik skali2 kumpul dan mencoba makanan ini loh :)

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Jan 13, 2017, 10:20:00 PM

Thai tea favoritku! Pahit manis gitu deh. Semoga bisa kuliner ke Thailand langsung, mba. Ajakin aku ya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:13:00 PM

Iya mba Helena. Aku juga suka banget :)

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Jan 14, 2017, 6:52:00 AM

aku juga hobiii nih makan makanan Thailand..soalnya asli enaak :). Segar dan rasanya juga tasty, seperti makanan kita juga

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:14:00 PM

Samaa kita ya mba Indah. Toss ;)

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra Jan 14, 2017, 7:48:00 AM

Wih... ngiler, apalagi ama ayam pandan itu, soalnya belum pernah nyoba dan kayaknya menarik.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:14:00 PM

Smoga suatu saat bisa coba ya mas :)

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Jan 14, 2017, 8:44:00 AM

Yang gurame salad mangga kalau digabung, lebih berasa ini asamnya di ikan guramenya, tapi jadi nggak garing sih ya. Saya jadi pingin nyobain yang ketan kuah campur mangga. BTW kalau ada yang bilang, dasar orang Indonesia, nggak bisa lepas dari nasi. Nah ini perlu upgrade isi kepala. Orang Thailand juga mamam nasi ya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:14:00 PM

Tetap garing, mba Nita. Enak loh. Hahha iya. orang Thailand juga makan nasi :)

Reply Delete
Avatar
Shona Vitrilia Jan 14, 2017, 11:11:00 AM

Udah pernah n enyak2 lezatoz ya mba.. pedesnya oke cucok sama lidah padang saya ;)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 14, 2017, 2:15:00 PM

Wah sama. Aku juga suka pedas mba. Jadi suka makanan ini :)

Reply Delete
Avatar
Miftha Kaje Jan 16, 2017, 8:14:00 PM

Saya penggemar tomyum mbak.. Kalo ke resto thailand, saya selalu pesan tomyum dan roti canai... Enyaaakkk...

Reply Delete
Avatar
Miftha Kaje Jan 16, 2017, 8:14:00 PM

Saya penggemar tomyum mbak.. Kalo ke resto thailand, saya selalu pesan tomyum dan roti canai... Enyaaakkk...

Reply Delete
Avatar
Ina Inong Jan 20, 2017, 9:24:00 AM

glek... langsung ngeces liat ayam daun pandan sama green tea... mau dong diajak kesitu latihan dulu sebelum ke Thailand beneran :D

Reply Delete