Review Yana Restaurant, Tempat Makan Halal di Thailand

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Yana Restaurant, Tempat Makan Halal di Thailand

 Assalamu Alaikum Wr WB. Saya pernah menulis tentang rekomendasi kuliner halal di Thailand. Menurut saya, rekomendasi kuliner halal sangat dibutuhkan untuk muslimah saat berkunjung ke suatu negara. Termasuk saya yang juga tentunya sangat terbantu dengan berbagai rekomendasi kuliner halal yang pernah di ulas di berbagai media.

Nah saat di Thailand, tepatnya di Bangkok, saya sarankan untuk mampir dan makan di Yana Restaurant. Bener-bener deh makan di Yana Restaurant beneran enak, harga terjangkau, tempatnya bersih dan nyaman.


Saya ke Yana Restaurant ini karena diajak tour guide pada tanggal 6 Agustus 2019. Saya dan sahabat blogger kesayangan bangsa dan negara, Bunda Herva yang sama-sama memangin lomba blog yang berhadiah jalan-jalan ke Thailand 3 hari 2 malam. Dan di hari kedua, kami diajak makan siang di Yana Restaurant, tempat makan halal di Thailand yang terletak di MBK Center.

Pertama kali datang, hampir semua kursi yang menampung hingga 50 orang ini penuh terisi. Dan hampir semuanya diisi keluarga muslimah, terutama kaum muslimah. Tapi alhamdulillah kami dapat tempat duduk. Yana Restaurant ini informasinya didirikan oleh imigran Timur Tengah yang berusaha menawarkan menu Thailand penuh rempah dan halal.



Kami diminta tour guide untuk memilih menu makan sesuai pilihan kami. Sempat agak binggung mau makan apa, tapi kami memilih menu makan khas Thailand yakni Tom Yum seharga 299 bahts, fried chicken with garlic seharga 129 bath dan sayuran seperti tumis kangkung (lupa nama dan harganya) serta nasi putih dan juga air mineral buat kami berdua.

Review Menu Makanan di Yana Restaurant

Tiga menu makanan itu jujur cukup banyak untuk kami. Tom yum seafoodnya disajikan di sebuah tempat saji besar. Dari penampulannya saja sudah sangat menggugah semangat. Dan tom yum ini tidak menggunakan santan tapi susu. Makin kebayang kan enaknya?

Untuk mencicipi tom yum, jangan langsung ambil kuah atau isinya dan langsung memasukkannya ke mulut ya. Tapi tom yum ini dituangkan dulu di mangkok kecil baru deh siap dinikmati. Rasa kuahnya segar asem dan ini perpaduan yang sempurna. Plus ada sensasi agak pedas walau nggak pedas banget sih.




Selain itu, isi tom yumnya juga berlimpah. Karena menunya seafood, maka ada udang, cumi, aneka bakso lengkap tersaji. Bumbu kuah tom yum juga berlimpah dan berasa banget rempahnya. Duh pas benar di lidah saya.

Untuk menu kedua yakni fried chicken adalah ayam goreng yang kriuk, bumbunya meresap dan dagingnya berlimpah. Potongan dagingnya pas untuk sekali makan sehingga tak perlu di potong lagi. Ada sayuran irisan kubis dan saos sambal. Saya hampir kalap makannya karena enak.


Trus, nasi putihnya juga pulen dan disajikan saat masih panas. Kalau tumis kangkung menurut saya masih standar ya tapi memang enak.

Karena selama ini merasa nggak mudah nemu makanan halal dan enak di Thailand, saya pun happy banget saat makan di Yana Restaurant ini.

Kalau ada kesempatan ke Thailand lagi, tempat makan halal ini yang akan menjadi pilihan saya. Ada yang sudah pernah makan di Yana Restaurant ini ?

34 komentar

Avatar
Herva Yulyanti 14/08/20 12.39

asikkkk ummi, ini emang enak bangeeettttttss ya ummi rekomen banget deh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15/08/20 07.13

Ya bun. Aku ampe kebayang enaknyaa ampe skarang. Hahahhaa

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 14/08/20 20.44

Aku pernah makan di sana apa ka bangkok bareng suami. Udah lumayan lama sih, 2013 kalo g salah. Dan memang enaaak makanannya mba :). Pesen beberapa menu, rata2 aku suka , kecuali 1 nasi goreng apaa gitu, agak aneh Krn sedikit berkuah. Bukannya ga enak, tp ga biasa aja ngeliat nasi goreng ada kuahnya :p.

Tp menu2 lain trutama tomyamnya juaraaaak laah :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15/08/20 07.14

Oh aku ga pesan nasi goreng, mba. Dan hhhehe iya emang uenaakkk

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 16/08/20 10.48

Ngiler deh liat foto makanannya jadi penasaran kapan ya ada kesempatan jalan jalan ke Thailand hehe

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 16/08/20 21.44

tempatnya look cozy mba Lidba, kayaknya saya pas ke Thailand ga nemu tempat ini di MBK, apa baru buka ya, saya memang udah lama banget sih, makanannya kayak makanan Indonesia ya semua ya, mirip, jadi kayak berasa di Indonesia deh, jadi bayangin makan Tom Yam, asem-asem gimana gitu kuahnya

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 19/08/20 10.50

Kalo ke Thailand juga menu nomor 1 yang bakal aku pesan adalah tom yum-nya karena biar gimana pun rasa di negara aslinya pasti beda sama yang racikan sini

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 20/08/20 18.24

Nah rekomen banget Yana Restaurant ini, secara ga gampang nyari makanan yang halal ya Mak. Aku suka Tom Yam asli Thailand, waktu itu makan di sana nuikmatnyaaa, memang bedda sama tom yam rasa lokal.

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 20/08/20 19.42

Di Thailand (Bangkok) agak repot ya -susah nemuin tulisan di manapun dlm bhs Inggris. Semua dengan tulisan aksara Thailand. Eh itu kan wkt bunda di Thailand in 1983 very long time ago. Alida mah masih di Langit ke-7 ya hehe...Pastilah skrng sdh betubah. Jd pengen ke Bangkok nih. #latah.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 20/08/20 23.17

Asyiik ada rekomendasi resto halalnya. Besok2 jadi kalau ke Thailand cari penginapan deket2 ama restonya. Biar ga susah cari makanan.. xixixi..

Reply Delete
Avatar
Diar Ronayu 21/08/20 08.08

Porsinya jumbo2 yaa. Ayam gorengnya kayak enak berempah gitu. Jadi inget ayam goreng taliwang yg potongannya kecil2 Gini, enaakk meresap bumbunya 😋

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 21/08/20 09.43

Kalo udah garansi HALAL gini, tenaaangg ya Mba.
Mau nambah bolak/i, juga kagak was-was sama sekali :D

Aku ke Thailand tuh salah strategi
Bolak/i kejebak di resto yg blum halal certified.

Mau ke sana lagi ahhh :D

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 21/08/20 10.22

Tomyam keliatan seger banget ya mba Lid, pegen makan langsung khas makanan sana ehehhe kadang kalo masak sendiri hasilnya beda

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 21/08/20 11.30

selain tom yam, aku belum pernah cobain makanan asli Thailand mba.. heheheh cuma liatin reviewer mukbang

Reply Delete
Avatar
Arenga Indonesia Palm Sugar 21/08/20 13.36

Di MBK sekarang emang sudah tersedia beberapa resto dengan logo halal. Salah satunya di Yana Resto ini. Waktu di Bangkok akhir tahun lalu saya juga makan di sini. Mana menunya enak-enak pula :)

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 21/08/20 20.28

Alhamdulillah~
Senang sekali bisa kuliner di Thailand.
Abis makan, marem, semangat shopping lagiii...

Reply Delete
Avatar
Mugniar 21/08/20 22.26

Senangnya bisa menemukan tempat makanan halal di Thailand ya Mbak ... terus sempat menuliskannya. yang mau ke Thailand nanti terbantu banget dengan adanya tulisan ini.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 21/08/20 23.12

Aduh kangen banget sama makanan di Thailand, baru banget semalam ngebahas di grup jalan-jalan tentang trip ke Thailand setelah pandemi.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 22/08/20 08.57

Kelihatannya enakenak banget nih menunya. Besokbesok kalau pas ada rejeki dan kesempatan ke Thailand, gak bingung lagi cari tempat makan halal, tinggal ke sini deh~

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 22/08/20 11.11

Sulit atau enggak mba nemuin resto halal di Thailand?
Alhamdulillah dapet referensi dari Mb Lida nih. Insya Allah kalau ada rejeki bisa wisata ke Thailand bisa pilih resto ini untuk keluarga.

Reply Delete
Avatar
Yurmawita 22/08/20 12.34

Asyik banget nih jalan jalan, masih ketemu sama kangkung hehe memang gak bisa diduakan ya rasanya. Makanan halal di Thailand oke juga tuh kan banyak turis dari Indonesia, Malaysia yang muslim ke sana

Reply Delete
Avatar
Lisdha 22/08/20 13.31

Bersyukurnya aku baca ini pas habis makan, jadi nggak ngiler hehehehe

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 22/08/20 15.04

Ya ampun kebayang enaknya Tom Yum, Mbak Alida.
Iya ya, muslimah yang makan di foto kelihatan
Memang kalau jalan sendiri susah cari makanan halal di Thailand, maka saya juga nurut saja sama info guide buat cari makanan saat di sana.

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 22/08/20 18.42

Bersyukur banget ya mbk bisa ketemu resto halal di Thailand. Menu menunya juga kelihatan enak.. Tomyumnya seger banget itu...

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 22/08/20 20.54

Kereen ah mba lidha n mba herva jalan2 ke thailand. Nemu tempat makan halal pulaa.. Kek nemu oasis gitu ya mba. Ayam gorengnya terlihat enaak niih

Reply Delete
Avatar
diahagustina65.com 22/08/20 21.12

Wah, Indonesia banget menunya ya mbak. Lumayan buat referensi aku siapa tau suatu hari nanti bisa ke Thailand

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari 22/08/20 21.54

Tapi aku maunya kalau makan tomyum langsung masuk perut buuu wkkwk :D
Alhamdulillah ya nemu makanan halal di sana dengan mudahnya. Emang kyknya turis muslim terutama asal Indonesia diperhitungkan banget di sana.

Reply Delete
Avatar
Kacamata Hani (Hani S.) 22/08/20 22.09

Belum pernah Ummiii, jadi mau juga makan disana. Semoga kelak aku menjejak di Thailand dan bisa cobain menu2 makanan di Restoran ini ya. Seneng deh baca2 referensi Resto2 luar kayak gini, kan siapa tahu nanti ada rezekinya ya. Amiiiin.

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 22/08/20 22.10

Belum pernah ke thailand, mudah-mudahan kapan-kapan bisa ke sana dan nyobain makan di yana restaurant ini...

Reply Delete
Avatar
Kacamata Hani (Hani S.) 22/08/20 22.10

Belum pernah Ummiii, jadi mau juga makan disana. Semoga kelak aku menjejak di Thailand dan bisa cobain menu2 makanan di Restoran ini ya. Seneng deh baca2 referensi Resto2 luar kayak gini, kan siapa tahu nanti ada rezekinya ya. Amiiiin.

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 22/08/20 22.21

I am sure you happy find this place. It can make your enjoy to eat and not worry about this condition

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 22/08/20 23.36

Kalau di Thailand Selatan seperti ni Pattani dan Krabi mungkin masih banyak ya Mbak restoran halal. Waktu saya di Krabi bahkan ada pasar yang hampir semua penjualnya pakai jilbab dan memang merupakan perkampungan orang-orang muslim.

Reply Delete
Avatar
diane 22/08/20 23.38

Catet dl ah.. belom pernah ke negara ini.. siapa tahu klo ada kesempatan bisa mampir ke tempat ini..

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 23/08/20 14.16

Senangnya ketemu resto halal. Walau rasa B Aja tapi lega bisa makan yang halal.
Duh kangen jalan-jalan juga nih Mbak Alida tapi prosedurnya sekarang lebih ribet sik

Reply Delete