Cara Membeli Tiket Kereta Api di Traveloka

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Traveloka

Liburan sekolah pun tiba. Ada yang sudah ada rencana liburan? Lalu, sudah ada rencana menggunakan transportasi apa menuju ke lokasi liburan? Apakah menggunakan transportasi udara, transportasi laut atau bahkan transportasi darat seperti bus dan kereta. 
Ngomong-ngomong soal kereta, terakhir saya naik kereta sekitar setahun yang lalu. Perjalanan dari Jakarta ke Purwokerto, Jawa Tengah bersama anak dan suami menjadi menyenangkan dengan kereta. 

Sumber foto : Pixabay.com



Kereta menjadi pilihan kami karena kenyamanan yang kami tempuh setelah melakukan perjalanan panjang selama berjam-jam. Selain itu, kereta api sekarang juga semakin bersih dan berpendingin udara. 

Segala kemudahan menggunakan kereta api pun menjadi pilihan terbaik karena membeli tiketnya pun sangat mudah. Apalagi, sudah banyak aplikasi di internet yang memudahkan untuk mencari tiket bus dan kereta. Nah, untuk kereta sendiri ada aplikasi dari KAI Indonesia) yang dapat membantu memudahkan dalam mencari dan membeli tiket. Calon penumpang dapat melakukan booking tiket kai Indonesia hanya dengan menggunakan smartphone masing-masing. Memudahkan banget kan? 

Namun sebelum itu, sebaiknya kita mengetahui lebih dulu tentang apa itu KAI Indonesia agar tahu fungsinya secara jelas. Nah, untuk itu apa ya KAI Indonesia? Ulasannya adalah sebagai berikut.

Sumber foto : tribunnews.com

KAI Indonesia adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara di Indonesia, KAI sendiri menyelenggarakan jasa angkutan kereta api baik kereta penumpang maupun kereta barang. Jalur-jalur kereta api di KAI Indonesia sendiri tersebar di Jawa dan Sumatera. Kereta penumpang yang disediakan KAI Indonesia berjumlah kurang lebih 106.638 di seluruh Jawa dan Sumatera. Kereta-kereta itu pun memiliki kelas-kelas yang berbeda, yang mana kelasnya terdiri dari tiga yaitu kelas eksekutif, kelas bisnis dan kelas ekonomi. 

Kelas eksekutif adalah layanan yang tertinggi. Fasilitas yang disediakan kelas ini lengkap dan cukup mewah, juga penumpangnya sekitar 50 penumpang per kereta. Kelas bisnis adalah layanan yang berada sedikit di bawah eksekutif meski fasilitasnya tidak selengkap kelas tersebut. 


Sedangkan kelas selanjutnya adalah kelas ekonomi, yaitu kelas yang paling banyak digunakan oleh penumpang KAI karena harganya yang cukup terjangkau. Tapi, meski begitu kini fasilitas di kereta ekonomi juga sudah meningkat dengan adanya AC dan toilet yang bersih.

Nah, seperti yang saya katakan, sekarang ini sudah mudah untuk mencari dan mem-booking tiket kereta api. Bahkan saat ini pemesanan kereta api bisa dilakukan dimana saja dengan cara online, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi dari KAI Indonesia. Meski sekarang ini juga banyak aplikasi lainnya yang juga bekerja sama dengan KAI Indonesia untuk pemesanan tiket, namun memesan tiket di KAI Indonesia dirasa lebih meyakinkan untuk beberapa calon penumpang kereta.

Nah, untuk disini akan diulas bagaimana cara memesan tiket dari KAI Indonesia. Mau tahu? Yuk disimak di bawah ini!

Cara memesan tiket kereta di KAI Indonesia sebenarnya tidak terlalu sulit, calon penumpang hanya perlu mempunyai aplikasi pemesanan dari KAI Indonesia itu sendiri. 

  • Pertama, calon penumpang perlu mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi online di internet lalu install. 
  • Kedua, penumpang perlu membuat akun di aplikasi tersebut dengan memasukkan data diri. 
  • Ketiga, setelah masuk ke aplikasi KAI, calon penumpang dapat memilih menu jenis kereta, di sini calon penumpang menemukan menu untuk kereta api lokal dan kereta api antar kota (jarak jauh) dan calon penumpang perlu memilih sesuai dengan kereta mana yang akan ditumpangi. 
  • Keempat adalah memilih tanggal keberangkatan, akan muncul menu tanggal keberangkatan di sana dan calon penumpang hanya perlu mengisi tanggal yang tersedia di hari itu. 
  • Selanjutnya yang kelima adalah melakukan pembayaran, untuk ini calon penumpang dapat membayarnya dimana saja misalnya dengan transfer melalui kartu ATM yang dimiliki, atau membayar di toko-toko yang sudah bekerja sama dengan KAI Indonesia. 
  • Untuk langkah yang terakhir adalah calon penumpang melakukan boarding. Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang akan mendapatkan bukti transaksi di salah satu menu aplikasi KAI Indonesia. 
Saat akan melakukan proses boarding di hari keberangkatan, calon penumpang hanya perlu memperlihatkan bukti transaksi tersebut pada petugas. Petugas akan menvalidasi bukti transaksi dan mencocokan dengan kartu-kartu identitas asli dari para calon penumpang.  Nah, mudah bukan cara memesan tiket di KAI Indonesia? Tunggu apalagi, ayo pilih naik kereta sebagai transportasi berlibur. Oh ya, rencananya mau liburan kemana ? 

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

42 komentar

Avatar
Farida Pane 16/12/19 08.21

Aku juga biasa beli tiket kereta api di traveloka. Liburan kali ini kayaknya di rumah aja deh

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 16/12/19 09.35

Wah skrg dah langsung kasih petugas aja ya? Waktu saya coba pesan tiket KA pakai traveloka, saya langsung disutuh ke mesin cetak tiket, Mba. Setelah tercetak tiketnya, lgsg deh masuk dengan menunjukkan KTP dan tiket cetak.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 16/12/19 14.26

loh jadi ngga kayak kemaren ya pesan tiket dengan hanya tunjukkan hape dan ke mesin printer? oke noted

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 16/12/19 14.31

Pengen banget mencoba, semoga segera ada kai di kalimantan ya mba

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 16/12/19 16.11

Baru seminggu yang lalu nih naik kereta pp bandung-jakarta... Dibanding pilihan moda transportasi darat lain seperti kendaraan pribadi atau bis, kereta memang yang paling nyaman...

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 17/12/19 22.22

Iya nih, anak sekolah udah libur, mulai diteror ditanyain melulu mau liburan ke mana... Tapi belum ada ide nih :D

Reply Delete
Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 16/12/19 17.29

Aku paling demen buangettt naik sepur Mba

Bisa jadi sarana kontemplasi juga selama ejes ejeesss

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 16/12/19 20.11

emang udah paling enak deh pake traveloka, tinggal donlod, makenya gampang, tinggal pesenn tiket, transfer, beresss

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 16/12/19 20.12

emang udah paling enak deh pake traveloka, tinggal donlod, makenya gampang, tinggal pesenn tiket, transfer, beresss

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 16/12/19 20.17

Besok akhir tahun kami mau nyepur nih ke Solo. Langganan kalo pergi naik kereta soalnya bawa rombongan

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 16/12/19 20.38

Menyenangkan banget bepergian menggunakan kereta api. Makan, minum kopi dan teh di pagi hari...enak deh. Btw masih 9K ga ya harganya? hehehe. Iya bener beli tiket online di Traveloka itu praktis, cara bayarnya juga mudah ya.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 16/12/19 22.05

Saya selalu pesan lewat aplikasi kalau mau pesan tiket kereta. Malah lebih enak karena praktis dan bisa menentukan sendiri mau duduk di mana

Reply Delete
Avatar
elva s 17/12/19 03.07

Tentu aplikasi Traveloka memberi banyak keunggulan ya mba.
Karena hanya lewat smartpone tiket sudah bisa dipesan tanpa ikut berjejer mengantri hanya untuk membeli tiket.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 17/12/19 10.57

Waaah KAI punya aplikasi sendiri? Alhamdulillah ini kemajuan besar. Jadi bisa dengan mudah memesan via online ya Mbak. Biasanya aku kalau pulkam prefer naik KA dari Gambir ke Bandung. Kalau stasiun yang di Garut Kota sudah jadi, Insya Allah bakal langsung bisa naik KA dari Jakarta - Bandung - Garut.

Reply Delete
Avatar
a 17/12/19 14.06

Sukaa aku naik kereta..soalnya kebanyakan lewat jalan yang alami, trus nggak belok-belok jadi nggak pusing. Awal tahun, pengen ke Bandung make kereta... semoga terlaksana

Reply Delete
Avatar
Tri Sulistiyowati 17/12/19 14.08

Favorit banget mba naik kereta ini..soalnya bisa menikmati pemandangan/tidur selama perjalanan. nggak belok-belok, jadi nyaman

Reply Delete
Avatar
Marantina 17/12/19 18.27

Aku udah lama banget ga naik kereta. Pengen juga jalan-jalan ke luar kota dengan kereta. Pengen nyobain sleeping train itu, loh. Hehee. Nanti aku coba liat di Traveloka deh untuk keberangkatan tahun depan

Reply Delete
Avatar
Wian 17/12/19 19.36

Aku dan geng mgebolang di kantor malah lebih sering pilih naik kereta klo mau jalan-jalan ke luar kota.

Reply Delete
Avatar
sapti nurul h 17/12/19 20.45

Kereta api juga jadi moda transportasi favorit saya. Selain nyaman, booking tiketnya juga mudah. Salah satunya lewat aplikasi traveloka. Pesan gampang tidak usah ke mana2..

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 17/12/19 21.34

Kangen naik kereta. Memang nyaman kalau jalan-jalan naik kereta. Waktu tempuhnya seringkali lebih jelas dan tepat. Pesennya juga memang lebih enak di Traveloka. Saya udah beberapa kali cobain

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 18/12/19 04.25

Kalau membeli tiket kereta api aku belum pernah di traveloka, rasanya baru pesawat dan bus tapi boleh juga dicobain sekali kali

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 18/12/19 05.32

Sekarang mau beli tiket kereta lebih gampang ya mbak. Ta usah ribet antre di stasiun. Langsung beli online cuss bisa berangkat

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 18/12/19 08.23

Aku mau liburan Java Trip nih mba, dan pastinya naik kereta api transportasi favoritku. Dan pesannya selalu di Traveloka. Aku udah punya aplikasinya.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 18/12/19 13.23

Aku sebelum liburan sekolah kemarin sudah intip-intip nih harga tiket kereta di Traveloka, karena pengen liburan berdua anakku naik kereta. Enak sekarang ya, tiket kereta pun bisa beli via Traveloka.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 18/12/19 14.13

Sekarang kereta api menjadi moda transportasi favorit keluarga saya setelah kendaraan pribadi. Lebih nyaman, gak perlu kena macet dan sudah ada fasilitas AC serta colokan untuk nge-charge ponsel ya ...

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 18/12/19 16.42

Lagi intip - intip Traveloka terus nih saya hehe mau liburan soalnya, sekarang liburan enak ya ga usah ribet nyari tiket tinggal klik Traveloka saja, selesai deh urusan.

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 18/12/19 18.32

Selalu beli online tiket kereta aku mba Dan pastinya lewat traveloka mudah bnget aplikasinya,, sekarang jakarta Cirebon dah kyk depok k rumah krn tiap 2 mingguan sekali k sana

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 18/12/19 20.02

Belum pernah beli tiket kereta api di traveloka.. Krn di banjarmasin gak ad kereta api. .wkwk. Tp next kalo jalan2 nyoba aah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 18/12/19 20.13

Wah pas nih aku mau beli tiket kereta api,cuma sayang sekarang baru bisa dilihat sebulan sebelumnya, huhu. Lewat Traveloka lebih gampang yaa. Cara pembayarannya juga lebih praktis dan gak pakai ribet.

Reply Delete
Avatar
Profil 18/12/19 20.30

Aku selama ini kalau beli tiket kereta api selalu lewat KAI Access belum pernah pakai traveloka. Tak coba kapan-kapan Kalau mau naik lagi pesan lewat traveloka. Banyak potongan harganya kah Mbak?

Reply Delete
Avatar
Ayun 18/12/19 21.03

Sejak tiket KAI bisa dibeli di Traveloka, aku udah lupa kapan terakhir beli tiket on the spot di stasiun. Hehee... Bener2 aplikasi yg memudahkan, gak perlu antre, tinggal pencet2 hp langsung beres, deh.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 19/12/19 11.17

Hahah bener enakan juga beli online, ngapain jauh2 beli di stasiun ya mbak. Pembayarannya juga cukup gampang ya bisa lewat bank atau minimarket terdekat kalau belinya via Traveloka

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 18/12/19 22.10

Duh mau ke surabaya ini insyaallah. Pakai tiket kereta api beli di sini enak ya online. Kan suka dibatasi kalau online mak?

Duh nabung2 ah buat pulkam

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 18/12/19 22.31

Gampang banget sekarang pesen tiket kereta ya mba. Enggak perlu harus ke stasiun dan antri. Cukup pake smartphone beres urusan.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 19/12/19 00.01

Naah....gini jadi paperless yaa, kak...
Gak perlu cetak ticket a...cukup menunjukkan via handphone transaksi yang sudah dilakukan.
KAI makin canggih euuii..

Ayo liburraaann~

Reply Delete
Avatar
Hanifa 19/12/19 01.58

Pemesanan tiket kereta api dengan cara online pake aplikasi dari KAI Indonesia ini emang membantu banget sih Mak. Tapi memang baru bisa cek kalo ga salah 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Cukup oke sih buat planning liburan :D

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq 19/12/19 11.48

Eh iya, kalau pemesanan tiket kereta onlie gini kita masih harus cetak tiket ga sih? Terutama untuk tiket jarak jauh. Atau cukup tunjukin bukti transaksi seperti yang Mbak tulis ini ya?

Reply Delete
Avatar
Sumiyati Sapriasih 19/12/19 14.57

Jaman sudah digital, jadi sekarang ini ga perlu repot antri jika mau pesen tiket kereta api tinggal klik aplikasi traveloka beres deh

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 20/12/19 00.19

Kereta tuh transportasi andalanku kalau mau ke jogja. Murah sih soalnya, naik prameks Solo - Jogja cuma 8rb. Belinya sih biasanya pakai aplikasi soalnya malam antre. hehehe

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 20/12/19 23.20

Sekarang kalau mau pesen tiket kereta api mudah banget. Tinggal pesen di traveloka udah deh, mana banyak promo lagi. Cetaknya juga gampang. Liburan jadi senang deh.

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 21/12/19 00.25

Yeay liburan Makin dekat. Insya Allah mau ke Malang bersama keluarga, hehe. Aku tim kereta iua, bis oke juga selama ngga begitu jauh hehe.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 22/12/19 16.52

Aku terbiasa beli tiket kereta api secara online mbak Alida. Kalau pulkam ke Madiun dan Kediri bertiga sama anak-anak , aku biasa naik KA. Praktis dan ekonomis.

Reply Delete