Peran SOHO Industri Pharmasi untuk Jadikan Temulawak Mendunia

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Peran SOHO Industri Pharmasi untuk Jadikan Temulawak Mendunia


Siapa yang tak mengenal temulawak? Saya yakin bahwa temulawak sangat familiar. Sejak kecil pun, saya sudah diperkenalkan tentang temulawak oleh keluarga saya. Khususnya eyang putri saya. Saya masih ingat, ketika masih kecil, eyang saya minta saya selalu konsumsi temulawak. “Biar kamu nggak kurus,” kata eyang.

Produk temulawak. Photo by : Andi Primasari 


Pas anak saya lahir dan memasuki masa pertumbuhan, temulawak menjadi pilihan saya agar anak saya sehat dan nafsu makan meningkat. Pernah anak saya berkurang nafsu makannnya. Berbagai menu makanan yang saya buat, ditolak. Saya pun langsung memberikan anak, temulawak. Alhasil, setelah memberikan temulawak rutin kepada anak, nafsu makan anak pun bertambah. Selain itu, kesehatan tubuh anak pun lebih terjaga.

Peresmian ekspor produk temulawak. Photo : Andi Primasari
Curcuma xanthorrhiza atau yang lebih dikenal dengan nama temulawak adalah tanaman yang menghasilkan rimpang atau umbi akar yang memiliki khasiat sebagai tumbuhan herbal (tumbuhan obat). Tanaman asli Indonesia yang banyak hidup di dataran pulau Maluku, Jawa dan Kalimantan ini dikategorikan sebagai anggota jahe-jahean.

Temulawak memiliki beberapa manfaat yakni :
  • Meningkatkan nafsu makan,
  • Menyehatkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan hati
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mencegah penyakit kanker
Sebetulnya, tak hanya itu saja manfaat temulawak. Temulawak juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi penyakit liver (hati), sembelit, diare berdarah, demam, wasir, hingga kerusakan kulit.

Dengan adanya berbagai manfaat temulawak, hal ini yang kemudian PT SOHO Industri Pharmasi (SIP) kemudian bertekad untuk mengenalkan temulawak ke dunia. Tapi, bagaimana caranya dan apa yang menjadi latar belakangnya ?  

Ekspor Produk Temulawak oleh SOHO Industri Pharmasi


Apa yang dilakukan oleh PT SOHO Undustri Pharmasi ini merupakan komitmen PT SOHO untuk meningkatkan kualitas ekspor produk Indonesia. Upaya untuk menghasilkan kinerja industri pengolahan non migas diharapkan semakin produktif dan inovatif.

Selain itu, hal ini juga untuk  mengembalikan sumbangsih rasio ekspor netto terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 5-10 persen pada tahun 2030.

Simbolisasi. Phot by : Andi Primasari 
Tepat pada hari Jumat, 13 Desember 2019, bertempat di kantor PT SOHO di kawasan Pulogadung, Jakarta, PT SOHO secara simbolis pun mengekspor produk temulawak ke luar negeri. PT SOHO bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menggelar upacara pelepasan ekspor terakhir di tahun ini.

Produk jadi yang diekspor adalah produk-produk berbahan dasar Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) yang merupakan tanaman asli Indonesia sebanyak 49,187 box dengan tujuan negara Cambodia.

Secara keseluruhan, PT SOHO telah mengespor produk-produk farmasi sebanyak 40 kali shipment ke beberapa negara seperti Vietnam, Brunei, Cambodia, Cameroon, Mauritius, Mongolia, Myanmar, Philippine, Sri Lanka hingga ke  Timor Leste.
 
Dengan adanya kegiatan ekspor produk temulawak, ini membuktikan bahwa temulawak tak dianggap sebelah mata. Selain itu, ini juga memberikan bukti bahwa Indonesia khususnya PT SOHO memberikan perhatian lebih terhadap tanaman asli Indonesia.

Ekspor produk-produk berbahan dasar Temulawak oleh SIP mendapat apresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

“Salah satu kunci untuk dapat mewujudkan kemandirian obat dalam negeri, industri harus dapat memenuhi standar kualitas secara konsisten agar produknya dapat diterima oleh negara tujuan ekspor, karena itu Badan POM sangat mengapresiasi keberhasilan SIP mengekspor produk-produk berbahan dasar Temulawak ke berbagai negara,” ujar Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP.


Kepala Badan POM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP menyatakan Badan POM terus mendukung daya saing produk Indonesia. “Agar bisa meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya,” katanya. Namun untuk mewujudkan hal ini pun tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Presiden Komisaris PT SOHO Global Health, Eng Liang Tan, mengatakan temulawak yang PT SOHO merupakan temulawak organik yang dikembangkan di kebun riset SOHO Center of Excellence in Herbal Research (SCEHR) Sukabumi. Konsep yang di usung adalah Seed to patient dan berkolaborasi secara ABGC (Academic, Business, Goverment, Community).
 
Photo by Andi Primasari 
SCEHR adalah fasilitas perkebunan dan penelitian milik SOHO Global Health yang fokus pada penelitian dan budidaya Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb). Fasilitas ini berlokasi di desa Cihanjawar, Nagrak, Sukabumi yang diresmikan oleh Kepala BPOM dan Bupati Sukabumi pada tahun 2015 lalu.

Konsep Seed to Patient merupakan inovasi proses PT SOHO Global Health mengembangkan temulawak mulai dari standarisasi bibit dengan kualitas terbaik, proses tercatat dan terkontrol dalam penanaman, pemanenan sampai pengolahan, proses ekstraksi yang menghasilkan ekstrak kualitas tinggi dan konsisten.

Selain itu untuk formulasi ekstrak temulawak menjadi obat, uji Pre klinik dan uji Klinik serta distribusi sampai ke tangan pasien. Keseluruhan proses penanaman sampai dengan pengolahan yang dilakukan SOHO Global Health di SCHER telah mendapatkan sertifkasi pertanian organik dari Inofce, sebuah badan sertifkasi tanaman organik.

Apa yang dilakukan oleh SOHO membuktikan komitmennya untuk mengenalkan serta mengembangkan tanaman asli Indonesia, seperti temulawak ke dunia.

Yuk kita dukung!


Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

42 komentar

Avatar
Riawani Elyta 15 Des 2019 10.46.00

Waktu habis melahirkan dulu sy sering konsumsi temulawak mentah. Alhamdulillah skrg udah ada dlm kemasan

Reply Delete
Avatar
Okti Li 16 Des 2019 02.26.00

Temulawak banyak ditanam di halaman rumah. Wah gak nyangka kalau sekarang negara kita ekspor besar-besaran ke luar negeri ya. Memang harus kita dukung. Jangan sampai di dalam negeri tidak tahu khasiat temulawak tapi di luar negeri banyak diminati

Reply Delete
Avatar
iidyanie 16 Des 2019 06.16.00

Temulawak produk yang selalu saya berikan untuk anak agar sehat dan baik nafsu makannya jadi selalu stok curcuma plus dan susu curcuma di rumah :)

Reply Delete
Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 16 Des 2019 07.48.00

Temulawak baguuuss bgt utk pencernaan, liver dll ya mba.

Ibu mertuaku sering bikin godogan temulawak gitu. Kita minum bareng deh

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 17 Des 2019 12.47.00

Nah, bener ini. Banyak sekali manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Bangga ya Indonesia bisa ekspor temulawak ke luar negeri.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 16 Des 2019 12.23.00

temulawak memang dipercaya banget ya ummi apalagi buat nafsu makan anak, aku dulu pas kecil suka minum jamu, skrg mah lebih praktis ya karena ada yg kemasan gini

Reply Delete
Avatar
Widya Lim 16 Des 2019 14.44.00

Aku baru tahu kalau PT SOHO yg banyak berperan dalam industri temulawak ini.. aku sendiri sebenernya jarang konsumsi temulawak sih dari kecil XD

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 16 Des 2019 16.21.00

Waktu aku habis melahirkan dulu, mamahku juga menyarankan aku minum temuwalak, kunyit dll :) Ternyata apotek hidup di pekarangan rumah sangat membantu ya. Zaman now makin praktis aja temulawak dalam kemasan dll oleh Soho, semakin meluas aja ke luar negeri.

Reply Delete
Avatar
Sekar 16 Des 2019 18.46.00

gaya hidup masyarakat itu siklusnya sekarang kembali ke alam atau pakai bahan-bahan natural gitu deh kayaknya. Salah satunya temulawak gini. Primadona banget karena sering dikonsumsi orang-orang dengan cara konvensional.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 17 Des 2019 07.48.00

Iya tanpa kita sadari sekarang banyak yang ingin hidup lbh sehat pindah ke yang alami2. tapi kalau ada yang praktisnya enak ya mbk kyk yg diproduksi soho ini kita tinggal konsumsi aja

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 16 Des 2019 20.35.00

Ternyata satu group banyak juga ya mba produknya. Temulawak memang luar biasa khasiatnya

Reply Delete
Avatar
Mechta 16 Des 2019 20.44.00

Saat harus berobat rutin karena empedu sy terganggu, iseng mencari tahu apa isi obat2 yg harus kuminum...dan ternyata itu ekstrak Temulawak! Memang rimpang ini salah satu obat herbal penting ya mba..

Reply Delete
Avatar
ellynurul 16 Des 2019 21.02.00

Bersyukur banget sebagai warga negara Indonesia bahwa tanaman asli Indonesia temulawak kini mendunia.. kini manfaat dari temulawak juga bisa dirasakan dunia ya mbak.. dari Indonesia untuk dunia.. bangga!

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 16 Des 2019 23.20.00

Aku belajar dari ibuku, waktu adikku kena sakit hepatitis, setiap hari dibikinkan minuman temulawak ini. Katanya bisa untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan stamina tubuh. Wah aku baru tahu kalo temulawak pun sekarang menjadi produk eksport, semoga makin meningkat omzetnya. Bisa menjadi tambahan devisa ya mbak

Reply Delete
Avatar
Linimasaade 16 Des 2019 23.23.00

Temulawak emang banyak khasiatnya mbak. Ditambah lagi ada ekspor yah keren dan bangga.

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 17 Des 2019 00.05.00

katanya temulawak itu emang punya banyak banget manfaat ya mbaak, sukurlah sekarang sudah ebih mudah didapatkan nih berkat Soho

Reply Delete
Avatar
Mellisa 17 Des 2019 00.33.00

Temulawak emang banyak banget ya manfaatnya. Bahkan sekarang banyak produk skin care yg bahan utamanya temulawak juga.

Reply Delete
Avatar
Tori Chu 17 Des 2019 05.04.00

Trnyta bnyk sekali manfaat temulawak ini. Dan soho berperan pntg bgt buat meningktkn ekspor di indo. Skrg temu lawak bisa dikenal diseluruh dunia ya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 17 Des 2019 05.12.00

Temulawak memang memiliki manfaat luar biasaaa ya mba.. dan makin diproduksi dengan profesional makin banyak yg bisa menikmati khasiatnya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 17 Des 2019 05.43.00

Anak-anak pernah minum susu yang mengandung curcuma. Alhamdulillah, selain rasanya yang lezat, bikin nafsu makan meningkat juga..

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 17 Des 2019 06.32.00

Padahal temulawak asli itu rasanya kurang enak yaa, kak?
Tapi begitu sudah diubah menjadi olahan, jadi enak dan tidak menghilangkan manfaat baik dari si temulawak ini sendiri.

Reply Delete
Avatar
Guru Kecil 17 Des 2019 06.35.00

Aq juga memanfaatkan khasiat temulawak buat anak saya mbak... Ini juga temenku punya ukm jamu tradisional tp dalam bentuk bubuk.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 17 Des 2019 07.04.00

Aku suka minum temulawak soalnya bagus buat pencernaan, Ternyata ada produk kyk gini yang bikin praktis minum temulawak ya mbak. Kalau udah dapat sertifikasi BPOM gtu udah nyaman aja mengkonsumsinya ya :D

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 17 Des 2019 07.04.00

Wah sukses buat SOHO! Aku baru tau ternyata produknya juga termasuk Curcuma Plus, hehehe. Tiap hari anakku minum nih :D

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 17 Des 2019 07.13.00

Wah sampai distribusi ke tangan pasien juga diperhatikan betul ya, bisa utk memastikan kualitas obat yang sampai ke masyarakat. Bagus nih komitmennya SOHO mbak.

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti 17 Des 2019 07.43.00

Temulawak sudah terkenal banget khasiatnya dari dulu, sewaktu kecil kalau ada bibi jamu lewat, selalu dibeliin. Pengen bikin sendiri, tapi blm tau caranya 😀. Btw, saya penasaran sama kebun riset SOHO ini. Pengen main2 kesana

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 17 Des 2019 08.30.00

Temulawak memang banyak manfaatnya, cuma kalau cari di padatan susah ya, kalau diolag dan dikembangkan oleh soho memudah masyarakat mengonsumsi dan merasakan manfaatnya

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 17 Des 2019 08.46.00

Wah, ternyata banyak juga yah manfaat dari temulawak ini, aku tuh selama ini tahunya hanya untuk nafsu makan saja lho.

Keren sekali Indonesia sudah bisa mengekspor temulawak, biar seluruh dunia tahu nih khasiatnya temulawak

Reply Delete
Avatar
ivonie 17 Des 2019 08.55.00

Temulawak kalau diolah sendiri baunya masih kuat, tapi kalau udah diproses seperti produk curcuma plus, anak-anak pun suka. Keren ya Indonesia sukses mengekspor produk ini ke luar negeri.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 17 Des 2019 09.20.00

Luar biasa ya Indonesia tuh, segala macam tanaman bermanfaat tumbuh subur di bumi ini. Layak untuk mendunia nih temulawak dengan berbagai khasiat yang ada di dalamnya.

Reply Delete
Avatar
Rini Novita Sari 17 Des 2019 09.48.00

ponakan juga srg dikasih temulawk sama ibuknya,., alhamdulillah emang nafsu makannya meningkat sih mbak

Reply Delete
Avatar
Enychan 17 Des 2019 10.01.00

Mantep banget yah sekarang temulawak udah mendunia kak. Apalagi itu khas bgt dari Indonesia aku turut bangga dong

Reply Delete
Avatar
Ekamustikasari 17 Des 2019 11.55.00

Khasiat temulawak memang tidak diragukan lagi bagi bangsa kita. Memang sudah saatnya di impor agar dunia tau.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 17 Des 2019 12.03.00

Temulawak sekarang makin mendunia yaa mba.. senang liat banyak yg radakan manfaatnya

Reply Delete
Avatar
Diah Woro Susanti 17 Des 2019 12.25.00

Temulawak enak koq. Jadi nambah napsu makan buat anak anak. Dulu ibuku kalau bikin bisa berbotol botol

Reply Delete
Avatar
Indriyanti 17 Des 2019 12.28.00

Wah banyak banget emang manfaat temulawak, terutama sih untuk stamina tubuh ya. Nah, Kalo udah dikemas lebih modern begini, lebih mudah juga buat Kita yang mengkonsumsinya ya

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 17 Des 2019 12.37.00

Wah SOHO sekarang ekspor produk berbahan dasar temulawak ya? Baguslah. Produk dalam negeri yang sehat ini bisa dinikmati dengan cara yang lebih praktis dan tetap sehat tentunya. Di rumah orangtuaku pun tiap hari selalu tersaji temulawak. Dulu ribet mesti kupas-kupas sampai tangan mama berwarna orange, sekarang udah lebih praktis tinggal seduh

Reply Delete
Avatar
Dewi adikara 17 Des 2019 13.44.00

Wah keren, baru tahu klau temulawak di eksport besar-besaran. Memang kandungan temulawak bagus banget ya mbak....

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 17 Des 2019 21.22.00

Wah keren nih PT Soho udah mengekspor produknya. Beberapa produknya juga udah kupakai. Salah satunya Imboost itu.

Reply Delete
Avatar
Natara 17 Des 2019 23.00.00

Aku tuh kalua ngomongin soal ekspor tuh selalu deg-degan masa kak, bangga aja gitu membayangkan produ dalam negri bias eksis di negeri orang, sukses terus deh ya buat PT SOHO

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 17 Des 2019 23.59.00

Aku lagi ikhtiar ngasih temulawak buat anakku nih biar nafsu makannya meningkat. Aku juga pake produk dari PT SOHO yang curcuma plus biar simple.

Reply Delete
Avatar
lita chan lai 19 Des 2019 14.48.00

Khasiat temu lawak sudah terkenal sejak dulu. tapi di era modern ini emang perlu sekali kita mengenalkannya kepada masyarakat. waktu kecil aku juga sering beli dg kemasan botol. manjur buat nambah nafsu makan.

Reply Delete